Kisah 25 Para Nabi yang Wajib Anda Ketahui Lengkap Dengan Mukjizatnya

Tentu Anda sudah tahu bukan, jika rukun iman ke empat yang harus diimani oleh setiap mukmin adalah beriman kepada Nabi dan Rasul. Maka dari itu, kita sebagai orang mukmin wajib mengetahui kisah para Nabi dan Rasul serta mukjizatnya.

Nabi adalah sebutan untuk laki-laki yang menerima wahyu Allah. Sedangkan Rasul adalah Nabi yang tak hanya menerima wahyu, namun juga wajib menyampaikan pada umatnya.

Jumlah seluruh Nabi yang sesungguhnya memang tidak terhitung. Namun dalam Islam, kita wajib mengimani 25 Nabi dan Rasul.

Kisah para Nabi dan Rasul dalam berdakwah pun telah banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an maupun hadits.

Allah juga memberikan mukjizat pada Nabi dan Rasul-Nya untuk membuktikan kenabiannya.

Berikut kisah 25 Nabi dan Rasul lengkap dengan mukjizatnya yang harus Anda ketahui. Simak ulasan artikel berikut hingga tuntas!

Baca juga: Inilah 6 Cara Berdagang Ala Rasulullah yang Harus dijadikan Panutan

Kisah Para Nabi dan Rasul dari Nabi Adam Hingga Nabi Muhammad SAW

1. Nabi Adam AS

Kisah Para Nabi
Sumber: google/bersosial

Nabi pertama sekaligus manusia pertama yang Allah ciptakan ialah Nabi Adam. Setelah Adam tercipta, Allah SWT memberinya pengetahuan tentang alam semesta yang tidak diberikannya pada makhluk lain.

Setelah itu, Allah menyuruh semua malaikat dan jin untuk bersujud pada Nabi Adam. Namun jin menolak untuk melakukan tersebut. Karena jin merasa dirinya lebih mulia dari Nabi Adam karena diciptakan dari api, sedangkan Nabi Adam diciptakan dari tanah.



Sebelumnya Nabi Adam tinggal di surga dengan pasangannya Hawa. Jin atau iblis pun merasa iri terhadap Nabi Adam.

Oleh sebab itu, jin merayu dan membujuk Adam dan Hawa memakan buah khuldi yang telah dilarang oleh Allah. Meski telah bertaubat, Allah tetap memerintahkan mereka turun ke bumi.

Inilah beberapa mukjizat Nabi Adam, diantaranya:

  • Menjadi khalifah pertama di bumi.
  • Diajarkan oleh Allah segala hal tentang nama benda dan makhluk di bumi.
  • Memiliki tinggi 60 hasta.
  • Memiliki umur yang panjang dan bisa memberikan 40 tahun untuk Nabi Daud.
  • Dikaruniai keturunan kembar berpasang-pasangan.

2. Nabi Idris AS

Nabi Idris mendapat gelar sebagai ‘Asadul Usud’ yang artinya Singa, karena ia tidak pernah berputus asa ketika menjalankan tugasnya sebagai seorang Nabi.

Ia juga tidak pernah takut menghadapi umatnya yang kafir. Selain itu, ia tidak pernah sombong, ia juga memiliki sifat pemaaf.

Selama berdakwah, Nabi Idris memberikan pesan kepada kaumnya, antara lain nasihat untuk menjadikan sholat jenazah sebagai penghormatan, menasehati untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah, menghindari hasad dan dengki, melarang menumpuk harta yang tak bermanfaat, dan mematuhi perintah Allah dengan ikhlas, baik dalam sholat, berpuasa, dan amalan lainnya.

Inilah beberapa mukjizat Nabi Idris, diantaranya:

  • Memiliki kecerdasan mengamati fenomena alam dan mengartikan wahyu Allah.
  • Manusia pertama yang bisa membaca dan menulis.
  • Manusia pertama yang bisa menjahit pakaian, Nabi Idris bisa menggunakan pakaian yang terindah sementara saat itu orang-orang masih menggunakan kulit binatang.
  • Nabi Idris pernah merasakan sakaratul maut dan dihidupkan kembali atas izin Allah.
  • Pernah melihat surga dan neraka.

3. Nabi Nuh AS

Kisah Para Nabi
Sumber: google/bersosial

Salah satu Nabi yang masuk dalam golongan Ulul Azmi yaitu Nabi Nuh, artinya memiliki cobaan yang berat namun mampu menghadapinya dengan kesabaran yang luar biasa.

Nabi Nuh menerima banyak kendala tantangan serta penolakan selama masa dakwahnya.

Bahkan anak dan istrinya pun turut membenci Nabi Nuh dan menganggapnya gila. Kaum Nabi Nuh tetap bertindak dzalim, Allah pun membinasakan mereka dalam banjir yang besar.

Inilah beberapa mukjizat Nabi Idris, diantaranya:

  • Mendapat gelar Ulul Azmi
  • Membuat perahu dengan ukuran panjang 300 hasta dan 50 hasta. Ketika Allah datangkan banjir yang besar, setiap makhluk baik manusia maupun binatang yang ada diperahu tersebut selamat dari banjir.

4. Nabi Hud AS

Allah mengutus Nabi Nuh bagi kaum ‘Ad, kaum yang ahli membuat menara namun senang melakukan kemaksiatan dan menghamburkan harta dengan sia-sia.

Nabi Hud menerima banyak rasa iri dan dengki dari kaum ‘Ad saat berdakwah.

Kaum ‘Ad terus mengingkari dakwahnya hingga pada akhirnya Nabi Hud berdoa dan memohon kepada Allah.

Kemudian Allah menurunkan badai dengan awan yang penuh petir dan mampu membinasakan kaum ‘Ad yang dzalim.

Sementara Nabi Hud dan pengikutnya selamat dan berhijrah ke Kota Hadramaut.

Inilah beberapa mukjizat Nabi Hud, diantaranya:

  • Mampu menurunkan hujan atas izin Allah, kala itu kaum ‘Ad dilanda kekeringan hingga tanaman mati dan tak ada sumber air.
  • Selamat dari badai petir yang dahsyat.

5. Nabi Shaleh AS

Allah mengutus Nabi Sholeh sekitar kurun waktu 200 tahun ke kaum Tsamud yang masih merupakan keturunan dari kaum ‘Ad.

Adapun mukjizat Nabi Shaleh yaitu:

  • Memunculkan unta betina yang hamil 10 bulan dari batu besar yang terbelah.

Kejadian tersebut membuat sebagian kaum Tsamud menerima dakwah Nabi Shaleh dan menjadi pengikutnya. Namun sebagian lagi masih ingkar, bahkan membunuh unta yang menjadi mukjizat tersebut. Setelah berhasil membunuh unta, Allah pun membinasakan mereka dengan hantaman petir di malam hari.

6. Nabi Ibrahim AS

Kisah Para Nabi
Sumber: google/bersosial

Nabi Ibrahim adalah salah satu Nabi yang kisahnya banyak diceritakan dalam Alquran. Mulai dari bagaimana Nabi Ibrahim menemukan Tuhan, melawan kedzaliman Raja Namrud, hingga kisahnya dengan kedua putranya yaitu Ismail dan Ishaq.

Berikut beberapa mukjizat dari Nabi Ibrahim, diantaranya:

  • Tidak mempan dibakar dengan api.

Ini terjadi setelah Nabi Ibrahim menghancurkan berhala dan tidak ingin mengakui Raja Namrud sebagai Tuhan. Meskipun dihukum dengan dibakar hidup-hidup, namun Allah membuat api tersebut dingin dan menyelamatkan Nabi Ibrahim.

  • Mengubah pasir menjadi makanan.

Menurut kitab “Qashash al Anbiyaa”, Nabi Ibrahim pernah mengambil gudukan pasir yang kemudian berubah menjadi bahan makanan saat beliau sampai di rumah.

  • Menyaksikan burung dihidupkan kembali.

Nabi Ibrahim pernah meminta kepada Allah untuk menyaksikan bagaimana cara Allah menghidupkan kembali makhluk yang sudah mati. Maka saat itu pula Nabi Ibrahim melihat burung yang sudah mati bisa hidup kembali.

  • Memiliki anak saat usia 99 tahun.

Sudah lama Nabi Ibrahim menantikan hadirnya sang buah hati. Di usianya yang tidak lagi muda, Allah menjawab segala doanya dengan kelahiran Ismail dan Ishaq. Kedua putranya tersebut juga menjadi Nabi dan menurunkan keturunan yang juga menjadi Nabi. Oleh karena itu, Nabi Ibrahim dijuluki sebagai Abul Anbiyaa yang berarti Bapak Para Nabi.

7. Nabi Luth AS

Nabi Luth adalah keponakan dari Nabi Ibrahim. Ia diutus oleh Allah untuk berdakwah kepada kaum Sodom. Kaum tersebut merupakan kaum yang rusak dan terkenal dengan perilaku seks sesama jenis.

