Inilah 9 Manfaat Daun Sirih Untuk Tubuh Yang Jarang Diketahui

manfaat daun sirih

Siapa yang tidak tahu daun sirih. Tanaman ini banyak menghiasi pekarangan rumah. Namun tahukah Anda bahwa tanaman ini memiliki banyak khasiat Kesehatan. Untuk itu, berikut adalah ulasan mengenai manfaat daun sirih bagi tubuh dan wajah yang jarang diketahui

Siapa sangka bahwa tumbuhan yang mudah didapatkan dan dibudidayakan ini memiliki banyak khasiat Kesehatan. Bahkan, daun sirih sudah terkenal manfaatnya sejak tahun 400 SM dengan menjadi obat di India.

Tanaman ini bisa bermanfaat karena mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten yang digunakan untuk pemeliharaan kesehatan.

Manfaat daun sirih yang paling terkenal adalah untuk menyembuhkan mimisan dan pembersih area kewanitaan, namun lebih dari itu daun sirih ternyata bisa menyembuhkan banyak penyakit serius.

Ingin tahu apa saja? Untuk itu langsung saja kita simak ulasan mengenai manfaat daun sirih untuk tubuh dan wajah berikut.

Baca Juga : Jarang diketahui! Inilah 9 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

1. Menghentikan Mimisan

manfaat daun sirih

sumber : google/bersosial

Khasiat yang satu ini sudah digunakan sejak dahulu oleh Masyarakat Indonesia. Daun sirih dipercaya dapat mempercepat berhentinya mimisan. Tanaman ini dapat membantu menghentikan aliran darah karena kandungan fenil popies dan terpene-nya.

Cara menggunakannya adalah cukup dengan menggulungkan daun sirih kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan. Namun, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar tetap higienis.

Daun sirih adalah obat yang baik untuk mengatasi hidung berdarah atau mimisan. Daun sirih dapat membantu menghentikan aliran darah dengan cara memasukkan gulungan daun sirih segar ke dalam hidung yang sedang mimisan dan tunggu selama 30 menit untuk menghentikan aliran darah.

Baca Juga:  5 Tips Kecantikan Kulit Untuk Tampilan Wajah Bersih Bersinar & Glowing

Baca Juga : Jarang Diketahui! Inilah Kandungan dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

2. Menjaga kesehatan Alat Reproduksi Wanita

manfaat daun sirih

sumber : google/bersosial

Manfaat daun sirih yang terkenal selanjutnya adalah bisa menjaga Kesehatan organ kewanitaan. Hal ini dikarenakan tumbuhan ini mampu melawan bakteri jahat seperti Candida yang bisa menyebabkan keputihan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah dengan merebus 5-10 lembar daun sirih ke 250 ml air. Setelah itu gunakan air rebusan ini untuk mencuci area kewanitaan.

selain membersihkan, tanaman ini juga bisa menyehatkan alat reproduksi. Rebusan daun sirih yang dikonsumsi bisa menaikkan level kesuburan pada wanita.  Khasiat air rebusan ini adalah bisa menurunkan level estrogen yang mungkin memengaruhi tingkat kesuburan pada rahim.

3. Menjaga Kesehatan Mulut

manfaat daun sirih

sumber : google/bersosial

Bakteri yang ada di mulut bisa menyebabkan infeksi dan karies gigi, selain itu bisa menimbulkan bau mulut tak sedap.

Karena itu, mengunyah daun sirih dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri. Tanaman ini sudah sangat terkenal sebagai pembersih mulut dan dapat menjadi obat infeksi mulut.

Daun sirih bisa mencegah timbulnya karies gigi dengan menghambat produksi asam.

Selain itu, daun sirih dapat membantu menyegarkan napas. Untuk meningkatkan kesehatan mulut ini caranya adalah berkumur setiap hari saat pagi dan malam. Gunakan satu tetes minyak daun sirih yang dicampur dengan satu cangkir air hangat.  Anda pun bisa langsung mengunyah daun sirih.

