Laporan Kegiatan Usaha: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Laporan kegiatan usaha – Setiap usaha yang sedang Anda jalani harusnya memiliki sebuah laporan kegiatan usaha.

Tujuannya adalah untuk mengetahui apa saja yang sudah dilakukan dan apa saja yang menjadi keperluan di dalam usaha Anda.

Oleh karena itu ini sangat penting dan harus ada di setiap usaha atau bisnis seseorang.

Pada nyatanya banyak pelaku usaha yang tidak mengetahui apa itu laporan kegiatan usaha dan untuk apa fungsinya.

Artikel ini akan membahas tentang pengertian kegiatan usaha dan fungsi hingga contohnya. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Pengertian Laporan Kegiatan Usaha

Laporan Kegiatan Usaha
Sumber: google.com/bersosial

Secara garis besar, laporan kegiatan usaha adalah laporan yang berisi seluruh kegiatan bisnis yang telah dilakukan oleh sebuah bisnis. Biasanya, laporan ini disusun secara rutin

Ada pelaku usaha yang menyusun laporannya setiap satu bulan sekali, tapi ada juga yang menyusunnya tiap dua minggu sekali. Intinya, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Dengan membuat laporan kegiatan bisnis secara berkala, Anda bisa lebih mudah memantau perkembangan usaha. Dalam jangka panjang, laporan ini bahkan bisa digunakan untuk mengambil keputusan yang terkait dengan perkembangan usaha Anda.

Laporan Kegiatan Usaha untuk Apa? Ini Fungsinya!

Laporan Kegiatan Usaha
Sumber: google.com/bersosial

Laporan ini sendiri dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaku usaha kepada pemberi modal atau stakeholders

Misalnya, bisnis Anda disokong oleh investor bernama Tuan A, maka laporan kegiatan bisnis bisa diberikan secara berkala kepada Tuan A. Dengan begitu, Tuan A bisa tahu bagaimana modal usaha yang ia beri digunakan dalam usaha Anda.

Laporan kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat. Dengan membuatnya secara teratur, Anda bisa lebih mudah mengamati perkembangan perusahaan. 

Bukan cuma itu, Anda juga lebih mudah mengetahui bagian mana saja yang untung dan bagian mana saja yang berpotensi menimbulkan kerugian.

Cara Membuat Laporan Kegiatan Usaha

Laporan Kegiatan Usaha
Sumber: google.com/bersosial

Lalu, bagaimana cara menyusun laporan ini? Sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa mengikuti struktur berikut:

1. Cover laporan

Merupakan halaman muka laporan yang berisi informasi mengenai perusahaan Anda seperti nama perusahaan, logo, dan juga alamat.

2. Kata Pengantar

Berisi garis besar laporan. Dengan membaca bagian Kata Pengantar ini, pembaca bisa memiliki gambaran dari isi laporan.

3. Daftar Isi

Halaman yang berisi bagian-bagian laporan beserta halamannya. Jadi, pembaca bisa menemukan bagian tersebut dengan tepat dan cepat.

4. Bab I: Pendahuluan

Pada bab ini, Anda bisa mencantumkan latar belakang pembuatan laporan. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuat sub bab yang berisi tujuan serta manfaat pembuatan laporan kegiatan ini.

5. Bab II: Pembahasan

Dalam Pembahasan, paparkan apa saja kegiatan usaha yang telah Anda jalankan. Di bagian terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan laporan keuangan serta kendala yang ditemui dalam pengerjaan.

6. Bab III: Penutup

Bab Penutup berisi tentang garis besar kegiatan usaha yang telah Anda lakukan. Jika pada bab Pembahasan Anda menjelaskan tentang kendala, maka bab Penutup mencantumkan tentang solusi yang bisa ditawarkan. Bisa juga menambahkan sub bab yang berisi kritik serta saran.

7. Lampiran

Lampiran berisi dokumen yang berhubungan dengan kegiatan usaha, misalnya kwitansi atau bukti transaksi lainnya.

Contoh Laporan Kegiatan Usaha

Bisnis
Sumber: google.com/bersosial

Setelah mengetahui cara membuatnya, jika masih bingung di bawah ini adalah contoh laporan kegiatan usaha yang bisa menjadi referensi Anda.

Cover

Laporan Kegiatan Usaha

  1. Sari Pati Dolken

Ditulis sebagai laporan kegiatan bulan Desember 2022

[LOGO PERUSAHAAN]

Disusun oleh:

  1. Sari Sukaesih

Jalan Nomaden No. 13, Palembang

Kata Pengantar

Puji dan syukur kepada Tuhan YME yang atas nikmat-Nya, saya selaku pemilik CV. Rasa Nikmat dapat menyelesaikan “Laporan Kegiatan Usaha CV. Rasa Nikmat” yang di dalamnya terdapat laporan selama satu bulan terakhir.

Laporan kegiatan kali ini akan berisi tentang kegiatan bisnis yang dilakukan oleh CV. Rasa Nikmat beserta dengan kendala yang dihadapi beserta dengan laporan keuangan selama bulan September 2021.

Bab I: Pendahuluan

  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Manfaat

Bab II: Pembahasan

Menjelaskan tentang bagaimana kegiatan usaha selama bulan September 2021 dijalankan. Lengkap dengan laporan keuangan yang memuat pos-pos keuangan perusahaan.

Bab III: Penutup

kemudian di BAB 3 memaparkan kendala-kendala yang dihadapi serta penawaran solusi yang bisa dikerjakan di masa mendatang.

Lampiran

Melampirkan bukti transaksi yang berkaitan dengan kegiatan usaha sepanjang bulan September 2021.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang laporan kegiatan usaha, mulai dari pengertian, fungsi, cara membuat dan contohnya. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin membaca artikel menarik lainnya, kunjungi selalu situs Blog Evermos.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG