5 Keutamaan Tadarus Al Quran di Bulan Ramadhan, Lengkap dengan Tata Caranya

Sebagai umat Muslim, membaca Al-Qur’an merupakan suatu kewajiban dan kebutuhan, apalagi pada bulan Ramadhan. Pada artikel ini akan membahas keutamaan tadarus Al Quran lengkap dengan tata caranya serta waktu terbaik untuk melakukan tadarus Quran.

Fungsi Al-Quran bagi umat Muslim sendiri sebagai pedoman dan petunjuk kehidupan manusia. Namun, tidak semua menyadari betapa pentingnya dalam membaca Al-Quran.

Mengingat keutamaan tadarus Al Quran itu sangat baik bagi pembacanya, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui keutamaannya serta tata cara yang baik dan benar pada ulasan di bawah ini.

Baca juga: Ketahui 4 Ayat Tentang Puasa dan Maknanya Ini Agar Puasa Lebih Semangat

Apa Itu Tadarus Quran?

Keutamaan Tadarus Al Quran
Sumber: shutterstock.com

Tadarus berasal dari asal kata “darasa yadrusu”, yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran.

Lalu terdapat tambahan huruf ta’ di depannya sehingga menjadi tadarasa yatadarasu, maka maknanya bertambah menjadi saling belajar, atau mempelajari secara lebih mendalam.

Selain itu, tadarus juga berarti membaca, mempelajari dan mengaktualisasikan kandungan isi Al-Quran.

Tentu saja hal ini tersebut merupakan ibadah yang sangat mulia dan Allah SWT sangat menyukainya.

Apakah Keutamaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan?

Keutamaan Tadarus Al Quran
Sumber: shutterstock.com

Berikut ini ada beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan jika melakukan tadarus Al-Quran pada bulan Ramadhan, antara lain:

1. Mendapat Pahala yang Berlipatganda

Tentu seseorang yang membaca Al-Quran akan mendapatkan pahala dari setiap hurufnya.

Apabila Anda melakukan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan, maka Allah akan melipatgandakan pahala dengan sepuluh kebaikan.

2. Lebih Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Dengan membaca Al-Quran juga membuat seseorang semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tentu pada bulan Ramadhan ini merupakan kesempatan kita untuk selalu mengimani Al-Quran, yang mungkin tidak kita lakukan pada bulan-bulan lainnya.

3. Jiwa Menjadi Lebih Tenang 

Melakukan tadarus Al-Quran juga memberi kehidupan pada jiwa, akal dan jasadnya.

Jadi, jika kita dengan rutin tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan, maka bisa memiliki ketenangan dan ketentraman hati maupun jiwa.

Tentu saja, akan banyak godaan dalam menjalani puasa. Seringkali hati merasa bergejolak akan menghadapi sesuatu hal yang buruk.

Untuk mencegahnya, hendaknya kita membaca Al-Quran agar terhindar dari perbuatan yang tercela dan hati menjadi lebih tenang.

4. Pikiran Menjadi Lebih Positif

Berpikir positif memang bukan hal yang mudah untuk kita lakukan. Terlebih lagi menahan hawa nafsu selama berpuasa.

Apalagi ketika sedang tertimpa suatu masalah, tidak sedikit orang yang cenderung berpikiran negatif.

Namun dengan membaca Al-Qur’an, hal tersebut dapat memberi pengaruh yang baik dan positif untuk keadaan psikologis seseorang.

5. Waktu Menjadi Lebih Produktif

Bulan Ramadhan menjadi kesempatan kita menggunakan waktu untuk hal-hal yang lebih positif dan bermanfaat.

Sebaiknya kita menggunakan waktu dengan tadarus Al-Quran ketimbang tidur setelah melakukan sholat.

Agar Anda dapat melakukan tadarus Al-Quran, tentu membutuhkan Al-Quran. Tak hanya membaca Al-Quran, Anda dapat mendengarkan ayat suci Al-Quran melalui speaker Quran.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk ini, silahkan untuk klik rekomendasi produk di bawah ini.

