15 Menu Sahur Sehat agar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan, Simak Juga Tipsnya!

Ketika puasa terutama pada bulan Ramadhan, mungkin kamu pernah merasakan lemas yang bukan main. Untuk mengatasinya, maka kamu harus makan menu sahur sehat agar tidak lemas.

Salah satu kunci agar tidak lemas seharian saat puasa memang dimulai dari makanan apa yang kamu konsumsi saat sahur.

Menu sahur yang tidak sehat dan minim dengan kandungan gizi tentu akan membuat tubuh lebih lemas saat seharian berpuasa.

Sebaliknya, menu yang sehat dan bergizi akan membuat tubuh lebih kuat bahkan tidak rentan merasa kelaparan saat berpuasa.

Sudah tahu apa saja menu sahur sehat agar tidak lemas saat puasa Ramadhan? Yuk simak inspirasi menunya disini!

Baca juga: 10 Resep Menu Buka Puasa Khas Sunda yang Nikmat dan Menyehatkan.

Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan

menu sahur sehat agar tidak lemas
Sumber: canva.com

Berikut ini adalah beberapa menu sahur sehat yang bisa kamu santap agar kuat dan tidak lemas saat berpuasa:

1. Nasi Merah

Menu sahur sehat pertama yang bisa kamu konsumsi agar tidak lemas saat berpuasa adalah nasi merah. Nasi merah mengandung serat yang tinggi dibandingkan nasi putih biasa.

Dengan kandunganya, nasi merah dapat membantu tubuh untuk tetap kenyang dan tidak mudah lapar. Dengan tidak lapar, maka kamu juga tidak rentan merasa lemas saat puasa.

2. Telur 

Menu sahur sehat agar tidak lemas berikutnya yaitu telur. Konsumsi telur saat sahur bisa membantu menjaga energi selama puasa karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Selain itu, protein juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh dibandingkan karbohidrat, sehingga dapat membuat perasaan kenyang bertahan lebih lama.

Telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi di dalam tubuh selama berpuasa.

3. Oatmeal

Agar tidak lemas saat puasa, kamu juga dapat mengganti nasi dengan oatmeal saat sahur. Oatmeal adalah sumber karbohidrat yang sehat dan dapat membantu agar tetap kenyang selama puasa.

Oatmeal kaya akan serat, vitamin B, mineral seperti zat besi dan magnesium serta banyak nutrisi penting lainnya. Bahkan, oatmeal juga mudah dan cepat untuk disajikan.

Kamu dapat mengonsumsi oatmeal instan dan ditambahkan dengan beberapa buah-buahan kesukaan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan hidangan oatmeal dengan kacang-kacangan.

4. Buah-Buahan

Makan buah-buahan saat sahur bisa membantu menjaga stabilitas energi dan membuat kamu merasa segar selama puasa.

Beberapa alasan kamu harus makan buah-buahan saat sahur yaitu, buah memiliki kandungan air yang tinggi, kaya akan serat dan mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, buah-buahan juga mengandung karbohidrat alami yang memberikan energi yang bertahap dan tahan lama. Ini akan membantu kamu menjaga stabilitas energi selama puasa.

5.Yogurt

Yogurt juga termasuk salah satu menu sahur sehat agar tidak lemas saat berpuasa. Yogurt merupakan sumber protein dan kalsium yang baik untuk tubuh. Sehingga kamu tidak mudah lemas saat puasa.

Tidak hanya itu, yogurt juga kaya akan nutrisi seperti kalsium, vitamin D, vitamin B12 dan riboflavin. Nutrisi tersebut akan menjaga tubuhnya tetap sehat dan bugar.

Baca juga: 13 Menu Sahur yang Tidak Membosankan di Bulan Puasa, Praktis dan Bergizi!

Menu Sahur Agar Puasa Tidak Lemas dan Mengantuk 

6. Sayur-Sayuran Hijau

Makan sayur-sayuran hijau saat sahur dapat memberikan sejumlah manfaat yang dapat membantu menjaga energi dan membuat kamu merasa segar selama puasa.

Sayur-sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, atau bayam mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa.

Kamu dapat memasak sayur-sayuran hijau dengan cara yang sehat seperti direbus atau ditumis dengan sedikit minyak zaitun.

7. Air Putih

Menu sahur sehat agar tidak lemas dan harus kamu konsumsi saat sahur adalah sair putih. Air putih sangat penting untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh selama puasa.

Selain itu, air putih juga dapat mencegah dehidrasi, menjaga keseimbangan elektrolit, mengurangi risiko kelalhan, meningkatkan konsentrasi dan menyegarkan tubuh.

Setidaknya kamu harus konsumsi 2 hingga 3 gelas air putih saat sahur, yaitu satu gelas saat bangun sahur, satu gelas sebelum makan dan satu gelas setelah makan.

8. Bubur Kacang Hijau dengan Kurma 

Bubur kacang hijau dengan kurma adalah pilihan menu sahur sehat agar tidak lemas saat puasa karena keduanya mengantung nutrisi penting seperti karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral.

Ketika sahur dengan bubur kacang hijau dan kurma, kamu perlu juga perlu memperhatikan porsi serta variasi makanan untuk memperoleh nutrisi yang seimbang.

9. Roti Gandum dengan Telur dan Sayur

Roti gandum dengan telur dan sayuran adalah pilihan sahur yang baik karena menyediakan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga energi dan menghindari rasa lemas selama puasa.

