Lakukan 8 Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Baru

0

Memulai usaha memang terlihat sangat berat bagi sebagian orang, namun jika Anda mau berusaha itu bukanlah masalah. Mungkin jika Anda memulai bisnis baru dan masih pemula, mungkin Anda bingung mau memulai dari mana. Apalagi dalam memanfaatkan modal awal, karena masih banyak orang yang salah dalam mengatur modal, dan berujung pada kegagalan usaha.

Jika usaha Anda gagal maka sama saja modalnya hangus dan hilang begitu saja. Kegagalan ini bisa saja terjadi karena kesalahan dalam mengalokasikan modal usaha. Makanya pengelolaan modal sangat penting untuk memulai suatu usaha. Selain masalah pengelolaan modal, kegagalan dalam suatu bisnis juga bisa terjadi karena kurangnya kekuatan mental dalam berbisnis.

Makanya, Anda perlu memulai bisnis dengan benar supaya menjadi berkembang dan sukses. Selain itu, peluang usaha juga perlu Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan supaya Anda bisa membangun bisnis dan usaha sampingan dengan baik, Anda bisa memperhatikan delapan hal berikut ini.

Tambah Wawasan Anda dengan Selalu Mengikuti Informasi Terbaru

Teknologi memang berkembang dengan pesat seiring dengan jalannya waktu. Dan bersamaan dengan itu, informasi juga lebih mudah menyebar luas dan mudah ditemukan. Sehingga bagi Anda yang mau mengupdate informasi terbaru setiap saat bukanlah hal yang sulit. Selain informasi yang secara umum, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan bisnis Anda.

Dalam pengelolaan, Anda bisa memanfaatkan penyimpanan data pada komputerisasi awan, supaya data tetap terproteksi dan aman. Data yang Anda simpan bisa berupa data pengelolaan uang, sampai data penjualan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat mempromosikan produk Anda. Dan mungkin juga Anda memanfaatkan berbagai aplikasi untuk menunjang pengelolaan bisnis Anda.

Anda Buat Perhitungan Biaya Untuk Bisnis

Biaya dan modal memang sangat diperhitungkan ketika Anda mau memulai sebuah bisnis. Makanya sebelum Anda gegabah untuk membangun sebuah bisnis atau usaha, Anda perhitungkan dulu berapa biaya yang dibutuhkan. Dengan begitu Anda tidak akan kekurangan anggaran dan melakukan pengelolaan modal awal dengan baik. Jika pengelolaan modal awal baik, maka selanjutnya Anda sudah tidak perlu memikirkan masalah kekurangan modal lagi.

Misalnya ketika Anda mau membuka usaha toko, maka Anda perlu menghitung peralatan toko, seperti biaya sewa kios, gaji karyawan, pembersih lantai, bola lampu, etalase, dan berbagai peralatan toko lainnya. Dengan behitu maka Anda bisa mengetahui biaya dasar, sampai dengan penghasilan minimal yang harus didapatkan per hari. Kalau perhitungan Anda rasa tidak memenuhi, maka Anda pertimbangkan lagi untuk memulai usahsa tersebut.

Utamakan Pelayanan Pada Pelanggan

Pelayanan terbaik memang adalah yang paling diutamakan dan dicari oleh konsumen. Dengan begitu, maka Anda bisa menyediakan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda. Sehingga akan tumbuh komunikasi yang baik antara penyedia dan konsumen, dan dengan begitu pelanggan akan semakin suka dengan tempat Anda. Dan akan ada semakin banyak pelanggan yang datang di usaha Anda.

Selain itu, kalau komunikasi sudah baik, itu memiliki peluang usaha yang bagus dan pas untuk promosi. Sehingga Anda juga bisa menaikkan harga pada usaha sampingan Anda, dan kemungkinan pelanggan akan tetap menerima asalkan pelayanan tetap yang terbaik. Karena memang sebagian besar konsumen itu memiliki prinsip, mahal tidak apa-apa asalkan kualitas dan pelayanan tetap terbaik.

BACA JUGA: 5 Hal Penting ini Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Waralaba

Anda Cari Karyawan yang Terbaik di Usaha Anda

Jika bisnis yang Anda geluti sudah berkembang, maka tidak ada salahnya jika Anda merekrut karyawan. Dan ini bisa Anda lakukan ketika bisnis Anda sudah menghasilkan keuntungan yang terbilang besar. Karena memang jika bisnis Anda terus berkembang maka akan sangat sulit bagi Anda untuk mengelolanya sendiri. Jadi Anda membutuhkan karyawan untuk membantu Anda mengelola bisnis.

