Istimewa! Inilah 5 Keutamaan Surat Al Mulk Sebelum Tidur

keutamaan surat al mulk sebelum tidur sebelum

Surat Al Mulk adalah surat ke 67 dalam alquran. Al mulk ini yang berarti “kerajaan” menceritakan tentang kekuasaan Allah. Karenanya, surat ini memiliki banyak keutamaan apalagi jika dibaca sebelum tidur. Bahkan, Rasulullah SAW tidak akan tidur sebelum membacanya. Lebih lanjut, berikut kami ulas mengenai keutamaan surat al mulk sebelum tidur dalam artikel berikut ini.

5 Keutamaan Surat Al Mulk Sebelum Tidur

1. Diampuni Dosanya

keutamaan surat al mulk sebelum tidur

sumber : shutterstock.com

Dilansir dari beberapa sumber, seorang muslim akan mendapatkan syafa’at dan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT apabila konsisten mengamalkan surat ini setiap harinya.

Sebagaimana hadist Riwayat Dari Abu Hurairoh yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

ـ() عن أبي هريرة، عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: سورة من القرأن، ثلاثون اية؛ تَشْفَعُلصاحبها حتى يُغْفَرَ له: تبارك الذي بيده الملك. (رواه أبو داود واللفظ له, والترمذي وغيرهما، وصححه ابن حبان والحاكم والذهبي، وحسنه الترمذي والألباني)ـ

Artinya : “Ada surat dari Alquran yang terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk.” (HR. Abu Dawud dg redaksinya, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya.

Hadits tersebut shohih dan telah di-shohih-kan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi, sedangkan at-Tirmidzy dan Albani menghasankannya.

Baca Juga : Tidak Hanya Dilancarkan Rezeki, Banyak Keutamaan Surat Al Waqiah Lainnya

2. Bisa masuk ke surga-Nya Allah

keutamaan surat al mulk sebelum tidur

sumber : shutterstock.com

Istimewa, keutamaan surat Al mulk sebelum tidur ialah bisa mengantarkan pada surganya Allah SWT sebagaimana sabda rasul dalam hadist Anas bin Malik berikut ini:

Baca Juga:  Hasbunallah Wanikmal Wakil Artinya Bisa Raih Ketenangan Hati

عن أنس بن مالك قال، قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: سورة من القرآن، ما هي إلا ثلاثون آية، خاصمت عن صاحبها حتى أدخلته الجنة، و هي تبارك. (رواه الطبراني في المعجم الأوسط وحسنه الألباني في صحيح الجامع)ـ

“Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda : “Ada surat dari Alquran ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thabroni)

Baca Juga : 5 Keutamaan Surat Ar Rahman yang Akan Didapat Jika Anda Rutin Membacanya

3. Dihindarkan Dari Siksa Kubur dan Siksa Neraka

keutamaan surat al mulk sebelum tidur

sumber : shutterstock.com

Dengan istiqomah membaca surat Al Mulk, kita bisa terbebas dari pedihnya siksa kubur dan siksa neraka. Sebagaimana hadist Riwayat dari Abdulloh bin Mas’ud yang mengatakan:

“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajalla menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). “Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i)

Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i, dari riwayat al-Hakim dan ia mengatakan: sanadnya shohih, dan menjadi hasan oleh Albani)

Untuk menyempurnakan ibadah Anda Lengkapi koleksi Alquran Anda dengan ragam produk Alquran terlengkap di Evermos.

keutamaan surat al mulk sebelum tidur sebelum

4. Terhindar Dari Maksiat

keutamaan surat al mulk sebelum tidur

sumber : shutterstock.com

Dengan terus menerus membaca surat al mulk kita bisa terhindar dari maksiat. Karena ada perkataan dalam Surat Al-Mulk bahwa orang yang taat kepada Allah adalah orang yang tetap taat meskipun tidak ada yang melihat.

Baca Juga:  6 Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya Untuk Cari Uang Tambahan

Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini yang ada dalam Surat Al Mulk ayat 1 yang memiliki arti :

“Sesungguhnya orang-orang yang takut pada Tuhannya tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar.”

Secara singkat, orang yang taat kepada Allah SWT adalah orang yang tetap taat meskipun tidak ada yang melihat.

“Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat kepada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah”. (QS Al Mulk : 12)

Jadi, karena mereka memahami tafsir mendalam dari surat Al Mulk ini, maka mereka akan semakin memahami akan kebesaran Allah.

Akibatnya mereka bisa lebih taat pada Allah dan takut melakukan maksiat, baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.

5. Menjadikan Orang Bertawakal dan Berikhtiar

keutamaan surat al mulk sebelum tidur

sumber : pixabay.com

Dalam surat Al Mulk ayat 15, Allah menunjukkan isyaratnya mengenai perintah berjalan di muka bumi untuk mencari rizki dengan berdagang, bertani dan sebagainya.

Ayat ini menunjukkan bahwa tawakkal bukan berarti hanya berserah diri pada Allah melainkan juga bekerja dan berusaha. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ

“Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya.” (QS. Al Mulk: 15)

Demikianlah ulasan mengenai keutamaan surat Al Mulk sebelum tidur. Semoga dengan adanya artikel ini menjadikan kita muslim yang semakin taat dalam beribadah.

Koleksi Speaker Quran “Madani” di Evermos

keutamaan surat al mulk sebelum tidur

Untuk menyempurnakan ibadah Anda dengan Koleksi speaker Alquran cantik dari Evermos untuk menemani tidur Anda.

Baca Juga:  Jangan Tergiur! Pahami dulu 9 Bahaya Pinjaman Online sebelum Melakukan Peminjaman

Sekian artikel dari kami. Semoga bermanfaat dan selamat mengamalkan Alquran!

Jangan lewatkan artikel keislaman lainnya, hanya di situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×