Yuk, Menangkan Persaingan Bisnis Butik Rumahan. Ini Dia Caranya!

by Risma Novianti
0 comment
Bisnis Butik Rumahan

Ingin memenangkan persaingan bisnis butik rumahan? Kamu harus tahu cara memulainya! Bahkan kamu bisa memulainya dari tahap awal hingga menjadi butik besar yang diminati banyak orang lho. Simak ulasan artikel berikut ini yuk!

Di tengah arus trend fashion, usaha butik merupakan salah satu sasaran empuk bagi para pebisnis. Kenapa tidak? Karena pada hakikatnya setiap orang ingin memenuhi kebutuhan fashion-nya.

Baca juga: Ampuh! Ini lho 5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Online Pakaian Wanita

Tentu dengan membuka bisnis butik rumahan merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan, bahkan dengan modal yang minim pun kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Kamu bisa ikuti cara berikut ini untuk memenangkan persaingan bisnis butik rumahan.

  1. Melakukan Survey Terhadap Pesaing

Bisnis Butik Rumahan

Sumber: pexels.com

Kenapa perlu dilakukan adanya survey terhadap pesaing atau kompetitor? Agar kamu mengetahui jenis produk apa saja yang dijual oleh para pesaing. Setelah tahu jenis produk mereka, kamu bisa melengkapi kekurangan dari produk mereka. Kamu harus pandai menganalisis kekuatan atau pun kelemahan para pesaing.

Ketika kamu menemukan suatu kekurangan dari produk pesaing, hendaknya kamu bisa menemukan terobosan baru ataupun melengkapi kekurangan produk tersebut. So? Ketika produk kamu lebih unggul dari para pesaing bisnis butikmu, banyak konsumen yang berdatangan juga kan? Ini akan jadi keuntungan besar untukmu!

  1. Menjual Produk Butik yang Berbeda

Bisnis Butik Rumahan

Sumber: pexels.com

Perlu dilakukan sebuah inovasi jika kamu ingin mengembangkan suatu bisnis. Jika kamu ingin membuka usaha butik rumahan, kamu perlu memproduksi dan menjual barang yang berbeda. Kalau yang dijual serupa, maka dirasa akan sia-sia.

Misalkan kamu akan memproduksi dan menjual produk pakaian ala tahun 90-an. Tapi kamu harus berpikir bagaimana caranya untuk mengikuti trend fashion masa kini yang kemungkinan besar diminati masyarakat. Tentu kamu harus menciptakan mode pakaian agar menjadi tend, maka kamu harus memodifikasinya. Pastikan bisnis butik rumahanmu perlu punya ciri khas yang memiliki add value dibandingkan kompetitormu.

Baca juga: 5 Tips Sukses Dalam Memulai Bisnis Online Baju Muslim

  1. Memanfaatkan Media Sosial

Bisnis Butik Rumahan

Sumber: pexels.com

Pasti kamu berharap kalua bisnis butik rumahanmu dapat dikenal oleh masyarakat luas bukan? Maka kamu tidak perlu ragu lagi dan manfaatkanlah media sosial sebagai ajang mempromosikan produk yang ada di butikmu.

Kamu bisa menggunakan berbagai macam platform, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Website dan platform sosial media lainnya. Bahkan kamu bisa memanfaatkan fitur Ads atau iklan yang bertujuan untuk menjangkau target marketmu lebih luas lagi. Selain itu, kamu perlu memaksimalkan dari segi penyajian content tentang produk pakaian yang dijual. Coba mainkan visual dan copywriting yang bisa menghipnotis para calon konsumenmu. Bukankah jika content pada sosial media bisnismu dibuat menarik, maka konsumen pula akan tertarik?

  1. Evaluasi Bisnismu Butikmu Secara Berkala

Bisnis Butik Rumahan

Sumber: google.com

Melakukan evaluasi untuk bisnismu sangat penting. Kenapa? Karena ketika kamu memutuskan untuk memulai bisnis butik rumahan, maka harapannya bisnismu akan mengalami pertumbuhan. Maka dari itu perlu dievaluasi secara berkala. Evaluasi dapat menentukan hal-hal yang telah dijalani dengan baik seiring dengan praktik usaha yang tepat. Jika ada kekurangan, maka segera untuk perbaiki. Evaluasi juga dapat mengembangkan performa usaha secara keseluruhan.

Setiap ada keinginan pasti perlu ada pengorbanan, begitu pun dengan bisnis. Memang dalam menjalankan bisnis perlu adanya modal. Pastikan kamu siapkan anggaran, tak apa dari modal yang sedikit. Tapi lama kelamaan jika bisnismu berkembang, akan balik modal bahkan dapat omset yang menggiurkan.

Apabila kamu tidak dapat memproduksi sendiri pakaian untuk usaha butikmu, kamu bisa menjadi seorang reseller. Semisal kamu tidak punya modal yang besar, tapi ingin jadi reseller? Bisa dong! Kamu hanya perlu modal kemauan dan bekerja keras dan menjalankan berbagai strategi bisnis dengan baik. Tak ada yang tidak mungkin, usaha butikmu akan berkembang. Asalkan lakukan strategi bisnismu dengan konsisten ya!

Kamu tertarik ingin jadi reseller di bidang fashion? Kamu bisa bergabung dengan Evermos. Bahkan kamu bisa menjual berbagai macam produk sekaligus yang ada di Evermos.

Mengingat persaingan bisnis yang semakin ketat, effort-mu harus lebih kuat agar kesuksesanmu dalam berbisnis bisa kamu dapatkan. Tentu tidak secara instant, kamu perlu menikmati prosesnya.

Jika ingin mengetahui info lebih lanjut tentang kami, kamu bisa cari tahu informasi lainnya di Evermos. Atur strategi bisnismu dengan baik dan selamat memenangkan persaingan bisnis ya, sobat Evermos!

 

You may also like