Peluang Usaha Budidaya Jangkrik di Tahun 2020 yang Menjanjikan

by Eko Ferdiyantho
0 comment
Peluang Usaha Budidaya Jangkrik

Peluang usaha budidaya jangkrik merupakan salah satu dari banyaknya usaha rumahan modal kecil Namun potensi penghasilannya sangat menjanjikan.

apalagi saat ini kebutuhan akan konsumsi burung ocehan memang sedang populer dan banyak juga masyarakat yang menggandrunginya.

Dengan demikian permintaan pasar akan jangkrik ini juga semakin meningkat.

Konon, memberikan makan jangkrik pada burung ocehan akan membuat burung ocehan tersebut memiliki suara yang lebih bening dan nyaring.

Selain itu, contoh juga memiliki nutrisi dan protein yang sangat baik bagi pertumbuhan burung ocehan.

Bahkan dengan memberikan makan jangkrik ini akan membuat burung ocehan tampak lebih segar dan gemuk.

Bukan hanya digunakan untuk pakan burung ocehan saja, namun sangat suka banyak dicari oleh peternak ikan hias.

Sebab jangkrik dipercaya bisa menonjolkan warna sisik pada ikan hias.

Selain itu ada juga beberapa pengobatan khas Tiongkok yang memanfaatkan jangkrik untuk bahan dasar obat herbalnya.

Apalagi populasi jangkrik saat ini di alam liar sudah cukup sulit untuk ditemukan karena banyaknya pemburuan dan ganasnya pestisida yang dipakai petani.

Langkah Memulai Peluang Usaha Budidaya Jangkrik

Untuk usaha sampingan budidaya jangkrik sendiri tidak membutuhkan area yang luas. minimal ada Tempat untuk meletakkan kotak kapan dengan ukuran panjang 2 m dan lebar 1 m serta memiliki tinggi 60 cm.

Selain itu lokasi yang dipilih sebisa mungkin aman dari gangguan binatang lainnya seperti kucing, tikus, ternak unggas, tokek dan lain sebagainya

Kemudian di bagian kaki kandang direndam menggunakan jenis anti serangga agar tidak ada serangga lain seperti semut yang mengganggu.

Dalam satu kandang Anda bisa mengisi sekitar 50 ekor indukan jangkrik yaitu campuran antara jangkrik betina dan jangkrik jantan.

Untuk indukan jangkrik sendiri harganya tidak mahal yakni sekitar 5 sampai 10 ribu saja.

Jadi jika membeli 50 ekor atau 25 pasang tidak sampai mengeluarkan uang 500 ribu.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha 2020, Terbaik dan Sangat Menjanjikan!

Pakan Jangkrik

Masalah pakan untuk jangkrik, maka Anda bisa memakai pakaian jenis kering seperti kalk, bekatul ataupun ketan hitam.

Jika memungkinkan Anda juga bisa menggunakan pelet ikan ataupun pakan ayam yang halus agar bisa menambah protein untuk jangkrik.

Nah, apabila sudah terlihat muncul telur, Maka segeralah pindah telur tersebut ke kandang pemeliharaan dengan memberikan kelembaban yaitu menyemprotkan air yang halus secara berkala seperti embun.

Pada proses pemindahannya harus dilakukan dengan hati-hati sebab telur jangkrik ini mudah sekali berjamur dan sangat rawan rusak.

Maka Anda harus benar-benar menjaga kebersihannya. Proses pernapasannya sendiri biasanya memerlukan waktu 15 hari lamanya.

Setelah telur jangkrik tersebut menetas, maka mulai tahap budidaya jangkrik yang paling sulit untuk merawatnya yakni proses membesarkan anakan jangkrik sampai tumbuh besar.

Dalam fase ini cukup rentan karena jangkrik usia pertumbuhan membutuhkan pakan yang lebih banyak dengan diberi tambahan beberapa sayuran seperti batang pepaya, gambar, batang pisang, kacang-kacangan dan juga daun-daunan yang padat serat.

Namun jika sulit untuk mendapatkan pakan tambahan tersebut, maka menu pakan seperti pelet, ketan dan bekatul bisa diberikan.

Setelah itu proses pemeliharaan jangkrik sampai siap untuk dipanen biasanya memerlukan waktu dari penetasan sekitar 10-15 hari lamanya.

Harga Jual Jangkrik

Untuk harga jual jangkrik sendiri saat ini per ons mencapai Rp 2000 yang biasanya hanya berisikan 50-60 ekor jangkrik.

Sedangkan untuk harga jual bibit atau telur jangkrik yaitu sekitar 200 ribu per 1 kg dan bisa memanen jangkrik tersebut hingga puluhan ribu ekor.

Ternyata jika di prosentase penghasilan yang Anda dapatkan dari budidaya jangkrik tersebut sangat lumayan bukan?

Nah, apakah Anda berminat untuk jalankan peluang usaha budidaya jangkrik yang cukup menjanjikan ini?

Apalagi peluang usaha  yang satu ini bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah dan tidak perlu lahan yang luas.

Tambah lagi permintaan untuk serangga yang satu ini cukup membludak terlebih di kalangan para peternak burung dan juga ikan hias.

Dengan demikian tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak menjalankan peluang usaha budidaya jangkrik ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You may also like