Gus Baha: Manfaat Sedekah dan Cara agar Sedekah Diterima Allah SWT

Manfaat sedekah – Banyak sekali manfaat sedekah yang bisa didapatkan. Namun apa jaminan bahwa sedekah tersebut diterima Allah SWT? Ada amalan yang harus dilakukan jika ingin sedekah diterima oleh Allah SWT.

Amalan seperti apa yang dilakukan? Gus Baha dalam ceramah singkatnya yang diunggah oleh Channel Youtube Santri Gayeng yang berdurasi 10 menit memberikan jawabannya.

Ada beberapa contoh yang diberikan oleh Gus Baha dalam menjelaskan bagaimana agar sedekah dapat diterima oleh Allah SWT.

Berikut ini manfaat sedekah dan amalan yang dilakukan agar sedekah dapat diterima Allah mengutip dari ceramah singkat Gus Baha yang berjudul Mau Sedekah Diterima Allah? Jangan Tinggalkan Satu Ini.

Manfaat Sedekah dan Cara agar Sedekah Diterima Allah SWT

manfaat sedekah
Sumber: google.com/bersosial

Dalam ceramahnya Gus Baha menyampaikan ada satu hal yang harus dilakukan oleh manusia jika sedekah yang dilakukannya dapat diterima oleh Allah SWT.

Amalan yang dilakukan adalah jangan sampai jika kita bersedekah memiliki pikiran bahwa orang yang kita sedekahkan sangat membutuhkan sedekah kita.

Itulah hal yang harus dihindari jika ingin sedekah diterima oleh Allah SWT. Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah berikut ini.

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS Al-Hadid: 18).

Ini yang Harus Diperhatikan agar Sedekah Diterima Allah SWT

manfaat sedekah
Sumber: shutterstock.com

Jika bersedekah tidak boleh berpikir bahwa orang yang disedekahkan sangat membutuhkan sedekah yang kita lakukan, lantas harus bagaimana?

“Jangan pernah berpikir kalau orang yang kita sedekahkan itu membutuhkan sedekah dari kita. Tapi berpikirlah bahwa kita membutuhkan mereka untuk mendapat pahala.”

Artinya ada saling keterbutuhan di antara keduanya, yang memberi harus merasa bahwa dirinya butuh seseorang untuk diberi karena mengharap ridha Allah.

Maka pesan yang didapat adalah jangan merasa angkuh dan jangan merasa sangat dibutuhkan jika sudah bersedekah.

Hal itulah yang membuat sedekah seseorang tidak diterima oleh Allah SWT. 

Manfaat Sedekah untuk Tabungan Akhirat

manfaat sedekah
Sumber : Pinterest

Jika diibaratkan dengan tabungan, maka sedekah adalah salah satu bentuk menabung untuk di akhirat.

Jika kita bersedekah dengan ikhlas dan hanya diniatkan karena Allah, tanpa ingin dipandang dan tanpa ingin dianggap orang membutuhkan kita, maka Allah akan menerima sedekah kita.

“Ibaratnya kamu punya tabungan di bank 1 miliar, itu kan buat masa depan. Nah sama saja, bersedekah juga seperti menabung. Tapi diambilnya di akhirat.”

Orang yang bersedekah 1 juta kepada seseorang diibaratkan menabung untuk kehidupan di akhirat kelak.

Jika menabung di bank untuk masa depan dunia, maka bersedekah adalah menabung untuk di akhirat.

“Uangnya dititipkan dulu di orang yang kita beri sedekah. Nanti tabungannya diambil di akhirat. Gitu aja simpel.”

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Artinya: “Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS Al-Baqarah: 245).

Allah Itu Adil, Rezeki Itu Berasal dari Masalah

amal
Sumber: shutterstock.com

Selain sedekah yang memiliki sebab akibat, rezeki yang datang pun ada sebab dan akibatnya.

Gus Baha mengatakan bahwa rezeki yang datang dari Allah itu berasal dari masalah yang ada di dunia ini.

Contoh kecilnya adalah bintang iklan shampo itu dapat rezeki karena ada produk shampo. Produk shampo tidak akan ada jika tidak ada kutu dan ketombe.

Oleh karena itu Allah menciptakan kutu dan ketombe, maka hadirlah pabrik shampo, ada karyawannya, mereka dapat rezeki dari sana.

Hal itu sama seperti pesawat Boeing yang menciptakan banyak unit karena salah satu sebabnya adalah banyaknya jamaah haji.

“Jadi yang butuh itu siapa? Jamaah haji yang butuh pesawat atau pesawat yang butuh konsumen dari jamaah haji makanya dibuat pesawat Boeing yang banyak itu? Keduanya sama-sama butuh. Itulah adilnya Allah, seperti sedekah dan rezeki yang diturunkannya.”

Demikian artikel tentang manfaat sedekah dan cara agar sedekah diterima Allah SWT mengutip dari ceramah singkat Gus Baha. Semoga sedekah yang kita lakukan dapat diterima oleh Allah SWT.

Sumber: Syahaqy, Rizky. Mau Sedekah Diterima Allah? Jangan Tinggalkan Satu Ini. YouTube, diunggah oleh Santri Gayeng, 20 Agustus 2020. https://youtu.be/v3LQl2lBerQ .

Kunjungi terus situs Blog Evermos untuk mendapatkan dan membaca artikel islami menarik lainnya.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini.

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88