15 Nama-Nama Kunci Bengkel Lengkap Beserta Gambar dan Fungsinya 

Mengetahui nama nama kunci bengkel lengkap beserta gambar dan fungsinya sangatlah penting apabila kamu ingin mendalami dunia otomotif.

Kunci bengkel merupakan istilah yang menggambarkan berbagai jenis kunci atau perkakas di bengkel yang digunakan untuk pemeliharaan dan perbaikan. 

Fungsi kunci bengkel yaitu membantu melepas, memasang hingga mengencangkan berbagai komponen yang ada pada kendaraan, mesin dan peralatan lainnya. 

Namun, fungsi tersebut juga tergantung jenis kunci bengkelnya. Untuk itu, kamu bisa simak penjelasan lengkap mengenai nama kunci bengkel dan fungsinya di artikel ini, ya!

Nama Kunci Bengkel Lengkap Beserta Fungsinya

Dalam dunia otomotif, kunci bengkel terdiri dari beberapa macam dengan desain yang tidak mudah aus. Berikut ini adalah nama-nama kunci bengkel lengkap yang dapat kamu pahami. 

1. Kunci Ring 

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Nama kunci bengkel yang pertama yaitu kunci ring. Kunci ring adalah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan baut atau mur dengan kepala ring atau cincin. 

Bentuk dari kunci ring yaitu memiliki ujung yang berbentuk cincin pada kedua sisinya dengan berbagai ukuran yang berbeda-beda. 

2. Kunci Pas 

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Kunci pas merupakan salah satu jenis perkakas yang terdiri dari pegangan panjang dengan ujung yang dapat menerima soket. Jenis kunci bengkel yang satu ini juga memiliki berbagai macam ukuran. 

Fungsi kunci pas yaitu untuk mengencangkan atau melonggarkan baut atau mur dan kerap digunakan bersama soket. 

3. Kunci Kombinasi Ring Pas

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

 

Seperti namanya, jenis kunci bengkel yang satu ini merupakan kombinasi dari kunci ring dan kunci pas. Bentuknya yaitu dengan kepala ring di satu sisi dan kepala pas di sisi lainnya. 

Fungsi kunci kombinasi sama dengan penjelasan di atas yaitu untuk mengencangkan atau melonggarkan baut atau mur. 

Namun kunci ini lebih memudahkan pengguna karena dapat menggunakan satu alat untuk dua fungsi. 

4. Kunci Inggris 

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Dalam dunia otomotif, ketika proses pemasangan atau pelepasan baut dan mur tidak berhasil dengan menggunakan kunci ring atau pas, maka kunci inggris menjadi solusi terbaik. 

Kunci inggris memiliki bagian rahang yang dapat disesuaikan dengan ukuran baut dan mur. Sehingga, tidak memerlukan ukuran yang berbeda-beda. 

5. Kunci L atau Allen 

nama kunci bengkel

Nama kunci bengkel yang berikutnya yaitu kunci L atau Allen. Seperti namanya, kunci ini berbentuk L dengan ujung yang berbentuk hexagonal yang berfungsi untuk menyesuaikan dengan baut heksagonal. 

Fungsi kunci L yaitu untuk mengencangkan atau melonggarkan baut khusus yang memiliki kepala heksagonal. 

6. Kunci Busi 

nama kunci bengkel

Kunci busi adalah perkakas yang terbagi lagi menjadi beberapa jenis alat. Namun, umumnya kunci busi memiliki pegangan yang panjang dengan kepala khusus yang sesuai untuk busi. 

Fungsi kunci busi yaitu untuk mengencangkan, mengendurkan, melepaskan dan memasang busi pada kendaraan. 

7. Kunci Pipa

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Kunci pipa menjadi nama kunci bengkel yang mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang. Alat ini memiliki pegangan yang panjang dan rahang yang dapat menyesuaikan dengan diameter pipa. 

Fungsi kunci pipa yaitu untuk menangani pipa mulai dari memasang hingga melepaskan pipa. 

Selain itu, kunci pipa juga biasanya digunakan sebagai solusi untuk melepaskan mur jika tidak berhasil menggunakan kunci pas. 

