Cocok Untuk Liburan! 17 Pantai di Indonesia Ini Terkenal Sangat Indah

Pantai di Indonesia

Ingin berlibur ke pantai? Kamu harus mengunjungi 17 pantai di Indonesia yang terkenal sangat indah. Simak penjelasannya pada ulasan artikel berikut ini yuk!

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Karena merupakan negara yang memiliki banyak pulau menjadikan negara Indoneisa menjadi negara yang memiliki banyak sekali potensi wisata bahari yaitu berupa pantai yang indah dan juga menarik untuk dikunjungi.

Apa saja pantai di Indonesia yang terkenal dengan keindahannya?

Baca juga: Yuk, Kunjungi 11 Tempat Wisata di Lembang Paling Hits dan Memorable

1. Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest. com

Pantai Nihiwatu Sumba merupakan surga dunia yang sulit disentuh. Sumba sudah terkenal dengan keindahan pantainya sampai ke mancanegara.

Bila kamu ingin berkunjung ke pantai, tetapi ingin serasa milik sendiri, mungkin bisa di wujudkan di Pantai Nihiwatu ini.

Selain itu yang akan kamu rasakan di pantai ini adalah rasa tenang, sepi, nyaman dan indah.

Tahukah kamu, Pantai Nihiwatu menjadi pantai terbaik ke-17 di Dunia lho. Komunitas Surfing dunia menjulukki ombak di Nihiwatu dengan Left God Wafes karena Pantai Nihiwatu mempunyai ombak tercepat di dunia.

Lokasi: Pantai Nihiwatu Sumba terletak di arah 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

2. Pantai Pink, Nusa Tenggara Timur

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest. com

Sesuai dengan namanya, Pantai Pink atau sering disebut dengan “Pink Beach” merupakan pantai unik yang memiliki pasir yang berwarna merah muda nan indah.

Selain kondisi pantainya yang unik dan indah, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga menyimpan keindahan dan kekayaan yang menarik untuk diselami.

Taman bawah laut Pink Beach adalah istana bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya. Oleh karena itu, sepertinya kegiatan snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh kamu lewatkan.

Lokasi: Pantai Pink terletak di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

3. Raja Ampat, Papua

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest. com

Bagi para diver dan penggemar aktivitas snorkeling, Raja Ampat adalah surga. Keindahan alam bawah lautnya luar biasa bahkan seluruh dunia mengakui hal itu.

Keindahan alamnya yang sebagian besar laut, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang.

Ada empat pulau besar yang terkenal di Raja Ampat, yakni Pulau Misool, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Waigeo.

Nah, jika kamu mengunjungi kepulauan Raja Ampat, kamu akan menemui pantai-pantai cantik seperti Pantai Waisai Torang Cinta, Pantai Waiwo, Pantai Cemara, Pantai Yeben, dan Pantai Arborek.

Lokasi: Raja Ampat terletak di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

4. Tomini Bay, Sulawesi

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest. com

Tomini Bay ini lokasinya yang tidak jauh dari garis khatulistiwa, maka dari itu pantai ini menjadi tempat wisatawan untuk memilih menikmati waktu bersantai dan berlibur.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di tempat ini adalah berjemur dan pastinya melakukan diving dan snorkeling karena di sini sudah terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang menawan.

Maka dari itu tempat ini menjadi primadona bagi penyelam dari luar negeri maupun dalam negeri.

Kita patut bangga menjadi penduduk Indonesia karena Indonesia memiliki Tomini Bay yang memiliki pemandangan bawah laut yang eksotis dan cantik.

Lokasi: Tomini Bay terletak di Sulawesi Utara.

5. Pantai Derawan, Kalimantan Timur

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Pantai Derawan memiliki kecantikan layaknya Pristine Island atau merupakan sebuah julukan untuk kepulauan yang masih terjaga keasliannya.

Berwisata ke Pantai Derawan tidak hanya menawarkan pengalaman baru yang menakjubkan, tetapi juga wisata sejarah yang seru dan menarik lho.

Warna air lautnya pun sangat bening dan jernih, dengan warna ombaknya biru kehijauan terlihat pemandangan cantik yang luar baisa.

Pantai Derawan ini sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Sering digunakan untuk kegiatan diving dan snorkeling.

Lokasi: Pantai Derawan terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Bandung Terbaru dan Terfavorit 2020

6. Pantai Sawarna, Banten

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Kamu berencana liburan ke Banten? Jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Sawarna.

Selain memiliki banyak pantai yang indah, juga karena lokasinya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, itu sebabnya Sawarna dijadikan tempat alternatif untuk liburan.

Cakupan wilayah wisata Sawarna cukup luas, terbentang mulai dari Pantai Pulo Manuk di sebelah barat sampai ke Pantai Karang Taraje di sebelah timur, sajian bentang alam yang menawarkan aneka pemandangan mengagumkan.

