11 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah yang Lebih Bersih Berseri

manfaat minyak zaitun untuk wajah

Bagi anda yang senang dengan dunia kecantikan, tentu sudah tidak asing dengan minyak zaitun. Salah satu jenis minyak yang digunakan untuk perawatan wajah. Namun, apakah anda sudah mengetahui secara lengkap manfaat minyak zaitun untuk wajah?

Saat ini, sudah banyak jenis produk untuk perawatan wajah. Namun bahan kimia yang terkandung di dalamnya belum tentu cocok untuk semua jenis kulit yang berbeda.

Maka dari itu minyak zaitun bisa menjadi salah satu pilihan bahan alami yang digunakan sebagai bahan kecantikan.

Minyak zaitun ini memiliki banyak sekali kandungan yang bagus untuk kulit, lho. Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk wajah berikut ini.

Baca Juga : Inilah 19 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan Terlengkap

11 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah yang Putih dan Cerah

1. Mengatasi Jerawat

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Setiap orang yang memiliki bekas jerawat kerap merasa terganggu. Namun, tenang saja solusinya tidak harus selalu menggunakan teknologi laser. Menggunakan minyak zaitun saja ternyata sudah cukup.

Minyak zaitun memiliki banyak kandungan vitamin E yang memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin E ini berguna untuk mengatasi jerawat serta menghilangkan bekas jerawat.

Kandungan antibakteri di minyak zaitun pun mampu redakan jerawat dengan cepat. Selain itu, kandungan antioksidan mampu mengeluarkan racun dari dalam kulit sehingga bisa mencegah berbagai masalah kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda hanya tinggal mengoleskan minyak zaitun pada bagian yang berjerawat, kemudian pijat selama 15 menit.

Setelah selesai, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Selesai, Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda dapat melakukannya dua kali sehari.

Baca Juga : Lakukan 6 Cara Perawatan Wajah Alami Ini Agar Tetap Sehat dan Cantik

2. Melembapkan Kulit

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Anda memiliki masalah kulit kering? Jangan khawatir, minyak zaitun bisa menjadi solusi untuk permasalahan ini.

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam kelembapan kulit, anda bisa mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa kering.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Handsanitizer dengan Mudah | Bisa Buat di Rumah!

Efek melembapkan dari minyak zaitun akan menjaga elastisitas alami kulit, serta mengenyalkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat menggunakannya sesering mungkin.

Minyak zaitun dapat menyerap hingga ke lapisan terdalam kulit. Sehingga ia bagus sekali bila digunakan sebagai night cream atau pelembap sehari-hari.

Penggunaan minyak zaitun secara rutin bisa menjaga kulit agar terlindung dari partikel asing dan memenuhi kebutuhan kulit akan hidrasi.

Kulit yang lembap merupakan ciri kulit yang sehat. Sehingga jika kulit wajah kita lembap maka menjadi mudah terhindar dari berbagai masalah kulit lain.

3. Mengencangkan Kulit Wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Minyak zaitun memiliki kandungan linoleic acid yang bisa menjaga kadar air pada kulit wajah sehingga anda bisa terhindar dari gejala penuaan dan keriput.

Selain itu, minyak zaitun mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi sel kulit dari kerusakan. Untuk mendapat khasiat ini, anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan madu. Kemudian, aplikasikan sebagai masker dan diamkan selama 15 menit.

Selain madu, anda juga bisa mencampur minyak zaitun dengan lemon. Caranya campurkan 2 sdm minyak dengan 1 sdm lemon dan sejumput garam. Selanjutnya lakukan pemijatan pada wajah dan pakai sebanyak tiga kali seminggu.

Jika anda memiliki kulit sensitif atau alergi baiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan minyak zaitun.

Karena meskipun minyak zaitun adalah bahan alami namun pada orang berkulit sensitif kandungan ini mampu memicu alergi berbahaya.

4. Mencerahkan Wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya adalah untuk memutihkan wajah. Zat polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun bisa melindungi sel kulit dari sinar UV dan radikal bebas.

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka anda bisa mendapatkan wajah putih dan berseri alami.

5. Menghaluskan Kulit Wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Kulit wajah yang halus dan lembut bisa anda dapatkan dengan mengaplikasikan minyak zaitun dan pepaya pada kulit wajah. Ternyata enzim papain pada pepaya dapat membantu meregenerasi kulit.  Jadikan kedua ramuan ini menjadi masker untuk hasil maksimal.

Maka dari itu, jadikan minyak zaitun yang dipadukan dengan buah-buahan sebagai bahan untuk masker untuk kecantikan kulit. Kandungan polifenol yang berjasa untuk menjadikan kulit wajahmu halus dan lembut

Baca Juga:  Jarang Diketahui! Inilah Kandungan dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Kandungan Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menghaluskan wajah Anda.

Berikut adalah Langkah-langkah membuat masker minyak zaitun dan pepaya.

