20+ Nama Angkringan Unik yang Mencuri Perhatian, Berani Beda!

Jika kamu ingin nongkrong dengan teman sambil menikmati segelas kopi hangat dan nasi kucing di malam hari, pastinya angkringan adalah pilihan tempat yang tepat! Tapi pernah kah kamu terpikir untuk mencoba memulai bisnis kuliner ini dengan nama angkringan yang unik? 

Artikel ini akan membahasa mengenai peluang bisnis angkringan tahun 2023 hingga berbagai ide nama angkringan unik. Simak sampai akhir ya!

Peluang Bisnis Angkringan di Tahun 2023

nama angkringan unik
Sumber: unsplash.com

Peluang bisnis angkringan saat ini terbuka lebar di Indonesia, sebab masyarakat Indonesia banyak yang menyukai konsep santai dan kekeluargaan seperti suasana di angkringan. 

Istilah ‘angkringan’ berasal dari bahasa Jawa, yaitu ‘angkring’ yang berarti berdiri. Ini merujuk pada kebiasaan para pelanggan yang berdiri atau duduk santai di sekitar angkringan.

Angkringan sebagai sumber street food Indonesia, merupakan tempat makan yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga merakyat. Sehingga keunikan ini menjadi magnet bagi berbagai kalangan, mulai dari pelajar, karyawan, hingga wisatawan. 

Apalagi, untuk menjalankan bisnis ini, biaya operasional yang dikeluarkan tidaklah besar dengan modal awal terjangkau. 

Kemudahan tersebut menjadikan bisnis angkringan sebagai pilihan bisnis menarik bagi para pengusaha industri kuliner. 

Apabila kamu salah satu orang yang ingin memulai bisnis kuliner angkringan, kamu pasti membutuhkan nama angkringan unik dan menarik yang dapat mencuri perhatian masyarakat. Simak artikel ini untuk tahu nama nama angkringan unik. 

Baca juga: 180+ Nama Unik untuk Usaha Makanan Keren 2023

Nama Angkringan Unik dan Maknanya 

nama angkringan unik
Sumber: pexels.com

1. Nama Angkringan dari Berbagai Kota 

Sebelum mengetahui berbagai ide nama angkringan yang belum pernah dipakai oleh pengusaha lain, kamu bisa melihat beberapa nama angkringan yang sudah berdiri di berbagai kota sebagai inspirasi di bawah ini.

  • Angkringan Bucin: Nama ini cocok untuk usaha angkringan yang menyasar segmen anak muda yang sedang jatuh cinta atau bucin (bawa-bawa cinta), sehingga orang-orang penasaran dengan menu atau konsep usaha tersebut.
  • Angkringan Sedap: Nama ini cocok untuk usaha angkringan yang menonjolkan rasa makanannya yang lezat atau sedap. Nama ini juga bisa menimbulkan rasa lapar dan ingin mencoba bagi orang-orang yang melihatnya.
  • Angkringan Bunga Jelita: Nama ini cocok untuk usaha angkringan yang dikelola oleh wanita atau menyajikan menu khusus untuk wanita. Nama ini juga bisa menunjukkan sisi feminin dan cantik dari usaha tersebut.
  • Angkringan Sido Tuku: Nama ini cocok untuk angkringan yang menggunakan bahasa Jawa sebagai ciri khasnya. Sido Tuku artinya sudah beli atau sudah jadi pelanggan, yang menunjukkan rasa syukur dan penghargaan kepada konsumen.
  • Angkringan Echo: Nama ini cocok untuk angkringan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai ciri khasnya. Echo artinya gema atau suara pantulan, yang  bisa menunjukkan bahwa usaha tersebut ingin terkenal dan tersebar luas melalui mulut ke mulut.

