Puasa 6 Hari Bagaikan 1 Tahun. Inilah Niat Puasa Syawal Serta Tata Caranya. Yuk Amallkan!

niat puasa syawal

Niat Puasa Syawal — Salah satu ibadah sunnah yang utama dan sangat dianjurkan rasulullah SAW adalah puasa syawal. Hukum dari amalan ini adalah sunnah muakkad. Saking istimewanya ganjaran dari ibadah puasa Syawal ini bagaikan berpuasa 1 tahun lamanya. Pernyataan ini bisa kita lihat berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi : 

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun” (HR. Muslim)

Untuk lebih memahaminya, langsung saja kita simak ulasan mengenai tata cara dan niat puasa syawal berikut ini.

Niat Puasa Syawal

niat puasa syawal

sumber : pexels.com

Cara melaksanakan puasa syawal sama halnya dengan puasa wajib dan sunnah lainnya yang diawali dengan makan sahur sebelum terbit fajar dan berbuka saat terbenamnya matahari.

Satu hal yang membedakan adalah bacaan niatnya. Untuk itu, berikut adalah bacaan niat puasa syawal :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَّةٍ مِنْ شَوَّالٍ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma ghodin ‘an sittatin min syawwaalinn sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: Aku berniat puasa besok dari enam hari Syawal, sunnah karena Allah Ta’ala

Waktu Puasa Syawal

Pelaksanaan ibadah puasa syawal ini bisa dimulai dari mulai tanggal 2 syawal. Puasa Syawal yang berjumlah 6 hari ini boleh dilakukan secara berurutan, boleh pula tidak berurutan. Jika yang dimaksudkan adalah berurutan berarti Puasa Syawal langsung dikerjakan setelah hari raya yakni tanggal 2 hingga 7 Syawal.

Selebihnya tidak ada madzhab yang tidak memperbolehkan puasa di selain tanggal 2 sampai 7 Syawal. Maka, puasa syawal bisa dilakukan tidak berurutan yang penting masih berada di bulan Syawal.

Namun, hendaknya tidak mengerjakan puasa ini khusus di hari Jum’at tanpa mengiringinya dengan puasa di hari Kamis atau Sabtu.

Keutamaan Puasa Syawal

niat puasa syawal

sumber : pexels.com

1. Mendekatkan Diri kepada Allah

Setiap muslim yang mengerjakan puasa Syawal selama enam hari, maka mendapat tempat mulia di sisi Allah. Selain itu, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dibandingkan dengan minyak kasturi.

Keutamaan ibadah puasa sunnah tersebut sebagaimana tercantum dalam salah satu hadis berikut ini:

Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu).” Kemudian, Rasulullah melanjutkan, “Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi.” (HR. Muslim).

2. Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda

Sebagaimana kita tahu bahwa seseorang yang mengerjakan ibadah sunnah ini selama enam hari setelah hari raya maka pahala yang diterima akan berlipat ganda. Sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadits berikut ini:

Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. (Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal).” (HR. Ibnu Majah).

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa Syawal juga memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan saat seseorang menahan rasa lapar selama puasa, maka akan memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang dapat menghindarkan dari infeksi.

Menurut sebuah penelitian puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena penciptaan sel darah putih baru tersebut dapat meregenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh. Sehingga hal ini berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai ancaman virus dan bakteri.

4. Mencegah Gangguan Pencernaan

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, puasa juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit yang disebabkan karena gangguan pencernaan. Pasalnya, setelah melaksanakan hari raya Idul Fitri biasanya umat muslim dapat kembali makan tiga kali dalam sehari. Sehingga hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, puasa pada bulan syawal dapat sebagai kontrol untuk menekan porsi makan. Sehingga hal ini dapat mengendalikan transisi setelah mengonsumsi makanan dengan jumlah besar dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat puasa Syawal bagi kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung.

Hal ini didukung oleh para peneliti yang menyatakan bahwa berpuasa dapat menurunkan tekanan darah, kolestrol, dan kadar trigliserida.

6.Menyehatkan Otak

Sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan kemampuan belajar serta daya ingat. Selain itu, dapat mengurangi risiko munculnya penyakit Alzheimer, Parkinson, dan stroke.

7. Mencegah kanker

Jika kita rutin menjalankan ibadah puasa, termasuk puasa sunah seperti Syawal, maka hal ini dapat bermanfaat bagi tubuh kita dengan mengendalikan kadar insulin dan meredakan peradangan atau inflamasi dalam tubuh.

Keduanya merupakan faktor yang dikaitkan dengan terbentuknya sel kanker.

Demikianlah ulasan mengenai Niat puasa syawal. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat kualitas ibadah dan keimanan Anda semakin meningkat. Lengkapi perlengkapan ibadah Anda untuk persiapan lebaran Anda di di aplikasi Evermos

Selain untuk penggunaan pribadi, produk produk ini pun bisa Anda gunakan sebagai modal usaha. Ingin memulai bisnis online tanpa modal? maka Anda bisa mencoba bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel mengenai Niat Puasa syawal ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×