14 Pekerjaan untuk Anak SMA dan Mahasiswa, Untung Banyak!

Anda seorang pelajar dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Menjadi pelajar SMA bukan berarti tidak bisa menghasilkan uang lho! Ada banyak sekali bisnis atau pekerjaan untuk anak SMA yang bisa Anda lakukan disela-sela kesibukan belajar dan  bersekolah. 

Jika Anda adalah seorang pelajar SMA dan ingin mendapatkan penghasilan tembahan sambil tetap fokus bersekolah, Anda bisa mengikuti berbagai rekomendasi pekerjaan di bawah ini. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Baca juga: Wajib Coba! 8 Ide Kerja Online Sampingan dengan Hasil Menjanjikan

Pekerjaan untuk Anak SMA yang Gampang

1. Kerja Sampingan Anak SMA Sebagai Driver Ojek Online

Pekerjaan untuk Anak SMA
Sumber: pexels.com

Jika Anda masih sekolah atau lulus sekolah dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), mungkin Anda bisa mencoba menjadi pengemudi ojek online saat libur sekolah.

Selain itu, Anda bisa mengatur waktu sesuai dengan jadwal sekolah Anda. Misalnya, Anda sekolah dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang, maka Anda bisa kerja dari jam 1 siang sampai 6 sore. Setelah itu Anda dapat beristirahat dan belajar untuk melanjutkan sekolah besoknya. 

Ini menjadi peluang yang menjanjikan mengingat saat ini ojek online sangat digandrungi oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang membutuhkan jasa ojek online untuk kebutuhan sehari-hari mereka. 

Penghasilan yang Anda dapat bisa sangat beragam, namun pastinya dapat menambah uang jajan sehari-hari, sekaligus meringankan beban biaya yang dikeluarkan orang tua.

Baca juga: 5 Ide Usaha Sampingan Anak Kuliah | Bisa untuk Bisnis Masa Depan

2. Kerja Sambil Sekolah SMA Sebagai Blogger atau Penulis

Zaman sekarang yang serba digital tentu sangat banyak orang yang mencari informasi melalui internet. Oleh karena itu banyak sekali website atau media yang membutuhkan penulis lepas. Nah, ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda yang ingin kerja sampingan saat sekolah.

Jika Anda memiliki bakat dan kemampuan menulis, maka Anda bisa menyalurkan bakat Anda menjadi sesuatu yang menghasilkan.

Cobalah untuk bekerja menjadi penulis lepas. Selain menambah penghasilan, Anda juga bisa mengisi waktu sekaligus mengasah kemampuan.

Pekerjaan ini sangat mudah dan sangat fleksibel karena banyak perusahaan yang mencari pekerja lepas dengan sistem work from home.

3. Bisnis Makanan dan Minuman Kekinian

Pekerjaan untuk Anak SMA
Sumber: pexels.com

Jika Anda suka memasak dan membuat minuman kekinian, Anda bisa memanfaatkan kesukaan tersebut dengan menjadikannya ladang usaha. Ada banyak sekali jenis makanan dan minuman kekinian yang memiliki banyak peminat saat ini.

Sebagai pelajar SMA, Anda bisa meluangkan waktu setelah pulang sekolah untuk membeli bahan dan memasaknya untuk dijual di sekolah. Keunggulan dari melakukan pekerjaan ini adalah target pasar Anda yang sudah jelas yaitu pelajar dan guru yang ada di sekolah.

Jika ingin tahu berbagai ide makanan dan minuman kekinian yang bisa Anda jual, simak informasinya disini.

4. Pekerjaan Anak SMA Sebagai Pengajar Les

Selanjutnya adalah menjadi pengajar les atau lebih populer dengan sebutan guru les. Ini bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan sekolah Anda.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan di salah satu bidang mata pelajaran, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi guru les.

Pekerjaan ini bukan hanya menghasilkan uang, tapi menambah ilmu pengetahuan karena apa yang Anda ajarkan kepada para murid menjadi ilmu yang akan terus mengalir.

