Nasihat untuk Penghafal Al Quran dan Keutamaan Menghafalnya

Nasihat untuk penghafal Al quran – Sebagai seorang muslim tentu Anda sering membaca Al-quran. Sejak kecil kita selalu diminta untuk belajar mengaji oleh orang tua kita.

Orang tua bukan tanpa sebab meminta kita untuk terus belajar mengaji, namun karena orang tua kita ingin kita menjadi orang yang sholeh dan sholehah yang mengamalkan Al-quran dalam kehidupan sehari-hari.

Kitab suci Al-quran adalah sebuah pegangan atau pedoman bagi umat muslim saat di dunia agar mendapatkan kehidupan yang indah di akhirat kelak.

Di dalam Al-quran banyak terkandung makna tentang kehidupan, kisah, dan tata cara kita dalam beragama.

Jika jika mengamalkannya dalam kehidupan, bukan tidak mungkin hidup kita akan lebih tentram dan indah.

Apalagi jika kita bisa menghafalnya, hal itu tentu lebih bagus dan dicintai oleh Allah SWT. Bahkan sahabat Nabi dan beberapa hadits dengan khusus memberikan nasihat untuk penghafal Al quran.

Artikel kali ini akan membahas tentang nasihat untuk penghafal Al quran, keutamaan menghafal Al-quran, dan cara agar bisa menghafal Al-quran dengan cepat. 

Nasihat untuk Penghafal Al Quran

Nasihat untuk penghafal al quran
Sumber: pexels.com

Ada sebuah hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tentang menghafal Al-quran. Rasulullah SAW bersabda:

“Jaga dan rawatlah Al-Qur’an (menghafal dan mengamalkannya), demi Zat yang jiwaku di tangan-Nya, sungguh Al-Qur’an lebih cepat lepas (hilang dari hafalan) daripada lepasnya unta dari ikatannya,” (H.R Bukhari).

Kemudian ada salah satu sahabat Nabi yang sangat peduli kepada para penghafal Al-quran, sehingga beliau sering sekali menasihati para penghafal Al-quran saat itu, yaitu Umar bin Khattab.

Melansir dari laman islam.nu.or.id berikut ini adalah nasihat untuk  penghafal Al Quran yang dikatakan oleh Umar bin Khattab.

1. Al-quran adalah pahala

Hal yang pertama kali Umar bin Khattab katakan kepada umat muslim yaitu bahwa Al-quran adalah pahala, kehormatan, dan simpanan bagi yang menghafalnya.

Oleh karenanya para penghafal diminta untuk mengikuti Al-Qur’an, bukan malah sebaliknya Al-Qur’an mengikuti mereka. 

Karena, mereka yang mengikuti Al-Qur’an, maka Al-Qur’an akan membawanya masuk ke dalam surga. 

Sementara mereka yang diikuti Al-Qur’an, maka Al-Qur’an sendiri akan melemparkannya ke dalam neraka.

2. Jadikan Al-quran sebagai Teman

Umar bin Khattab dalam sebuah kitab Hayatush Shahabah oleh Syekh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi tahun 2019, menasihati jadikanlah Al-quran sebagai temanmu.

“Jika engkau bisa, jadikanlah Al-Qur’an sebagai temanmu, dan jangan sampai ia menjadi musuhmu. Sebab, barang siapa yang mana Al-Qur’an menjadi temannya niscaya ia masuk surga. Dan barangsiapa dimusuhi Al-Qur’an, niscaya ia masuk neraka,”

3. Al-quran sebagai petunjuk dan bunga ilmu

Kemudian nasihat untuk penghafal Al Quran yang diberikan oleh Umar bin Khattab yaitu AL-Quran sebagai petunjuk dan bunga ilmu.

Umar berkata Al-Qur’an adalah Kitab yang paling dekat dengan Allah. Oleh sebab itu, Allah membuka mata yang buta, telinga yang tuli, dan hati yang tertutup dengan Al-Qur’an.

Dia melanjutkan, siapa saja yang bangun pada malam hari dan kemudian bersiwak, berwudhu, bertakbir, dan membaca Al-Qur’an, maka malaikat akan meletakkan mulutnya dalam mulut orang tersebut dan berkata, “Bacalah. Bacalah. Engkau telah harum dan Al-Qur’an juga harum bagimu.”