Keutamaan Tadarus Al Quran

Keutamaan Tadarus Al Quran

Bagaimana Tata Cara Tadarus Al Quran yang Baik dan Benar?

Dalam membaca Al-Quran tentu tidak sembarang membaca, ternyata ada adab atau tata cara dalam bertadarus Quran yang harus kita penuhi.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam tata cara tadarus Al-Quran yang baik dan benar, agar menuai banyak pahala.

1. Niat Membaca Al-Quran dengan Ikhlas

Keutamaan Tadarus Al Quran
Sumber: shutterstock.com

Seseorang yang membaca Al-Quran hendaknya berniat yang baik, yaitu niat beribadah yang ikhlas karena Allah untuk mencari ridha Allah, bukan mencari ridha manusia atau agar mendapatkan pujian darinya atau ingin popularitas atau ingin mendapatkan hadiah materi dan lain-lain.

Sebagaimana firman Allah dalam Quran Surat Al Bayyinah ayat 5 yang berbunyi:

وَمَآ أُمِرُوٓا۟ إِلَّا لِيَعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ حُنَفَآءَ وَيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ ٱلْقَيِّمَةِ

Wa mā umirū illā liya’budullāha mukhliṣīna lahud-dīna ḥunafā`a wa yuqīmuṣ-ṣalāta wa yu`tuz-zakāta wa żālika dīnul-qayyimah.

Artinya: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

2. Dalam Keadaan Suci dari Najis dan Hadast

Keutamaan Tadarus Al Quran
Sumber: shutterstock.com

Saat hendak membaca Al-Quran, tentunya kita harus dalam kedaan bersuci dari hadas kecil, hadas besar, dan segala najis.

Sebab, yang kita baca adalah wahyu Allah atau firman Allah, bukan perkataan manusia.

Demikian juga dalam memegang, membawa, dan mengambil Al-Quran hendaknya dengan cara yang hormat.

Misalnya, dengan tangan kanan atau dengan kedua belah tangan, kemudian dipeluk atau ditaruh diatas kepala sebagaimana pengajaran orang-orang dahulu, maksudnya menghormati kesucian Al-Quran.

3. Menghadap Kiblat dan Berpakaian Sopan

Keutamaan Tadarus Al Quran
Sumber: unsplash.com

Dalam membaca Al-Quran disunnahkan menghadap kiblat, tenang, menundukkan kepala, dan berpakain  sopan.

Oleh karena itu, jika memungkinkan dan tidak terhalang oleh sesuatu, alangkah baiknya jika kita melaksanakan tadarus pada tempat yang suci.

Selain itu, menghadap kiblat, dan berpakaian sopan seolah-olah pembaca berhadapan dengan Allah untuk berkomunikasi dengan-Nya.

4. Membaca Ta’awwudz dan Basmalah

Keutamaan Tadarus Al Quran
Sumber: unsplash.com

Hendaknya kita membaca ta’awwudz dan basmalah terlebih dahulu sebelum membaca Al-Quran.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Quran Surat An-Nahl ayat 98 yang berbunyi:

فَإِذَا قَرَأْتَ ٱلْقُرْءَانَ فَٱسْتَعِذْ بِٱللَّهِ مِنَ ٱلشَّيْطَٰنِ ٱلرَّجِيمِ

Fa iżā qara`tal-qur`āna fasta’iż billāhi minasy-syaiṭānir-rajīm.

Artinya: “Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.”

Bacalah basmalah sebelum memulai membaca Al Quran agar mendapatkan keberkahan dan mengikuti sunnah Rasulullah yang selalu memulai bacaan awal surah dengan basmalah.

5. Membaca Al-Quran dengan Tartil

Keutamaan Tadarus Al Quran
Sumber: unsplash.com

Tartil memiliki arti membaca Al-Quran dengan perlahan-lahan, tidak terburu-buru, dengan bacaan yang baik dan benar sesuai dengan makhraj dan sifat-sifatnya sebagaimana yang dijelaskan dalam ilmu Tajwid.

