Siapa Sangka, Inilah 8 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Selama ini mungkin kita hanya berpuasa karena kewajiban dari Agama. Namun terlepas dari itu bahwa sebenarnya ada banyak sekali manfaat puasa ramadhan yang bisa kita dapatkan. Islam sangat memperhatikan kebaikan hambanya hingga setiap kegiatan ibadahnya memiliki hikmah yang begitu besar dibaliknya.

Jadi, sebenarnya apa saja manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan? Manfaatnya ini sudah terkenal bagi kesehatan tubuh dan telah menjadi topik yang diteliti serta dibahas oleh sejumlah ahli bukan hanya kewajiban ibadah suatu agama.

Untuk melihat lebih lengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini

1. Meningkatkan Fungsi Otak

manfaat puasa ramadhan
sumber : shutterstock.com

Berpuasa dapat meningkatkan fungsi otak secara menyeluruh. Sebuah penelitian yang dilakukan  mengatakan bahwa selama puasa faktor neurotropik pada otak bekerja maksimal.

Faktor ini memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel yang dibutuhkan untuk otak. Sehingga fungsi otak pun bisa dirasakan secara optimal.

Tidak hanya itu, karena puasa, kelenjar adrenal juga lebih sedikit memproduksi kortisol yang fungsinya untuk menurunkan stres.

Selain itu, manfaat puasa juga dapat membantu mencegah gangguan neurodegeneratif.

2. Detoksifikasi Tubuh

manfaat puasa ramadhan
sumber : shutterstock.com

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, maka sebenarnya tubuh sedang melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

Tubuh akan mendetoksifikasi sistem pencernaan sehingga ketika berbuka puasa makanan yang disantap akan berubah menjadi energi dan membantu sistem pencernaan lebih baik.

Sebaliknya, ketika seseorang tidak berpuasa, cenderung tidak menjaga pola makan sehingga makanan yang disantap berubah menjadi lemak yang bisa menyebabkan obesitas.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat puasa ramadhan
sumber : shutterstock.com

Manfaat puasa ramadhan lainnya yakni dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.

Metabolisme dalam  tubuh pun akan meningkat dan lebih mudah menyerap nutrisi saat berpuasa.

Hal ini karena puasa meningkatkan hormon adiponektin yang membuat otot mudah menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan.

4. Mengontrol Gula Darah

manfaat puasa ramadhan
sumber : shutterstock.com

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes.

Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat berpuasa pun dapat mengurangi resistensi insulin.

Penurunan resistensi insulin ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga tubuh dapat mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel secara lebih efisien.

Puasa juga dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil lantaran mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah di tubuh.

5. Membantu Penurunan Berat Badan

manfaat puasa ramadhan
sumber : shutterstock.com

Tidak makan dan minum selama beberapa saat dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Selain membatasi asupan kalori, kadar lemak secara bertahap juga dapat menurun yang bisa menjaga jaringan otot.

Studi lain juga membuktikan, puasa dapat meningkatkan metabolisme. Caranya dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat membantu penurunan berat badan.

6. Meningkatkan hormon pertumbuhan

manfaat puasa ramadhan
sumber : shutterstock.com

Hormon ini didapat dari sejenis protein yang penting bagi banyak aspek kesehatan diantaranya dapat memengaruhi pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuaran otot.

Kadar hormon pertumbuhan ini dapat meningkat optimal karena pengaruh kadar gula darah dan insulin yang lebih stabil saat puasa.

7. Membantu Mencegah Kanker 

Selanjutnya, manfaat puasa adalah dapat membantu dalam pengobatan dan pencegahan kanker.  Salah satu penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat membantu memblokir pembentukan tumor dan meningkatkan efektivitas obat kemoterapi pada pengobatan kanker.

8. Menurunkan Kolesterol

manfaat puasa ramadhan
sumber : shutterstock.com

Tidak sedikit orang yang berhasil menurunkan berat badan saat berpuasa. Oleh karenanya, tidak hanya berat badan saja yang turun, namun kolesterol jahat pun juga bisa menurun drastis.

Hal ini bisa membuat jantung menjadi lebih sehat. Kadar kolesterol yang rendah bisa mencegah risiko penyakit jantung maupun stroke.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, diperkirakan mencapai 31,5% kematian secara global. Mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebab, puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

10. Mengurangi Peradangan

Peradangan sebenarnya dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi jika terjadi dalam kondisi normal.  Namun, beberapa peradangan kronis dapat menimbulkan penyakit tertentu seperti multiple sclerosis.  Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat puasa dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan. Semoga dengan adanya artikel ini kita bisa terus semangat meningkatkan semangat shaum kita.

Lengkapi kebutuhan perlengkapan ibadah Anda dengan produk kebutuhan muslim terlengkap di Evermos. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda bisa menggunakan produk tersebut untuk peluang usaha? bagaimana caranya? caranya adalah dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian artikel mengenai manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×