Omset Adalah Pendapatan Bisnis, Ini Cara Memaksimalkannya!

Omset adalah istilah yang digunakan dalam dunia bisnis, biasa digunakan untuk menyatakan besaran rupiah  dari barang yang laris terjual. Namun, pengertian apa itu omset sendiri tidak hanya dapat terjawab oleh pernyataan berikut. Sebagai pebisnis atau mungkin calon pebisnis maka perlu mengetahui pengertian, manfaat mempelajari omset, serta cara meningkatkan omset penjualan.

Dalam dunia bisnis, untuk menyebut jumlah penghasilan dari suatu usaha seringkali dikaitkan dengan istilah omset. Arti omset sendiri sebenarnya belum menentukan berapa jumlah keuntungan dari bisnis tersebut.

Pendapatan dikategorikan menjadi dua macam yang pertama yaitu pendapatan kotor kemudian ada juga pendapatan bersih.

Omset Adalah

Untuk menjawab pertanyaan apa itu omset usaha, secara singkatnya omset adalah pendapatan kotor. Pendapatan kotor yang dimaksud adalah jumlah keseluruhan pendapatan yang belum dikurangi dengan biaya dan beban dalam bisnis.

Pada titik berikut, omset belumlah termasuk pendapatan murni dari hasil penjualan produk atau barang.

Total pendapatan yang terdapat dalam omset masih terbilang kotor atau belum mengalami pengurangan beban atau biaya-biaya lainnya dalam bisnis. 

Banyak para pebisnis yang menganggap bahwa dengan meningkatkan penjualan maka keuntungan akan semakin besar.

Pada kenyataannya, besaran omset masih belum menjamin keuntungan dalam bisnis Anda. Jika hal tersebut terjadi apabila omset yang besar namun arus kas keluar tetap lebih besar daripada arus kas masuk dalam bisnis Anda.

Arti Omset Menurut Para Ahli

"<yoastmark

Sebelum memahami lebih jauh tentang omset dalam perhitungan bisnis, mari kita mengenali terlebih dahulu pendapat para ahli masing-masing terkait definisi dari omset tersebut. Omset menurut KKBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri sering diartikan sebagai jumlah uang yang dihasilkan dari penjualan barang dagangan tertentu selama suatu masa jual.

Arti Omset menurut Chaniago (1998)

Omset penjualan menurut konsep Chaniago adalah keseluruhan pendapatan yang didapatkan dari hasil penjualan suatu barang atau jasa dalam kurun waktu tertentu. Dalam hal ini, omset dan profil adalah dua hal yang berbeda walau keduanya sama-sama mengartikan pendapatan dari hasil penjualan.

Arti Omset menurut Swastha (1993)

Sedangkan Swastha berpendapat bahwa omset penjualan adalah akumulasi dari kegiatan penjualan suatu produk barang dan jasa yang dihitung secara keseluruhan dari kurun waktu tertentu atau terus-menerus dalam proses akuntansi. Besaran yang didapat perusahaan tidak dapat dijadikan alat ukur kesuksesan perusahaan.

Arti Omset menurut Cambridge Dictionary

Omset penjualan adalah uang yang diterima oleh perusahaan, terutama dari penjualan barang atau jasa.

Arti Omset menurut Investopedia

Istilah omset adalah jumlah total pendapatan yang dihasilkan oleh penjualan barang atau jasa terkait dengan operasi utama perusahaan.

Maka dari itu, kita dapat menyimpulkan bahwa omset adalah ukuran penting dari tolak ukur kinerja bisnis. Dengan mengenal angka pendapatan dapat bermanfaat untuk menunjukkan seberapa efektif suatu usaha atau perusahaan menghasilkan penjualan dan pendapatan namun tidak mempertimbangkan efisiensi operasi yang bisa mempengaruhi profit atau keuntungan bersih.

Perbedaan Omset dengan Profit

Terkadang, masih begitu banyak pelaku bisnis yang menganggap bahwa omset sama dengan profit. Agar tidak keliru lagi, kita perlu mengetahui apa bedanya omset dengan profit.

Omset sendiri merupakan total pendapatan bisnis dalam kurun periode tertentu yang menjadi bagian dari pendapatan kotor, sementara profit adalah pendapatan bersih yang dihasilkan dari bisnis. 

Misalnya, jika Anda berbisnis ayam geprek kemudian dalam sehari mendapatkan pendapatan hasil penjualan dalam kurun satu hari yaitu 500ribu. Belum tentu Anda sudah mendapatkan keutungan 300ribu. Namun biaya tersebut dikurangi dengan biaya operasional (100ribu) dan beban lainnya (150ribu)  sehingga keuntungan atau profit mencapai 250ribu rupiah.

Cara Menghitung Omset

Adapun rumus untuk menghitung omset adalah sebagai berikut.