2. Ide Nama Angkringan Bahasa Jawa

nama angkringan yang bagus
Sumber: freepik.com

Membuat nama angkringan dengan bahasa Jawa menjadi ide yang sangat menarik, mengingat angkringan memang identik dengan street food dari Jawa. Berikut beberapa ide yang nama angkringan bahasa Jawa bisa kamu jadikan inspirasi: 

  • Angkringan Pudak Pithuk: Nama ini diambil dari bahasa Jawa, dimana ‘Pudak’ berarti bunga dan ‘Pithuk’ berarti meledak. Maknanya adalah harapan agar usaha mereka akan selalu berkembang dan meledak seperti bunga.
  • Angkringan Londo Lebet:Londo’ dalam bahasa Jawa berarti orang asing, dan ‘Lebet’ berarti masuk atau terlibat. Nama ini mengartikan bahwa siapa saja, dari mana saja, dapat merasakan kehangatan dan kelezatan angkringan ini.
  • Angkringan Sambel Tumpang:Sambel tumpang’ adalah salah satu jenis sambal khas Jawa yang terbuat dari tempe bosok. Nama ini mengandung makna bahwa angkringan ini menyediakan berbagai menu autentik Jawa, termasuk sambel tumpang.
  • Angkringan Cak Wangi: ‘Cak’ adalah panggilan akrab untuk laki-laki di Jawa, sedangkan ‘Wangi’ berarti harum atau baik. Nama ini menggambarkan harapan pemilik angkringan untuk selalu memberikan layanan terbaik yang “wangi” atau memuaskan bagi pelanggannya.
  • Angkringan Godhong Pring: Dalam bahasa Jawa, ‘Godhong Pring’ berarti daun bambu. Nama ini melambangkan sifat bambu yang fleksibel dan tahan banting, seperti harapan pemilik angkringan untuk usahanya dapat tumbuh dan berkembang meski menghadapi berbagai tantangan.

3. Ide Nama Angkringan Kekinian Bahasa Indonesia

Jika kamu tidak ingin menggunakan bahasa Jawa pada nama angkringan, pastinya nama dengan bahasa Indonesia tidak kalah menarik dan gampang pelafalannya. Berikut ini berbagai nama angkringan bahasa Indonesia 2 hingga 3 kata yang bisa kamu gunakan.

  • Angkringan Nasi Kapal Titanic: Nama ini memberikan gambaran bahwa angkringan ini menyajikan porsi nasi yang ‘sebesar’ kapal Titanic. Sebuah metafora yang unik dan menarik untuk menunjukkan kelezatan dan kepuasan yang akan dinikmati oleh para pengunjung.
  • Angkringan Kedai Seribu Bintang: Angkringan ini mengambil nama dari keindahan langit malam yang dipenuhi bintang. Mencerminkan bahwa pengunjung bisa menikmati suasana hangat angkringan sembari ‘berbintang-bintang’ atau menikmati suasana malam.
  • Angkringan Senyum Pagi: Nama ini menggambarkan bahwa angkringan ini siap melayani pengunjung sejak pagi hari dengan pelayanan ramah dan hangat, sehangat senyum di pagi hari.
  • Angkringan Taman Langit: Taman Langit melambangkan suasana angkringan yang dapat membuat pengunjung merasa seperti berada di ‘taman di langit’, menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung.
  • Angkringan Rumah Kopi Malam:  Nama ini memberikan gambaran bahwa angkringan ini adalah tempat yang ideal untuk menikmati secangkir kopi di malam hari, menyediakan ruang santai dan hangat untuk berbagi cerita dan kenangan.

Baca juga: 20+ Usaha Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula, Tertarik Mencoba?

4. Ide Nama Angkringan Aesthetic 

nama angkringan unik
Sumber: unsplash.com

Apabila target pelanggan kamu adalah anak-anak muda, kamu bisa menggunakan nama angkringan yang aesthetic dan eye-catching. Berikut ini beberapa nama-nama angkringan yang bisa kamu jadikan inspirasi.

  • Angkringan Sinar Kemuning: Nama ini menciptakan nuansa hangat dan etereal dengan menggabungkan “Sinar”, yang menggambarkan cahaya, dan “Kemuning”, sebuah tanaman tropis dengan bunga kuning cerah. Ini menggambarkan suasana angkringan yang hangat dan cerah, seperti sinar matahari di pagi hari.
  • Angkringan Rembulan Senja: Nama ini memadukan kata “Rembulan”, yang berarti bulan, dan “Senja”, yang menggambarkan waktu matahari terbenam. Ini menciptakan gambaran angkringan dengan suasana malam yang romantis dan tenang.
  • Angkringan Puisi Angin: Angin biasanya digambarkan sebagai simbol kebebasan dan kelembutan. Dengan menambahkan kata “Puisi”, nama ini melambangkan angkringan yang menyajikan suasana santai dan bebas dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.
  • Angkringan Senandung Rindu: Nama ini menciptakan nuansa romantisme dan nostalgia. “Senandung Rindu” artinya yaitu suatu tempat di mana orang dapat berkumpul, bernyanyi, dan berbagi cerita tentang rindu.
  • Angkringan Pesona Daun Jati: Daun Jati melambangkan kekuatan dan ketahanan. Nama ini mengartikan bahwa angkringan ini adalah tempat yang kuat dan tahan lama, sama seperti daun jati, selalu mampu bertahan di tengah perubahan musim.

