Kumpulan Kosa Kata Bahasa Arab dan Artinya Lengkap

Bahasa Arab merupakan bahasa yang banyak digunakan oleh umat Muslim hingga saat ini. Pasalnya, mempelajari bahasa Arab bukanlah persoalan yang sulit. Artikel kali ini akan mengulas informasi tentang kosa kata bahasa Arab yang sering kita jumpai sehari-hari.

Biasanya, umat Muslim menggunakan Bahasa Arab ketika menjalankan ibadah sehari-hari, seperti berdoa kemudian shalat lima waktu.

Pentingnya bagi umat Muslim untuk mempelajari dan mengamalkan Bahasa Arab agar dapat memahami kandungan setiap ibadah yang dijalankan.

Hal ini juga terdapat dalam surat Yusuf ayat 2 yang berbunyi sebagai berikut.

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ

Artinya: ”Sesungguhnya Kami menurunkannya sebagai Qur’an berbahasa Arab, agar kamu mengerti.”

Oleh karena itu, sebagai umat Muslim sangat dianjurkan untuk mempelajari bahasa Arab dengan benar, salah satunya mengetahui kosa kata bahasa Arab.

Keutamaan Mempelajari Kosa Kata Bahasa Arab

Kosa Kata Bahasa Arab
Sumber: pexels.com

Fasih dalam berbahasa asing tentunya menjadi harapan bagi sebagian orang. Selain bahasa Inggris, mempelajari bahasa Arab juga memiliki banyak keutamaan.

Bagi mereka yang beragama Islam perlu mengetahui apa saja keutamaan mempelajari kosa kata Bahasa Arab.

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Berikut ini adalah keutamaan mempelajari Kosa kata bahasa Arab.

1. Bahasa Arab adalah Syiar Islam

Keutamaan mempelajari kosa kata bahasa Arab telah disebutkan dalam Al-Quran, yaitu dalam surat Az-Zumar ayat 27-28.

Yang artinya adalah sebagai berikut,

“Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

Mengutip Rumaysho, syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan bahwa Bahasa Arab adalah syiar Islam dan syiar Kaum Muslimin.

2. Mudah Memahami Hadits Rasulullah SAW

Keutamaan mempelajari kosa kata bahasa Arab berikutnya adalah kita dapat mudah memahami hadits Rasulullah SAW.

Sebagaimana kita tahu, bahwa syiar dalam agama Islam seluruhnya berasal dari Bahasa Arab.

Suatu kemustahilan apabila Muslim tidak mempelajari bahasa Arab minimal dengan mengetahui artinya, sehingga akan sulit untuk mengamalkan ajaran Islam.

3. Memahami Lebih dalam tentang Islam

Mempelajari sejarah Islam dan bahasa Arab amat erat kaitannya dengan pelaksanaan syiar agama Islam.

Orang yang dapat memahami bahasa Arab dan tidak hanya dipermukaannya saja akan tetapi mengerti kaidah bahasa seperti nahwu dan shorof, dapat mudah mengerti syariat Islam ketimbang yang tidak mengetahuinya.

4. Mendapatkan Pahala

Dengan mempelajari sesuatu ilmu yang baru yang kelak akan berguna khususnya pada pelaksanaan agama Islam, kita akan mendapatkan pahala.

Oleh karena itu, salah satu keutamaan mempelajari kosa kata bahasa Arab adalah kita akan mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya.

Apalagi setelah kita mempelajarinya kemudian mengamalkan dan mengajarkannya kepada orang lain.

5. Bahasa yang Paling Mulia

Sudah terdapat banyak bukti yang menjelaskan bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang paling mulia.

Hal ini juga ditegaskan dalam firman Allah SWT di surat Az-Zumar ayat 27-28. 

“Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

Kosa Kata Bahasa Arab dalam Sehari-hari

Kosa Kata Bahasa Arab
Sumber: pexels.com

Lalu apa saja kosa kata bahasa Arab yang penting untuk kita tahu dalam kehidupan sehari-hari? 

Berikut ini ulasannya.