Nama Nama Kunci Bengkel Motor dan Mobil

8. Kunci Roda 

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Bentuk kunci roda yaitu menyerupai huruf X dengan lubang di setiap ujungnya yang memiliki ukuran berbeda-beda. Ukuran lubang kunci roda umumnya 21mm, 19mm dan 16mm. 

Seperti namanya, fungsi dari kunci roda ini yaitu untuk melepas atau memasang baut roda pada kendaraan. 

9. Kunci Rachet

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Dalam kunci bengkel, terdapat komponen kunci shock salah satunya yaitu kunci rachet yang memiliki pegangan dengan mekanisme putar yang hanya berfungsi untuk satu arah saja.

Fungsi kunci rachet untuk melepaskan dan memasang baut ataupun mur yang sudah longgar. 

10. Kunci Nepel 

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Kunci nepel merupakan nama kunci bengkel yang bentuknya mirip dengan kunci pas namun pada bagian mata kuncinya mirip dengan kunci ring. 

Fungsi kunci nepel pada dunia perbengkelan yaitu untuk membuka baut pada pipa. Selain itu, kunci nepel juga bisa digunakan untuk melonggarkan mur yang berbentuk heksagonal.  

11. Kunci Momen 

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Kunci momen sering juga disebut sebagai kunci torsi dengan ukuran dan jenis yang beragam. 

Namun umumnya kunci momen berbentuk panjang pada bagian pegangannya sehingga memudahkan pengguna mengatur torsi yang diinginkan. 

Fungsi kunci momen ini untuk mengencangkan baut atau mur dengan tingkat kekencangan yang dapat diatur sesuai kebutuhan dari teknisi bengkel. 

12. Obeng 

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Selain beberapa nama-nama kunci bengkel lengkap di atas, mungkin yang paling tidak asing di telinga kamu adalah obeng. 

Obeng adalah salah satu perkakas bengkel yang digunakan untuk melonggarkan hingga mengencangkan baut atau sekrup di berbagai benda. 

Obeng ini juga memiliki berbagai jenis yang menyesuaikan dengan fungsinya, mulai dari obeng ratchet, obeng elektrik, obeng magnet, obeng tespen dan jenis lainnya. 

13. Kunci Pas Jeruji 

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Kunci pas jeruji yaitu salah satu kunci bengkel yang berbentuk seperti kunci pas namun lebih panjang dengan pegangan yang terdiri dari jeruji atau bilang.

Dengan bentuk tersebut maka memungkinkan penggunaan yang memutar di ruang yang terbatas. 

Fungsi kunci pas jeruji ini untuk mengencangkan jeruji pada sepeda dan sepeda motor. 

14. Kunci T

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya juga ada kunci T yaitu kunci bengkel dengan bentuk serupa dengan kunci busi namun ukuran dan ketebalannya berbeda dengan kunci busi. 

Kunci T berfungsi untuk mengencangkan atau melonggarkan baut di kendaraan khususnya mobil. 

15. Kunci Socket 

nama kunci bengkel
Sumber: google.com/bersosial

Nama kunci bengkel yang terakhir yaitu kunci socket yang terdiri dari lubang berbentuk cincin di satu ujungnya. 

Mirip dengan fungsi kunci bengkel lainnya, kunci soket juga digunakan untuk memasang dan melepaskan mur maupun baut. 

Namun, kunci socket biasanya menjadi solusi untuk mur atau baut yang keras atau sulit untuk diakses dengan alat kunci bengkel lainnya. 

Itulah beberapa nama nama kunci bengkel motor dan mobil lengkap beserta gambar dan fungsinya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kamu!

Kamu bisa membaca artikel menarik dan informatif lainnya di blog Evermos.

Selain itu, apabila kamu tertarik untuk memperoleh penghasilan dengan memulai usaha tanpa modal, kamu bisa kepoin Evermos.

Evermos hadir sebagai platform digital yang membantu kamu menjadi reseller dan menemukan berbagai supplier barang berkualitas di aplikasi Evermos.

Salah satu keuntungan yang kamu dapatkan adalah berbisnis tanpa modal yang besar. Apabila kamu tertarik, silakan langsung daftar gratis dengan klik tombol di bawah ini ya!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)