Inilah 19 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan Terlengkap

Lemon sudah tidak asing lagi bagi kita semua, biasanya lemon digunakan sebagai tambahan rasa pada makanan. Namun, tahukah kamu akan manfaat lemon yang sangat berkhasiat untuk Kesehatan?

Jika belum, mari simak artikel di bawah ini mengenai manfaat lemon bagi Kesehatan.

Biasanya, seseorang mengawali pagi hari dengan secangkir teh ataupun kopi. Namun pernahkah anda terpikir untuk meminum segelas air lemon di pagi hari?

Jika belum pernah maka tak ada salahnya untuk mencoba ruti meminum lemon untuk hidup yang lebih sehat. Bagamaina cara membuatnya? Dan sebenarnya apa manfaat lemon? Simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Bisnis Pesantren She Lemon Cetak Omzet 400 Juta Bersama Evermos

Cara Membuat Air Lemon.

manfaat Lemon
sumber : pexels.com

Cara membuat air lemon cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan air putih dengan suhu hangat atau suhu ruang. Kemudian, tambahkan perasan buah lemon secukupnya sesuai selera.

Selain diambil sarinya, salah satu cara membuat air lemon yang menarik adalah dengan mengolahnya menjadi infused water. Anda juga bisa menambahkan bahan pelengkap lainnya Seperti madu, mentimun, dan bahan lain.

Membuat infused water sangatlah mudah, anda cukup menambahkan 4 buah lemon yang sudah diiris ke dalam 1 liter air. Setelah itu diamkan lemon 1-4 jam di dalam air agar hasilnya optimal.

Mencampurkan lemon dengan madu dalam infused water ternyata punya keunggulannya tersendiri, lho. Berikut adalah beberapa khasiat campuran lemon dan madu bagi kesehatan:

Lemon dan madu membantu menurunkan berat badan dan Kedua bahan ini berguna untuk pemulihan penyakit karena mengandung vitamin C

Selain itu manfaat madu bisa mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan serta bermanfaat bagi kesehatan pencernaan

Selain rasanya menyegarkan, air perasan lemon ini juga digemari karena diklaim dapat meningkatkan tingkat energi dan metabolisme.

Baca Juga : Kenali 15 Jenis Madu Terbaik di Indonesia yang Bagus Untuk Kesehatan

Manfaat lemon Bagi Kesehatan

manfaat Lemon
sumber : pexels.com
1. Mengandung Antioksidan dan flavonoid

Lemon merupakan sumber antioksidan yang tinggi.

Sama seperti jeruk lainnya, lemon juga kaya akan kandungan flavonoid yang mampu menangkal berbagai penyakit. Ketiga kandungan ini bisa membawa manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Flavonoid memiliki sifat anti peradangan dalam tubuh. Sedangkan antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Dengan mencegah kerusakan sel, antioksidan mengurangi risiko memburuknya kondisi kesehatan. Termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas, dan kanker.

Zat antioksidan mencegah penyakit dengan cara membersihkan radikal bebas yang berbahaya dan senyawa penyebab penyakit yang diciptakan oleh stres oksidatif.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jeruk lemon kaya akan vitamin C. khasiat dari Vitamin C ini adalah dapat mempersingkat durasi flu. Air perasan dari lemon memberi asupan 18.6 mg vitamin C dari total 65 mg – 90 mg kebutuhan harian tubuh.

Sudah tidak asing juga jika vitamin C pada lemon bisa memberikan antibodi tambahan. Oleh sebab itu lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, bukan tanpa alasan bahwa olahan lemon diklaim sebagai minuman kesehatan.

Bahkan menurut The World’s Healthiest Foods, vitamin C dapat membantu mencegah infeksi penyakit ke tubuh.

3. Mencegah batu ginjal

Penyakit batu ginjal disebabkan karena benjolan kecil yang terbentuk ketika produk limbah mengkristal dan menumpuk di ginjal.

Maka dari itu, asam sitrat pada air lemon dipercaya dapat membantu mencegah batu ginjal dengan cara meningkatkan volume dan pH dari urine.

Hanya dengan 125ml air perasaan lemon per hari sudah dapat memberikan asupan asam sitrat yang cukup untuk mencegah batu ginjal.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung dan Stroke

Studi menunjukkan bahwa makan buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C seperti air lemon memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Bukan hanya karena vitamin C, kandungan serat dan senyawa seperti hesperidin serta diosmin dalam lemon juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung secara signifikan.

Selain itu, lemon yang tinggi akan serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Manfaat lemon juga dapat membantu meminimalkan resiko stroke iskemik. Stroke iskemik  terjadi ketika pembuluh darah ke otak terhalang oleh bekuan darah.