Kata Kata Islami

Mengenal bahasa Arab berarti sudah tidak asing dengan kata kata Islami, oleh karena itu patut mempelajari kata kata Islami sebagai berikut.

Agama

Pengertian kata Agama berasal dari bahasa sansekerta agama yang berarti “tradisi”. Istilah lain yang memiliki makna identik dengan agama adalah religi yang berasal dari bahasa latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti “mengikat kembali”.

Al-adalah

Pengertian dari kata Al Adalah mungkin yang sebenarnya dicari adalah Al-Adl, sehingga Al-adl tersebut memiliki arti bahwa salah satu sifat Allah SWT Yang Maha Adil.

Arti dari Al-adalah atau Al-Adl ini adalah menempatkan sesuatu dengan semestinya.

Al-quran

Pengertian dari kata Al-Quran secara bahasa berarti bacaan atau yang dibaca. Namun, istilah dari Al-quran sendiri yaitu wahyu Allah SWT atau firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara jibril dan rasulNya sebagai petunjuk bagi umat manusia.

As-salam

Definisi atau pengertian dari As-salam yaitu salah satu sifat Dzat Allah SWT yang artinya Maha Pemberi Kesejahteraan. 

Artinya Allah SWT memiliki sifat Yang Maha Sejahtera atau Maha Pemberi Kesejahteraan dan Maha Pemberi Keselamatan sebagai salah satu dari 99 asmaul husna.

Haji

Pengertian dari kata Haji yang berasal dari bahasa Arab yaitu ‘hajj’ dalam Bahasa Indonesia artinya mengunjungi atau menuju.

Adapun kata Haji sendiri memiliki istilah sebagai ibadah Islam secara tahunan yang dilakukan dengan mengunjungi Kota Mekkah, Arab, kota yang paling suci bagi umat Islam.

Ikhlas

Pengertian ikhlas secara etimologis yaitu artinya jujur, tulus, dan rela. Adapun dalam bahasa Arab, kata Ikhlas sendiri adalah masdar dari kata “akhlasa” artinya “memurnikan niat, memilih,” sehingga kata dasarnya adalah khalasa yang artinya “selamat, sampai, menjadi murni.”

Iman

Pengertian iman secara bahasa yaitu artinya membenarkan atau tashdiq, sementara menurut istilahnya adalah “mengucapkan dengan lisan, membenarkan dalam hati dan mengamalkan dalam perbuatan.” Sehingga iman tidak hanya dapat diketahui dengan melakukan salah satu atau kedua darinya tetapi mutlak ketiganya.

Islam

Pengertian kata Islam sendiri berasal dari kata Islam yaitu artinya berserah diri. Islam diketahui sebagai agama satu-satunya yang diridhai oleh Allah, yang akan membawa keselamatan dengan menerapkan Islam baginya untuk urusan dunia dan akhirat.

Ittaqillah

Pengertian Ittaqillah dalam Bahasa Arab yaitu bertakwalah atau takutlah kepada Allah SWT. Dengan ittaqillah, kita dapat merasakan mawas diri terhadap tindakan dan perbuatan kita agar tetap bertakwa kepada Allah SWT.

Mubarok

Pengertian mubarok dalam bahasa Arab ke bahasa Indonesia adalah berkah. Berkah berasal dari bahasa Arab yaitu barokah yang artinya nikmat.

Muslim

Secara bahasa, Muslim adalah orang yang berserah diri kepada Allah SWT dengan hanya menyembah dan meminta pertolongan kepada-Nya terhadap segala yang ada di langit dan bumi.

Secara umum, orang yang disebut dengan muslim adalah orang yang menganut agama Islam.

Nabi

Pengertian dari Nabi adalah seorang utusan Allah SWt yang diberi amanah untuk menyampaikan risalah Islam kepada seluruh manusia sebagai penyempurna agama Islam yang telah dibawa oleh Rasul sebelumnya.

Rasul

Pengertian rasul adalah utusan, duta, atau sering disebut dengan al-mursalun atau orang-orang yang diutus dan disebutkan di dalam Al-Quran. Rasul merupakan utusan Allah SWT yang menyampaikan agama Islam kepada seluruh manusia.

