11 Penyebab Handphone Cepat Rusak, Jangan Lakukan Hal Ini Lagi!

Hampir semua pengguna handphone pasti pernah mengalami berbagai keluhan seperti handphone beroperasi dengan lamban (lemot), gangguan jaringan, baterai cepat habis, gangguan virus, sensitifitas layar yang menurun dan lain-lain. Akan tetapi, tahukah Anda apa saja penyebab dari masalah-masalah tersebut? Mari simak ulasan artikel mengenai penyebab handphone cepat rusak hingga tuntas ya!

Handphone merupakan salah satu sarana alat komunikasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Tentu saja banyak manfaat yang dirasakan dari memiliki handphone. 

Sebagai pemiliknya, tentu harus menjaga agar handphone dapat berfungsi dengan baik. Tapi ada saja kebiasaan-kebiasaan tidak baik sehingga dapat menyebabkan handphone tidak dapat berfungsi dengan baik bahkan cepat rusak.

Baca juga: Jangan Panik Jika HP Anda Hilang! Ikuti 5 Cara Melacak HP Hilang Berikut Ini

Berikut 11 Penyebab Handphone Cepat Rusak

1. Handphone Sering Jatuh

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: shutterstock.com

Berhati-hatilah saat membawa dan menggunakan handphone, jangan sampai kita menjatuhkan handphone terlalu sering.

Benturan yang terlalu sering tidak hanya menimbulkan goresan, namun juga bisa membuat komponen bagian dalam mengalami kerusakan.

Ini bagian paling fatal karena sekali jatuh saja, misalnya untuk hp Android sangat beresiko mengalami kerusakan mungkin mesin hp Anda tidak apa-apa.

Tapi kemungkinan besar 60% layar touchscreen Anda akan pecah/retak apalagi jika jatuh sangat keras misalnya saat Anda berkendara.

2. Penggunaan Charger dan Baterai KW

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: shutterstock.com

Mengisi baterai ponsel sudah pasti kita lakukan setiap hari. Apalagi yang mempunyai ponsel pintar biasanya tidak cukup sehari sekali untuk men-charging.

Tapi pada saat men-charging baterai HP biasanya orang-orang tidak begitu mempedulikan charger apa yang dipakai.

Mereka menganggap semua charger sama saja, asalkan ponsel kesayangannya terisi dengan baik. Tidak peduli charger tersebut KW atau abal-abal, yang penting dapat berfungsi.

Nah, dalam men-charging baterai menggunakan charger KW  sebenarnya banyak risikonya. Hal itu karena perangkat pengisi baterai tersebut terkadang kapasitas dayanya tak sesuai dengan HP milik Anda.

Penggunaan charger yang tidak ori atau charger  KW dapat merusak baterai dan komponen-komponen handphone.

Hal ini disebabkan oleh arus listrik (ampere dan voltase) yang masuk dari charger tersebut tidak sama dengan arus yang diperlukan oleh perangkat. Hal serupa berlaku juga untuk baterai non-original.

3. Terkena Virus

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: google/bersosial

Salah satu penyebab paling klasik dan seringkali terjadi adalah terserang virus. Virus dapat membuat kinerja handphone menjadi menurun (lemot).

Selain itu, akibat lainnya adalah baterai cepat panas, memori cepat penuh, file corupt dan beberapa masalah lainnya.

Virus dan malware di smartphone menggunakan sumber daya perangkat untuk memicu infeksi. Oleh karena itu, jika terjadi pengurangan daya baterai secara tiba-tiba, kemungkinan itu adalah salah satu tanda bahwa perangkat telah terinfeksi.

Anda dapat membuka Pengaturan dan pilih opsi Baterai pada ponsel untuk melakukan pengevaluasian dan melihat aplikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak.

Oleh karena itu, pastikan Anda menginstal anti virus pada ponsel, agar dapat terhindar dari serangan virus dan malware.

