Kasensor : Kewajiban Melaksanakan Ibadah Haji Sebagai Rukun Islam

Sebagaimana kita tahu, bahwa naik haji merupakan salah satu rukun islam. disebutkan juga bahwa naik haji adalah suatu kewajiban bagi orang yang mampu. Sebenarnya, bagaimana kewajiban melaksanakan ibadah haji sebagai rukun islam ini?

Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yang merupakan rangkuman kajian senin sore (Kasensor) dari Ustadz Faisal Mukhtar selaku Dewan Pengawas ALIF (Al-Ijirrah Finance) berikut ini.

Kewajiban Haji Sebagai Rukun Islam

kewajiban melaksanakan ibadah haji
sumber : pexels.com

Untuk melihat kedudukan kewajiban haji sebagai rukun islam, kita bisa meninjau dari sisi ayat Alquran. Ada banyak ayat yang menunjukkan perintah naik haji pada para umat muslim. Salah satu yang paling utama adalah surat Ali-Imran Ayat 97. Allah SWT Berfirman :

فِيْهِ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبْرٰهِيْمَ ەۚ وَمَنْ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ۗ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًا ۗ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ

Artinya : Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.

Allah SWT pun telah memerintahkan nabi Ibrahim untuk memanggil manusia untuk berbondong-bondong. Sebagaimana tercantum dalam Surat Al-Hajj ayat 27 yang berbunyi :

وَاَذِّنْ فِى النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَامِرٍ يَّأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍ ۙ

Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh.

Allah pun memerintahkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk membersihkan kabah dari berhala.
وَاِذۡ جَعَلۡنَا الۡبَيۡتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَاَمۡنًا ؕ وَاتَّخِذُوۡا مِنۡ مَّقَامِ اِبۡرٰهٖمَ مُصَلًّى‌ ؕ وَعَهِدۡنَآ اِلٰٓى اِبۡرٰهٖمَ وَاِسۡمٰعِيۡلَ اَنۡ طَهِّرَا بَيۡتِىَ لِلطَّآٮِٕفِيۡنَ وَالۡعٰكِفِيۡنَ وَالرُّکَّعِ السُّجُوۡدِ
Wa iz ja’alnal Baita masaabatal linnassi wa amnanw wattakhizuu mim Maqoomi Ibraahiima musallaaa; wa ‘ahidnaaa ilaaa Ibraahiima wa Ismaa’iila an tahhiraa Baitiya littaaa’ifiina wal’aakifiina warrukka’is sujuud.
Artinya : Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah (Ka’bah) tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah maqam Ibrahim itu tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang iktikaf, orang yang rukuk dan orang yang sujud!

Tidak hanya ketiga ayat di Atas, bahkan Allah mempersembahkan satu surat khusus untuk ibadah haji yakni surat Al-Hajj.

Dapatkan Program Haji regular Murah dari Al-Hajj di Aplikasi Evermos

kewajiban melaksanakan ibadah haji

Kewajiban Melaksanakan Ibadah Haji | Penyempurna Ibadah dan Rukun Islam

kewajiban melaksanakan ibadah haji
sumber : pexels.com

Sebagaimana kita tahu, bahwa kota Mekah merupakan kota yang suci karena merupakan jejak perjuangan dari hijrah para Nabi dan sahabat di kota Mekah hingga madinah tersebut.

Oleh karena itu, berhaji juga merupakan perjuangan kita sebagai umat muslim dalam menyempurnakan ibadah sebagaimana rukun islam kelima “Naik haji bila mampu”

Dari ungkapan di atas bisa kita lihat diisyaratkan bahwa seseorang wajib haji jila sudah memiliki kemampuan dan kesiapan baik itu dari segi finansial, fisik, dan mental untuk beribadah.

Karena beribadah haji merupakan ibadah paling paripurna mengingat kita perlu fokus kepada Allah menyerahkan diri untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan dan mengikhlaskan niat meninggalkan semua harta benda di tanah air. Tidak terperdaya oleh dunia dan hanya fokus pada urusan ibadah.

Kita pun perlu menyucikan hati dan jiwa untuk menghindari maksiat dan perbuatan yang tidak menyenangkan saat berhaji di Kota Mekah ini.

Kita harus Kawal langkah, jauhi maksiat dan dekati masjid. Jangan terperdaya perilaku hawa nafsu dan jangan menghakimi orang lain hingga sampai bertengkar di sana. Terus perbanyak semua perbuatan baik dan tingkatkan amal shaleh.

Baca Juga : Tata Cara Ibadah Haji Lengkap | Mulai dari Rukun hingga wajib Haji

Solusi Pembiayaan Haji Murah Melalui Program Al-Hajj dari ALIF

kewajiban melaksanakan ibadah haji

Oleh karena itu. Mari berbuat baik kepada sesama dengan membantu mereka dan mempermudah mereka dalam mencapai ibadah haji penyempurna rukun islam ini.

Bantu mereka dengan tawarkan Program al-Hajj ini. Program Al-Hajj dari ALIF Ini menawarkan program cicilan naik haji yang mana bisa mempermudah para umat muslim yang terkendala biaya bisa tetap naik haji.

Program cicilan naik haji ini hanya membutuhkan biaya administrasi 1 juta yang kemudian diikuti ujrah dan angsuran yang telah ditetapkan di atas akad kesepakatan.

Mengapa ALIF berniat bergerak dalam program ini? yakni agar membantu banyak orang untuk naik haji. Niscaya seseorang yang membantu atau memudahkan seseorang dalam urusan beribadah pun ikut mendapatkan pahala.

Kemudian ada dalam Alquran diceritakan bila seseorang mendapat haji mabrur dan kembali ke negaranya, maka niscara orang tersebut bisa menambah kemakmuran pada sesuatu bangsa.

Baca Juga : Inilah Rekomendasi 5 Bank Penyedia Tabungan Haji Terbaik 2020

Niat Melaksanakan Ibadah Haji

kewajiban melaksanakan ibadah haji
sumber : pexels.com

Niat dalam ibadah adalah merupakan satu pahala ibadah tersebut dan dihitung sempurna.  Biaya administrasi 1 juta ini adalah bukti dari niat haji seseorang.

Dengan 1 juta, Insya Allah sudah dapat pahala haji penuh. Jika tidak diberi kesempatan karena umur atau halangan lain, InsyaAllah pahala haji ini akan tetap sampai ke orangnya karena niat yang ikhlas dan harta yang halal tersebut sudah mengisi nilai Ibadahnya. InsyaAllah

Demikianlah ulasan mengenai Kewajiban Menjalankan Ibadah Haji dari Rangkuman Kasensor Senin 5 April kemarin. Semoga dengan adanya artikel ini bisa Memotivasi Anda untuk beribadah haji guna menyempurnakan rukun islam.

Untuk memenuhi biaya untuk ibadah haji, tentu kita perlu mencari penghasilan yang halal dan barokah. Salah satu usaha mendapat penghasilan tambahan adalah dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!Persiapan Menyambut Ramadhan

Sekian artikel mengenai Kewajiban Melaksanakan Ibadah Haji berikut ini. jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×