Maulid Nabi 2021 | Simak Hikmah, Sejarah, dan Perayaannya Disini

maulid nabi 2021

Maulid Nabi 2021 — Sama dengan perayaan hari agama lainnya,  ada sebuah peristiwa khusus yang perlu dirayakan oleh para penganut umat muslim. Salah satu di antara peristiwa penting Maulid Nabi.  Sebenarnya apa itu maulid nabi?

Maulid nabi adalah hari kelahiran Nabi. Kapan Nabi Muhammad lahir? Nabi Muhammad lahir sekitar tahun 570 M di Mekah, Arab Saudi.

Rasulullah lahir di kota Mekkah saat tahun Gajah dari pasangan Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab. Namun, sang ayah meninggal dunia sebelum Nabi Muhammad lahir dan ibunya menghembuskan napas terakhir saat Nabi berusia 6 tahun.

Beliau terlahir dari keluarga yang sederhana namun terhormat. Keluarga itu milik suku Quraisy, yang secara aktif terlibat dalam perdagangan dan politik.  Maulid Nabi 2021 pada tahun ini jatuh pada 12 Rabiul awal tepatnya Rabu 20 Oktober 2021.

Kita sebagai Muslim tentu bisa merayakan hari bersejarah itu bersama kolega di berbagai tempat. Meskipun di masa pandemi ini kita diwajibkan untuk menjaga jarak. Namun kita bisa mengirimi salam dan ucapan melalui media sosial atau aplikasi pesan yang kita punya.

Kita juga bisa menyimak sejarah dan hikmah dari maulid nabi disini.

Untuk itu, yuk Simak Hikmah, Sejarah, dan Perayaannya Disini

Sejarah Maulid Nabi

Perayaan Maulid diadakan oleh kalangan Dinasti Ubaid (Fathimi) di Mesir yang berhaluan Syiah Ismailiyah (Rafidhah). Mereka berkuasa di Mesir pada tahun 362-567 hijriyah.

Perayaan dilakukan sebagai salah satu perayaan saja. Selain itu, mereka juga mengadakan perayaan hari Asyura, perayaan Maulid Ali, Maulid Hasan, Maulid Husain, Maulid Fatimah, dan lainnya.

Maulid Nabi berasal dari kalangan ahlus sunnah oleh Gubernur Irbil di wilayah Irak, Sultan Abu Said Muzhaffar Kukabri. Dikisahkan, saat perayaan Maulid Nabi dilakukan Muzhaffar mengundang para ulama, ahli tasawuf, ahli ilmu, dan seluruh rakyatnya. Ia juga memberikan hidangan, hadiah, hingga sedekah kepada fakir-miskin.

Ada pun sumber yang menyatakan bahwa perayaan Maulid Nabi diadakan pertama kali oleh Sultan Shalahuddin Al Ayyubi atau Muhammad Al Fatih. Tujuannya untuk meningkatkan semangat jihad kaum Muslimin, dalam rangka menghadapi Perang salib melawan kaum Salibis dari Eropa dan merebut Yarusalem.

Sementara itu, di Indonesia sendiri sejarah Maulid Nabi Muhammad berkembang di tangan Wali Songo atau sekitar tahun 1404 masehi. Perayaan tersebut dilakukan demi menarik hati masyarakat memeluk agama Islam.

Maka dari itu, Maulid Nabi juga dikenal dengan nama perayaan Syahadatin. Selain itu, perayaan ini juga dikenal dengan Gerebeg Mulud karena cara masyarakat merayakan Maulid Nabi dengan menggelar upacara nasi gunungan.

Hikmah Maulid Nabi 

Berdasarkan buku ’37 Masalah Populer: Untuk Ukhuwah Islamiyah’ karya H Abdul Bomad, yang bisa dipetik dalam perayaan Maulid Nabi adalah mengingatkan manusia tentang risalah dan sirah dari Rasulullah SAW. Dengan begitu, umat Islam akan memahami bahwa satu-satunya tauladan adalah Rasulullah SAW.

1. Nilai spiritual

Nilai spiritual yang didapatkan dari perayaan Maulid Nabi adalah menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad. Ekspresi kegembiraan dalam perayaan tersebut merupakan ceriminan penghormatan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad merupakan sosok Nabi yang membawa rahmat bagi seluruh alam. Sehingga, umat Islam wajib meneladani sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad. Dengan mengingat Maulid Nabi, maka hati akan tergerak mengucap shalawat Nabi dan amalan-amalan lain.

2. Nilai moral

Nilai moral yang dapat diambil dari perayaan Maulid Nabi adalah menyimak akhlak terpuji dari Nabi Muhammad SAW. Adapun akhlak terpuji itu merupakan ajaran moral yang baik untuk seluruh umat manusia. Kemudian, diharapkan umat manusia dapat mempraktikan sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, nasihat dan pengarahan dari para ulama dalam perayaan Maulid Nabi juga dapat menjadi tuntunan dan bimbingan agama.

