16 Menu Sahur Sehat agar Tidak Lemas saat Puasa Ramadhan

Menu sahur sehat agar tidak lemas – Saat puasa, seseorang pasti akan selalu merasakan lemas yang bukan main.

Salah satu faktor yang membuat seseorang lemas ketika puasa adalah menu sahur yang disantap.

Menu sahur yang tidak sehat dan sangat minim kandungan gizi dan karbohidratnya tentu akan membuat seseorang lemas saat puasa.

Oleh karena itu saat sahur usahakan makanan bergizi dan sehat agar tidak lemas saat puasa.

Bingung apa saja menu sahur sehat agar tidak lemas? Jangan khawatir, berikut adalah daftar menu sahur sehat agar tidak lemas.

Menu Sahur Sehat agar Tidak Lemas saat Puasa Ramadhan

Menu Sahur Sehat agar Tidak Lemas
Sumber: google.com/bersosial

Berikut adalah beberapa menu sahur yang bisa Anda santap agak kuat dan sehat dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan:

1. Nasi Merah dan Sayuran

Nasi merah mengandung serat yang tinggi dan dapat membantu tubuh tetap kenyang selama berpuasa. Kita juga dapat menambahkan sayuran seperti kacang panjang, bayam, wortel, atau kubis untuk memperkaya nutrisi dalam menu sahur.

2. Telur

Telur adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Konsumsi telur dapat membantu kita tetap merasa kenyang dan memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Menu sahur sehat agar tidak lemas, Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat yang sehat dan dapat membantu menjaga kenyang selama berpuasa. Oatmeal juga mengandung serat dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin B dan mineral seperti zat besi dan magnesium.

4. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, apel, atau jeruk dapat memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa. Kita dapat memilih buah-buahan yang memiliki indeks glikemik rendah untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5.Yogurt

Yogurt adalah sumber protein dan kalsium yang baik untuk tubuh. Kita dapat menambahkan buah-buahan atau biji-bijian seperti chia seed atau biji labu untuk memperkaya nutrisi dalam menu sahur.

6. Sayur-sayuran hijau

Sayur-sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, atau bayam mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa. Kita dapat memasak sayur-sayuran hijau dengan cara yang sehat seperti direbus atau ditumis dengan sedikit minyak zaitun.

7. Air putih

Air putih sangat penting untuk dikonsumsi selama puasa. Kita dapat mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih selama berpuasa untuk membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari dehidrasi.

8. Bubur kacang hijau dengan kurma dan kacang almond

Bubur kacang hijau adalah makanan tradisional untuk sahur yang mengandung protein dan serat tinggi. Kurma dan kacang almond memberikan tambahan nutrisi seperti lemak sehat dan serat.

9. Telur dadar dengan sayuran dan roti gandum

Telur dadar adalah sumber protein yang baik. Ditambah dengan sayuran seperti bayam, kubis, atau jamur dan roti gandum yang mengandung serat tinggi, akan membuat sajian ini lebih sehat dan menyehatkan.

10. Oatmeal dengan buah-buahan segar dan yogurt

Oatmeal adalah sumber karbohidrat yang sehat. Dengan menambahkan buah-buahan segar seperti pisang, blueberry, atau stroberi, dan yogurt yang mengandung protein dan kalsium, maka sajian ini menjadi kaya nutrisi.

11. Sup sayur dengan potongan ayam atau daging

Sup sayur adalah makanan yang ringan namun memberikan nutrisi yang cukup selama puasa. Dengan menambahkan potongan ayam atau daging yang kaya akan protein, maka akan membuat sajian ini menjadi lebih bertenaga.

12. Nasi jagung dengan tumis sayuran dan telur

Nasi jagung mengandung serat yang tinggi dan lebih rendah kalori dibandingkan dengan nasi putih. Tumis sayuran seperti wortel, kacang panjang, atau paprika, ditambah telur yang mengandung protein, akan membuat sajian ini lebih kaya nutrisi.

13. Bubur singkong dengan sayuran dan daging

Bubur singkong adalah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Dengan menambahkan sayuran seperti brokoli, buncis, atau kubis dan daging yang kaya akan protein, maka akan membuat sajian ini lebih sehat dan membantu menjaga kekuatan tubuh.

14. Sereal dengan susu rendah lemak dan buah-buahan

Sereal mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ditambah dengan susu rendah lemak yang kaya protein dan kalsium, dan buah-buahan seperti apel, jeruk, atau stroberi, maka sajian ini menjadi lebih sehat dan kaya nutrisi.

15. Roti gandum panggang dengan keju rendah lemak dan sayuran

Roti gandum panggang mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ditambah dengan keju rendah lemak yang kaya akan protein dan sayuran seperti bayam, kubis, atau paprika, maka akan membuat sajian ini lebih sehat dan lebih bertenaga.

16. Hindari Makanan Instan

Mengutip dari sahabatnestle.co.id, singkatnya waktu sahur sering dijadikan alasan bagi Ibu untuk menyajikan makanan instan karena cara penyajiannya yang praktis, seperti mie dan makanan beku (kentang goreng, nugget, sosis). 

Namun hal tersebut sangat tidak baik, karena makanan instan mengandung bahan pengawet yang tidak sehat. Makanan instan juga bersifat kenyang sementara, sehingga tidak cocok untuk dijadikan menu makan sahur.

Itulah beberapa menu sahur sehat agar tidak lemas, agar puasa lebih kuat ikuti tips puasa di bawah ini:

Kunjungi terus situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel islami lainnya. Semoga bermanfaat!