Dakwah Nabi Luth pun ditentang oleh mereka. Sesaat setelah mereka mengusir Nabi Luth, Allah membinasakan mereka dengan bencana gempa bumi, hujan batu dan angin kencang.

Berikut mukjizat dari Nabi Luth, diantaranya:

  • Do’anya dikabulkan oleh Allah. Ketika kaumnya melakukan homoseksual atau tertarik dengan sesama jenis. Do’a tersebut adalah meminta agar kaumnya dibinasakan oleh Allah dengan diberi adzab berupa gempa bumi, hujan batu dan angin kencang.
  • Diselamatkan oleh Allah SWT ketika Allah memberi adzab kepada kaum Sodum.

8. Nabi Ismail AS

Kisah Para Nabi
Sumber: google/bersosial

Nabi Ismail merupakan anak Nabi Ibrahim dan istrinya Hajar.

Inilah beberapa mukzijat dari Nabi Ismail, diantaranya:

  • Mata Air Zamzam

Salah satu mukjizat Nabi Ismail pun masih bisa kita lihat hingga sekarang, yakni air zamzam. Kisahnya dahulu Nabi Ismail yang masih bayi kehausan di tengah terik matahari karena persediaan air mereka habis. Hajar panik, ia terus berlari antara bukit Shafa dan Marwah hingga tujuh kali mencari sumber air. Kemudian ia mendengar ada suara yang berasal dari tempat Nabi Ismail dibaringkan di atas tanah. Hajar kaget melihat ada air yang muncul di tanah yang digeser-geser dengan tumit Nabi Ismail. Air yang keluar itulah air zamzam.

  • Perintah Berkurban

Nabi Ismail juga sempat menerima perintah Allah untuk disembelih oleh ayahnya sendiri. Namun ketika Nabi Ibrahim menghunuskan benda tajam untuk menyembelihnya, Allah menggantikan Nabi Ismail dengan kambing. Peristiwa itulah yang pada akhirnya menjadi awal mula qurban pada Hari Raya Idul Adha.

  • Membangun Ka’bah

Nabi Ismail bersama ayahnya Nabi Ibrahim membangun Ka’bah. Mereka meninggikan pondasi Baitullah Kakbah, Nabi Ismail bekerja mengangkut batu-batu sedangkan Nabi Ibrahim yang menyusunnya (membangunnya) hingga ketika bangunan sudah tinggi, Nabi Ismail datang membawa batu itu lalu meletakkannya untuk Nabi Ibrahim agar bisa naik di atasnya sementara Nabi Ismail memberikan batu-batu.

9. Nabi Ishaq AS

Nabi Ishaq adalah anak dari Nabi Ibrahim dengan Sarah. Ia lahir 14 tahun setelah Nabi Ismail. Ia juga selalu mengikuti ayahnya dalam berdakwah.

Di dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa Nabi Ishaq adalah hamba yang memiliki ilmu, akhlak, dan perbuatan yang baik. Dari keturunannya lahir Nabi-Nabi yang berasal dari Bani Israil.

10. Nabi Yaqub AS

Nabi Yakub merupakan anak dari Nabi Ishaq. Dalam beberapa riwayat, Nabi Yaqub digambarkan sebagai sosok yang memiliki karakter kuat dan keimanan yang luar biasa.

Bahkan sebelum Nabi Yaqub wafat dan terbaring lemah pun, dia berwasiat kepada para putra untuk tetap menjalankan perintah Allah.

Baca juga: Doa Agar Permintaan Dikabulkan Allah SWT | Dari Al-Fatihah Hingga Doa Hajat

11. Nabi Yusuf AS

Nabi Yusuf merupakan anak Nabi Yaqub. Dia pernah mendapat mimpi di mana bulan, matahari, dan bintang bersujud padanya. Sejak itulah, Nabi Yakub mengetahui bahwa putranya akan menjadi orang besar.

Inilah beberapa mukjizat dari Nabi Yusuf, diantaranya:

  • Memiliki paras yang tampan. Bahkan dalam kisahnya, para wanita pernah mengiris jarinya sendiri saat terpesona dengan ketampanan Nabi Yusuf.
  • Mampu menafsirkan mimpi. Nabi Yusuf perah menafsirkan mimpi Raja dan akhirnya diangkat sebagai pejabat di Mesir.

12. Nabi Ayub AS

Kisah Para Nabi
Sumber: google/bersosial

Seorang Nabi yang memiliki banyak harta, keturunan, dan berakhlak mulia yaitu Nabi Ayub. Meski begitu, Nabi Ayub tidak pernah bersikap sombong dan terus selalu berbuat baik.