3. Nilai persatuan

Nilai persatuan berkaitan erat dengan nilai sosial, makna dari nilai ini adlaah menggambarkan persatuan umat Islam dalam memperingati Maulid Nabi.

Umat Islam bersatu dalam suasana suka cita menyambut peringatan kelahiran Nabi Muhammad.

Selain itu, Maulid Nabi juga mengingatkan tentang perayaan Maulid Nabi pada masa Perang Salib yang dapat mempersatukan kekuatan dan kebersamaan para pejuang Islam.

4. Nilai sosial

Nilai sosial dari adanya perayaan Maulid Nabi adalah terjalinnya hubungan yang baik antar manusia. Hubungan tersebut menggambarkan kerukunan umat Islam dalam membantu sesama. Terutama bagi orang yang menyediakan hidangan dan jamuan bagi para tamu dari golongan fakir miskin.

Maulid Nabi bisa menjadi tradisi untuk mensyukuri rahmat Allah yang diberikan melalui perayaan Maulid Nabi.

Dalil Maulid Nabi

Berdasarkan Quran surat Al A’raf ayat 157, Allah SWT berfirman mengenai keutamaan memuliakan dan mencintai Nabi Muhammad SAW sebagai berikut

اَلَّذِيْنَ يَتَّبِعُوْنَ الرَّسُوْلَ النَّبِيَّ الْاُمِّيَّ الَّذِيْ يَجِدُوْنَهٗ مَكْتُوْبًا عِنْدَهُمْ فِى التَّوْرٰىةِ وَالْاِنْجِيْلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهٰىهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبٰتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبٰۤىِٕثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ اِصْرَهُمْ وَالْاَغْلٰلَ الَّتِيْ كَانَتْ عَلَيْهِمْۗ فَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِهٖ وَعَزَّرُوْهُ وَنَصَرُوْهُ وَاتَّبَعُوا النُّوْرَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ مَعَهٗٓ ۙاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Latin: allażīna yattabi’ụnar-rasụlan-nabiyyal-ummiyyallażī yajidụnahụ maktụban ‘indahum fit-taurāti wal-injīli ya`muruhum bil-ma’rụfi wa yan-hāhum ‘anil-mungkari wa yuḥillu lahumuṭ-ṭayyibāti wa yuḥarrimu ‘alaihimul-khabā`iṡa wa yaḍa’u ‘an-hum iṣrahum wal-aglālallatī kānat ‘alaihim, fallażīna āmanụ bihī wa ‘azzarụhu wa naṣarụhu wattaba’un-nụrallażī unzila ma’ahū ulā`ika humul-mufliḥụn

Artinya: (Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Adapun orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an), mereka itulah orang-orang beruntung

Perayaan Maulid Nabi 2021

Di Negeri mesir, para warga membuat Maulid Nabi hidup dengan menghiasi jalan-jalan Kairo dengan kain petak dan lampu.  Tidak seperti pada perayaan sebelumnya, mereka meningkatkan perayaan tersebut. Misalnya, mengundang penghibur dan memberikan hadiah kepada orang-orang berupa uang dan pakaian.

Berbeda dengan abad-abad sebelumnya, para sufi menghadapi beberapa tantangan terutama dari para sultan.  Mereka menyingkirkan tenda mereka. Namun, hal itu tidak menghentikan mereka untuk merayakan dan mempopulerkan Maulid Nabi.

Mereka menyampaikan undangan kepada semua raja yang memerintah Mesir dari tahun 1936 hingga 1952.

Hari libur Maulid Nabi diterima universal Akhirnya, mereka berhasil membujuk lebih banyak umat Muslim untuk bergabung dengan mereka dalam merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad.

Saat ini, lebih dari 40 negara di seluruh dunia berkumpul di masjid-masjid dan tempat-tempat keagamaan lainnya untuk merayakan hari lahir Muhammad.

Sekarang Maulid Nabi menjadi hari libur resmi di sebagian besar negara Muslim. Satu hal lagi, perayaan ini bisa berlangsung hingga 30 hari. Muslim menandai perayaan dengan makanan, doa, pengajian, dan bertukar hadiah.

Demikianlah ulasan mengenai Hikmah, Sejarah, dan Perayaan maulid nabi disini.

Ingin ikut merayakan maulid nabi? Yuk temukan beragam produk ibadah menarik untuk hadiah kepada orang terkasih disini.

Ada alquran, sejadah, pakaian muslim, dan perlengkapan ibadah lainnya di Evermos.

Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan produk ini untuk berjualan.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos

 

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×