Wajib Dipahami! Inilah Pengertian dan Sistem Cara Kerja Dropship

by Eko Ferdiyantho
0 comment
Cara Kerja Dropship

Siapa sih yang tidak tahu dengan bisnis sampingan dropshipper, bisnis yang saat ini sedang yang menjalankannya. Namun banyak orang juga yang masih belum paham sepenuhnya mengenai cara kerja dropship sehingga mereka menganggap bahwa bisnis sampingan ini sama seperti reseller.

Namun kedua bisnis tersebut ternyata mirip namun tidak sama.

Mungkin selama ini Anda pernah mendengar tentang dropship yang biasanya sekaligus membahas tentang toko online.

Memang benar bahwa di zaman sekarang yang mana sudah eranya internet semakin tumbuh pesat bisnis sampingan dengan sistem dropship.

Bisnis dropship ini menjadi salah satu pilihan yang paling banyak diminati karena menjalankannya tanpa modal dan bisa mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Beginilah Sistem dan Cara Kerja Dropship

Cara Kerja Dropship

Manakah Anda memikirkan bagaimana cara kerja dropship? Mungkin selama ini Anda hanya tinggal mencari seseorang yang menjual atau yang bersedia untuk menerapkan metode bisnis dropship.

Selanjutnya orang yang menjual itu berkomitmen untuk mengirimkan produk atau pesanan yang diterima dari Anda kepada para pembeli yang akan membeli produk tersebut lewat tangan Anda.

Bisnis dengan sistem dropship ini kadang kala hanya ada beberapa saja penyedia produk atau jasa yang mau berkomitmen. Yaitu untuk tidak mencantumkan nama tokonya dalam faktur.

Namun tak sedikit pula yang mau memajang nama toko dropshipper tersebut.

Menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk mencari penjual yang mau menggunakan sistem dropship ini.

Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali penyedia produk maupun jasa yang biasanya tidak mau menerapkan bisnis dropship ke metode penjualan yang diterapkannya.

Hal tersebut dikarenakan terdapat rasa khawatir dari para penjual jika reputasi ataupun tokonya tercemar yang dikarenakan ketidakpahaman dari para dropshipper terkait dengan produk yang mereka jual.

Dengan demikian, tentunya hal tersebut justru akan meningkatkan kemungkinan terjadi berbagai janji palsu yang tidak benar pada pelanggan dropshipper tersebut.

Selain itu terdapat beberapa kekhawatiran lainnya yaitu terhadap kualitas layanan pelanggan yang dropshipper tersebut berikan. Jadi apabila hal tersebut dibiarkan akan membuat citra buruk pada sang penyedia produk.

Sedangkan di satu sisi, metode bisnis yang dapat dijalankan tanpa membutuhkan modal memiliki peminat yang sangat banyak.

Namun sisi lainnya karena tidak adanya modal itu artinya dropshipper tidak merasa memiliki risiko yang membuatnya banyak penjual suka-suka tanpa memperhatikan pelanggannya.

Menjalankan Bisnis Dropship

Cara Kerja Dropship

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis sampingan dropshipper tak perlu khawatir karena bisnis ini bisa dilakukan dari mana saja.

Baik itu dilakukan secara online maupun dilakukan secara offline. Walaupun demikian, bisnis sampingan dropshipper ini sebagian besar dijalankan dengan menggunakan metode online.

Apabila Anda memilih bisnis sampingan dropshipper dengan metode online, makalah Anda akan banyak sekali dimudahkan.

Hal tersebut dikarenakan Anda bisa membuka toko online seperti di marketplace ternama. Mulai dari Tokopedia, shopee, Lazada, Bukalapak dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat toko online sendiri dengan melalui website.

Apabila Anda tidak ingin mengeluarkan modal sama sekali untuk menjalankan bisnis sampingan dropshipper ini, maka ada baiknya Anda menggunakan metode menjual barang pada marketplace sebagai toko online Anda.

Hal tersebut dikarenakan pada umumnya membuka toko ataupun membuat akun di marketplace tidak dikenakan biaya sepeserpun. Selain itu menggunakan narkoba sebagai lokasi toko online Anda akan lebih dipercaya oleh para pengunjung.

Jadi misalnya jika Anda ingin menjual barang A dengan menggunakan sistem dropship, maka harga yang penyedia produk atau supplier tawarkan kepada Anda adalah Rp 50.000.

Nah, Kemudian Anda bisa menjual barang tersebut di atas harga itu seperti Rp 70.000 atau Rp 80.000 dan seterusnya.

Begitu ada pesanan masuk kepada Anda, maka Anda hanya tinggal memesankan barang tersebut ada supplier atau penyedia produk.

Kemudian Anda hanya tinggal membayar pesanan tersebut sesuai dengan harga yang ditawarkan supplier dan akan mengirimkan pesanan tersebut kepada pelanggan.

Nah, ternyata cara kerja dropship ini cukup mudah dan yang menjalankan bisnis ini juga akan mendapatkan banyak keuntungan.

Jadi untuk apa lagi Anda lama-lama menunda menjalankan bisnis sampingan dropshipper. Selamat mencoba.

 

You may also like