Wajib Tahu! Inilah 8 Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah – Kewajiban seorang Muslim selain beribadah adalah berzakat. Salah satu zakat yang harus dikeluarkan adalah zakat fitrah.

Biasanya zakat fitrah dikeluarkan di bulan Ramadhan sebelum memasuki bulan Syawal. 

Selain harus mengetahui apa itu zakat fitrah dan kapan membayarnya, Anda juga harus mengetahui siapa saja orang yang berhak menerima zakat fitrah.

Berikut adalah 8 golongan yang berhak mendapat zakat fitrah.

Apa Itu Zakat Fitrah?

Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum membahas tentang orang yang berhak menerima zakat fitras, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu zakat fitrah.

Mengutip dari baznaskotabandung.org, zakat fitrah adalah zakat yang harus atau diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan hingga menjelang shalat Idul Fitri.

Selain Zakat Fitrah, ada juga jenis zakat lainnya yaitu zakat mal. 

Zakat mal adalah zakat yang dikenakan atas segala jenis harta, yang secara zat maupun substansi perolehannya, tidak bertentangan dengan ketentuan agama. Sebagai contoh, zakat mal terdiri atas uang, emas, surat berharga, penghasilan profesi, dan lain-lain, sebagaimana yang terdapat dalam UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, Peraturan Menteri Agama No 52 Tahun 2014 yang telah diubah dua kali dengan perubahan kedua adalah Peraturan Menteri Agama No 31/2019, dan pendapat Syaikh Dr. Yusuf Al-Qardhawi serta para ulama lainnya.

Siapa Saja Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah?

Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah
Sumber: google.com/bersosial

Sementara itu, ada 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah. Siapa saja golongan tersebut?

Melansir dari zakat.or.id, 8 golongan tersebut adalah fakir, miskin, riqab atau hamba sahaya, gharim, mualaf, fisabilillah, ibnu sabil, dan amil.

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing golongan itu:

1. Fakir

Secara istilah fakir adalah seseorang yang tidak dapat mencukupi setengah dari kebutuhan pokoknya dan tanggungannya (istri dan anak), seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan. 

Kelompok fakir dan miskin sebagai mustahik adalah warga muslim yang harus diutamakan dalam hal penerimaan zakat. 

Penyaluran dana zakat kepada fakir miskin macamnya ada dua, yaitu untuk tujuan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari maupun untuk memberikan kemampuan berwirausaha.

2. Miskin

Kemudian adalah orang yang berhak menerima zakat adalah orang miskin. 

Miskin adalah seseorang yang hanya dapat memenuhi setengah atau lebih kebutuhan pokoknya dan tanggungannya. Namun tidak dapat mencukupi seluruh kebutuhannya.

3. Hamba Sahaya atau Riqab

Menurut Yusuf Qardhawi, Riqab adalah bentuk jamak dari Raqabah. Istilah ini dalam Quran artinya budak belian laki-laki (abid) dan bukan budak belian perempuan (amah). 

Istilah ini diterangkan dalam kaitannya dengan pembebasan atau pelepasan. Seolah-olah Qur’an memberikan isyarah dengan kata kiasan ini maksudnya, bahwa perbudakan bagi manusia tidak ada bedanya seperti belenggu yang mengikatnya.

4. Gharim atau Gharimin

Kemudian orang yang berhak menerima zakat fitrah adalah gharim atau gharimin.

Secara bahasa, Gharimin atau Gharim adalah orang yang terlilit hutang atau orang yang berhutang. Salah satu golongan penerima zakat ini dikategorikan sebagai penerima zakat yang wajib kita berikan yang terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu:

  • Ghârim limas hati nafsihi (terlilit hutang atau orang yang berhutang untuk kemaslahatan atau kebutuhan dirinya)
  • Ghârim li ishlâhi dzatil bain (terlilit hutang karena mendamaikan manusia, qabilah atau suku)

Tidak semua orang yang terlilit hutang disebut mustahik dan berhak menerima zakat. Ada kriteria yang ditentukan, salah satunya seseorang tidak memiliki harta apapun untuk melunasi hutang. Harta yang ia miliki hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. 

5. Mualaf

Selanjutnya adalah mualaf. Mualaf adalah orang yang baru masuk Islam. Karena masih adaptasi dengan kehidupan baru, maka mualaf juga termasuk orang yang berhak menerima zakat untuk mendukung penguatan iman dan takwa mereka dalam memeluk agama Islam. 


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Zakat yang diberikan kepada mualaf memiliki peran sosial sebagai alat mempererat persaudaraan sesama muslim. Mualaf jadi merasa aman dan dibantu untuk teguh dalam mengenal Islam.

6. Fisabilillah

Adapun golongan atau orang yang berhak menerima zakat fitrah lainnya adalah orang orang yang berada di jalan Allah atau disebut dengan fisabilillah.

Golongan fisabilillah adalah seseorang atau sebuah lembaga yang memiliki kegiatan utama berjuang di jalan Allah dalam rangka menegakkan agama Islam. 

Para fisabilillah penerima zakat saat ini dapat berupa organisasi penyiaran dakwah Islam di kota-kota besar, maupun syiar umat Islam di daerah terpencil.

7. Ibnu Sabil

Selain fisabilillah, ada pula seorang ibnu sabil yang berhak untuk diberikan zakat fitrah.

Seseorang yang berada dalam perjalanan dan kehabisan bekal dan kehabisan biaya itu merupakan arti dari ibnu sabil. 

Golongan penerima zakat ini diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak dapat meneruskan perjalanannya terlepas dari golongan mampu atau pun sebaliknya.

8. Amil Zakat

Golongan terakhir yang berhak menerima zakat adalah amil atau orang yang menyalurkan zakat fitrah.

Secara bahasa berarti pengelola zakat atau orang-orang yang mengumpulkan dan mengumpulkan dana zakat yang telah diberikan oleh muzakki (orang yang memberikan zakat). 

Dengan zakat, mustahik menjadi berdaya dengan mendapatkan akses kebutuhan yang layak. Terima kasih sudah rajin berzakat, ya! Zakatmu mengandung manfaat yang bermakna untuk para penerima zakat. 

Anda juga bisa mengetahui keutamaan mengeluarkan zakat fitrah di dalam video di bawah ini:

Itulah 8 golongan atau orang yang berhak menerima zakat fitrah. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin membaca artikel Islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Kemudian Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Lalu Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut ini.

YUK, GABUNG DISINI!