Shalat

Pengertian dari kata shalat dalam bahasa Arab artinya adalah berdoa. Adapun secara istilah, shalat adalah perbuatan dan perkataan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam sesuai dengan persyaratan yang ada.

Taat

Pengertian kata taat berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah “menemani” atau “mengikuti”. Secara istilah dalam keagamaan, hakikat taat adalah sikap dan tindakan yang ikhlas atau murni untuk mematuhi perintah Allah SWT dan RasulNya.

Tabayyun

Pengertian dari kata tabayyun yaitu meneliti dan menyeleksi berita atau suatu kabar dengan tepat dan benar agar tidak ada kesalahpahaman dalam mencerna informasi tersebut. Tabayyun juga artinya tidak tergesa-gesa dalam memutuskan masalah baik dalam hal hukum, kebijakan dan sebagainya hingga jelas benar permasalahannya.

Kata Ganti Bahasa Arab

Kosa Kata Bahasa Arab
Sumber: pexels.com

Sama halnya dengan mempelajari Bahasa Indonesia, kita juga perlu mengetahui istilah dan pengertian dari kata ganti bahasa Arab. 

Ada begitu banyak kata ganti bahasa Arab yang perlu kita ketahui dengan membaca ulasan di bawah ini. 

Akhi

Pengertian kata akhi adalah saudaraku dalam bahasa Arab. Namun, kata akhi ditujukan kepada laki-laki dan kata ini digunakan sebagai bentuk tunggal dari kata ikhwan dan digunakan sebagai kata ganti orang kedua.

Akhwan

Pengertian kata akhwan merupakan salah ketik dari kata ikhwan atau mungkin akhwat. Sehingga kata akhi digunakan kepada laki-laki.

Akhwat

Pengertian kata akhwat merupakan kata yang digunakan untuk banyak perempuan, misalnya untuk saudara perempuan dan sebagainya. Kata akhwat ini berasal dari bahasa Arab dan merupakan kata jamak bukan kata gabungan.

Ana

Pengertian dari kata ana  atau dalam bahasa Arab  اَنَا artinya adalah “saya”. Kata ganti bahasa Arab berikut digunakan sebagai percakapan sehari-hari.

Anta

Pengertian dari kata anta jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah kamu seorang laki-laki. Lafadz anta menggunakan huruf hijaiyah dari kata anta adalah اَنْتَ

Antum

Pengertian dari antum adalah kata ganti orang atau dalam bahasa Arab biasa disebut dengan isim dhomir yang bermakna ‘kalian’ atau bisa kita maknai dengan ‘kamu dalam jumlah orang lebih dari 2 (dua) orang’.

Habibati

Pengertian dari kata Habibati ini sesungguhnya adalah bentuk lain dari kata Habibi yang penggunaannya khusus untuk menunjuk wanita atau perempuan. Kata habibati digunakan untuk wanita.

Hiya 

Pengertian dari kata Hiya artinya dia perempuan atau kata ganti tunggal. Untuk penggunaannya dapat digunakan dalam bahasa sehari-hari yang ditujukan hanya kepada perempuan.

Ikhwan

Pengertian dari kata Ikhwan berarti sebutan untuk saudara-saudara laki-laki atau sekelompok laki-laki atau secara umum. Bentuk jamak dari kata akhi ini memiliki makna sebutan untuk laki-laki muslim dalam KBBI.

Ukhti

Pengertian dari kata ukhti adalah kata sapaan yang ditujukan kepada perempuan. Dalam bahasa Arab, kata ukhti berarti saudara-ku. Kata ukhti menurut KKBI juga memiliki arti saudariku dan merupakan bentuk tunggal dari kata akhwat yang digunakan sebagai kata ganti orang kedua.

Ummu

Pengertian kata ummu artinya adalah ibu, yang berasal dari bahasa al ummu (الأُمُّ) atau ummun (أُمٌ). Penggunaan kata ummu sendiri merujuk pada panggilan sayang sekaligus hormat kepada orangtua yang baru diberi keturunan pertama.

