7 Menu Buka Puasa yang Sehat dan Bergizi | Cocok Untuk Diet!

Sesaat lagi kita akan memasuki bulan puasa, akan banyak persiapan dan hal-hal yang akan kita hadapi. Salah satunya ialah menu sahur dan menu buka puasa. Guna menjaga nutrisi yang seimbang, setiap harinya kita perlu memikirkan makanan yang sehat dan bergizi. Untuk itu, mari kita simak ulasan mengenai menu buka puasa yang sehat dan bergizi. Semoga menginspirasi!

Menu Buka Puasa Mudah dan Praktis | Cocok Untuk Diet!

1. Kurma

menu buka puasa
sumber : pexels.com

Rasanya tentu kurang afdol jika bulan suci Ramadan tidak mengonsumsi buah kurma sebagaimana menjadi sunah Nabi.

Kurma dijual di seluruh Indonesia dengan harga terjangkau. Sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan juga murah.

Sesuai Anjuran Rasulullah, Anda bisa menyantap 3 atau 4 butir kurma. Selain menghemat pengeluaran Anda, mengonsumsi kurma juga bisa mengembalikan energi pada tubuh.

Kurma mampu menggantikan kadar gula dalam darah ketika sedang berpuasa. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada kurma ternyata mampu mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

2. Bubur Candil

menu buka puasa
sumber : shutterstock.com

Tidka lengkap rasanya jika berbuka puasa tanpa adanya bubur candil. Bubur candil menjadi salah satu menu buka puasa tradisional dari ubi jalar dan tepung tapioka.

Selain rasanya yang enak, ternyata makanan khas ramadan ini kaya akan vitamin. Seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, zat besi, kalsium dan fosfor. Bagi anda yang ingin menu buka puasa praktis dan menyehatkan, maka bubur candil ini bisa menjadi solusinya.

3. Kolang Kaling

menu buka puasa
sumber : shutterstock.com

Salah satu menu takjil buka puasa tradisional lainnya yaitu kolang kaling. Menu buka puasa ini berasal dari tumbuhan kolang kaling yang bertekstur kenyal.

Kolang kaling tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mencegah penuaan dini karena kandungan senyawa galactomannnan dalam kolang kaling.

Baca Juga : Doa Makan Sahur dan Hal yang Harus Diperhatikan Soal Makanan Sahur

4. Air Kelapa

menu buka puasa
sumber : pexels.com

Makanan ini pun mengandung serat kasar dan kalsium yang mampu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Karena manfaatnya yang banyak, maka kolang kaling ini cocok untuk Anda saat berpuasa karena kandungan berbagai vitamin dan mineral mampu menghidrasi tubuh.

Salah satu menu yang umum dikonsumsi saat berbuka puasa adalah es kelapa. Selain segar, kelapa ini bisa membantu mengembalikan cairan tubuh yang hlang seharian karena kandungan elektrolitnya. Tidak hanya itu, air kelapa juga mudah diserap oleh tubuh sehingga bisa menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh selama bulan ramadan.

5. Sayur Sup Ayam

menu buka puasa
sumber : pexels.com

Dari tadi kita sudah membahas menu takjil, sekarang kita beralih membahas menu makanan buka puasa.

Salah satu makanan favorit saat berbuka puasa adalah sayur sop Ayam. Mengapa demikian? Karena di dalam sop ayam ini terkandung banyak gizi yang mencukupi kebutuhan nutrisi seseoran mulai dari protein dari ayam hingga vitamin dari sayuran. Selain itu, kandungan air pada sop ayam juga membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda yang hilang setelah seharian berpuasa.

6. Ikan Bakar

menu buka puasa
sumber : pexels.com

Ikan bakar menjadi pilihan menu yang tepat untuk berbuka puasa apalagi untuk Anda yang sedang dalam proses diet Anda. Hal jni karena ikan memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga baik untuk disantap saat diet. Proses pembakaran membuat menu yang satu ini lebih sehat untuk dikonsumsi dibanding makanan yang digoreng.

Namun tetap ingat, bahwa sebaiknya anda tidak membakarnya hingga terlalu gosong karena daging ikan gosong bisa menyebabkan zat karsinogen.

Ikan yang direkomendasikan yakni ikan gurame karena memiliki rasa yang enak, gurami kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium dan protein yang bermanfaat bagi tubuh terutama ketika seharian berpuasa

7. Pecel Sayur

menu buka puasa
sumber : google/bersosial

Pecel sayur juga bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang sehat dan cocok untuk diet Anda. Selain rasa yang enak, pecel juga murah dan mudah dibuat.

Isian pecel terdiri dari kumpulan sayuran seperti kangkung, kol, kacang panjang, sawi, tauge dan sebagainya.

Pecel tidak hanya enak tetapi juga penuh gizi. Sayuran di dalamnya kaya akan vitamin dan mineral.

Agar semakin nikmat dan bergizi, Anda bisa menambahkan potongan ayam suwir, tahu atau tempe yang kaya akan protein. Namun tenang saja, meskipun proteinnya tinggi, tetapi bahan bahan tersebut rendah lemak sehingga tepat dijadikan menu buka puasa untuk diet.

8. Nasi Merah

Nasi merah dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi sehingga baik untuk diet.

Tak hanya itu, menurut penelitian berat merah juga memiliki kandungan protein, serat, dan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan beras putih.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa beras merah secara signifikan lebih berpotensi untuk melawan radikal bebas dan mengandung konsentrasi antioksidan flavonoid yang lebih tinggi daripada beras coklat.

Dalam hal ini, kandungan flavonoid dalam nasi merah dapat membantu membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, menjaga kadar radikal bebas, dan mengurangi risiko kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

9. Omelette

Jika Anda ingin mengganti protein ayam atau daging dengan bahan lain yang lebih murah namun tetap rendah kalori, telur bisa jadi pilihan yang tepat.

Dalam sebutir telur sudah mengandung vitamin B12, vitamin B2, vitamin A, Vitamin E dan sejumlah nutrisi lainnya seperti kalsium, zat besi, dan zinc.

Meski begitu, mengonsumsi terlalu banyak telur tidak dianjurkan untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol ya. Sebab, dalam sebutir telur mengandung 212 mg kolesterol dibandingkan makanan lainnya sehingga tidak direkomendasikan untuk penderita kolesterol.

Demikianlah ulasan mengenai menu buka puasa yang sehat, mudah, dan praktis. Anda bisa menemukan berbagai makanan untuk buka puasa di Aplikasi Evermos.

Selain untuk konsumsi pribadi, Anda pun bisa memanfaatkan Evermos menjadi ladang usaha untuk penghasilan tambahan. Bagaimana caranya? Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel mengenai menu buka puasa ini. jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos

×