Inilah 5 Alasan Mengapa Bisnis Startup saat Ini Berkembang Pesat

Mengapa bisnis startup saat ini berkembang pesat – Salah satu perusahaan yang makin berkembang pesat dan terus melesat adalah perusahaan startup. 

Meskipun namanya adalah startup atau dalam bahasa Indonesia artinya bisnis yang baru dirintis, namun nyatanya startup mampu berkembang dengan sangat pesat.

Startup adalah perusahaan yang baru masuk atau masih berada pada fase pengembangan atau penelitian untuk terus menemukan pasar maupun mengembangkan produknya.  

Saat ini, istilah perusahaan startup biasanya mengacu pada perusahaan-perusahaan yang layanan atau produknya berbasiskan teknologi.

Namun mengapa bisnis startup saat ini berkembang pesat dan terus melesat? Simak jawabannya di bawah ini.

Mengapa Bisnis Startup saat Ini Berkembang Pesat? Ini Pengertian Startup

Mengapa Bisnis Startup saat Ini Berkembang Pesat
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum membahas tentang mengapa bisnis startup saat ini berkembang pesat, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu startup?

Kata Startup sendiri adalah berasal dari serapan dari Bahasa Inggris yang berarti bisnis yang baru saja di rintis atau bisnis rintisan. 

Startup adalah perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi. Dengan kata lain, startup artinya perusahaan yang baru masuk atau masih berada pada fase pengembangan atau penelitian untuk terus menemukan pasar maupun mengembangkan produknya.  

Saat ini, istilah perusahaan startup biasanya mengacu pada perusahaan-perusahaan yang layanan atau produknya berbasiskan teknologi. 

Perkembangan perusahaan rintisan di Indonesia memang cukup kencang dalam beberapa tahun belakangan ini. Karena pesatnya perkembangan startup, seringkali menciptakan disrupsi ekonomi.

Kemudian, melansir dari kompas.com, sebuah usaha bisa disebut sebagai startup kalau memiliki minimal 3 faktor yaitu pendiri atau founder, investor atau pemilik dana, dan produk atau layanan. 

Startup kemudian bisa menjadi kategori unicorn apabila nilai korporasinya sudah melebihi 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 14 triliun (kurs Rp 14.000).

Alasan Mengapa Bisnis Startup saat Ini Berkembang Pesat

Mengapa Bisnis Startup saat Ini Berkembang Pesat
Sumber: google.com/bersosial

Jika sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan startup, maka inilah alasan mengapa bisnis startup berkembang pesat dan terus melesat yang di lansir dari fajar.co.id:

1. Kemajuan Teknologi

Salah satu faktor utama yang membuat bisnis rintisan ini sangat cepat berkembang adalah karena majunya teknologi dan semakin canggihnya dunia saat ini.

Seperti yang sudah diketahui, kini segala sesuatunya sudah dimudahkan dalam satu kali klik, mulai dari urusan belanja, membayar tagihan, bersedekah, hingga berjualan. Semuanya bisa di lakukan menggunakan handphone saja.

Hal ini lah yang akhirnya mendorong seseorang mendirikan startup dengan memanfaatkan teknologi untuk memberikan solusi atas apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Seperti contoh, munculnya aplikasi Gojek adalah sebagai solusi agar masyarakat mendapatkan akses transportasi ojek yang nyaman dan mudah untuk melewati kemacetan di Jakarta.

Selain itu muncul juga Evermos yang menyediakan berbagai macam produk dalam negeri dan membuka peluang bagi reseller yang ingin bergabung.

Karena dengan menjadi reseller Evermos Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah dalam sebulan bahkan ratusan juta.

Gak percaya? Coba gabung sekarang dan rasakan keberkahannya.

YUK, GABUNG DISINI!

2. Banyak Dukungan dari Investor dan Pemerintah

Indonesia mampu untuk membangun startup dengan sinergitas antara pemerintah dan para investor, dan yang terjadi di lapang justru bisnis startup ini mampu menopang pertumbuhan perekonomian dan pembangunan nasional.