Sekarang ini banyak sekali orang yang membutuhkan guru les, misalnya les privat. Dengan menjadi guru les tentu waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia.

5. Bisnis Hampers Wisuda dan Ulangtahun

Pekerjaan untuk Anak SMA
Sumber: pexels.com

Menjual hampers atau hadiah untuk wisuda dan ulangtahun menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan yang bisa Anda lakukan sebagai pelajar. Setiap tahunnya, pasti sekolah akan melaksanakan wisuda untuk murid yang telah lulus SMA.

Sehingga, apabila sekarang Anda berada di tahun pertama ataupun kedua SMA, Anda bisa memanfaatkan momen wisuda dengan berjualan hampers seperti bouquet bunga hingga kado-kado lucu lainnya.

Selain saat wisuda, Anda bisa mempromosikan hampers tersebut kepada teman-teman dan guru di sekolah sebagai kado ulang tahun.

6. Kerja untuk Anak SMA Sebagai Freelance Copywriting

Anak-anak SMA identik dengan anak muda yang memiliki daya kreativitas tinggi. Sehingga, tidak mengherankan, banyak anak muda yang dapat mendeskripsikan suatu produk dan memasarkannya dengan copywriting.

Jika sedang mencari rekomendasi kerja anak SMA, menjadi copywriter untuk bisnis produk milik orang lain tentunya menarik untuk di coba. Anda bisa mencari lowongan kerja copywriter yang dapat dibayar per projectnya.

7. Kerja Sampingan Sebagai Freelance Content Writer

Pekerjaan untuk Anak SMA
Sumber: pexels.com

Apakah Anda memiliki keterampilan dan gemar menulis artikel? Jika Anda punya keahlian untuk membagikan konten untuk menjelaskan suatu produk atau membuat tulisan yang menarik untuk dibaca, Anda bisa mencoba pekerjaan sebagai freelance content writer.

Pasalnya, saat ini masih banyak orang yang berbisnis dan membutuhkan jasa seorang content writer untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk bisnisnya.

Jasa seorang content writer juga tidak dibayar dengan main-main, lho. Anda bisa dibayar per tulisan atau per artikel mulai dari Rp50.0000 untuk artikel yang berkualitas.

Pekerjaan untuk Anak SMA yang Tidak Perlu Modal Besar

1. Sambilan Sebagai Freelance Photographer

Punya keterampilan di bidang fotografi? Anda bisa menggunakan kemampuan untuk menangkap momen yang indah tersebut untuk menawarkan jasa kepada yang membutuhkannya.

Fotografi menjadi sebuah bisnis jasa yang tidak akan tergantikan dari waktu ke waktu. Sebab, banyak orang yang memiliki keterbatasan waktu untuk mempelajari tentang fotografi.

Oleh karena itu mereka akan menyewa seorang fotografer yang profesional di jasanya.

2. Pekerjaan Sampingan untuk Pelajar Sebagai Waiters

Pekerjaan sampingan untuk anak SMA lainnya adalah menjadi seorang pelayan di sebuah tempat kafe atau restoran.

Tugas seorang pelayan tidak hanya melayani antar jemput makanan, tetapi juga bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan terhadap layanan di tempat makanan tersebut.

Bagi Anda yang memiliki waktu luang dapat mencoba pekerjaan sampingan untuk anak SMA berikut, dengan mencari lowongan pekerjaan yang terdekat sesuai domisili Anda.

Tarif pekerjaan untuk anak SMA berikut mulai dari bayaran per jam hingga per harinya, lumayan menguntungkan!

3. Kerja Paruh Waktu Sebagai Cashier

Pekerjaan yang cocok untuk anak SMA selanjutnya yaitu menjadi seorang kasir.

Jika Anda memiliki keterampilan dan kecermatan untuk menghitung uang, Anda sangat bisa menekuni pekerjaan sampingan untuk pelajar berikut ini.

