8 Makanan Khas Lebaran Yang Bikin Ingat Kampung Halaman. Favoritmu Yang Mana??

Beberapa hari lagi kita akan menyambut momen hari raya idul fitri. Namun karena situasi pandemi seperti saat ini membuat kita tidak bisa mudik ke kampung halaman seperti biasanya. Namun, kita masih bisa merasakan nuansa idul fitri melalui makanan khas lebaran yang bikin kita ingat akan kampung halaman. Apa saja ya makanan khas lebaran itu? Mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Ketupat

makanan khas lebaran
sumber : shutterstock.com

Hari raya tentunya identik dengan  ketupat yang menjadi ciri khas dan simbol dari lebaram. Makanan satu ini berasal dari beras yang paling banyak diburu saat hari lebaran.

Ketupat merupakan makanan pengganti nasi yang berasal dari beras yang di masak sampai matang dalam bungkus daun yang dianyam dengan motif tertentu.  Ketupat bisa dibilang sebagai nasi yang di masak di dalam sebuah bungkus sehingga memiliki bentuk lebih padat.

Meski tidak pulang ke kampung halaman, namun tenang saja ketupat ini bisa ditemui di berbagai kota manapun dengan harga yang relatif murah.

2. Opor Ayam

makanan khas lebaran
sumber : shutterstock.com

Memakan ketupat tidak lengkap bila tidak ada opor ayam. kedua makanan ini sudah menjadi pasangan makanan telah lama bagaikan amplop dan perangko.

Opor ayam merupakan makanan berkuah yang di buat dari daging ayam yang di rebus dalam kuah santan. Kuah santan untuk opor di buat dari  bumbu berupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam.

Opor ayam ini merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya pada hari lebaran saja, opor ayam ini juga banyak dikonsumsi sebagai menu sehari-hari.

Jadi tenang saja, bagi Anda para anak rantau yang merindukan opor, maka segera berkunjung ke warung makan terdekat, ya!

3. Rendang

makanan khas lebaran
sumber : shutterstock.com

Makan Ketupat dan Opor rasanya tidak lengkap jika diiringi dengan menu lainnya. Salah satu menu pelengkap opor ayam adalah rendang.

Makanan yang berasal dari Padang ini merupakan makanan yang sudah mendunia bahkan digadang menjadi salah satu makanan terenak di dunia.

Rendang biasanya bisa dibuat dari daging sapi dengan menggunakan berbagai bumbu rempah. Makanan ini dihasilkan dari proses masaknya yakni “rendang” yang mana merupakan cara masak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa.

Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang sangat memiliki cita rasa khas Indonesia yakni campuran dari berbagai macam rempah. Rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih.

Rendang ini bisa Anda temui dengan di seluruh wilayah Indonesia mulai dari rumah makan bahkan hingga rendang kemasan instan.

4. Sambal Goreng Kentang

Sambal merupakan menu yang paling di cari sebagai pendamping makan. Makanan yang cenderung pedas ini ternyata juga mempunyai bermacam jenis salah satunya sambal goreng kentang-ati.

Sambal ini dibuat dari kentang yang dipotong dadu dipadukan dengan ati rempela yang juga dipotong dadu. Makanan ini cocok dimakan dengan berbagai menu masakan lain khas Indonesia. Makanan ini memiliki perpaduan rasa pedas dan manis.

Bagi Anda yang suka dengan petai, sambal goreng kentang ati ini cocok sekali dimasak dengan petai hingga aromanya sedap.

5. Kacang Goreng

Siapa yang tidak tahu dan suka kacang goreng? Makanan ini adalah makanan sehari-hari yang biasa di makan oleh orang Indonesia dan mudah ditemukan.

Tidak lengkap rasanya jika lebaran tanpa ada cemilan kacang goreng yang membuat para tamu dan tuan rumah lupa waktu saat memakannya.

Cemilan khas lebaran ini pun mudah dibuatnya. hanya berbahan kacang tanah yang di kupas dan diberi bumbu berupa garam, bawang putih, dan penyedap rasa.

Jika malas membuatnya, maka Anda bisa dengan mudah menemuinya di berbagai toko offline maupun offline salah satunya di aplikasi Evermos yang menyediakan berbagai varian kacang.

makanan khas lebaran
sumber : shutterstock.com

Mari langsung lakukan transaksi pertama sekarang karena ada voucher transaksi pertama di Evermos yang sayang untuk dilewatkan!Revamp Transaksi Pertamaku UNTUKMU 50-100 Evermos

 

Setelah mendaftar jadi reseller, khusus pendaftaran dari blog akan langsung mendapatkan subsidi transaksi pertama, lho!

Anda akan mendapatkan potongan langsung dari transaksi pertama, dengan rincian sebagai berikut:

Khusus Produk Fisik:

Transaksi Rp100.000 akan dapat potongan Rp50.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA100

Transaksi Rp50.000 akan dapat potongan Rp20.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA50

Khusus Produk Digital:

Transaksi Rp100.000 maka akan dapat potongan Rp15.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMADG100

Transaksi Rp50.000 maka akan dapat potongan Rp5.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMADG50

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

6. Semur

Menu makanan khas lebaran yang tidak boleh dilewatkan lainnya adalah semur. Makanan berbahan dasar daging berkuah manis ini sering ditemui ketika Hari Raya Idul Fitri.

Makanan yang berkuah ini adalah hidangan dari bahan daging yang di rebus dan diolah dengan kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah lain.

Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan menu makanan khas lebaran ini digemari oleh masyarakat. Ada berbagai varian semur, mulai dari semur daging, semur jengkol, dan lain-lain. Olahan semur biasanya diberi tambahan potongan kentang, tahu, dan beberapa lauk lainnya.

7. Nastar

Tidak hanya ketupat dan makanan pendampingnya saja yang identik dengan hari lebaran. Lebaran tentunya juga identik dengan makanan manis seperti kue kering. salah satu kue kering yang tersohor adalah nastar.

Kue nastar adalah kue kering yang di buat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan vanili. Nastar di bentuk bulat dengan ukuran sekitar diameter 2 sentimeter yang kemudian adonannya di isi selai buah nanas.

Namun saat ini nastar sudah mulai bervariasi dengan adanya varian coklat, stroberi, atau selai lain sesuai selera.

Selain untuk konsumsi pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan kue kering ini sebagai bingkisan untuk membagi ke saudara maupun kerabat, loh. Ada banyak varian hampers yang bisa Anda temukan di Aplikasi Evermos.

makanan khas lebaran
sumber : shutterstock.com

8. Kastengel

Kastengel juga merupakan salah satu kue yang banyak di cari oleh orang-orang  Kue Kaastengel yang berasal dari belanda merupakan kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang dengan panjang sekitar 3 sentimeter. Kastengel di buat dengan cara dipanggang dengan oven hingga berwarna kuning keemasan.

Demikianlah ulasan mengenai makanan khas lebaran. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan mengobati rasa rindu Anda terhadap kampung halaman. Minal aidin Wal Faidzin. Selamat lebaran.

Anda bisa menemukan berbagai persiapan makanan untuk ini di Aplikasi Evermos. Mulai dari hampers, kue kering, hingga makanan seperti rendang.

Selain untuk penggunaan pribadi, produk ini pun bisa Anda gunakan sebagai modal usaha.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang ini Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

Sekian artikel mengenai makanan khas lebaran ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×