Inilah 7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Waktu Liburan di Rumah

Liburan akhir tahun tinggal hitungan hari, namun pandemi covid-19 saat ini mengharuskan kita untuk tetap di rumah. Namun jangan khawatir, meskipun Anda liburan di rumah saja, namun bisa tetap merasakan keseruannya.

Ingin tahu aktivitas apa saja yang bisa menambah keseruan saat liburan di rumah saja? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Berdiam diri di rumah saat pandemi seperti ini banyak manfaat dan hikmahnya. Mulai dari hal kecil seperti lebih banyak waktu istirahat dan bertemu dengan keluarga. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan liburan di rumah ini sebagai quality time bersama keluarga.

Anda bisa menciptakan momen seru dan tidak terlupakan saat liburan. Berlibur di rumah pun tidak kalah dengan rekreasi apabila kita bisa menciptakan suasana yang tepat. Oleh karena itu, yuk cari tahu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan di rumah.

Mari kita simak artikel ini hingga tuntas ya.

Baca Juga : Yuk, Ketahui 6 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Serta Cara Merawatnya

Inilah 7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Waktu Liburan di Rumah

Aktivitas Outdoor di Halaman Rumah

liburan di rumah
sumber : unsplash.com

Jika rumah Anda memiliki ruang terbuka hijau seperti teras atau taman, tidak ada salahnya untuk Anda bermain dan menciptakan aktivitas seru di outdoor.

Hal ini cukup menyenangkan karena Anda tetap berada di lingkungan rumah namun masih bisa merasakan suasana yang berbeda.

Misalnya, Anda bisa melakukan piknik di teras rumah. Anda bisa mengisi kegiatan dengan bermain atau makan bersama dengan anak-anak.

Kegiatan ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin kompak dan seru. Selain seru, kegiatan ini pun bagus untuk kesehatan karena Anda bisa sekalian berjemur dan mendapat sinar matahari.

Bermain Game

liburan di rumah
sumber : unsplash.com

Kegiatan bermain umum dilakukan anak-anak hingga orang dewasa saat liburan sekolah. Mulai dari permainan nyata hingga game online semuanya seru untuk dimainkan di rumah.

Ada banyak permainan yang bisa dilakukan saat dirumah saja baik permainan tradisional maupun modern seperti bermain, petak umpet, tebak-tebakan, bermain game dan lainnya.

Meskipun banyak waktu senggang, namun tetap harus diingat untuk bermain game dalam Batasan waktu tertentu saja. Karena bila terlalu lama akan berpengaruh pada kesehatan mata.

Baca Juga : 10 Jenis Aglonema yang Paling Banyak Dicari Serta Cara Merawatnya

Olahraga

liburan di rumah
sumber : pexels.com

Kegiatan olahraga bisa jadi salah satu kegiatan untuk mengisi liburan di rumah. Bagus bukan? Selain menghilangkan kebosanan kita juga bisa menjaga kebugaran tubuh.

Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga mulai dari yang ringan hingga berat. Contohnya, senam aerobik, yoga, push up, berlari/jogging, dan sebagainya.

Namun perlu diingat jangan olahraga sembarangan tanpa memikirkan kapasitas kemampuan dari tubuh Anda, ya.

Memasak

liburan di rumah
sumber : unsplash.com

Kegiatan yang satu ini termasuk kegiatan yang menjadi viral selama pandemic ini. Banyak orang yang menjadi belajar memasak karena berdiam diri di rumah.

Memasak tentu bisa menjadi sebuah alternatif liburan di rumah.  Anda bisa membuat kue favorit atau makanan kesukaan.

lebih seru lagi tentunya jika divideokan prosesnya dan diunggah ke media sosial.

Siapa tahu, dari kegiatan iseng ini Anda bisa berkesempatan menjadi youtuber atau Food Vlogger.

Bercocok Tanam

liburan di rumah
sumber : unsplash.com

Tanaman sedang menjadi tren di masa pandemi. Banyak orang yang tiba-tiba memelihara tanaman atau bercocok tanam.

Selama kegiatan itu positif, maka sah-sah saja untuk Anda mengikutinya.

Ada banyak kegiatan bercocok tanam yang bisa dilakukan di rumah, contohnya seperti bercocok tanam hidroponik dengan menggunakan pot atau memanfaatkan lahan kosong di halaman.

Anda bisa berkreasi dengan menanam bunga, pohon atau sayuran. kemudian hasilnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga.

Membuat Kerajinan

liburan di rumah
sumber : unsplash.com

Dengan membuat kerajinan, Anda bisa mengisi waktu luang sekaligus melatih diri untuk lebih kreatif dan inovatif. Siapatahu, Anda bisa mengasah bakat terpendam dan malah menjadi ladang usaha.

Contohnya saja kita bisa membuat kerajinan tangan mulai dari yang mudah seperti anyaman atau kerajinan dari bahan daur ulang.

Kerajinan lainnya adalah Anda bisa belajar menjahit pakaian atau menyulam. Selain menambah bakat, siapa tahu nantinya Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membeli baju, kan?

Mendekorasi dan Membereskan Rumah

liburan di rumah
sumber : unsplash.com

Kegiatan yang satu ini banyak manfaatnya. Selain bisa mengasah kreativitas dan mengisi waktu luang, rumah pun bisa menjadi  bersih dan nyaman.

Bila lelah, tidak usah jauh-jauh untuk mendekorasi rumah. Mulailah dari bagian paling dekat dulu yakni mendekorasi kamar sendiri.

Selain untuk mempercatik kamar, Anda jugha akan menjadi semakin betah sehingga tidak bosan saat liburan di rumah.

Untuk bahan dekorasinya pun tidak perlu sulit mencari. Cukup manfaatkan barang yang ada di rumah. Contohnya adalah memanfaatkan kain tidak terpakai sebagai hiasan dingin yang unik, memajang foto-foto atau aksesoris kesayangan, dsb.

Demikianlah, rekomendasi 7 kegiatan saat liburan di rumah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam mengisi waktu bersama keluarga meskipun hanya liburan di rumah saja.

Semoga kita senantiasa selalu ada dalam kesehatan. Selamat berlibur!

Untuk melihat rekomendasi wisata dan liburan lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

×