Pasalnya banyak para pebisnis yang membutuhkan sumber daya manusia untuk mengerjakan pekerjaan di bidang kasir berikut ini.

Contohnya adalah toko retail, supermarket, restoran, kafe, dan toko-toko lainnya.

4. Sambilan Sebagai Affiliator Bisnis 

Pekerjaan untuk Anak SMA
Sumber: pexels.com

Affiliator merupakan pekerjaan yang saat ini sedang banyak peminatnya. Sebagai affiliator, Anda hanya perlu membagikan link suatu produk dari platform jual beli online, seperti TikTok atau Shopee melalui akun Anda.

Apabila ada yang membeli produk tersebut dari link yang Anda bagikan, maka Anda akan mendapatkan komisi dengan jumlah tertentu.

Bisnis ini pastinya sangat cocok untuk pelajar SMA hingga mahasiswa. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal uang, waktu, hingga tenaga yang besar untuk melakukannya.

Jika ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai program affiliate dan bagaimana cara melakukannya, Anda bisa membaca selengkapnya disini.

5. Kerja Sambilan Menjadi Dropshipper

Pekerjaan untuk Anak SMA
Sumber: freepik.com

Saat ini banyak sekali online shop yang membuka lowongan untuk Anda yang ingin menjadi dropshipper. Banyak kemudahan yang bisa Anda rasakan ketika menjadi dropshipper, seperti tidak perlu memikirkan stok barang, kemudian tidak harus ribet packing dan kirim barang.

Kemudian keuntungannya adalah Anda bisa mengerjakan pekerjaan ini di mana saja, karena semua dilakukan lewat HP.

Jadi Anda bisa mengisi waktu luang Anda untuk berjualan, dan hasil yang akan Anda dapat pun sesuai dengan apa yang Anda jual. 

Anda tidak dituntut untuk menjual sekian produk, jadi Anda bisa menjualnya sesuai kemauan Anda. Semakin banyak yang Anda jual, maka penghasilan yang Anda dapatkan semakin besar. 

6. Menjadi Youtuber 

Anda pasti sudah tidak asing dengan YouTuber bukan? Ternyata menjadi YouTuber tidak sulit lho! Bahkan sebagai pelajar SMA ataupun mahasiswa, Anda bisa menjadi content creator di YouTube dengan membuat video yang Anda senangi.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat channel YouTube dengan tema kehidupan anak-anak SMA yang unik dan menarik.

Jika Anda mendapatkan banyak pentonton dan subscriber, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari aplikasi ini tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar.

7. Kerja Sambilan Menjadi Reseller Tanpa Modal

Pekerjaan untuk Anak SMA
Sumber: pexels.com

Nah, ini adalah bisnis online untuk pelajar yang sangat cocok bagi Anda yang masih sekolah atau kuliah, yakni menjadi reseller tanpa modal.

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi reseller, salah satunya Anda bisa berjualan tanpa modal dan di mana saja.

Jadi, meskipun Anda masih sekolah atau kuliah, pekerjaan ini tidak akan mengganggu sama sekali proses belajar Anda.

Apalagi Anda tidak perlu repot-repot pergi ke ekspedisi pengiriman untuk mengirim pesanan, karena semuanya sudah diurus oleh pihak perusahaan. Sehingga, bukan tidak mungkin Anda bisa memiliki penghasilan jutaan rupiah dalam sebulan meskipun masih sekolah atau pelajar.

Apabila Anda membutuhkan rekomendasi platform sebagai reseller tanpa modal, maka Anda bisa mencobanya di Evermos, yaitu platform yang menghubungkan antara reseller dengan supplier yang aman dan terpercaya.

Anda bisa dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa undian

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut.

YUK, GABUNG DISINI!

Itulah rekomendasi pekerjaan untuk anak SMA yang bisa Anda kerjakan tanpa harus mengganggu waktu sekolah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang mencari peluang penghasilan tambahan. 

Jangan lupa untuk terus kunjungi situs blog Evermos dan dapatkan artikel menarik lainnya.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)