7 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur Beserta Hadist Pendukungnya

Tidur adalah waktu untuk beristirahat dan tentunya tidur harus berkualitas. Salah satu cara agar tidur berkualitas adalah dengan mematikan lampu. Ternyata banyak sekali manfaat mematikan lampu saat tidur untuk kesehatan. Bahkan, ada sunnah rasulullah yang juga menganjurkannya. Ingin tahu apa saja? Mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Tidur Lebih Berkualitas

manfaat mematikan lampu saat tidur
sumber : pexels.com

Mematikan lampu sebelum tidur bisa memberikan sinyal pada tubuh bahwa ini waktunya tidur. Sehingga Hal ini bisa membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas.

Mata dan tubuh sudah merespons cahaya dari pagi hingga sore. Kondisi gelap pada malam hari akan memberi respon baru untuk istirahat dan lebih mengenal sinar pagi di keesokan hari.

Mengatur paparan cahaya merupakan cara yang efektif untuk menjaga siklus sikardian pada tubuh.

Selain itu, tidur dengan kondisi lampu menyala, membuat otak mungkin otak tidak akan memproduksi hormon melatonin karena otak bingung apakah waktu tersebut waktu malam atau siang.

2. Mengurangi Depresi

manfaat mematikan lampu saat tidur
sumber : pexels.com

Manfaat mematikan lampu saat tidur lainnya adalah mampu mengurangi depresi. Menurut sebuah studi dalam Journal of Affective Disorders mengemukakan bahwa orang depresi memiliki cahaya lampu lebih terang di kamar mereka ketika tidur.

Gangguan tidur atau kualitas tidur yang buruk, disebabkan dari lampu menyala bisa dihubungkan dengan tingkat depresi.

Baca Juga : Kumpulan Doa Susah Tidur Malam Hari Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

3. Mencegah Kenaikan Berat Badan

manfaat mematikan lampu saat tidur
sumber : pexels.com

Menyalakan lampu saat tidur di malam hari menjadi salah satu pemicu obesitas. Sebuah riset dari  Leiden University Medical Centre, Belanda mengemukakan bahwa lampu buatan juga termasuk sinar gadget.

Cahaya gadget ternyata dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh yang kemudian berdampak pada peningkatan berat badan.

Sebuah penelitian dari American Journal of Epidemiology menyatakan bahwa wanita yang tidur dengan kondisi kamar lebih terang cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) serta lingkar pinggang yang lebih besar.

4. Mencegah Kanker

manfaat mematikan lampu saat tidur
sumber : pexels.com

Mematikan lampu saat tidur ternyata memiliki peran penting bagi tubuh dalam mencegah kanker. Ini adalah sebuah kebiasaan ringan yang mampu memberi efek besar.

Sebuah penelitian oleh dari  profesor di New York University School of Medicine menyatakan bahwa hal ini dikarenakan cahaya bisa menghambat sekresi hormon melatonin secara alami.

Bahkan saat Anda tertidur lelap, cahaya tetap bisa dideteksi melalui kelopak mata dan otak sehingga tubuh gagal memproduksi melatonin. Hal ini karena tubuh bingung membedakan antara siang dan malam.

Padahal, hormon melatonin mampu mencegah serangan jantung, meningkatkan kesuburan wanita dan menjadi efek antioksidan dan antiperadangan bagi tubuh.

Studi lanjut dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics mengemukakan bahwa menyalakan cahaya buatan di malam hari, mampu memicu ekspresi berlebih dari sel-sel yang berhubungan dengan pembentukan sel kanker.

Baca Juga : Lakukan 6 Amalan Sebelum Tidur Ini Sesuai Anjuran Rasulullah

5. Memberi Sinyal Bagi Jam Biologis Tubuh

manfaat mematikan lampu saat tidur
sumber : pexels.com

Manfaat tidur gelap tanpa lampu berikutnya adalah memberi sinyal bagi jam biologis tubuh.

Ketika mata menerima cahaya antara waktu pagi hingga sore, cahaya tersebut menghambat sel saraf dan menekan produksi hormon melatonin yang bisa membantu Anda tertidur nyenyak.