Namun ketika Anda merekrut karyawan, Anda juga perlu selektif dan mencari yang terbaik. Hal yang perlu diutamakan adalah sikap atau attitude yang baik. Jika sikapnya baik dan sopan Anda bisa mempertimbangkannya. Untuk yang lainnya, itu terserah Anda, asalkan bakat dan kemampuan karyawan mencukupi untuk membantu Anda dalam mencapai visi bisnis Anda.

Pegang Prinsip Bahwa Waktu Adalah Uang

Prinsip yang satu ini mungkin banyak dipakai oleh orang sukses, dimana memang waktu itu sangat berharga. Dan ini memang sangat diperlukan untuk Anda yang mau menjalankan suatu bisnis. Jadi Anda perlu mengefektifkan waktu dalam menjalankan suatu usaha, dengan begitu Anda bisa melakukan hal lainnya yang bermanfaat dan mencari peluang usaha.

Misalnya saja Anda menjual barang yang bisa diantarkan kepada konsumen, dan Anda mematoknya dengan harga Rp50.000,00. Namun untuk mengantarkan ke pelanggan Anda memerlukan waktu satu jam, dan jika menggunakan kurir maka Anda perlu membayar Rp10.000,00. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kurir, sedangkan Anda bisa menggunakan waktu Anda untuk menjalankan hal lain.

Jadi Orang yang Pekerja Keras dan Tidak Mudah Menyerah

Dalam memulai sebuah usaha, tentunya Anda perlu memulainya sendiri dan mempelajari sifat konsumen. Meskipun memerlukan kerja keras tetapi yang namanya proses tidak akan menghianati hasil. Misalnya saja Anda membuka bisnis kuliner, tentunya Anda akan menghandle semua sendiri. Sehingga Anda pun bisa tahu karakteristik dari konsumen Anda, dan dengan begitu Anda bisa menerapkan strategi pemasaran.

Selain itu Anda juga tidak perlu takut dengan kegagalan, karena kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Jadi ketika Anda gagal, Anda harus langsung bangkit lagi dan bekerja keras lagi. Asalkan Anda mau bekerja keras dan tidak mudah menyerah, maka bisnis Anda akan sukses.

Supaya Usaha Lebih Baik Anda Cari Rekan Kerja

Mungkin jika Anda suka bekerja sama, mencari rekan kerja bukanlah hal yang sulit. Karena jika Anda nyaman bekerja berdua, itu akan sangat baik jika saling mendukung. Dengan adanya rekan kerja juga bisa membantu Anda dalam memulai bisnis, seperti meringankan modal usaha dan membantu perencanaan serta ide usaha. Dengan begitu maka beban yang Anda tanggung sendiri bisa dibagi dengan rekan kerja.

Dan untuk pembagian hasil keuntungan, Anda bisa membaginya separuh masing-masing. Karena memang dari awal semuanya dibagi dua dan ditanggung bersama. Dan itu juga menjadi salah satu upaya yang tepat untuk menghindari kegagalan usaha, karena tidak perlu hutang untuk modal.

Cari Role Model Dalam Berbisnis

Mungkin cara orang dalam berbisnis itu berbeda-beda tergantung dengan karakter masing-masing. Itu juga berlaku untuk Anda yang memiliki cara pandang dan strategi sendiri dalam berbisnis. Namun meskipun begitu Anda tidak bisa mengabaikan refrensi sebagai tambahan wawasan dan pondasi.

Makanya, Anda memerlukan role model atau panutann dalam berbisnis, dan Anda cari orang yang sudah sukses untuk itu. Jika sudah Anda bisa mempelajarinya, mulai dari motivasi, karakter orang tersebut, sampai dengan cara yang dilakukan untuk mendapatkan kesuksesan. Namun dalam penerapannya, Anda tidak bisa menelan mentah-mentah, perlu disesuaikan dulu dengan cara pandang Anda, sehingga Anda nyaman menjalaninya.

Itulah delapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda mau membangun bisnis sebagai usaha sampingan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!