Manfaat Berbisnis dengan Berpegang Prinsip Islam

0

Dalam aspek kehidupan termasuk dalam urusan berbisnis, Islam hadir sebagai pembawa solusi dan batasan-batasan. Dengan adanya prinsip-prinsip Islam, apapun yang dilakukan manusia bisa menjadi berkualitas tidak hanya di dunia namun juga di akhirat. Karena prinsip Islam ini tidak hanya berfungsi untuk membuat segala sesuatu berhasil dan sesuai dengan keinginan manusia. Maka dari itu sangat penting menggunakan bisnis yang berdasarkan pada prinsip Islam. Dengan begitu Anda tidak hanya sukses di dunia namun juga di akhirat.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis  harus mengetahui prinsip Islam mengenai bisnis. Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan berbisnis pada prinsip Islam. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai manfaat berbisnis dengan berpegangan prinsip Islam serta apa saja prinsip-prinsip Islam mengenai bisnis, simak ulasannya berikut ini.

Prinsip Islam Mengenai Berbisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa prinsip Islam yang membahas mengenai bisnis. Ada empat prinsip Islam mengenai berbisnis, sebagaimana berikut ini:

  • Prinsip Islam yang pertama yaitu istiqomah. Dalam arti lain keberlangsungannya tetap, karena dalam sebuah bisnis pasti sudah ada target-target tertentu yang telah ditentukan dari awal. Setiap target yang telah dicapai haruslah dijaga keberlangsungannya, jika perlu ditingkatkan. Dengan memiliki target atau rencana di awal bisa lebih mudah membawa tujuan akhir. Sebaliknya jika target tersebut tidak dilakukan secara Istiqomah maka akan semakin dekat dengan kegagalan. Mendekatkan kita pada tujuan akhir yang sukses merupakan tujuan utama dari istiqomah.
  • Prinsip yang kedua yaitu janganlah berhenti mencari pengalaman dan ilmu mengenai bisnis. Karena untuk mudah menguasai pasar dalam bisnis memang diperlukan pengetahuan dan informasi bisnis yang luas. Karena pada dasarnya dengan perkembangan zaman, bisnis juga tidak selamanya tetap. Sehingga kondisinya akan selalu berubah-ubah. Dengan memiliki ilmu dan pengalaman yang lebih banyak, anda akan lebih mudah mengetahui berbagai kondisi kedepannya.
  • Prinsip yang ketiga yaitu menjaga keberkahan agar apapun yang dilakukan bisa mencapai tujuan yang baik. Jika dalam hasil akhir tersebut tidak ada keberkahan, tidak akan berarti apa-apa. Maka dari itu perlu adanya mematuhi hukum-hukum Islam dan tidak melanggarnya agar keberkahan selalu mengiringi perjalanan bisnis. Target bisnis akan mencapai hasil yang memuaskan jika Allah meridhoi. Karena apapun yang dilakukan dengan jalur-jalur yang halal, senantiasa akan selalu mendapatkan keberkahan, meskipun tidak dalam jangka waktu yang dekat. Dengan kata lain keberkahan merupakan karunia terbesar dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk hasil bisnis yang diharapkan. Kepuasan hidup akan lebih terasa berkat keberkahan tersebut.
  • Prinsip Islam mengenai berbisnis yang keempat yaitu memberikan benefit keseluruhan. Makna dari benefit yaitu bisa memberikan manfaat baik berupa materi ataupun nonmateri. Dalam Islam tujuan dari suatu tindakan usaha tidak hanya terfokus pada keuntungan fisik semata. Namun ada tiga orientasi lain mengenai tujuan dari tindakan suatu usaha. Pertama yaitu memberikan manfaat yang bersifat kemanusiaan melalui berbagai kesempatan, hal ini bertujuan untuk merangkul orang lain misalnya dalam hal bersedekah, bantuan sosial, penyediaan lapangan kerja, bekerja sama dengan perusahaan lain dan lain sebagainya. Kedua yaitu membangun nilai-nilai akhlak mulia. Dalam setiap kegiatan bisnis yang dilakukan tidak hanya sekedar hubungan fungsional atau profesional yang terjalin, namun hubungan persaudaraan yang Islami bisa terjalin. Ketiga yaitu apapun aktivitas perdagangan yang dilakukan bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dalam keadaan apapun kita akan selalu mengingat kepadanya.