Telur dadar adalah sumber protein yang baik. Ditambah dengan sayuran seperti bayam, kubis, atau jamur dan roti gandum yang mengandung serat tinggi.

10. Overnight Oatmeal

Menu sahur agar puasa tidak lemas dan mengantuk berikutnya yaitu overnight oatmeal. Karena oatmeal kaya akan serat, kamu juga tidak akan mudah lapar saat berpuasa seharian.

Untuk menyantap overnight oatmeal saat sahur, kamu bisa membuatnya di malam hari. Oatmeal dapat kamu seduh dan tambahkan yogurt, buah-buahan serta kacang-kacangan.

Kemudian, simpan di kulkas semalaman agar rasanya lebih nikmat.

Baca juga: 10 Ide Menu Buka Puasa Bersama Teman di Rumah yang Simpel dan Lezat.

Menu Makan Sahur yang Sehat Agar Tidak Lemas Saat Puasa

11. Sup Sayur Ayam

Ide menu makan sahur yang sehat selanjutnya adalah sop sayur dengan daging atau atau sapi. Sup sayur adalah makanan yang ringan namun memberikan nutrisi yang cukup selama puasa.

Dengan menambahkan potongan ayam atau daging yang kaya akan protein, maka akan membuat sajian ini menjadi lebih bertenaga.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan telur agar perut terasa lebih kenyang seharian.

12. Nasi jagung dan Sayur Telur Tumis

Nasi jagung mengandung serat yang tinggi dan lebih rendah kalori dibandingkan dengan nasi putih.

Tumis sayuran seperti wortel, kacang panjang, atau paprika, ditambah telur yang mengandung protein, akan membuat sajian ini lebih kaya nutrisi.

13. Bubur Singkong dengan Sayur dan Daging

Bubur singkong adalah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga tak salah menu ini bisa menjadi salah satu menu sahur sehat agar tidak lemas saat berpuasa seharian. 

Dengan menambahkan sayuran seperti brokoli, buncis, atau kubis dan daging yang kaya akan protein, maka akan membuat sajian ini lebih sehat dan membantu menjaga kekuatan tubuh.

14. Sereal dengan Susu dan Buah 

Menu makan sahur yang sehat berikutnya yaitu sereah yang bisa kamu seduh dengan susu dan buah-buahan.

Sereal mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ditambah dengan susu rendah lemak yang kaya protein dan kalsium.

Selain itu, buah-buahan seperti apel, jeruk, atau stroberi kaya akan nutrisi dan cocok dipadukan dengan sereal. Mari santap sajian ini agar tubuhmu menjadi lebih sehat dan kaya nutrisi.

15. Roti Gandum dan Keju Rendah Lemak 

Selanjutnya, menu sahur sehat agar tidak lemas dan mengantuk yaitu roti gandum dengan campuran keju rendah lemak.

Roti gandum panggang mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ditambah dengan keju rendah lemak yang kaya akan protein dan sayuran seperti bayam, kubis, atau paprika, maka akan membuat sajian ini lebih sehat dan lebih bertenaga.

Baca juga: Menu Puasa Seminggu untuk Buka dan Sahur yang Praktis di Bulan Ramadhan.

Cara Agar Tidak Lemas Saat Puasa Ramadhan

menu sahur sehat agar tidak lemas
Sumber: canva.com

1. Hindari Makanan Instan

Waktu sahur sering dijadikan alasan bagi Ibu untuk menyajikan makanan instan karena cara penyajiannya yang praktis, seperti mie dan makanan beku (kentang goreng, nugget, sosis). 

Namun hal tersebut sangat tidak baik, karena makanan instan mengandung bahan pengawet yang tidak sehat.

Makanan instan juga bersifat kenyang sementara, sehingga tidak cocok untuk dijadikan menu makan sahur.

2. Minum Air Putih yang Cukup 

Tahukah kamu bahwa salah satu penyebab lemas saat puasa adalah kurangnya cairan di dalam tubuh. Sehingga, agar tidak lemas kamu perlu mencukupi cairan tubuh dengan minum air.

Selain itu, air putih juga dapat membantu tubuhmu tetap terhidrasi sehingga tak merasa kehausan saat berpuasa.

3. Istirahat yang Cukup 

Ketika puasa, sangat wajar apabila tubuh merasa lebih lelah dan lemas dibandingkan hari-hari biasa. Untuk mengantisipasi lemas saat puasa maka pastikan waktu istirahatmu cukup.

Kurangnya tidur dapat meningkatkan risiko kelelahan dan rasa selama selama puasa. Selain itu, ketika kamu kurang tidur, maka kamu akan rentan terlambat sahur karena ketiduran.

4. Hindari Makanan Berlemak dan manis 

Cara agar tidak lemas saat puasa yang terakhir yaitu dengan menghindari makanan yang berlemak dan manis berlebihan.

Sebab, makanan tersebut dapat menyebabkan lonjakan energi yang singkat di awal puasa, namun kemudian akan timbul rasa lemas pada tubuh.

Saat sahur dan berbuka, kamu bisa pilih makanan yang lebih kompleks dan memberikan energi bertahan seperti beberapa referensi menu makan sahur sehat agar tidak lemas di atas.

Itulah beberapa menu sahur sehat agar tidak lemas, agar puasa lebih kuat ikuti tips puasa di bawah ini:

Jika ingin membaca informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi terus situs Blog Evermos Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2024!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)