15+ Rekomendasi Novel Islami Romantis Terbaik Indonesia

novel islami romantis

Sedang mencari buku bacaan novel islami yang romantis? Berikut ini tim Evermos akan memberikan beberapa rekomendasi novel islami romantis yang bisa Anda baca untuk mengisi waktu luang.

Indonesia dikenal memiliki berbagai genre novel Islami romantis yang bisa dijadikan bacaan inspiratif. Meski kerap bersaing dengan novel bergenre lain, novel Islami tak kalah populer di masyarakat.

Banyaknya pesan moral keagamaan yang dapat ditampung membuat novel-novel Islam semakin marak di dunia literasi Indonesia.

Berikut artikel ini akan mencoba membahas beberapa rekomendasi novel islami romantis yang bisa Anda nikmati di waktu senggang dan dijadikan sebagai bacaan inspirasional.

Rekomendasi Novel Islami Romantis Tahun 2021

1. Satu Hari di 2018 | Karya: Boy Candra

Satu Hari di 2018

Sumber Gambar: Google

Novel fiksi karya Boy Candra yang berjudul One Day in 2018 memiliki cerita yang cukup menyayat hati dan akan membuat Anda baper abis. Disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dipahami, sangat cocok untuk bacaan remaja. Cerita yang mengusung tema cinta membuat buku ini banyak dicari oleh para pembaca. Novel ini terdiri dari 15 bab yang menceritakan kisah yang berbeda tetapi masing-masing memiliki maknanya sendiri. Juga, setiap bab ditutupi dengan kutipan dari kata-kata menarik di setiap cerita.

2. The Perfect Muslimah | Karya: Ahmad Rifa`i Rif`an

The Perfect Muslimah

Sumber Gambar: Google

The Perfect Muslimah adalah sebuah novel nonfiksi karya Ahmad Rifa’i Rif’an. Buku ini memberikan gambaran tentang rahasia menjadi Muslimah yang sempurna. Seperti memiliki akhlak yang indah, wajah teduh, menguasai ilmu agama, menjaga aura dan masih banyak lagi. Buku ini dibagi menjadi 6 bagian dan setiap komponen mengandung nilai-nilai penting bagi pembaca

3. Kutemukan Cintamu | Karya: ODOJ One Day One Juz

Kutemukan Cintamu

Sumber Gambar: Google

Buku ini sangat menginspirasi kita semua. Banyak cerita yang menyentuh hati. Setiap orang punya cara dan cerita untuk kembali ke Al-Qur’an. Setiap orang memiliki jalan dan ceritanya masing-masing selama mereka mengenal Al-Qur’an. Setiap orang punya jalan dan cerita juga, meski jauh dari Al-Qur’an. Itulah tiga poin yang akan anda dapatkan ketika membaca buku ini

4. Ratu Bidadari Surga | Karya: Ratu Bidadari Surga

Ratu Bidadari Surga

Sumber Gambar: Google

Inilah kisah nyata para wanita yang sedang dalam proses menjadi bidadari, calon ratu bidadari surga. Bagaimana mereka menghadapi ujian sebagai bentuk ketaatan kepada Sang Pencipta.

Karena baginya hanya ada dua pilihan: menjadi perhiasan terbaik di dunia atau fitnah terbesar.

Rekomendasi Novel Islami Romantis Terbaik 

1. Di Atas Sajadah Cinta | Karya: Habiburrahmad El Shirazy

Di Atas Sajadah Cinta

Sumber Gambar: Google

Ini adalah kisah-kisah yang penuh dengan Ibrah, makna yang dalam, diambil dari teladan Nabi, Sahabat, Tabi’in dan Mujahid Islam di masa lalu. Membaca buku ini akan membuat Anda merasa seperti terjebak untuk berpikir dan hidup untuk diri sendiri lagi. Berapa banyak yang bisa diambil dari kumpulan cerita teladan ini. Sangat bermanfaat bagi generasi muda kita.

Baca Juga:  30 Keutamaan Sholat Tarawih pada Bulan Suci Ramadhan

2. Cinta dalam Diam | Karya: Shineeminka

Cinta dalam Diam

Sumber Gambar: Google

Cinta Dalam Diam, sebuah novel yang menceritakan tentang seorang mahasiswi kedokteran Zahra yang bertunangan dengan Ali yang berprofesi sebagai dokter sekaligus dosen di kampusnya.

Setelah lelah mencari sosok gadis yang diimpikannya dan selalu berharap bisa bersama wanita ini, kini ia menikah dengan Zahra karena ingin membahagiakan ibunda Ali.