Prinsip-prinsip tersebut akan membawa manfaat yang baik untuk hubungan antara manusia dengan manusia, maupun hubungan manusia dengan Tuhannya.

BACA JUGA: 10 Cara Mudah Dalam Mencari Modal Usaha Fashion

Manfaat Bisnis Menggunakan Prinsip Islam

Mungkin sebagian banyak pebisnis menganggap bahwa prinsip dalam Islam ini merepotkan. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika berbisnis menggunakan prinsip Islam. Langsung saja berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan:

  • Banyak sekali pengalaman yang bisa anda dapatkan jika menggunakan prinsip Islam dalam berbisnis. Baik itu manfaat dari segi manajemen, mengenal tempat, mengenal barang dan lain sebagainya. Karena dalam Islam sangat dituntut untuk mencari ilmu dan pengalaman yang lebih banyak.
  • Manfaat lain yang bisa anda dapatkan yaitu keberlangsungan bisnis tersebut. Jika 1 target yang sudah dicapai, maka perlu dijaga keberlangsungannya agar pertumbuhan setiap tahunnya meningkat. Bahkan dalam kurun waktu yang lebih lama.
  • Dengan berpegang pada prinsip Islam bisnis yang Anda jalankan bisa mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena tanpa adanya keberkahan bisnis tidak akan berarti apa-apa. Tujuan inti dari bisnis yang berpegang pada ajaran Islam yaitu keberkahan. Karena keberkahan merupakan bentuk dari diterimanya segala aktivitas yang dilakukan. Bukti sebuah bisnis mendapatkan Ridho dari Allah subhanahu wa ta’ala yaitu dengan adanya keberkahan karena bernilai ibadah.
  • Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dengan berpegang pada prinsip Islam yaitu pertumbuhan bisnis yang semakin cepat. Sehingga perusahaan harus bisa menjaga pertumbuhan agar semakin meningkat, jika profit materi dan profit non materi telah tercapai. Dalam upaya peningkatan bisnis tetap harus berpegang pada ajaran Islam. karena saat ini banyak sekali kasus pengusaha yang menggunakan banyak cara dan mengamalkannya untuk mencapai kesuksesan.
  • Anda bisa mendapatkan target hasil yang memuaskan baik itu dalam bentuk profit materi dan benefit non materi. Tujuan dari adanya bisnis tidak hanya untuk mencari profit setinggi-tingginya. Namun juga perlu memberikan timbal balik, baik itu memperoleh dan memberikan benefit kepada internal organisasi perusahaan atau eksternal. Manfaat yang Anda dapatkan tidak hanya sebatas kesuksesan, namun suasana persaudaraan yang damai, kepedulian terhadap latihan dan lain sebagainya biasa anda dapatkan.
  • Manfaat lainnya yaitu benefit atau memberikan manfaat kebendaan. Namun manfaat ini juga bisa bersifat non materi. Dalam Islam tujuan dari suatu tindakan usaha tidak hanya terfokus pada keuntungan fisik semata. Namun ada tiga orientasi lain mengenai tujuan dari tindakan suatu usaha. Pertama yaitu memberikan manfaat yang bersifat kemanusiaan melalui berbagai kesempatan, hal ini bertujuan untuk merangkul orang lain misalnya dalam hal bersedekah, bantuan sosial, penyediaan lapangan kerja, bekerja sama dengan perusahaan lain dan lain sebagainya. Kedua yaitu membangun nilai-nilai akhlak mulia. Dalam setiap kegiatan bisnis yang dilakukan tidak hanya sekedar hubungan fungsional atau profesional yang terjalin, namun hubungan persaudaraan yang Islami bisa terjalin. Ketiga yaitu apapun aktivitas perdagangan yang dilakukan bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dalam keadaan apapun kita akan selalu mengingat kepadanya.

Itulah ulasan mengenai manfaat berbisnis dengan berpegang pada prinsip islam. Dengan mengetahui beberapa manfaat tersebut diharapkan bisa menyadarkan kita khususnya setiap pengusaha agar selalu mengingat Allah subhanahu wa ta’ala. Karena apapun yang kita miliki hanya sebuah titipan yang harus kita jaga dengan benar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!