Otak dan mata akan merespon adanya gelap sebagai waktunya tubuh beristirahat kemudian mendeteksi adanya sinar pagi hari untuk memberi respon pada tubuh bahwa waktu telah berganti.

Hal ini lambat laun bisa memberi efek positif bagi jam biologis tubuh untuk mengenal waktu istirahat dan bekerja secara alami.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

manfaat mematikan lampu saat tidur
sumber : pexels.com

Studi dari jurnal Chronobiology International menunjukkan bahwa orang yang menerima banyak paparan cahaya ketika tidur memiliki tekanan darah yang lebih tinggi daripada mereka yang mematikan lampu saat tidur.

7. Mencegah Diabetes

manfaat mematikan lampu saat tidur
sumber : unsplash.com

Manfaat mematikan lampu saat tidur ternyata mampu mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh.

Studi dalam jurnal Chronobiology International menunjukkan bahwa orang dengan diabetes adalah mendapatkan paparan cahaya lebih terang selama 4 jam sebelum tidur.

Termasuk dari televisi dan gadget, karena alat elektronik telah terbukti mampu menekan hormon melatonin daripada sumber cahaya lain.

Hadist yang Menyunnahkan Mematikan Lampu Saat Tidur

manfaat mematikan lampu saat tidur
sumber : unsplash.com

Mematikan lampu saat tidur ini pun merupakan salah satu sunnah anjuran dari Rasulullah SAW. Menyalakan lampu saat tidur bisa mengundang bahaya sebagaimana ada dalam hadist Rasulullah SAW berikut ini :m

Dari Abu Musa Al Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

احْتَرَقَ بَيْتٌ بِالْمَدِينَةِ عَلَى أَهْلِهِ مِنَ اللَّيْلِ ، فَحُدِّثَ بِشَأْنِهِمُ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ « إِنَّ هَذِهِ النَّارَ إِنَّمَا هِىَ عَدُوٌّ لَكُمْ ، فَإِذَا نِمْتُمْ فَأَطْفِئُوهَا عَنْكُمْ »

“Ada sebuah rumah di Madinah terbakar mengenai penghuninya pada waktu malam. Kejadian tersebut lantas diceritakan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Api ini adalah musuh kalian. Apabila kalian tidur, padamkanlah api.” (HR. Bukhari no. 6293 dan Muslim no. 2016).

Selanjutnya, ada sebuah hadist yang menunjukkan anjuran yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri dari marabahaya pada malam hari. Berikut adalah bacaan hadistnya :

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

« غَطُّوا الإِنَاءَ وَأَوْكُوا السِّقَاءَ وَأَغْلِقُوا الْبَابَ وَأَطْفِئُوا السِّرَاجَ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَحُلُّ سِقَاءً وَلاَ يَفْتَحُ بَابًا وَلاَ يَكْشِفُ إِنَاءً فَإِنْ لَمْ يَجِدْ أَحَدُكُمْ إِلاَّ أَنْ يَعْرُضَ عَلَى إِنَائِهِ عُودًا وَيَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ فَلْيَفْعَلْ فَإِنَّ الْفُوَيْسِقَةَ تُضْرِمُ عَلَى أَهْلِ الْبَيْتِ بَيْتَهُمْ »

Tutuplah wadah-wadah, ikatlah kantung air, kuncilah pintu, padamkanlah pelita karena setan tidak bisa membuka ikatan kantung air, tidak bisa membuka pintu, tidak bisa membuka wadah yang tertutup. Jika salah seorang di antara kalian tidak mendapatkan sesuatu untuk menutup wadahnya kecuali dengan sebilah kayu lalu menyebut nama Allah ketika itu, lakukanlah karena tikus bisa membakar rumah yang dapat membahayakan penghuninya.” (HR. Muslim no. 2012).

Demikianlah  beberapa manfaat mematikan lampu saat tidur bagi kesehatan tubuh. Oleh karenanya, Mulailah membiasakan diri beristirahat optimal dengan membuat kamar Anda menjadi redup atau lebih gelap.

Sebagaimana hal ini pun merupakan sunnah Rasulullah SAW demi kebaikan bersama. semoga kita senantiasa selalu ada dalam lindungan Allah SWT.

Untuk membaca artikel menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos

×