4. Penghafal Al-quran memiliki doa mustajab di sisi Allah SWT

Selanjutnya, nasihat untuk penghafal Al Quran oleh Umar bin Khattab yaitu orang yang menghafal Al-quran akan memiliki doa mustajab di sisi Allah SWT.

“Ketahuilah bahwa barang siapa membaca Al-Qur’an, menghafal, dan mengamalkannya serta mengikuti apa yang dikandungnya, ia memiliki doa yang mustajab di sisi Allah. Jika Dia menghendaki maka Dia doa tersebut di dunia. Jika tidak, doa tersebut menjadi simpanan baginya di akhirat,”

Nah, itulah nasihat-nasihat yang diberikan oleh Umar bin Khattab kepada para penghafal Al-quran. Dan bagi Anda yang belum menghafalnya, jadikan nasihat tersebut sebagai dorongan untuk menghafal Al-quran.

Nasihat untuk Penghafal Al-quran dan Keutamaanya

al quran
Sumber: pexels.com

Selain nasihat-nasihat yang diberikan oleh Umar bin Khattab kepada para penghafal Al-quran, ternyata ada juga keutamaan dan keistimewaan yang didapat ketika mennghafal Al-quran.

1. Mendapat syafaat

Keutamaan pertama yang didapat adalah mendapat syafaat atau pertolongan di hari kiamat.

“Baca lah Al-Quran, maka sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafaat kepada pemiliknya. Lalu bacalah az-Zahrawain (dua surat cahaya) yakni surat Al-Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca kedua surat tersebut. Baca lah ula surat Al-Baqarah. mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya.” (H.R Muslim).

Hadits tersebut mengingatkan kita untuk selalu membaca dan menghafal Al-quran, selain itu sebagai peringatan bahwa akan terjadinya hari akhir, maka kita dianjurkan untuk selalu beribadah kepada Allah.

2. Golongan manusia terbaik

Kemudian orang yang menghafal Al-quran akan mendapatkan kedudukan sebagai manusia terbaik pilihan Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baiknya manusia di antara kamu adalah yang mempelajari al-Quran dan mengamalkannya.” (H.R Bukhari).

Hadits di atas menjelaskan bahwa orang yang membaca dan menghafal Al-quran akan mendapatkan rahmat yang melimpah dari Allah SWT.

3. Berada pada kedudukan tertinggi 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim menyebutkan bahwa orang yang menghafal Al-quran akan mendapatkan kedudukan tertinggi.

“Sesungguhnya Allah mengangkat derajat kamu dengan kitab ini dan menjatuhkan yang lain.” (H.R Muslim).

4. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Selain itu, bagi yang menghafal Al-quran akan mendapat pahala yang berlipat ganda, yakni 10 kali lipat.

Rasulullah SAW bersabda: 

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya sepuluh pahala dan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, dan aku tidak mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf tersendiri.” (H.R Tirmidzi).

5. Orang yang menghafal Al-quran diutamakan menjadi imam shalat

Siapapun yang menghafal Al quran adalah ia yang lebih utama menjadi imam shalat. Hal itu sama seperti yang dijelaskan oleh hadits Nabi.

“Yang lebih berhak memimpin kamu adalah yang paling bagus bacaan Al-Qurannya di antara kamu.” (H.R Bukhari). 

Cara agar Mudah Menghafal Al-Quran 

cara menghafal al-quran
Sumber: pexels.com

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghafal, dikutip dari 99.co setidaknya ada 10 cara yang bisa dilakukan untuk menghafal Al-quran.

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghafal Al-quran:

1. Luruskan niat

2. Lakukan shalat hajat

3. Yakin bahwa akan bisa menghafal Al-quran

4. Lakukan di tempat yang nyaman dan kondusif

5. Perbaiki dan lancarkan bacaan Al-quran

6. Pakai satu Al-quran agar terbiasa

7. Pilihlah cara yang paling mudah

8. Murajaah atau baca berulang-ulang

9. Targetkan hafalan

10. Perbanyak mendengar murotal

Itulah nasihat untuk penghafal Al Quran yang bisa Anda ambil hikmah dan keutamaannya. Jangan lupa untuk menghafal dan mengamalkan Al-quran agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Demikianlah ulasan tentang menghafal Al-quran semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk selalu kunjungi situs Blog Evermos dan dapatkan artikel islami menarik lainnya.

×