Ilmu tajwid tersebut adalah Makharijul Huruf yang artinya membaca huruf sesuai dengan tempat keluarnya seperti pada tenggorokan, tengah lidah, antara dua bibir, dan lain sebagainya.

6. Memahami Makna Bacaan Al-Quran

Keutamaan Tadarus Al Quran
Sumber: unsplash.com

Setiap umat Islam seharusnya mempunyai buku penuntun makna Al-Quran, minimal Al-Quran dan terjemahannya untuk dapat dipajami isinya dan bertanya kepada para ahli jika mendapatkan kesulitan dalam memahaminya.

Segala aspek kehidupan baik di dunia maupun di akhirat, semua terdapat pada Al-Quran. Maka kita sebagai manusia harus mengimani Al Quran dengan memahami maknanya.

Dengan begitu, kita dapat menjalani kehidupan sesuai dengan aturan Al Quran agar selamat.

7. Khusyu dan Khudhu

Keutamaan Tadarus Al Quran
Sumber: pexels.com

Khusyu dan Khudhu memiliki arti merendahkan hati dan seluruh anggota tubuh kepada Allah SWT, sehingga Al-Quran yang dibaca mempunyai pengaruh bagi pembacanya.

Ayat-ayat yang kita baca mempunyai pengaruh rasa senang, gembira, dan banyak berharap ketika mendapati ayat-ayat tentang rahmat atau tentang kenikmatan.

Begitu pula dengan ayat-ayat yang kita baca mempunyai pengaruh rasa takut, sedih, dan menangis ketika ada ayat-ayat ancaman.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Kumpulan Doa Buka Puasa Sesuai Anjuran Rasulullah

Kapan Waktu Terbaik Pelaksanaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan?

Keutamaan Tadarus Al Quran
Sumber: shutterstock.com

Menurut salah satu sumber menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan tadarus Al Quran setiap malam.

Bahkan dalam hadist juga disebutkan kalau Nabi Muhammad SAW selalu membaca Al Quran setiap malam Ramadhan di hadapan Jibril.

Sahabat Abdullah bin Abbas ra. menuturkan:

“Nabi SAW adalah manusia paling dermawan dalam masalah kebaikan. Kedermawanan beliau mencapai puncaknya pada bulan Ramadhan, pada saat berjumpa dengan Malaikat Jibril. Biasanya Malaikat Jibril as. menjumpai Nabi SAW, pada setiap malam di bulan Ramadhan hingga akhir bulan. Nabi SAW membaca Al-Quran di hadapannya. Jika beliau telah berjumpa dengan Malaikat Jibril beliau sangat dermawan dalam masalah kebaikan ibarat angin yang kencang.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al-Quran. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Baqarah ayat 185 yang artinya:

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haqqdan yang bathil).”

Berbicara mengenai waktu utama tadarus Al-Quran tersebut, Imam An Nawawi di dalam kitab Aladzkar menjelaskan tentang waktu-waktu terpilih untuk membaca Al-Quran.

Nah, perlu ada ketahui bahwa waktu yang paling utama untuk membaca Al-Quran adalah ketika di dalam sholat.

Bahkan menurut madzhab Syafi’i dan lainnya berpendapat bahwa memanjangkan berdiri di dalam sholat dengan membaca Al-Quran adalah lebih utama daripada memperpanjang sujud dan gerakan lainnya.

Rekomendasi Produk Tasbih yang Tersedia di Evermos

Keutamaan Tadarus Al Quran

Tidak hanya membaca Al-Quran, amalan lainnya yang bisa Anda lakukan di bulan Ramadhan yaitu dengan berdzikir.

Melaksanakan dzikir tentu membutuhkan benda berupa tasbih. Bahkan seiring perkembangan zaman, kini tersedia tasbih digital.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan atau menjual produk tasbih ini, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Keutamaan Tadarus Al Quran

Demikianlah informasi mengenai keutamaan tadarus Al Quran serta tata caranya yang baik dan benar serta waktu terbaik untuk bertadarus.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda, boleh share artikel ini pada yang lain untuk mengingatkan dalam kebaikan.

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Jangan lupa untuk mengunjungi situs blog Evermos. 

×