4. Menjaga pencernaan

manfaat daun sirih

sumber : google/bersosial

Selain menjaga kesehatan mulut, manfaat mengunyah daun sirih  adalah bisa meredakan radang lambung. Penyakit asam lambung merupakan ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Oleh karena itu, daun sirih dapat menghambat pembentukan lesi lambung dan meningkatkan produksi lender, dan mengurangi volume sekresi asam lambung.

Baca Juga:  Inilah 12 Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil, Khasiatnya Melimpah!

Fitokimia dan polifenol yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti-ulserogenik yang bisa melindungi lapisan usus dari racun dan iritasi lainnya.

5. Mengurangi bau badan

manfaat daun sirih

sumber : google/bersosial

Manfaat daun sirih satu ini juga populer di masyarakat Indonesia. Daun sirih mampu mengurangi bau badan karena kandungan estradiol dan klavikulanya.

Kandungan ini berguna untuk mengatur produksi hormon yang ada di kelenjar keringat.

Untuk mendapatkan khasiatnya cukup dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih dengan rutin.

6. Menyembuhkan Kanker

manfaat daun sirih

sumber : unsplash.com

Manfaat dari daun sirih ini sungguh istimewa, yakni bisa menyembuhkan kanker. Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung sejumlah phytochemical yang memiliki manfaat melawan kanker.

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang baik dalam menetralkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih diketahui dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan meminum rebusan air daun sirih kemudian tambahkan madu.

selain kanker mulut, ternyata daun sirih dipercaya bisa menyembuhkan kanker sumsum tulang belakang.

7. Mengobati Diabetes

manfaat daun sirih

sumber : unsplash.com

Selanjutnya, manfaat dari tanaman ini adalah mampu mengurangi kadar glukosa darah yang bagus untuk penderita diabetes tipe 2. Oleh karena itu, Mengonsumsi daun sirih dapat membantu mencegah radikal bebas dan menjaga imunitas penderita diabetes.

Selain itu, daun sirih juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka — yang biasanya diderita oleh pengidap diabetes tipe 1.

Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan ekstrak daun sirih di atas permukaan kulit yang terluka. Nantinya, daun sirih akan akan membantu merangsang produksi kolagen untuk meregenerasi jaringan kulit.

Baca Juga:  Ampuh! Inilah Obat Alami Tipes dan Tips Aturan Makannya

8. Sebagai antiseptik

manfaat daun sirih

sumber : unsplash.com

Tanaman ini merupakan antiseptik alami yang luar biasa. Daun sirih mengandung polifenol, terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Caranya adalah dengan mengaplikasiakannya pada luka untuk membunuh kuman.

Kandungan polifenol ini juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan sendi dan orkitis. Tanaman ini pun mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu melawan infeksi bakteri.

Selain itu, minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

9. Menyembuhkan jerawat

manfaat daun sirih

sumber : google/bersosial

Karena adanya sifat antibakteri dan antiseptik, tanaman ini dipercaya mampu menyembuhkan jerawat

Caranya adalah dengan menumbuk daun sirih hingga halus dan merebusnya. Kemudian, ambil airnya menggunakan handuk kemudian tempel dab usapkan ke kulit yang berjerawat.

Lakukan proses pencucian wajah ini minimal 2 kali sehari saat selesai mandi dan sebelum tidur.

Sementara untuk jerawat yang ada di dada atau punggung, Anda bisa memanfaatkan air rebusan yang masih hangat untuk mandi.

Lebih hebatnya lagi, tanaman ini ternyata banyak khasiat karena kandungan antimikrobanya. Selain menyembuhkan jerawat, daun sirih juga bisa mencegah flek hitam, dan masalah lainya seperti, sariawan, alergi, dan gatal-gatal.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun sirih untuk tubuh dan wajah yang jarang diketahui orang. Semoga kita senantiasa bisa selalu menjaga Kesehatan agar terhindar dari penyakit.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menemani ikhtiar Anda untuk menjaga Kesehatan. Jangan lewatkan artikel Kesehatan menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×