Ketika kontrak berakhir, dia bertemu dengan gadis yang dia cari, apa yang akan Ali lakukan? Mengejar cinta yang dia cari atau membahagiakan orang yang sekarang menjadi tanggung jawabnya.

Lalu apa yang akan Anda rasakan pada malam setelah akad nikah, Anda dengan jelas mendengar bahwa suami Anda mencintai wanita lain dan wanita ini adalah yang paling dekat dengan Anda. Dia adalah wanita yang dicari suaminya, dicintai secara diam-diam, dan selalu bersamanya di setiap doa.

Apa yang akan Zahra lakukan? Bertahan atau menyerah?

Bagaimana perasaan Zahra, Ali dan orang-orang terdekat Anda?

Bagaimana cinta segitiga ini akan berakhir?

Simak selengkapnya pada novel “Cinta dalam Diam” karya penulis Shineeminka.

3. Bidadari Berbisik | Karya: Asma Nadia

Bidadari Berbisik

Sumber Gambar: Google

Bidadari Berbisik adalah salah satu novel karya Asma Nadia yang meraih Penghargaan Novel Terbaik pada Ajang Tahunan ke-10 Mastera (Dewan Sastra Asia Tenggara) 1995. Novel ini pertama kali diterbitkan oleh Mizan dengan judul Derai Sunyi dan kemudian diterbitkan kembali pada tahun 2020 oleh penerbit Republica dengan judul Bisikan Bidadari. Asma mengaku terinspirasi dari kisah nyata kematian pembantu rumah tangga yang dibunuh majikannya di sebuah kota di Indonesia 20 tahun lalu.

4. Cinta dalam Ikhlas | Karya: Abay Adhitya

Cinta dalam ikhlas

Sumber Gambar: Google

Cinta dalam ikhlas adalah sebuah novel roman islami yang ditulis oleh Abay Adhitya. Kang Abay menulis Cinta dalam ikhlas penuh dengan perasaan yang menjiwai, konon kisah cinta ini terinspirasi dari pengalaman pribadi. Selain menulis buku, Kang Abay juga telah menghadiri banyak seminar pernikahan dan merupakan seorang selebriti dan YouTuber. Cinta dalam ikhlas adalah novel yang sangat cocok untuk pembaca yang mencari cinta sejati sekaligus melepaskannya.

5. Dear, Imamku | Karya: Mellyana

Dear Imamku

Sumber Gambar: Google

Dear, Imamku adalah novel Indonesia karya Mellyana. Novel ini pertama kali ditulis di situs Wattpad, yang kemudian diterbitkan dalam bentuk fisik oleh Coconut Books. Novel tersebut telah dibaca oleh lebih dari 9 juta pembaca di situs Wattpad. Novel tersebut diadaptasi menjadi film layar lebar oleh Main Pictures berjudul Dear Imamku, dimana Haris diperankan oleh Dul Jaelani dan Alysa oleh Tissa Biani.

6. Di Antara Dua Sujud | Karya: Muhammad Irata

Diantara Dua Sujud

Sumber Gambar: Google

Novel bergenre islami ini berkisah tentang cinta dan jodoh. Berbekal rasa keikhlasan, Aslam secara rutin mengirimkan uang kepada seorang wanita yang menjual dirinya untuk kepentingan keluarganya. Dia belum pernah tampil di depan seorang wanita bernama Savana. Meski secercah kekaguman muncul dalam dirinya, Aslam mencoba meyakinkan dirinya sendiri bahwa karena dia penuh iman dan takwa, dia masih memiliki kesempatan untuk menikahi wanita cantik.

Dengan semangat dan tekad untuk mencari kesenangan, Furqon memasuki Manado. Misi awalnya hanya satu, menyelesaikan penelitian reklamasi lahan di sana. Siapa sangka dia akan bertemu dengan seorang ilmuwan dari Jepang, Hichiro Nakayama, yang selalu mengucapkan kalimat, “Seharusnya Tuhan tidak mengirimkan gempa karena tidak berguna dan tidak bisa menghancurkan pekerjaanku.” Dia pun mulai memperhatikan keponakan Nakayama, Nayumi. yang mau belajar kowtow. Namun, hatinya hancur saat mengetahui bahwa Nayumi adalah “bintang panas”.

Baca Juga:  Cara Membuat Sertifikat Vaksin Terbaru 2022, Mudah!

Lantas cinta seperti apa yang ditulis oleh Allah SWT dan ditakdirkan untuk menemani dua pemuda soleh tersebut?