Laut Sawarna berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, ini sebabnya ombak di tempat ini mengundang banyak para peselancar.

Lokasi: Pantai Sawarna terletak di di Desa Sawarna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

7. Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Kamu suka travelling? Tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pulau Belitung.

Jika berbicara tentang Pulau Belitung, hal pertama yang terbesit di pikiran kalian pastilah film Laskar Pelangi. Betul?

Pulau Belitung terkenal dengan rempah lada putih (sahang), bahan tambang timah putih, tanah liat (kaolin), dan batu satam.

Jadi, bagi kamu yang suka berwisata dengan menikmati nuansa pemandangan lautan dan perbukitan, Pulau Belitung sangat cocok untuk jadi pilihannya.

Lokasi: Pulau Belitung terletak di Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan. 

8. Pantai Pandawa, Bali

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Pantai Pandawa Bali, salah satu pantai pasir putih terkenal di Bali yang wajib dikunjungi jika kamu liburan di pulau dewata.

Setelah kamu membayar tiket masuk, kamu akan melewati jalan raya dengan aspal halus. Dibagian pinggir jalan raya, kamu akan melihat tebing kapur menjulang tinggi.

Setelah beberapa meter melewati jalan raya, kamu akan melihat pemandangan samudra Hindia serta garis pantai berwarna putih.

Lokasi: Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

9. Pantai Pasir Putih, Karang Asem Bali

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Pesona Bali memang seakan tidak pernah luntur. Hal itu pun dibuktikan dengan banyaknya para wisatawan yang memenuhi pulau Bali ini, baik itu wisatawan lokal ataupun mancanegara setiap tahunnya.

Bali memang terkenal dengan keindahan pantainya yang tidak perlu diragukan lagi. Selain Pantai Kuta, Bali juga terkenal memiliki pantai eksotis lainnya yaitu Pantai Pasir Putih.

Pantai pasir putih ini sendiri cukup terkenal bagi para wisatawan karena memiliki panorama yang sangat cantik. Walaupun demikian, sebenarnya tidak banyak orang yang tahu tentang pantai ini, karena pantai pasir putih ini berlokasi di kawasan yang kurang strategis.

Hal menarik lainnya adalah pantai ini memiliki kebersihan yang terjamin dan tidak terlalu ramai oleh para pengunjung. Sangat cocok bagi kamu yang menyukai ketenangan ketika tengah berlibur di pantai.

Lokasi: Pantai Pasir Putih terletak di Desa Candidasa Kecamatan Karangasem, Bali.

10. Pantai Suluban, Bali

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Objek wisata pantai yang ada di Uluwatu ada banyak, dan salah satunya adalah pantai Suluban Uluwatu. Tapi dikalangan wisatawan Australia Suluban beach lebih dikenal dengan nama Blue Point beach Uluwatu.

Kamu pasti bertanya kenapa namanya berbeda? Apakah pantainya sama? Antara pantai Suluban dengan pantai Blue Point Uluwatu merupakan pantai yang sama, lokasinya sama dan tidak ada perbedaan sama sekali. Jadi yang berbeda hanya sebutan nama.

Awal penyebab pantai Suluban Uluwatu disebut pantai Blue Point. Karena wisatawan sebelumnya tidak tahu nama sebenarnya pantai ini. Karena ada hotel di atas pantai Suluban Uluwatu yang bernama hotel Blue Point.

Maka untuk memudahkan untuk mengingat, disebutlah pantai Suluban dengan nama pantai Blue Point Uluwatu.

Lokasi: Pantai Suluban terletak di Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali. 

11. Pantai Padang-Padang, Bali

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Jika kamu memiliki rencana saat liburan di Bali untuk memilih hotel di kawasan tempat wisata Uluwatu, maka salah satu pantai pasir putih yang terdekat dengan kawasan Uluwatu adalah pantai Padang-Padang Pecatu.

Keunikan lokasi dengan latar belakang perbukitan yang rindang dan batu karang yang terjal, merupakan ciri khas pantai Padang-Padang ini.

Untuk menuju lokasi bibir pantai, pengunjung harus melewati jalan yang menyerupai goa. Kemudian turun melewati puluhan tangga yang hanya cukup untuk dilewati satu orang.

Setelah melewati tangga, pasir putih dengan airnya yang tenang dan jernih akan terlihat.

Lokasi: Pantai Padang-Padang terletak di Pulau Dewata Bali.

12. Pantai Ora, Maluku

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Pantai Ora memiliki taman bawah laut yang sangat indah, pantai yang bersih dan air laut yang jernih membuat Pantai Ora layaknya kaca karena kita bisa melihat bebatuan karang dari atas.

