Modus Penipuan Bisnis Online yang Harus Dihindari

0

Bisnis online yang menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan yang hanya bermodal komputer serta jaringan internet. Namun harus butuh pengorbanan waktu supaya bisa memperoleh penghasilan dari bisnis online tersebut. Tersebut dikarenakan untuk bisa menjalankan usaha dan juga bisnis online merupakan hal yang tidak mudah yang mana tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Apakah bisa diartikan bahwa orang-orang tertentu sajalah yang betul-betul bisa menjalankan bisnis online dan mendatangkan keuntungan darinya. Sebab pada dasarnya bisnis online adalah sebuah usaha yang cukup rentan terhadap terjadinya tindakan penipuan. Oleh karena itu sebelum Anda menekuni usaha sampingan online, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu terkait dengan jenis bisnis online seperti apa yang ingin Anda geluti. Kemudian apakah nantinya bisnis online tersebut benar-benar akan mendatangkan keuntungan ada Anda atau bahkan sebaliknya.

Penipuan pada Media Bisnis Online

Sebenarnya bisnis online dan bisnis offline itu hampir serupa, supaya bisa berjalan dengan baik maka kutu kerja keras dan yang paling penting yaitu cara setelah mengambil suatu tindakan apapun. Sedangkan perbedaan antara bisnis online dan bisnis offline yaitu hanya pada media yang dipakai saja.

Selain itu modal berupa materi serta pengetahuan yang memadai juga menjadi salah satu faktor terpenting untuk menjalankan bisnis online. Apabila ada yang berkata bahwa untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis online tersebut dan hanya berbekal menjalankan saja tanpa adanya dasar ilmu terkait dengan bisnis online, maka bisa dipastikan orang tersebut membuat sales letter punya niatan yang tidak baik atau penipu atau juga scammer.

Semakin menjamurnya penggunaan internet dan tentu saja akan semakin membuka kesempatan yang cukup besar bagi pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kan kondisi tersebut untuk melakukan praktik penipuan. Bahkan tak sedikit orang-orang yang menggunakan media internet untuk mencari peluang usaha online yang juga dimanfaatkan oleh para scammer atau penipu dalam menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Modus penipuan di dalam dunia maya sendiri cukup banyak yakni mulai dari menawarkan jasa bisnis online sampai dengan membuat toko online. Bahkan jika diingatkan tak sedikit pula orang-orang yang sudah menjadi korban namun masih tetap yakin bahwa ia bisa mendapatkan kekayaan yang instan dari peluang bisnis tersebut.

Apabila Anda ingin terjun ke dunia bisnis online, maka sebaiknya Anda harus lebih kritis serta tidak mudah dibujuk oleh sales letter maupun media informasi yang lainnya. Sebab bahasa yang dipakai oleh mereka biasanya akan membutakan mata dan juga pikiran Anda dan bahkan akan mempengaruhi emosi serta Kemudian Anda akan terjerumus dengan tawaran bisnis online yang tidak jelas masa depannya.

Maka dari itu sebaiknya Anda mempelajari terkait dengan peluang usaha yang ditawarkan oleh orang lain kepada Anda. Sebaiknya juga jangan mudah untuk di bujuk dengan iming-iming mendapatkan penghasilan yang besar dalam waktu yang cepat dan bahkan Anda sendiri pun masih belum paham benar.

Ciri-Ciri Penipuan Berkedok Bisnis Online  

Penipuan dengan kata bisnis online terkadang bisa menyembunyikan dirinya dengan sangat baik dan bahkan orang-orang yang sudah paham dengan internet pun masih tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami penipuan. Nah, untuk Anda yang ingin terhindar dari hal-hal tersebut saat akan menekuni bisnis online, maka Anda harus paham Bagaimana ciri-ciri penipuan berkedok bisnis online tersebut.

BACA JUGA: Ini Dia Daftar Bisnis Investasi yang Cocok untuk Milenial

  • Menyembunyikan Identitasnya

Orang yang melakukan penipuan secara otomatis akan berusaha untuk menyembunyikan identitas aslinya, mulai dari nama, alamat dan lain-lainnya yang bisa memudahkan untuk dilacak. Hal tersebut memiliki tujuan supaya suatu saat nanti jika penipuan mereka lancar, maka sang korban pun tidak akan mudah menemukan pelakunya. Terlebih bisnis online sendiri tidak membutuhkan tatap muka langsung untuk melakukan transaksi antara penjual dan pembeli dan hanya melakukan percakapan saja.