7. Hijrah itu Cinta | Karya: Abay Adhitya

Hijrah itu cinta

Sumber Gambar: Google

Hijrah Itu Cinta adalah sebuah novel roman islami yang ditulis oleh penulis buku islami terlaris Abay Adhitya. Kang Abay menulis bahwa cinta Hijrah itu penuh perasaan dengan jiwa. Hijrah itu Cinta adalah karya keduanya yang menceritakan tentang perjalanan hijrah yang menyentuh, juga tentang cita-cita dan cinta yang diridhoi Tuhan.

8. Cinta Suci Zahrana | Karya: Habiburrahman El Shirazy

Cinta Suci Zahrana

Sumber Gambar: Google

Novel ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Zahrana yang melewati lika-liku kehidupan dengan cobaan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari wanita sejati. Tidak mudah bagi seorang Zahrana untuk mendapatkan cinta yang murni. Ini bukan hanya tentang membalikkan telapak tangan. Zahrana terlalu memprioritaskan masalah akademik dan profesional. Ini membuatnya sulit untuk “menikah”. Banyak pria yang tertarik padanya, tetapi dia harus menolaknya karena dia mendambakan prestasi akademik dan karir yang cemerlang. Begitu terus tanpa jeda, hingga pada akhirnya ia benar-benar harus berpikir untuk “menikah” demi orang tuanya dan tekanan-tekanan di sekitarnya. Kang Abik menghidupkan setiap narasi sehingga pembaca dapat memahami dan membentuk gambaran yang komprehensif tentang cinta, pendidikan, reputasi, keluarga, dan masyarakat.

9. Kekasih Impian | Karya: Wardah Maulina

Kekasih Impian

Sumber Gambar: Google

Buku kekasih impian karya dari Wardah Maulina merupakan salah satu novel yang diangkat dari perjalanan cinta Wardah Maulina dan Natta Reza. Tokoh utama novel ini adalah Walidah yang memerankan wanita muslimah yang sopan, dan Natta yang memerankan pria dewasa yang bertanggung jawab.

Tema besar kekasih impian adalah kisah Taaruf antara Wardah dan Natta. Perjalanan pembuktian dan keseriusan cinta Natta menikahi Wardah pasti membuat pembaca tergila-gila. Jelas, kekasih impian juga dirilis dalam film epik.

Novel kekasih impian memiliki 3 bab unik. Pertama saat Natta bertemu dengan orang tua Wardah di Aceh, Meulaboh. Kedua, di awal pernikahan mereka, Wardah dan Natta tinggal di sebuah rumah kos kecil. Akhirnya, ketika ada banyak pertanyaan dari orang lain tentang anak-anak mereka.

Rekomendasi Novel Islami Romantis Yang Di Adopsi Menjadi Film

1. Ayat-Ayat Cinta | Karya: Habiburrahman El Shirazy

Ayat Ayat Cinta

Sumber Gambar: Google

Novel “Ayat-Ayat Cinta” karya Habiburrahman El Shirazy menjadi bestseller di tahun 2000-an. Novel yang sarat dengan nuansa islami ini juga menjadi salah satu buku terlaris tahun 2000-an.

Novel Ini berisi kisah cinta ala Islam yang mungkin tidak biasa dalam kehidupan anak muda modern. Meski mengusung tema cinta, karya sastra ini juga mengandung unsur dakwah dan berlatar belakang budaya Islam. Penulis menyertakan penggunaan bahasa Arab formal (fusha) dan informasi (‘amiya) di hampir setiap paragraf. Catatan kaki diberikan kepada pembaca untuk memudahkan pemahaman. Latar tempat novel ini terjadi di Mesir dan sebagian di Indonesia. Suasana Mesir di musim panas digambarkan dengan rangkaian kalimat yang halus.

2. Negeri 5 Menara | Karya: A. Fuadi

Negeri 5 Menara

Sumber Gambar: Google

Novel best seller karya Ahmad Fuadi, Negeri 5 Menara, sukses besar dan mendapat respon luar biasa dari pembaca. Jelas bahwa novel yang diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 2009, bukanlah novel biasa, tetapi juga mampu memotivasi dan mengesankan pembaca secara substantif untuk kehidupan di pesantren modern.

Baca Juga:  8 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan dan Kecantikan Serta Cara Penggunaannya

Sekadar informasi, novel ini merupakan novel pertama dari trilogi yang juga bercerita tentang para pejuang mimpi yang mengejar mimpinya. Ringkasnya, novel ini menceritakan tentang kehidupan 6 mahasiswa dari 6 daerah berbeda yang menuntut ilmu di Pondok Madani (PM) Ponorogo, Jawa Timur, yang jauh dari rumah dan berhasil mewujudkan mimpinya, jendela dunia menggapai.