Dalam menggunakan handphone tentu membutuhkan paket data untuk dapat terhubung ke internet. Dengan begitu, Anda dapat mengoperasikan handphone dengan baik sesuai kebutuhan, seperti untuk browsing, chatting, buka socmed, media hiburan, dan lain sebagainya.

Nah, bagi Anda yang ngin mendapatkan Paket Data dengan berbagai macam provider, silahkan untuk klik rekomendasi produk di bawah ini. 

Penyebab Handphone Cepat Rusak

Penyebab Handphone Cepat Rusak

4. Aplikasi dan Game yang Terlalu Berat

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: pexels.com

Terkadang, beberapa pemilik handphone sengaja menginstal game dengan grafik tinggi dan ukuran besar meskipun spesifikasi handphone mereka tidak sesuai.

Game atau aplikasi yang terlalu berat dapat membuat handphone cepat panas. Oleh karena itu, kita tidak boleh terlalu memaksakan untuk menginstall aplikasi game atau aplikasi lainnya yang terlalu berat.

Jadi, sebaiknya pilih aplikasi yang benar-benar ingin Anda gunakan. Hilangkan aplikasi yang tidak penting dengan meng-uninstall-nya.

Sebab setiap aplikasi yang terpasang membutuhkan ruang dan sebagian besar aplikasi berjalan di latar belakang.

Hal ini tentu berpengaruh pada seluruh proses kecepatan ponsel menjadi lambat.

5. Terkena Air

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: google/bersosial

Banyak produk handphone yang rentan rusak jika terkena air. Hal ini penyebabnya adalah air bisa merusak bagian mainboard dari handphone tersebut.

Sehingga pada akhirnya listrik di dalam handphone menjadi korsleting. Selain itu, handphone dalam keadaan menyala kemasukan air laut atau air hujan, akan mengalami kondisi seperti berikut:

  • Handphone akan mati secara total.
  • Masih menyala tapi dalam kondisi yang tidak normal.
  • Akan terjadi blank (handphone dapat menyala namun layar berwarna putih).

Jadi, sebaiknya berhati-hatilah dalam menyimpan handphone, jangan sampai terkena air sehingga dapat menyebabkan kerusakan.

6. Terinjak

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: google/bersosial

Ternyata handphone juga bisa rusak karena terinjak. Biasanya penyebabnya karena seseorang menaruh handphone secara sembarangan sehingga tidak sengaja terinjak.

Karena sudah mendapatkan jaminan ponsel yang dimiliki tahan banting, bahkan ada pula seseorang yang lalai dan sering menjatuhkan ponselnya di tempat-tempat yang tidak terduga, seperti terjatuh di tangga, terbentur batu, dinding, atau yang paling parah yaitu jatuh di aspal.

Jadi, sebaiknya simpan handphone Anda di tempat yang aman sehingga tidak terjadi kerusakan akibat terjatuh.

Baca juga: Inilah 5 Cara Menghemat Kuota Internet dengan Mudah dan Efektif

7. Handphone Diletakkan di Dalam Saku

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: google/bersosial

Sebaiknya hindari untuk meletakkan handphone di dalam saku. Apalagi jika saku itu ketat, tekanan-tekanannya akan membuat handphone menjadi rusak.

Selain berakibat buruk bagi handphone, tentu saja dapat berakibat buruk pula bagi kesehatan Anda.

Sebagaimana dalam sebuah penelitan yang menyatakan bahwa sering meletakkan handphone di saku celana bisa melemahkan daerah panggul dan mengurangi kepadatan tulang.

Selain itu, peneliti juga menemukan adanya efek radiasi ponsel bisa mengembangkan masalah depresi, diabetes dan jantung.

8. Terdapat Software yang Rusak

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: pexels.com

Hal ini biasanya terjadi karena aplikasi dari handphone yang kurang sempurna. Selain itu, jika Anda malas memperbaharui aplikasi yang tersedia, tentu bisa membuat software handphone menjadi rusak.

