5 Keutamaan Surat Ar Rahman yang Akan Didapat Saat Dibaca Rutin

Surat Ar-Rahman memiliki beberapa keutamaan dan memiliki banyak keistimewaan karena banyak memuji nama Allah SWT. Untuk itu, berikut kami berikan ulasan mengenai keutamaan surat Ar Rahman yang bisa Anda dapatkan. Jika dibaca di waktu senggang.

5 Keutamaan Surat Ar Rahman yang Akan Didapat Saat Dibaca Rutin

1. Diridhai oleh Allah Atas Nikmat yang Diberi

keutamaan surat ar rahman
sumber : shutterstock

Keutamaan membaca surat Ar-Rahman yang pertama adalah akan membuat seseorang lebih diridai Allah SWT dalam segala tindakannya. Begitu pun membuat Allah SWT semakin mencintai segala kelemahan hambanya.

Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk sekadar membacanya di waktu senggang. Nantinya pasti bisa menjadi kebiasaan.

Hal ini tertulis dalam tafsir Ats Tsaqolayn bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

Baca Juga : Istimewa! Inilah 6 Keutamaan Membaca Surat Yasin

2. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

keutamaan surat ar rahman
sumber : shutterstock

Untuk bisa merasakan manfaat dan keutamaan dari surat Ar Rahman ini, maka cobalah untuk membacanya di sepertiga malam. Ini adalah waktu senggang yang sebenarnya dan membuat Anda semakin dekat kepada Rabb sang pencipta.

Manfaatnya pun tidak main-main, yakni seorang hamba yang menyempatkan membacanya di malam haari akan mendapat syafaat di hari kiamat.

Bahkan bisa berjumpa dengan Allah SWT di hari kiamat. Tentu saja dengan wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum sejagat raya. Sebagaimana dijelaskan saat Rasulullah SAW bersabda:

“Pada saat itu Allah berfirman: siapakah orang di dunia yang sering bangun malam dan tekun membacamu? Dia menjawab: Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjadi putih. Dan ia berkata kepada mereka: berilah syafaat bagi orang-orang yang mencintai kalian. Kemudian ia memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalau ia berkata kepada mereka: masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.”

Baca Juga : Istimewa! Inilah 5 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

3. Menambah Rasa Syukur

keutamaan surat ar rahman
sumber : shutterstock

Dalam surat ar Rahman ini ada ayat yang diulang dan itu adalah tentang rasa syukur yakni melalui ayat

“fa bi ayyai ala i rabbikuma tukazziban.”

Artinya : Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

Pengulangan ayat fa bi ayyai ala i rabbikuma tukazziban yang artinya “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dusta, kan?”, tentu menjadi pengingat bagi kita bahwa ada banyak sekali nikmat yang telah Allah berikan dan patut kita syukuri.

Untuk itu, bagi siapa saja yang membacanya akan mengingat betapa baik Allah SWT dan rasa syukur pun akan tertanam. Kesadaran akan karunia hidup sebagai manusia yang merdeka akan muncul secara alami dalam jiwa pembacanya.

Oleh karena itu, jika Anda sedang terpuruk cobalah untuk membaca surat Ar-Rahman agar selalu dapat mengingat betapa banyak nikmat yang telah Allah berikan.

4. Dianggap Mati Syahid

keutamaan surat ar rahman
sumber : shutterstock

Dalam tafsir Tsawabul A’mal, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa,

barang siapa membaca Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satupun nikmatMu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (diriwayatkan oleh Imam Ja’far)

Hadist tersebut juga mengingatkan kita untuk membaca Ar Rahman dalam dua waktu, yaitu siang dan malam.

5. Digunakan untuk Mahar Menikah

keutamaan surat ar rahman
sumber : shutterstock

Manfaat membaca surat Ar-Rahman lainnya adalah bisa digunakan sebagai mahar menikah. Mahar ini bisa diberikan dalam bentuk hafalannya terutama bagi yang tidak memiliki harta yang bisa diberikan ketika hendak menikah.

Sementara bagi yang belum bertemu dengan jodoh, membacanya bisa membuat Anda semakin didekatkan dengannya. Tentunya diiring dengan doa yang disampaikan dengan ketulusan.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist Riwayat bukhari bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Maka apabila kіta tіdak memіlіkі mahar berupa baju, cіncіn maupun laіn sebagaіnya, maka dapat dіlakukan dengan cara menghafal salah satu surat dalam Al Qur’an yaіtu surat ar rahman.” (HR. Bukharі)

Waktu Utama Membaca Surat Ar Rahman

keutamaan surat ar rahman
sumber : shutterstock

Surat Ar Rahman tentunya baik untuk dibaca kapanpun, terutama ketika tengah senggang. Namun, lebih berkah lagi ketika mampu membacanya setiap hari setelah selesai shalat fardu maupun shalat sunnah.

Untuk membacanya rutin, cobalah biasakan membacanya dengan istiqomah selama 7 hari. Jika sudah bisa istiqomah dalam waktu 7 hari, seorang muslim dapat menambah durasinya hingga 40 hari.

Jika 40 hari sudah dapat membaca Ar-Rahman dengan istiqomah, maka bisa meneruskannya hingga 100 hari, kemudian 1 tahun dan seterusnya. Lama kelamaan akan menjadi bisa karena terbiasa.

Diharapkan membaca surat ini dengan terus menerus, seorang muslim semakin tahu nikmat dan kebesaran Allah SWT.

Demikianlah ulasan mengenai keutamaan dalam membaca surat Ar Rahman. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambahkan keimanan Anda dan kualitas ibadah Anda.

Semoga kita bisa rutin mengamalkan surat Ar Rahman ini dan menjadi ladang pahala bagi kita.

Untuk membaca artikel doa lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

×