Maka dari itu, tak heran bila pemerintah menggelar kampanye Gerakan Nasional 1000 Startup Digital agar menjadi The Digital Energy of ASIA.

Kini, berdasarkan data dari Startup Ranking per 2021 saja tercatat sudah ada 2.100 perusahaan rintisan di Indonesia dan menjadikan Indonesia menduduki peringkat kelima negara dengan perusahaan startup terbanyak di dunia.

Selain Gojek, beberapa di antaranya ada Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, Ajaib, dan masih banyak lagi yang tergolong sebagai perusahaan startup unicorn.

3. Populasi Masyarakat Indonesia Menjadi Pasar Utama yang Potensial

Bisa di katakan bahwa populasi penduduk di Indonesia merupakan potensial market yang sangat menggiurkan.

Bagaimana tidak, ada lebih dari 250 juta jiwa dan hampir sebagian besarnya berada di usia produktif.

Karenanya tak heran bila banyak bisnis startup saat ini berkembang pesat. Yang terpenting adalah bagaimana caranya menciptakan dan mengembangkan produk yang menjadi solusi dari kebutuhan dan persoalan hidup masyarakat.

4. Produk Startup Menjadi Solusi untuk Masyarakat

Selain itu, mengapa bisnis startup saat ini berkembang pesat, salah satunya adalah produk-produk dari startup menjadi solusi yang memudahkan masyarakat.

Tujuan utama dari mengembangkan bisnis startup dan aplikasi adalah menjamin bahwa bisnis dan aplikasi tersebut dapat menjadi solusi dan memudahkan mobilitas masyarakat sehari-hari karena tepat sasaran sesuai permintaan atau kebutuhan.

Oleh sebab itu, selain mengembangkan produk, para bisnis startup ini juga sangat memperhatikan para penggunanya dengan meningkatkan kinerja customer service baik melalui pesan singkat, telepon, sampai di media sosial.

Semua problem yang ditemukan oleh user langsung diatasi oleh perusahaan startup sehingga pengguna beranggapan bisnis seperti ini cukup efisien dan efektif dalam membantu mobilitas sehari-hari.

Tak heran bila pelayanan yang di berikan oleh bisnis startup lebih memuaskan di bandingkan bisnis pada umumnya.

5. Biaya Operasional Startup Tidak Terlalu Tinggi

Alasan terakhir yang membuat bisnis startup sangat berkembang pesat adalah biaya yang rendah untuk menjalankan bisnis rintisan ini.

Alasan terakhir mengapa bisnis startup saat ini berkembang pesat, khususnya di Indonesia sebagai salah satu negara berkembang adalah karena biaya operasionalnya yang terbilang cukup rendah.

Bayangkan saja, untuk menyewa gedung perkantoran di West End London bisa mencapai USD 2.194 atau setara dengan Rp 32 juta per meter persegi.

Sedangkan di Indonesia khususnya Jakarta untuk menyewa kantor membutuhkan biaya sewa rata-rata USD 37 atau setara Rp 500 ribuan per meter persegi.

Sementara itu, biaya tenaga kerja juga masih lebih rendah negara berkembang di bandingkan negara maju.

Sebagai contoh rata-rata gaji programmer komputer di Filipina adalah USD 4.927 atau setara dengan Rp 74 juta, berbeda jauh dengan rata-rata gaji di Indonesia yang mungkin ada di angka Rp15 juta – Rp20 juta.

Dengan begitu, para investor dan pebisnis akan lebih cepat meraup keuntungan bila mengembangkan dan mengoperasikan bisnis startupnya di negara berkembang seperti Indonesia.

Demikianlah pembahasan tentang alasan mengapa bisnis startup saat ini berkembang pesat dan terus melesat. Anda juga bisa menonton video di bawah ini untuk mengenal startup lebih jauh lagi:

Jika ingin mendapatkan artikel menarik lainnya, kunjungi terus situs Blog Evermos.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah hanya dengan modal HP saja tanpa harus keluar rumah.

Caranya mudah, hanya cukup menjadi reseller Evermos dan daftar sekarang juga dengan menekan tombol di bawah ini.

MULAI JUALAN SEKARANG

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)