Kultum : Mengungguli Derajat Orang Berpuasa dengan Perbaiki Akhlak

Mengungguli Derajat Orang Berpuasa – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan hari ketujuh belas. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadzah Aisyah Farid BSA.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “Mengungguli Derajat Orang Berpuasa”, lalu dengan cara apa agar kita bisa demikian?

Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan lupa subscribe, ya!

Baca juga: Kultum: Makna Sukses Menurut Islam | Pahami 10 Kunci Sukses Berikut Ini

Begini Cara Mengungguli Derajat Orang Berpuasa 

Mengungguli Derajat Orang Berpuasa
Sumber: shutterstock.com

Dalam dakwahnya, Ustadzah Aisyah Farid BSA menyatakan:

Sungguh betapa indah dan agungnya Nabi SAW mengatakan yang paling aku cintai diantara kalian dan yang paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat.

Apalagi yang kita harapkan, melebihi dari dua ini. Menjadi orang yang dicintai Nabi, dan menjadi orang yang paling dekat dengan Nabi.

Di hari kiamat, di hari dimana kita paling membutuhkan tempat itu. Di antara banyak orang yang merebut tempat-tempat tersebut lantaran mereka lebih banyak mengungguli kita daripada amal shaleh mereka.

Tapi ternyata kita bisa mengungguli itu semua, akhlak yang baik bahkan dengan akhlak yang mulia ini.

Nabi SAW pun mengatakan, sesungguhnya orang mukmin yang berakhlak baik mampu mengungguli derajatnya.

Orang-orang yang beribadah puasa dan beribadah shalat di waktu malam, dikatakan dalam sebuah hadits Nabi SAW

Innal mu’min layudriku bihusni khunutihi darajatusshaim alqaim.

Artinya: “Sesungguhnya seorang mukmin bisa meraih derajat orang yang rajin berpuasa dan shalat dengan sebab akhlaknya yang luhur.

Sekian kultum kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Sebagai pengingat untuk kita semua untuk meningkatkan derajat ketakwaan kita dihadapan Allah SWT.

Jangan lupa untuk membenahi diri agar dapat meraih derajat takwa. Perbaiki juga akhlak agar senantiasa terjaga dalam keimanan yang benar.

Silahkan share artikel kultum ini setiap harinya pada yang lain sebagai pengingat dalam suatu kebaikan.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

×