5. Menjaga kesehatan mulut

Air jeruk lemon dapat berguna bagi kesegaran mulut dan napas. Anda bisa mencegah bau mulut dengan meminum segelas air setiap bangun tidur.

Cara kerja dari manfaat lemon ini adalah dengan menstimulasi air liur untuk mencegah mulut kering.

Ketika mulut selalu basah, maka bakteri yang menyebabkan bau mulut sulit berkembang.

Selain mengonsumsinya, anda juga bisa mencampurkan jus lemon dengan baking soda sebagai cairan pemutih gigi. Meski begitu, perlu diingat untuk tidak terlalu sering menggunakannya karena kandungan asam pada lemon bisa merusak email gigi.

6. Mengurangi risiko kanker

Buah yang termasuk dalam kelompok sitrus dipercaya bisa mengurangi risikon terkena kanker. Beberapa penelitian menyebut bahwa terdapat senyawa seperti limonene dan naringenin yang dapat berfungsi sebagai antikanker.

Studi lain mengatakan bahwa daging buah lemon mengandung beta-cryptoxanthin dan hesperidin yang dapat mencegah kanker lidah, paru-paru dan usus besar.

7. Mencegah anemia

Penyakit anemia disebabkan karena kurangnya zat besi di tubuh. Kekurangan ini bisa didapat melalui konsumsi sayuran dan buah segar yang kaya akan zat besi.

Lemon mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia. Sedangkan itu lemon juga mengandung vitamin C dan asam sitrik yang membantu mempercepat penyerapan zat besi dari makanan.

8. Melancarkan pencernaan

Manfaat lemon untuk kesehatan juga bisa  membantu melancarkan pencernaan. Caranya adalah dengan menggunakan air lemon hangat.

Air lemon hangat ini sangat baik dalam membersihkan liver. minuman ini baik dikonsumsi saat setelah makan siang atau makan malam.

Kandungan dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut dan membantu buang air besar secara teratur. Hal ini sama seperti pemurni darah.

Lemon juga mengandung 10% karbohidrat yang berbentuk serat larut dan gula sederhana. Serat utama dalam lemon bernama enzim pektin.

Serat ini dapat menyehatkan pencernaan dan memperlambat penyerapan gula. Hal ini bisa membuat kadar gula dalam darah menurun. Untuk mendapatkan manfaat lemon yang satu ini anda harus mengonsumsi lemon beserta bulir-bulirnya.

9. Detoksifikasi Hati

Zat pektin yang ada dalam buah lemon membantu mengelmusi minyak dan membuang kotoran dari usus. Selain itu, kandungan kolin dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon bisa mendetoksifikasi hati untuk bekerja lebih efektif.

10. Mengatasi sakit tenggorokan

Lemon kaya akan vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan energi. Kandungan vitamin c dalam buah lemon berguna untuk sistem kekebalan tubuh serta anti-bakteri.

Vitamin C membuat tubuh menjadi kebal dari virus penyebab batuk dan pilek, serta mengembalikan kebugaran tubuh. Manfaat Lemon untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Campuran madu, air hangat, dan lemon mampu mengobati sakit tenggorokan. Minuman ini akan membantu mengurangi pembengkakkan di dalam tenggorokan. Kemudian zat asamnya akan menghilangkan virus dan bakteri berbahaya.

11. Meredakan Stres

Manfaat Lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk kesehatan mental yakni membantu meredakan stress.

Selain mengandung nutrisi yang banyak, lemon mengandung minyak esensial yang berguna untuk meningkatkan mood. Bahkan dengan hanya mencium aromanya saja, stress bisa berkurang

Manfaat Lemon untuk Diet

manfaat Lemon
sumber : pexels.com
12. Mengontrol berat badan

Lemon berguna bagi diet ditunjukkan dengan penelitian bahwa antioksidan polifenol pada lemon dapat mengurangi kenaikan berat badan.

Pada studi ini, senyawa antioksidan dapat mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa di darah yang bisa meningkatkan resistensi insulin. Hal ini adalah dua faktor utama dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Guna mendapat khasiat lemon untuk diet dapat kamu buktikan dengan mengganti minuman tinggi kalori dengan air lemon yang rendah kalori.

Dengan banyak mengonsumsi air lemon, perut bisa lebih mudah terasa kenyang. Hal Ini dikarenakan serat pektin larut dalam lemon akan memberikan rasa kenyang lebih lama.

beberapa sumber juga menyebut bahwa air lemon bisa membantu membakar kalori yang menyebabkan berat badan cepat turun. Disebabkan karena Kandungan asam sitrat yang sangat tinggi pada.

13. Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit memang menjadi masalah bagi banyak orang. Tenang saja, lemon bisa untuk diet dan membantu mengecilkan perut buncit.

Caranya mudah cukup dengan mengonsumsi perasan air lemon yang telah dicampur dengan segelas air hangat setiap sore minimal 3 kali seminggu.

Jika anda rutin meminumnya, maka hasilnya perut buncit akan hilang.

Manfaat Lemon bagi kecantikan

manfaat Lemon
sumber : pexels.com
14. Hilangkan keriput secara alami

Manfaat lemon untuk wajah dalah untuk mengurangi keriput dan meningkatkan kualitas kulit wajah. Berdasarkan penelitian bahwa minyak lemon mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada permukaan kulit.

Vitamin C pada buah Lemon mendorong produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit. Setelah itu, enzim alami yang terkandung dalam lemon dapat mengencangkan dan mengecilkan pori-pori

Caranya adalah dengan mengiris lemon dan gunakan lemon untuk memijat bagian kulit yang keriput selama beberapa menit.

Kamu juga bisa memarut kulitnya dan menggunakannya sebagai masker wajah.

Menurut American Academy Dermatology, penggunaan lemon untuk efek perawatan kulit anti penuaan baru bisa terlihat setelah satu bulan.

15. Mencerahkan kulit

Manfaat lemon selanjutnya untuk kecantikan adalah untuk mencerahkan kulit. Caranya mudah yaitu dengan mencampurkan perasan lemon dengan madu kemudian dijadikan masker.

Gunakan secara rutin, untuk hasil kulit wajah yang lebih segar dan cerah.

16. Memudarkan bekas jerawat

Bagi anda para pejuang jerawat, jangan khawatir. Anda bisa memudarkan bekas jerawat dengan bantuan lemon. Lemon kaya akan vitamin c dan asam sitrat yang baik untuk mengobati jerawat dan bekasnya.

Vitamin c dalam lemon berfungsi memproduksi kolagen, mengencangkan kulit, dan mendorong pembentukan sel kulit baru.

Berfungsi sebagai pemutih alami, lemon dapat mencerahkan noda bekas luka dan jerawat. Sementara itu, sifat anti-bakterinya mampu membantu mencegah timbulnya jerawat.

Cara menggunakannya adalah cukup campurkan jus lemon segar dan minyak kelapa kemudian aplikasikan ke wajah menggunakankapas. Setelah tiga menit, bilas wajah dan gunakan pelembab.

17. Memperkecil pori-pori

Pori-pori wajah yang terlihat terbuka besar terkadang mengganggu penampilam. Maka dari itu rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Manfaat lemon dapat memperkecil pori-pori.

Sari jeruk lemon disimpan dalam kulkas terlebih dulu, kemudian jus lemon dioleskan pada wajah hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

18. Menghilangkan kulit terbakar kemerahan

Anda punya masalah dengan kulit belang? Sekarang anda bisa mengurangi kulit wajah yang terbakar matahari dengan mencampur 1 sdm lemon, air mawar, dan jus mentimun.

Kemudian celupkan kain ke dalam campuran tersebut dan letakan langsung pada kulit yang terbakar selama 30 menit.

Mentimun dan lemon terkenal sebagai bahan pemutih alami yang bisa mengurangi kemerahan pada kulit. Vitamin c yang terkandung dalam lemon pun bisa meminimalkan kerusakan kulit serta mencerahkan flek gelap.

19. Menghilangkan Komedo dan Flek Hitam

Terakhir manfaat lemon yang tidak kalah dari yang lain adalah dapat menghilangkan komedo dan juga flek hitam di wajah.

Caranya mudah yakni campurkan perasan lemon dengan putih telur lalu kocok hingga menghasilkan gelembung. Kemudian baluri seluruh wajah dan diamkan hingga mengering.

Setelah kering cuci wajah anda dengan menggunakan sabun wajah dan juga air bersih. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu. Maka komedo anda akan berkurang.

Bagi anda yang ingin merasakan langsung khasiat lemon, anda bisa membelinya di Evermos. Evermos menyediakan berbagai jenis minuman lemon yang bisa langsung anda konsumsi.

manfaat Lemon

Sekian artikel mengenai manfaat lemon bagi kecantikan dan kesehatan, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Yuk, mari kita rutin mengonsumsi lemon untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk membaca artikel bermanfaat lainnya, anda bisa mengunjungi blog Evermos.

×