Waladun

Pengertian kata waladun berasal dari bahasa arab وَلَدٌ (waladun) adalah anak laki-laki.

Kosa Kata Bahasa Arab Sehari-Hari

Kosa Kata Bahasa Arab
Sumber: pexels.com

Afwan

Pengertian kata Afwan secara harfiah memiliki arti “maaf”, atau dengan kata lain merujuk pada permohonan maaf. Kata afwan juga memiliki beberapa arti lain seperti “sama-sama”.

Ahlan-wa-sahlan

Pengertian dari kata ahlan wa sahlan ini memiliki artian jika dalam Bahasa Indonesia, ahlan wa sahlan artinya Selamat Datang. Namun, kalimat ini memiliki makna yang lebih mendalam. Dirangkum dari berbagai sumber, ahlan wa sahlan berasal dari dua kata yakni ahlan dan sahlan

Allahu-yahdik

Pengertian dari kata Allahu yahdik ( اللَهُ يَهْدِك) terdiri dari dua kata, yakni Allahu yang artinya “Allah“, dan Yahdik yang artinya “Membalas dengan kebaikan“. Arti Allahu Yahdik adalah “Semoga Allah memberi kita petunjuk atau hidayah” atau “Semoga Allah SWT membalas kebaikanmu”

Allahul-musta’an

Pengertian dari kata allahul musta’an artinya adalah Allah tempat meminta pertolongan atau lebih tepatnya lagi adalah Hanya Allah dzat yang dimintai pertolongan.

Assalamualaikum

Pengertian kata Assalamualaikum yaitu “semoga keselamatan terlimpah padamu”. Arti Assalamualaikum warahmatullah yaitu “semoga Allah melimpahkan keselamatan serta rahmat-Nya padamu”.

Hada

Pengertian dari kata Hada هذا memiliki arti “ini ” Hada adalah kata bantu yang menunjukkan sesuatu yang dekat.

Jazakallah

Pengertian dari kata jazakallah artinya adalah Semoga Allah membalasmu, dan kata jazakallah ditujukan kepada laki-laki.

Khoir

Pengertian dari kata khair diambil dari kitab tafsir Ibnu Katsir, jalalain, Departemen Agama dan Baghawy adalah: kebaikan, harta adil, keutamaan, pahala dan sesuatu yang bermanfaat.

Ma-assalamah

Pengertian dari kata Ma’assalamah merupakan kalimat Bahasa Arab yang berarti “semoga keselamatan selalu menyertaimu”.

Mumtaz

Pengertian dari kata Mumtaz Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, mumtaz memiliki arti istimewa atau sempurna. 

Naam

Pengertian dari kata Na’am adalah ya atau begitulah. Istilah ini digunakan pada konteks seseorang mengkonfirmasi sesuatu. 

Rahmatan-lil-alamin

Pengertian dari kata Rahmatan lil ‘Alamin adalah Allah SWT mengabarkan bahwa Dia telah menjadikan Muhammad sebagai rahmat bagi semesta alam. Yaitu, Dia mengutusnya sebagai rahmat untuk kalian semua.

Syafakallah

Pengertian dari kata Syafakallah artinya “Semoga Allah menyembuhkanmu (laki-laki)”. Kata ini digunakan untuk mendoakan kesembuhan bagi laki-laki secara langsung/bertatap muka maupun secara tidak langsung.

Syukron

Pengertian dari kata Syukron artinya adalah terima kasih. Kata ini pun biasa diucapkan saat seseorang menerima kebaikan dari orang lain.

Tafadhol

Pengertian kata tafadhol berasal dari bahasa Arab, yang berarti tolong. Ini tentang mengundang seseorang untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Tafadhol juga artinya adalah silahkan.

Demikian ulasan mengenai kosa kata bahasa Arab ke Indonesia yang dapat bermanfaat bagi Anda yang mencari tahu tentang bahasa Arab.

Silahkan sebarkan kebaikan ini dengan share this article kepada mereka yang membutuhkannya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan jualan online tanpa modal, silahkan bergabung menjadi reseller Evermos gratis sekarang juga.

 

 

×
slot88