5. Ide Nama Angkringan yang Bagus dari 1 Kata

Nama angkringan yang bagus tidak harus selalu panjang atau beberapa kata. Agar lebih mudah di ingat oleh pelanggan, kamu juga bisa menggunakan nama angkringan hanya dengan 1 kata namun tetap bermakna. Simak berbagai rekomendasi nama berikut ini.

  • Angkringan Laras: Dalam bahasa Jawa, Laras berarti harmoni. Nama ini mencerminkan angkringan yang menyajikan suasana harmonis dan damai bagi para pengunjungnya.
  • Angkringan Senja: Senja waktu antara hari dan malam, biasanya menggambarkan perasaan melankolis dan nostalgia. Nama ini melambangkan angkringan dengan suasana romantis dan introspektif.
  • Angkringan Purnama: Purnama menggambarkan bulan penuh, yang sering kali dihubungkan dengan perayaan dan kegembiraan. Ini menciptakan angkringan dengan suasana meriah dan bahagia.
  • Angkringan Cahaya: Cahaya bisa dianggap sebagai simbol harapan dan kebaikan. Angkringan ini menawarkan tempat di mana pengunjung bisa menemukan kehangatan dan kenyamanan.
  • Angkringan Lintang: Lintang, atau bintang, biasanya digunakan untuk menggambarkan mimpi dan tujuan. Ini melambangkan angkringan yang menginspirasi pengunjungnya untuk terus mengejar impian mereka.

Itulah berbagai nama-nama angkringan yang bagus dan unik. Apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis street food dengan konsep kebersamaan ala Indonesia ini?

Jika iya dan ingin tahu berapa modal usaha angkringan, kamu bisa baca informasi selengkapnya disini ini ya!

Tips Memilih Nama Angkringan yang Unik dan Mencuri Perhatian

nama angkringan bahasa jawa
Sumber: unsplash.com

Masih kesulitan menentukan nama angkringan untuk usaha kamu? Berikut adalah beberapa tips singkat untuk memilih nama angkringan yang unik

1. Makna untuk Nama Angkringan 

Pilihlah nama yang memiliki makna tertentu, baik itu cerminan dari menu, lokasi, atau filosofi usaha kamu. 

2. Kesesuaian Angkringan dan Target Pasar

Pastikan nama angkringan sesuai dengan konsep dan target pasar kamu. Misalnya, jika target pasar kamu adalah anak muda, kamu bisa memilih nama yang lebih kekinian dan berbahasa gaul.

3. Mainkan Kreativitas

Jangan takut untuk berkreasi! Kamu bisa memilih nama yang unik dan belum banyak penggunanya. 

4. Penggunaan Bahasa Lokal

Menggunakan kata-kata dari bahasa daerah atau bahasa Jawa bisa menambah keunikan dan ciri khas angkringan kamu. 


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

5. Nama yang Mudah Dihafal

Pilihlah nama yang mudah diucapkan dan diingat. Hal ini akan membantu usaha kamu lebih terkenal dan pelanggan gampang mengingatnya.

Itulah ide nama-nama angkringan unik dan maknanya, serta tips untuk membuat nama angkringan yang menarik. 

Dalam berbagai keramaian dan keunikan nama angkringan, kita belajar bagaimana nilai lokal dapat menjadi daya tarik yang kuat. 

Hal ini juga menjadi dasar bisnis Evermos, yaitu dengan berfokus pada penjualan produk lokal, Evermos menghadirkan peluang bisnis yang menjanjikan. 

Seperti angkringan yang selalu ramai dikunjungi, Evermos pun siap menjadi platform yang mendukung usaha kamu meraih kesuksesan. 

Jadilah bagian dari perjalanan Evermos dan raih peluang bisnis di depan mata kamu! Selamat berbisnis!