Dengan kelebihan Nabi Ayub tersebut, Allah pun menguji Nabi Ayub dengan cobaan yang berat. Ia harus kehilangan hartanya, anak-anaknya, dan menderita penyakit kulit.

Akan tetapi dihadapkan dengan kondisi tersebut Nabi Ayub tetap bersabar dan berserah diri kepada Allah.

Berikut mukjizat Nabi Ayub, antara lain:

  • Memiliki kesabaran yang luar biasa.
  • Mampu mengeluarkan air dari tanah yang bisa menyembuhkan penyakitnya.

13. Nabi Syuaib AS

Nabi Syuaib diutus Allah pada kaum Madyan, kaum yang suka menipu dan membangkang. Karena tetap ingkar dan tak mengikuti Nabi Syuaib, maka Allah memberikan ujian.

Adapun mukjizat Nabi Syuaib, diantaranya:

  • Mampu selamat dari azab berupa bencana alam yang sangat dahsyat.
  • Mampu mendatangkan udara panas yang sangat menyiksa.
  • Atas kuasa Allah SWT juga, Nabi Syuaib mampu mendatangkan awan yang sangat hitam, petir yang menggelegar dan gempa bumi yang menghancurkan kaum Madyan dan Aikah yang ingkar pada Allah SWT.

14. Nabi Musa AS

Kisah Para Nabi
Sumber: google/bersosial

Nabi Musa adalah Nabi yang memerangi Raja Firaun yang amat tamak. Ia mempimpin Bani Israil agar menyembah Allah.

Atas izin Allah, Nabi Musa juga memiliki mukjizat antara lain:

  • Mampu menghidupkan orang mati.

Nabi Musa pernah memohon pada Allah untuk menghidupkan orang yang telah meninggal untuk mengungkap kasus pembunuhan.

  • Memiliki tongkat yang bisa berubah menjadi ular.
  • Mampu membelah laut Merah.

Saat Firaun dan tentaranya mengejar Nabi Musa dan kaumnya, Laut Merah pun terbelah memberi jalan. Namun ketika Firaun dan tentaranya mengikuti jalan tersebut, laut kembali seperti semula dan menenggelamkan mereka.

  • Dianugerahi Kitab Taurat yang berisi tentang 10 firman Allah bagi Bani Israil.

15. Nabi Harun AS

Nabi Harun merupakan seorang Nabi yang dikaruniai kemampuan bahasa yang sangat baik. Kisah Nabi Harun sering dikaitkan dengan kisah Nabi Musa.

Adapun mukjizat Nabi Harun, diantaranya:

  • Mampu (ikut) menyebrangi laut merah bersama Nabi Musa ketika menyelamatkan diri dari pasukan.
  • Mampu berjuang untuk memberantas berhala yang dipimpin oleh Samiri, tukang sihir dari kerajaan milik Firaun.
  • Memiliki kepribadian yang sabar dan shaleh.

16. Nabi Dzulkifli AS

Nabi Dzulkifli merupakan Nabi yang tinggal Irak. Tak banyak kisah yang menceritakan Nabi Dzulkifli, namun dia dikenal tetap tegar mengajarkan untuk menyembah Allah meski sempat mendapat siksaan, dirantai, hingga dipenjara.

17. Nabi Daud AS

Nabi Daud merupakan keturunan Nabi Ibrahim ke-12. Setelah terbunuhnya raja Thalut, Nabi Daud pun menjadi raja.

Inilah beberapa mukjizat Nabi Daud, diantaranya:

  • Dianugerahi kitab Zabur.
  • Memiliki suara yang merdu.

Saat Nabi Daud membaca kitab Zabur, suaranya mampu membuat orang sakit menjadi sembuh, membuat air dan angin menjadi tenang, hingga bukit-bukit turut memuji Allah.

18. Nabi Sulaiman AS

Kisah Para Nabi
Sumber: pexels.com

Nabi Sulaiman merupakan salah satu Nabi yang terkenal sebagai raja yang kaya dan memiliki kekuasaan yang besar sekali.

Adapun mukjizat Nabi Sulaiman, antara lain:

  • Memiliki kekayaan yang berlimpah. Bahkan dalam suatu riwayat dikisahkan bahwa istana Nabi Sulaiman sangat luas dan bertabur batu mulia.
  • Mampu menundukkan angin.
  • Dapat berbicara dengan binatang.
  • Memiliki bala tentara dari kalangan manusia, jin, dan hewan.
  • Mengalirkan tembaga dari perut bumi.