Selain itu, sebuah handphone pastinya memiliki keterbatasan untuk digunakan. Hal inilah yang merupakan penyebab utama software menjadi rusak, penggunaan yang berlebihan bisa saja menyebabkan software rusak.

Atau katakanlah handphone yang Anda miliki tidak memenuhi kebutuhan penggunaan yang berat.

9. Menggunakan Handphone Ketika Dicharge

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: google/bersosial

Tidak sedikit orang yang menggunakan handphone sambil dicharge, orang-orang yang melakukan hal ini terkadang tidak memikirkan betapa bahayanya charge handphone sambil dimainkan.

Kesetrum adalah kemungkinan besar akibat yang akan terjadi pada orang yang sedang memainkan handphone ketika handphone sedang dicharge.

Hal ini disebabkan karna aliran listrik pada charge juga akan mengalir ke handphone, jadi bukan tidak mungkin bila handphone juga memiliki aliran listrik dan menyebabkan seorang akan kesetrum.

Tak hanya kesetrum, akibat lainnya dari menggunakan handphone ketika dicharge adalah kebakaran.

Aliran listrik yang salah atau arus listrik pendek yang terjadi karena saat bermain handphone juga dapat membuat handphone terbakar. Karena arus pendek dapat yang akan menjadikan kebakaran.

Nah, teruntuk Anda yang punya kebiasaan buruk ini segera tinggalkan, apalagi saat bermain game. Tentu Anda tidak ingin kan jika harus berkali-kali ganti baterai karena rusak akibat bermain handphone sambil dicharge?

10. Penggunaan yang Berlebihan dan Tiada Henti

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: pexels.com

Coba bayangkan saja tubuh seseorang jika tidak di istirahatkan pasti akan sakit, sama hal nya dengan handphone.

Kalau pemakaiannya terus menerus dan tanpa berhenti apalagi jika digunakan untuk bermain game ataupun untuk aplikasi berat, pasti akan cepat rusak. Akibatnya handphone akan panas dan lemot.

Dengan menggunakan handphone secara berlebihan cenderung membuat Anda terlalu banyak menengok ke bawah.

Nah, kebiasaan ini lama-kelamaan dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot leher, sehingga leher terasa kaku dan sakit.  Bahkan nyeri yang ditimbulkan bisa menjalar hingga bahu dan lengan.

Jadi, penggunaan handphone secara berlebihan pun akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda.

Sebaiknya, atur waktu saat penggunaan handphone dan gunakan sewajarnya saja.

11. Charger Semalaman

Penyebab Handphone Cepat Rusak
Sumber: pexels.com

Apakah men-charger handphone semalaman ini menjadi kebiasaan Anda? Jangan heran nantinya jika handphone Anda cepat rusak.

Apalagi jika Anda pengguna Android, karakter baterai dari lithium Android tidak akan cocok dengan hal seperti ini.

Hal itu akan menyebabkan kebocoran pada baterai dan bahkan bisa menurunkan kinerja daya handphone.

Selain itu, daya baterai akan cepat habis dan membuat baterai handphone menjadi kembung.

Rekomendasi Voucher Kuota yang Tersedia di Evermos

Penyebab Handphone Cepat Rusak

Anda tidak akan mengakses internet lewat handphone dengan baik apabila tidak menggunakan kuota atau paket data.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan dan menjual voucher kuota internet, Anda dapat menjadia reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

 

Demikianlah informasi mengenai penyebab handphone cepat rusak yang dapat Anda ketahui.

Semoga kita dapat lebih bijak lagi dalam menggunakan handphone, sehingga tidak dapat memberikan dampak yang buruk termasuk handphone yang cepat rusak.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, boleh share artikel ini agar yang lain ikut mendapatkan kebermanfaatan dari tulisan ini.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya pada situs Blog Evermos

×