Haluskan buah papaya kemudian Campurkan dengan 2 sdm minyak zaitun. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Selesai.

6. Mengecilkan Pori-Pori

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Memiliki pori-pori wajah yang besar terkadang bisa mengganggu penampilan dan make up juga menjadi susah menempel. Ditambah lagi minyak dan komedo yang mengendap dalam pori-pori besar.

Pori-pori wajah yang lebar ini dapat membuat wajah nampak tua. Untuk mencegah masalah pori-pori tersebut anda dapat mengoleskan minyak zaitun di area wajah yang bermasalah.

Kandungan zat linoleic mampu mengecilkan pori-pori wajah dan membuat wajah terlihat muda.

7. Mengangkat Kotoran Wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Setelah beraktivitas di luar ruangan seharian bisa membuat wajah terkontaminasi oleh debu kotoran. Jika anda mendiamkannya saja, maka partikel ini bisa menyumbat pori-pori yang berujung pada timbulnya jerawat.

Untuk itu sangat dianjurkan untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Jika Anda kehabisan pembersih makeup anda bisa menggunakan minyak zaitun. Bahkan Minyak zaitun diklaim mampu mengangkat kotoran lebih banyak daripada pembersih biasa.

Berbagai macam jenis riasan makeup dan kotoran bisa dihilangkan dengan minyak ini. Bahkan tidak hanya membersihkan, tetapi minyak zaitun juga bisa menutrisi kulit dari dalam.

Minyak zaitun baik karena bebas bahan kimia paraben yang berbahaya, serta tidak menghilangkan minyak alami di wajah.

Cobalah untuk mengoleskan dan memijat minyak zaitun pada wajah dengan lembut. Setelah itu bilas dengan handuk yang direndam air hangat.

Selain menggunakan minyak murni, anda juga bisa menggunakan sabun yang mengandung minyak zaitun.

8. Meremajakan Kulit

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Saat seseorang berusia 35 tahun ke atas, biasanya elastisitas kulit akan mulai berkurang. Karenanya, kulit pun tampak kendur dan keriput.

Namun, hal ini bisa diminimalisir dengan minyak zaitun yang mampu meremajakan dan meregenerasi kulit.

Minyak zaitun disebut sebagai banhan alami yang efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput dan flek hitam. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang tinggi.

Kedua vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan yang baik dalam melindungi permukaan kulit dari kerusakan atau polusi udara.

Baca Juga:  5 Tips Kecantikan Kulit Untuk Tampilan Wajah Bersih Bersinar & Glowing

Cara paling mudah dalam menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun sebelum beraktivitas dan menjelang tidur. Lakukan dengan rutin setiap hari makan wajah akan kencang dan elastis.

Selain itu, ada juga cara mencegah penuaan dini dengan melakukan scrubbing.

Lakukan scrubbing secara teratur dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula pasir. Oleskan setiap hari sebelum tidur kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Jika anda rutin melakukan ini maka kulit akan beregenerasi dan terlihat lebih muda.

9. Mengurangi Peradangan pada Kulit

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Minyak zaitun mengandung vitamin E tinggi di dalamnya. Vitamin E ini berguna sebagai anti inflamasi pada kulit setelah terpapar sinar matahari.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin E juga bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan pada kulit karena peradangan.

Selain melindungi kulit dari paparan sinar UV dan peradangan, anda juga bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai obat gatal-gatal kulit karena sifat anti inflamasinya.

Caranya adalah Anda bisa menggunakannya sebagai masker. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun yang telah dicampur dengan 2sdt cuka sari apel dan 1sdt madu. Kemudian diamkan selama 10-15 menit dan Bilas dengan air hangat.

10. Mencegah kerusakan wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Kondisi lingkungan dapat mempengaruhi kondisi kulit. Contohnya, bagi anda yang tinggal di kota besar, polusi udara berpotensi merusak kulit

Jangan khawatir, kandungan antioksidan pada minyak zaitun memiliki khasiat melindungi sel-sel kulit wajah dari kerusakan akibat polusi.

11. Menghilangkan kutil di wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah

sumber : pexels.com

Kutil wajah bisa dihilangkan dengan manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah. Kutil biasa disebabkan oleh bakteri dan dapat mengiritasi dan menimbulkan gatal pada kulit.

Jika sudah ada gejala ini, lebih baik gunakan minyak zaitun untuk segera mengatasinya. Sebab jika tidak, iritasi bisa semakin parah dan menimbulkan rasa sakit.

Cobalah untuk mengoleskan minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukan sebanyak tiga kali sehari. Pastikan anda membersihkan daerah kutil sebelum mengoleskan zaitun.

11 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Sekian ulasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk wajah ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi anda untuk merawat Kesehatan kulit.

Anda bisa menemukan berbagai produk minyak zaitun ini di Aplikasi Evermos. Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan produknya dan mulai perawatan wajah Anda.

Untuk membaca artikel mengenai kecantikan lainnya, anda bisa mengunjungi Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×