19. Nabi Ilyas AS

Nabi Ilyas termasuk kalangan Bani Israil. Ia mampu menghadapi kaum yang gemar menyembah berhala bernama Ba’al.

Meskipun telah menerima dakwah dari Nabi Ilyas, namun kaum yang gemar menyembah berhala tetap ingkar. Sampai pada akhirnya hingga Allah menurunkan azab berupa kekeringan yang panjang.

20. Nabi Ilyasa AS

Nabi Ilyasa diberikan tugas untuk melanjutkan dakwah dari sang ayah untuk Bani Israil. Ia adalah anak angkat dari Nabi Ilyas.

Salah satu mukjizat Nabi Ilyasa adalah mampu menghidupkan orang mati atas izin Allah.

21. Nabi Yunus AS

Nabi yang diutus untuk menyadarkan kaum Assyira penyembah berhala di kota Niniwe adalah Nabi Yunus. Ketika menaiki kapal bersama pengikutnya, awan hitam dan badai besar terjadi.

Para penumpang kapal pun mengorbankan Nabi Yunus dan menenggelamkannya ke laut.

Meski Nabi Yunus sempat ditelan paus, Allah tetap menyelamatkan Nabi Yunus. Hal inilah yang menjadi salah satu mukjizat Nabi Yunus.

22. Nabi Dzakaria AS

Nabi Dzakaria merupakan keturunan Nabi Daud dan Nabi Sulaiman. Tidak banyak kisah mengenai Nabi Dzakaria, namun menurut beberapa riwayat, Nabi Dzakaria juga memiliki sikap yang rendah hari dan selalu bersyukur kepada Allah.

Sama halnya seperti Nabi Ibrahim, Nabi Dzakaria juga mendapat keturunan saat usianya yang tidak lagi muda.

23. Nabi Yahya AS

Nabi Yahya merupakan putra dari Nabi Dzakaria. Ia disebut sebagai salah satu orang yang benar terhormat dan suci.

Allah menganugerahi Nabi Yahya dengan kemampuan untuk mengetahui syariat.

Nabi Yahya dikenal dengan seorang yang sangat rajin dan gemar membaca. Dari sejak kecil, Nabi Yahya sudah bisa memutuskan perkara dan mencari jalan keluar untuk segala persoalan.

24. Nabi Isa AS

Nabi Isa merupakan Nabi yang tidak memiliki ayah dan lahir dari seorang wanita suci bernama Maryam.

Inilah beberapa mukjizat Nabi Isa, antara lain:

  • Mampu berbicara saat bayi.

Karena lahir tanpa ayah, Maryam dituduh telah melakukan zina. Namun atas izin Allah, Nabi Isa yang masih bayi pun mampu melindungi ibunya dengan berbicara bahwa beliau adalah hamba Allah yang akan menjadi Nabi dan dianugerahi kitab Injil.

  • Menghidupkan orang yang sudah mati
  • Menyembuhkan orang buta dan penyakit sopak.
  • Menghidupkan burung dari tanah liat.
  • Menurunkan hidangan dari langit.
  • Dianugerahi kitab Injil.

25. Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi terakhir sekaligus penutup dari para Nabi lainnya. Tidak ada lagi Nabi lain setelah Nabi Muhammad wafat.

Banyak peristiwa besar terjadi setelah kelahiran Nabi Muhammad, seperti runtuhnya berhala dekat Kabah dan padamnya Api yang disembah oleh kaum Majusi.

Berikut beberapa mukzijat Nabi Muhammad, antara lain:

  • Mukjizat terbesar adalah Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam. Maka diberi gelar Al-Amin.
  • Mampu membelah bulan.
  • Mampu menurunkan hujan.
  • Di atasnya selalu dinaungi awan.
  • Mengalirkan air dari jemari tangannya.
  • Melakukan perjalanan ke Sidratul Muntaha saat Isra Miraj, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah 25 kisah para Nabi dan Rasul yang harus kita ketahui. Banyak hal yang perlu kita teladani dari kisah para nabi di atas.

Akan tetapi, kita patut mengimani Nabi terakhir kita yaitu Nabi Muhammad SAW.

Semoga kita bisa menjadi umatnya hingga akhir zaman nanti dan mampu mengikuti sunatullahnya. Aamiin Yarabbal’alamiin.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca, dan apabila Anda ingin menemukan informasi menarik lainnya kunjungi selalu situs blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)