Pantai Ora memang terkenal dengan keindahan bawah laut, bahkan saking indah banyak wisatawan menyebut Pantai Ora mirip dengan pantai yang ada di Maladewa.

Keunggulan Pantai Ora adalah pasir yang putih bersih, air laut yang berwarna biru kehijauan dan jernih, serta kekayaan terumbu karang dan biota laut.

Untuk bisa melihat keindahan bebatuan karang di Pantai Ora kita tidak perlu menyelam terlalu dalam, hanya menyelam sekitar 2-3 meter saja kita sudah bisa melihat indah surga bawah laut Pantai Ora.

Lokasi: Pantai Ora terletak di pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah.

13. Gili Trawangan, Lombok Nusa Tenggara Barat

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Satu hal yang tidak bisa dilewatkan saat berlibur ke Gili Trawangan adalah berenang di lautnya yang asri dan bersih. Saat menyelam, kamu bisa melihat keindahan ekosistem laut.

Saat keluar dari permukaan laut, kamu akan melihat pemandangan perbukitan di ujung pantai. Jika hanya berenang saja terasa kurang memuaskan, kamu bisa coba snorkeling menggunakan jasa yang menawarkan paket snorkeling di sepanjang jalan pinggir pantai.

Pemandangan alam Gili Trawangan tidak kalah menakjubkan dari destinasi wisata lainnya di Indonesia. Kamu bisa menikmati sunset yang indah saat berada di sini.

Lokasi: Gili Trawangan terletak di kawasan tiga gili di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. 

14. Karimun Jawa, Jawa Tengah

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Karimunjawa merupakan sebuah pulau yang terletak di wilayah Jepara. Letaknya yang berada di pesisir pantai utara pulau Jawa menjadikan tempat ini sebagai Taman Nasional dengan hamparan air laut yang jernih.

Di pantai Karimunjawa terdapat terumbu karang yang cantik dan pesona pasir putih yang bersih.

Ombak di tepi pantai Karimunjawa masih bersih sehingga sangat asri, sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Keindahan alam dan lautnya sangat menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Karimunjawa terletak di utara Jawa Tengah dan lebih tepatnya lagi 80 KM dari Kota Kartini Jepara.

15. Pulau Weh, Aceh

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Tempat wisata Pulau Weh merupakan salah satu objek wisata di Aceh yang belum banyak diketahui wisatawan, khususnya untuk penikmat perjalanan dalam negeri.

Namun, untuk para pecinta wisata laut, Pulau Weh adalah tempat wisata yang terkenal karena merupakan salah satu lokasi kegiatan menyelam dan berselancar.

Wisata Pulau Weh memiliki banyak terumbu karang yang indah.  Air lautnya yang kebiruan dan sangat jernih membuat pandangan mata rasanya enggan beralih.

Lokasi: Pantai Weh terletak di Sabang Provinsi Aceh. 

16. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Banyuwangi terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari perbukitan, taman nasional, hingga jajaran pantai indah di ujung timur pulau jawa sangat menggiurkan bagi para wisatawan yang haus akan pengalaman menikmati alam.

Ada puluhan Pantai yang mengelilingi Kabupaten Banyuwangi. Salah satu yang paling terkenal dan menjadi primadona wisata Kota Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah.

Pantai ini masih menyuguhkan wisata bawah laut yang cukup indah. Kamu dapat melihat kehidupan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan laut pada kedalaman yang dangkal.

Lokasi: Pantai Pulau Merah terletak di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

17. Pantai Sulamadaha, Maluku Utara

Pantai di Indonesia

Sumber: pinterest.com

Sulamadaha adalah pantai yang paling terkenal di Ternate. Tidak hanya di Indonesia, namun pantai ini juga sudah diketahui oleh warga mancanegara.

Banyak turis asing yang mengunjungi Sulamadaha, bahkan mereka sulit untuk melupakan pesona pesisir cantik ini. Pantai Sulamadaha merupakan satu aset wisata penting untuk wilayah Ternate.

Pantai Sulamadaha juga memiliki keunikan tersendiri. Pantainya berbentuk U. Tidak terlalu luas, tetapi memberikan kesan privat karena terdapat tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya. Pantai ini juga sangat banyak pepohonan rindang.

Lokasi: Pantai Sulamadaha terletak di Desa Sulamadaha, Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Nah, itulah beberapa pantai di Indonesia yang sangat indah dan menjadi favorit wisataman lokal maupun mancanegara.

Bagaimana, sangat menarik bukan pantai di Indonesia? kamu bisa mengunjungi beberapa pantai di Indonesia untuk momen liburan.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alamnya. Jadi, kita harus bangga menjadi warga Indonesia!

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Bisa kamu temukan artikel lainnya di situs blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×