Keenamnya mengenyam pendidikan dan tinggal di tempat yang sama dari kelas 1 hingga kelas 6. Mereka menjadi lebih dekat dan berbagi gairah yang sama, yaitu duduk di bawah menara gubuk Madani. Dari semangat yang sama mereka menamakan diri mereka Sahibul Menara.

3. Surga yang Tak Dirindukan | Karya: Asma Nadia

Surga yang Tak Dirindukan

Sumber Gambar: Google

Kisah ini berawal dari seorang gadis bernama Arini yang suka berfantasi bahwa nantinya akan ada seorang pangeran tampan yang akan melamarnya dan hidup bahagia selamanya. Ia pun akhirnya menikah dengan pria bernama Andika Prasetya, yang disebut-sebut sebagai sahabat dan adik Arini sejak kecil. Kehidupan Arini dan Andika Prasetya juga berubah. Tiga bulan setelah menikah, Arini hamil. Pernikahan mereka telah dikaruniai 3 orang anak yang begitu manis, cantik dan tampan. Sebelum pernikahan, kehidupan rumah tangga mereka penuh dengan kisah bahagia yang terbentang. Arini yang berprofesi sebagai penulis, dan Andika Prasetya yang berprofesi sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi, seringkali tidak memungkinkan mereka untuk bertemu atau sekedar makan bersama.

Apalagi Arini yang akhir-akhir ini disibukkan dengan berbagai seminar di daerah, kursus dan lain-lain, membuat komunikasinya dengan suaminya semakin kurang. Setelah itu, kehidupan rumah tangganya berubah, ketika Andika Prasetya sedang terburu-buru berangkat kerja, tiba-tiba di sudut jalan raya ada sebuah mobil yang mengalami kecelakaan yang agak kronis. Saat itu, Andika Prasetya turun dari mobilnya berniat membantu korban. Jantungnya berdetak lebih cepat saat melihat sosok wanita tergeletak di trotoar, darah berceceran di mana-mana. Dari situ, narasi baru dalam kehidupan Andika Prasetya terjadi. Setelah sekian lama Andika Prasetya menyembunyikan rahasia dari Arini dan akhirnya Arini mengetahui bahwa suaminya berpoligami dengan seorang wanita bernama Mei Rose.

4. Cinta di Ujung Sajadah | Karya: Asma Nadia

Cinta di Ujung Sajadah

Sumber Gambar: Google

Novel ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Cinta Ayu yang tinggal bersama ayah, ibu tiri dan dua saudara tirinya. Mendapatkan ibu baru dan saudara baru tidak membuat hidup Cinta menjadi lebih baik, dia hidup seperti Cinderella yang diperlakukan tidak adil oleh ibu dan saudara tirinya.

Bahkan sang ayah yang seharusnya melindungi putri kandungnya pun kerap berpihak pada istrinya yang cantik dan patut diteladani, meski tahu putranya tidak bersalah. Setiap pagi saat Cinta pergi ke sekolah, sering terjadi pertengkaran di meja makan.

Meski Mama Alia, begitu Cinta memanggil ibu tirinya, cantik, tidak demikian dengan kedua putrinya. Anggun memiliki tubuh yang kurus dan kurang percaya diri dengan penampilannya, sangat kontras dengan Cantik yang memiliki tubuh kekar namun percaya diri tinggi namun terkesan cheesy. Adapun Cinta, dia tidak cantik atau jelek, tidak kurus atau gemuk, ini sering membuat Anggun dan Beauty sangat cemburu pada Cinta.

5. Bumi Cinta | Karya: Habiburrahman El Shirazy

Bumi Cinta

Sumber Gambar: Google

Muhammad Ayyas atau biasa disapa Ayyas adalah mahasiswa asal Indonesia yang juga mahasiswa Salaf. Ia harus melakukan penelitian di negara yang paling menghargai seks bebas, yaitu Rusia. Ia harus berjuang untuk menegakkan iman, keyakinan, dan keyakinannya. Saat itu sedang musim dingin di Moskow dan Ayyas dijemput oleh Devid, teman sekolahnya. Tak disangka Ayyas terkejut karena harus berbagi apartemen dengan wanita Rusia yang sangat cantik. Mereka adalah Yelena dan Linor, sejak saat itu jalan hidup Ayya penuh dengan godaan. Tapi apakah Ayyas mampu mempertahankan imannya?

Itulah rekomendasi Novel Islami Romantis yang bisa Anda baca untuk menemani waktu senggang Anda. Temukan informasi menarik lainnya hanya di Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×