Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya, Yuk Amalkan!

Puasa Senin Kamis adalah salah satu puasa sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Puasa ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bagi Anda yang ingin menjalankan puasa Senin Kamis, berikut ini adalah niat puasa Senin Kamis dan doa berbukanya yang bisa Anda baca.

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya
Sumber: pexels.com

Niat puasa Senin Kamis berbeda di kedua hari tersebut. Adapun niat puasa Senin Kamis bisa dibaca dengan bahasa yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, atau dengan bahasa Arab dan latin. Berikut ini adalah niat puasa Senin Kamis dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

Niat Puasa Senin

Bacaan Arab:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin:

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya:

“Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunah karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa Kamis

Bacaan Arab:



نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin:

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya:

“Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunah karena Allah ta’ala.”

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya
Sumber: pexels.com

Doa berbuka puasa Senin Kamis bisa kita baca dengan salah satu dari dua versi berikut ini. Versi pertama adalah doa berbuka puasa yang umum dibaca oleh umat Islam, sedangkan versi kedua adalah doa berbuka puasa yang khusus untuk puasa sunnah.

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis Versi Pertama

Bacaan Arab:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Bacaan Latin:

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya:

“Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah.”

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis Versi Kedua

Bacaan Arab:

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْن

Bacaan Latin:

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

Artinya:

Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis memiliki banyak keutamaan yang bisa kita peroleh jika kita melaksanakannya dengan ikhlas dan sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Berikut ini adalah beberapa keutamaan puasa Senin Kamis yang bisa kita ketahui.

1. Teladan dari Rasulullah SAW

Puasa Senin Kamis adalah salah satu kebiasaan Rasulullah SAW yang tertuang dalam keterangan haditsnya. Dari Aisyah RA, beliau mengatakan: “Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada Senin dan Kamis.” (HR An-Nasai).

Dengan mengikuti sunnah Rasulullah SAW, kita akan mendapatkan pahala dan ridha dari Allah SWT. Selain itu, kita juga akan meneladani akhlak dan kesehatan Rasulullah SAW yang selalu menjaga tubuhnya dengan berpuasa secara rutin.

2. Waktu Dihadapkannya Amalan pada Allah SWT

Rasulullah SAW memberikan contoh berpuasa Senin Kamis pada umatnya karena pada hari-hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR Tirmidzi).

Dengan berpuasa pada hari-hari tersebut, kita akan mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki amalan kita sebelum kita menghadap kepada Allah SWT. Kita juga akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa kita yang telah kita lakukan.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Puasa Senin Kamis juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa kita. Dengan berpuasa secara rutin, kita akan melatih tubuh kita untuk tidak bergantung pada makanan dan minuman secara berlebihan. Kita juga akan membersihkan tubuh kita dari racun-racun yang menumpuk akibat pola makan yang tidak sehat.

Selain itu, puasa Senin Kamis juga akan membantu kita untuk meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT. Dengan berpuasa, kita akan lebih mudah untuk mengendalikan hawa nafsu dan emosi kita. Kita juga akan lebih fokus untuk berdzikir, membaca Al-Quran, sholat, dan melakukan amalan-amalan lainnya yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Penutup

Itulah artikel tentang niat puasa Senin Kamis dan doa berbukanya yang bisa Anda baca dan amalkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat menambah ilmu serta iman Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan jiwa Anda dengan cara-cara yang halal dan baik. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)