8 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan dan Kecantikan Serta Cara Penggunaannya

Sebagian besar orang mungkin belum mengetahui apa itu daun binahong, padahal tanaman ini mengandung banyak manfaat bagi Kesehatan. Jadi apa saja manfaat daun binahong ini? Sebelum kita membahasnya, mari kita berkenalan dulu dengan tanaman obat yang satu ini. Yuk langsung simak ulasan berikut ini.

Apa itu Daun Binahong

manfaat daun binahong
sumber :google/bersosial

Daun binahong merupakan tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman rambat ini kaya akan manfaat sehingga tanaman binahong banyak dibudidayakan di pekarangan. Karenanya, binahong termasuk dalam Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Untuk Anda yang belum mengetahui bentuknya, binahong tumbuh merambat dengan batang daun yang pendek. Daun binahong berwarna hijau berbentuk hati.

Tanaman ini banyak ditemukan di area perkebunan, perumahan dan lain-lain. Tanaman ini bisa dikatakan sebagai alternatif pengobatan yang murah dan mudah didapatkan.

Daun binahong ini sudah biasa dipakai untuk pengobatan sejak zaman dulu daun binahong lebih tepatnya sudah menjadi tanaman herbal di daratan China sejak abad ke-14. Daun ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan kawasan tropis Amerika Serikat

Manfaat Daun Binahong

Sekarang kita sudah mengetahui apa itu daun binahong. Daripada penasaran, langsung saja kita mengulas secara lengkap tentang manfaat daun binahong pada penjelasan di bawah ini

1. Mencegah penyakit jantung

manfaat daun binahong
sumber : pexels.com

Manfaat daun binahong pertama yang tersohor adalah bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini karena kandungan saponin dalam binahong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Caranya adalah Anda cukup menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Tambahkan sedikit gula atau sehingga rasanya jadi lebih manis. Kemudian Anda bisa konsumsi dua kali sehari.

Baca Juga : Jarang Diketahui! Inilah Kandungan dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

2. Mengobati luka bakar

manfaat daun binahong
sumber : pexels.com

Sebagaimana kita tahu bahwa luka bakar perlu mendapatkan penanganan yang ekstra karena bila tidak bisa menimbulkan infeksi.  Oleh karenanya, kita bisa memanfaatkan daun binahong dalam mengobati luka bakar, yang mengandung kandungan antibakteri.

Kandungan antibakteri ini mampu merusak membran sel bakteri sehingga bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada luka bakar menjadi hancur.

Tak hanya berkhasiat obati luka bakar, kandungannya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar, mengurangi inflamasi, memelihara membran mukosa hingga mengurangi rasa nyeri pada luka bakar.

Baca Juga : Inilah 9 Manfaat Daun Sirih Untuk Tubuh Yang Jarang Diketahui

3. Mencegah kanker

manfaat daun binahong
sumber : pexels.com

Keistimewaan daun binahong lainnya ialah mencegah terjadinya kanker karena adanya kandungan yang tinggi akan antioksidan pigmen karotenoid esensial, seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein. Anda bisa merebus daun binahong dan meminum airnya 3 kali sehari.

Temukan Obat Herbal Unggulan Untuk Berbagai Penyakit seperti Kanker, Tumor, dsb di Aplikasi Evermos

manfaat daun binahong

4. Mengobati asam urat

manfaat daun binahong
sumber : pexels.com

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah mengobati asam urat. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh.

Purin adalah zat dalam tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Jadi, apabila Anda merasa telah mengonsumsi seperti jeroan, daging merah, atau kacang-kacangan. Ada baiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

5. Mengatasi anemia

manfaat daun binahong
sumber : pexels.com

Anemia adalah penyakit kekurangan darah terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal. Karenanya, perlu asupan zat besi untuk mengimbanginya. Oleh karena itu, daun binahong bisa Anda manfaatkan karena mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.

6. Mencegah penyakit ginjal

manfaat daun binahong
sumber : pexels.com

Manfaat lainnya ialah berkhasiat mencegah penyakit ginjal. Biasanya tubuh akan menghasilkan kreatinin sebagai produk sampah dari aktivitas di otot. Kadar kreatinin yang berlebihan inilah dapat memunculkan penyakit ginjal. Ginjal bekerja untuk mempertahankan kadar kreatinin dalam darah untuk berada pada level normal.

Saat ginjal terganggu maka kadar kreatinin akan meningkat karena ginjal tidak mampu membersihkannya.

Oleh karena itu, mengonsumsi ekstrak daun binahong juga berkhasiat untuk meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada kondisi gagal ginjal kronis.

Temukan Obat Herbal Unggulan Untuk Menyembuhkan Penyakit dan Meningkatkan Imunitas di Aplikasi Evermos

manfaat daun binahong

Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan

7. Mencegah Penuaan Dini

manfaat daun binahong
sumber : pexels.com

Daun binahong memiliki kandungan antioksidan seperti lutein, Vitamin A, C, betakaroten, dan zeaxanthin yang memberi perlindungan pada organ dan kulit Anda dari radikal bebas.

Vitamin A dan C yang cukup tinggi akan membantu kulit Anda menjadi lebih elastis, meremajakan kulit secara alami, dan tentunya mencegah penuaan dini.

8. Mengatasi jerawat

manfaat daun binahong
sumber : pexels.com

Manfaat daun binahong untuk kecantikan lainnya adalah bisa membantu untuk mengatasi jerawat. Manfaat daun binahong untuk mengatasi jerawat tidak lepas dari kandungan di dalamnya seperti flavonoid, alkaloid, dan antioksidan tinggi yang ada di dalamnya berperan penting untuk membantu mengatasi jerawat sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit di area wajah.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi solusi hidup sehat untuk Anda.

Apabila Anda sedang mencari produk obat dari tanaman herbal serupa, Anda bisa menemukannya di Aplikasi Evermos. Selain untuk konsumsi pribadi, Anda pun bisa memanfaatkan Evermos menjadi ladang usaha untuk penghasilan tambahan.

Bagaimana caranya? Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!Persiapan Menyambut Ramadhan

Sekian artikel mengenai manfaat daun binahong ini. jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×