Omset = Jumlah produk x Harga Jual Produk

Simak contoh berikut agar lebih mudah memahami perhitungan dari omset berikut.

Sebuah perusahaan Kaos distro memproduksi produknya sebanyak 2000 buah dengan harga jual sebesar Rp115.000,00 per buahnya. Maka pendapatan perusahaan tersebut dalam periode berikut adalah 2000 buah x Rp115.000,000 = Rp230.000.000,-.

Cara menghitung omset penjualan berikut adalah rumus umum yang dapat Anda gunakan untuk menghitung omset dalam jangka waktu perbulan.

Cara Meningkatkan Omset Penjualan di Evermos

"<yoastmark

Apakah Anda merupakan seorang reseller hebat di Evermos yang ingin meningkatkan omset penjualan Anda? Tenang, Tim Evermos akan membagikan beberapa kiat penting bagaimana cara meningkatkan omset penjualan.

1. Membuat Konten Pemasaran Berkualitas

Ingin produk yang Anda tawarkan semakin diminati oleh banyak orang? Kuncinya adalah dengan terus memperbaharui kualitas konten pemasaran yang telah Anda buat.

Anda dapat memberikan pernyataan dan solusi dari berbagai masalah yang dialami oleh calon pelanggan. Buatlah dengan gaya yang provokatif untuk menarik minat mereka, gunakan juga berbagai media gambar, video, artikel yang dapat Anda unggah di platform media sosial.

2. Membuat Relasi Seluas-Luasnya

Dalam dunia bisnis, jika ingin bisnis Anda dapat menjangkau berbagai kalangan maka langkah yang penting adalah dengan membangun koneksi atau relasi dengan mereka.

Dimana saja dan kapan saja, ketika Anda dapat menyempatkan diri untuk memperkenalkan diri Anda maka jangan ragu untuk membangun hubungan yang dekat dengan calon pelanggan. Namun, lakukan dengan hati-hati dan secara alamiah dengan tulus.

3. Tentukan Target Penjualan

Berbisnis tanpa ada perencanaan yang matang seperti menetapkan target penjualan, maka bisnis berjalan tanpa adanya arah yang pasti.

Tentukan target penjualan dalam jangka waktu tertentu, misalnya dengan menetapkan penjualan yang akan didapatkan dalam satu tahun, kemudian bagaimana dalam sebulan mencapai target berikut, hingga per minggu atau per hari.

4. Berfokus Pada Kualitas Produk

Sebelum menjual barang pastikan Anda menjelaskan tentang kualitas produk yang Anda jual sebelum menyebutkan harga.

Pelanggan akan lebih bisa menerima harga jual yang ditawarkan akan sebanding dengan kualitas produk yang akan didapatkan.

Ada memang beberapa orang yang membeli barang tanpa memikirkan harga, tetapi lebih memilih untuk mencari barang yang berkualitas.

Nah, tugas Anda sebagai pebisnis bisa menjelaskan mengenai kualitas dari barang yang Anda jual melalui aplikasi Evermos.

5. Buatlah Penawaran yang Menarik

Siapa yang tidak menyukai promo atau penawaran menarik? Tentunya siapa saja akan terbelalak jika menjumpai produk atau jasa yang sedang menggelar promo. Walau begitu, manfaatkan hal berikut untuk meningkatkan penjualan.

Anda dapat membuat penawaran yang menarik dengan memadukan berbagai produk yang Anda jual, misal dengan membeli set bundling produk tertentu akan mendapatkan potongan harga, kemudian gratis ongkir, buy one get one dan sebagainya.

Sebenarnya ada banyak strategi lainnya untuk meningkatkan penjualan yang bisa Anda praktekkan. Anda perlu mengoptimalkan berbagai media serta menerapkan strategi digital marketing agar pemasaran lebih luas dan efektif.

Demikian ulasan mengenai omset adalah pendapatan kotor yang perlu dipahami. Setiap bisnis tentunya memiliki jumlah pendapatan yang berbeda-beda, namun jika kita dapat memaksimalkan biaya operasional dan beban lainnya maka bukan tidak mungkin bisnis akan semakin berkembang dan sukses. 

Mari sebarkan informasi artikel Blog Evermos berikut kepada kerabat, saudara, orang-orang terdekat Anda agar semakin lebih paham dan mengenal lebih dalam arti omset.

Ingin meningkatkan omset penjualan dan untung setiap harinya? Yuk bergabung jadi reseller hebat bersama Evermos.

Hanya dengan modal HP, Anda bisa menjual berbagai aneka produk lokal yang berkualitas. 

Raih komisi penghasilan hingga 35% per produknya. Pilihan yang tepat bagi Anda untuk bergabung menjadi reseller Evermos.

Klik button di bawah ini untuk mendaftar sebagai reseller Evermos, GRATIS tanpa biaya apapun!

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88