Jarang diketahui! Inilah 9 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak dikenal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun tidak banyak kita tahu bahwa masih banyak manfaat temulawak untuk Kesehatan. Berikut kami berikan ulasannya.

Tanaman herbal ini dikenal juga sebagai “Javanese turmeric”, yaitu tanaman yang berasal dari Indonesia. Saat ini temulawak telah tersebar luas di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Temulawak merupakan tanaman herbal yang mirip dengan kunyit. Kandungan utamanya pun adalah sama-sama kurkumin.

Hanya saja, banyak orang yang belum mengetahui manfaat temulawak untuk Kesehatan. Padahal, khasiatnya sangat beragam dari mulai penyakit ringan hingga berat.

Manfaat temulawak telah terbukti dalam pengobatan tradisional China. Banyak yang menggunakan temulawak baik dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk obat lainnya.

Lalu, apa saja manfaat temulawak untuk Kesehatan? Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Inilah 19 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan Terlengkap

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

1. Anti Peradangan dan radang sendi (ostheoartritis)

manfaat temulawak untuk kesehatan
sumber : google/bersosial

Temulawak mengandung kurkumin dan minyak esensial yang memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan ini dapat mencegah produksi prostaglandin E2 yang bisa memicu peradangan di tubuh.

Manfaatnya sangat baik terutama bagi penderita ostheoarthiritis. Osteoarthritis adalah penyakit sendi dimana sendi terasa sakit dan kaku.

Temulawak bisa membantu meredakan sakit pada sendi yang efeknya hampir sama seperti ibuprofen (obat penghilang sakit).

Lalu, bagaimana cara mengonsumsinya? Temulawak dapat dikonsumsi dengan cara dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, dikupas dan direbus kemudian diokonsumsi.

Baca Juga : Jarang Diketahui! Inilah Kandungan dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

2. Melancarkan Pencernaan dan Nafsu Makan

manfaat temulawak untuk kesehatan
sumber: pexels.com

Kandungan serat dan kurkumin yang tinggi pada temulawak dapat membantu melancarkan pencernaan.

Khasiat temulawak yang satu ini baik bagi Anda yang memiliki masalah susah buang air besar. Temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu. Zat ini bisa melancarkan pencernaan serta metabolisme tubuh.

manfaat temulawak untuk kesehatan
sumber: pexels.com

Senyawa kurkumin dalam temulawak mampu mengosongkan lambung sehingga bisa menyembuhkan perut kembung. Selain itu, perut kosong bisa membuat kita lebih cepat lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, contohnya pada anak.

Karena itu, temulawak baik untuk penderita peradangan usus untuk proses penyembuhan lebih cepat.

Cara mengonsumsinya bisa dengan dijadikan minuman hangat dengan merebusnya menggunakan asam jawa dan gula merah. Setelah selesai, cairan itu disaring dan dikonsumsi untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

3. Memperbaiki Fungsi Hati

manfaat temulawak untuk kesehatan
sumber : google/bersosial

Temulawak juga memiliki khasiat yang baik untuk organ hati (liver). Manfaat ini berasal dari kandungan kurkuminnya.

Kurkumin mampu mencegah lemak pada sel hati. Oleh karena itu, temulawak dapat dijadikan obat tradisional bagi para pengidap penyakit liver.

Selain kurkumin, bagia batang temulawak memiliki khasiat sebagai analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Karenanya, temulawak dapat dikonsumsi untuk menghambat proses perkembangan penyakit hepatitis.

Temulawak juga berfungsi sebagai hepatoprotektor yang melindungi liver dari bahan kimia “hepatotoksin”. Zat ini berasal dari efek samping obat yang bisa berakibat buruk untuk liver.

4. Mencegah Kanker

manfaat temulawak untuk kesehatan
sumber : google/bersosial

Temulawak memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang mana bisa diandalkan untuk mencegah perkembangan sel pemicu kanker.

Sel kanker yang tidak bisa berkembang akan membuatnya mati dan tidak bisa Kembali sehingga mencegah kanker bersarang di tubuh. Tanaman ini dipercaya bisa membantu menyembuhkan jenis kanker payudara, prostat, dan usus.

5. Meningkatkan Stamina

manfaat temulawak untuk kesehatan
sumber : google/bersosial

Temulawak memiliki manfaat untuk meningkatkan stamina karena kandungan tonikumnya. Tanaman herbal ini bisa menjadi pilihan alih-alih menggunakan obat kimia.

Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan temulawak dengan kunyit. Racikan ini bisa membuat tubuh tidak gampang lelah dan lebih bersemangat. Selain kunyit, Temulawak juga bisa dicampur dengan jahe yang biasa dikonsumsi oleh olahragawan untuk meredakan tubuh dari kelelahan.

6. Meningkatkan Sistem Imun

manfaat temulawak untuk kesehatan
sumber : google/bersosial

Temulawak juga bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh karena kandungan antioksidannya. Sistem imun yang kuat bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit berbahaya termasuk infeksi virus dan bakteri.

Jadi, dengan rutin mengonsumsinya, kita bisa mencegah tubuh dari penyakit. Cara mengonsumsinya adalah dengan menghaluskan temulawak untuk kemudian diambil sarinya. Selanjutnya Tambahkan madu dan air hangat untuk diminum sehari-hari.

7. Mengurangi Kolesterol

manfaat temulawak untuk kesehatan
sumber : google/bersosial

Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung. Kolesterol mampu menyumbat peredaran darah yang penuh oksigen menuju ke jantung.

Oleh karena itu, mengonsumsi temulawak dapat membantu menurunkan kadar lemak kolesterol (low density Lipoprotein (LDL) dalam tubuh karena kandungan kurkumanya.

8. Mengurangi Lemak

manfaat temulawak untuk kesehatan
sumber : pixabay.com

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk berpengaruh pada Metabolisme lemak. Metabolisme yang baik mampu memaksimalkan pembakaran lemak menjadi energi..

Karena itu, zat ini cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, karena dengan mengonsumsi temulawak bisa menjadi alternatif diet sehat dan aman.

9. Obat Diuretik

manfaat temulawak untuk kesehatan
sumber : google/bersosial

Manfaat lainnya adalah sebagai obat diuretik yang bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari garam dan air. Pembersihan ini mencegah terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh. Zat ini mampu merangsang ginjal untuk melepaskan lebih banyak garam ke dalam urine.

Selain itu, Manfaat diuretik akan mengambil kelebihan cairan dari pembuluh darah. Proses ini mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Sehingga bisa mencegah penyakit seperti gagal jantung, gagal hati, pembengkakan jaringan, dan masalah pada ginjal.

Demikian ulasan mengenai manfaat temulawak untuk Kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi Anda untuk menjaga Kesehatan.

Untuk membaca artikel Kesehatan menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos

×