  • Membatasi Jalur Kontak dengan Member

Ciri-ciri penipuan yang berkedok bisnis online biasanya akan memberikan batasan pada jalur kontak terhadap member. Maka dari itu sebelum Anda memutuskan menjadi member pada suatu bisnis online, ada baiknya Anda menghubungi kontaknya dulu. Hal tersebut bertujuan untuk mencari tahu apakah pemilik situs bisnis online tersebut merespon atau Bahkan sebaliknya.

Anda bisa mencoba dengan memberikan pertanyaan pertanyaan terkait dengan sistem ada bisnis online miliknya tersebut dan perhatikan seperti apa balasannya. Apabila balasan yang diberikan dirasa tidak masuk akal dan berbelit-belit, maka bisa dikatakan bahwa bisnis online yang ditawarkan tersebut adalah salah satu bisnis online dari penipuan.

  • Produk atau Layanan Jasa Tidak Jelas

Di dalam sebuah bisnis online tentunya akan ada proses transaksi terhadap produk maupun layanan yang ditawarkan oleh penjual kepada pembeli. Oleh sebab itu, sebelum Anda yakin betul untuk bergabung berbisnis online di internet, maka Anda harus mengantisipasi supaya bisa terhindarkan dari situs online milik sang penipu.

Langkah yang harus Anda ambil yaitu mencari tahu apakah layanan dan juga produk yang ditawarkan oleh bisnis online tersebut benar adanya atau bahkan sebaliknya. Apabila produk dan juga layanan tersebut tidak jelas, maka bisa dikatakan bawa produk dan jasa tersebut adalah salah satu dari modus penipuan berkedok bisnis online.

  • Menjanjikan Pendapatan Tak Masuk Akal

Bisnis online yang menjanjikan Anda mendapatkan keuntungan yang bisa sampai pada kita dalam waktu cepat dan jika dipikir-pikir tidak masuk akal, Maka itulah salah satu dari modus penipuan berkedok bisnis online. Misalnya di situs belanja online terdapat bahasa marketing seperti ini “ingin mendapatkan penghasilan 20 juta rupiah per hari dengan modal awal hanya 500 ribu saja dengan usaha sampingan online namun tanpa bekerja dan biarkan uang Anda melakukan pekerjaan kepada Anda”. Jika dipikir-pikir tentunya iklan tersebut tidak masuk akal sama sekali.

Modus dari pemilik situs bisnis online yang menipu tersebut hanya akan membutuhkan minimal sebanyak 20 orang calon korban untuk melakukan pendaftaran diri. Setelah itu mereka harus membayar uang muka sebesar 500 ribu dengan alasan yang berbagai macam. Nah, Apabila Anda menjumpai yang seperti itu pada sebuah situs belanja online, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah salah satu modus penipuan berkedok bisnis online.

  • Tidak Ada yang Merekomendasikan

Sebelum Anda memilih usaha sampingan dengan berbisnis online, maka ada baiknya Anda mencari tahu informasi terkait dengan bisnis yang akan Anda ikuti tersebut. Anda juga harus mempertimbangkan dengan selalu berkonsultasi dan bertanya dengan mereka yang sudah lama berbisnis online.

Apabila Anda mendapatkan rekomendasi dari orang-orang yang sudah ahli di bidang bisnis online, maka itu adalah salah satu hal yang sangat berharga dan begitu penting untuk Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Apabila bisnis online yang di tawarkan kepada Anda sedikit sekali atau bahkan tidak ada yang merekomendasikannya, maka Jangan berpikir sama sekali untuk ikut bergabung.

Nah, kita semua harus berhati-hati sebab peluang usaha online saat ini memang sangat rentan terhadap oenipuan. Mereka akan menawarkan usaha sampingan online yang bisa menghasilkan keuntungan secara instan dan iming-iming lainnya yang menggiurkan supaya Anda ikut bergabung. Maka waspadalah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!