6 Keutamaan Puasa Syawal. Sayang Jika Terlewat! Amalkan Sekarang!

Keutamaan Puasa Syawal — Saat ini kita telah memasuki bulan Syawal dimana sejumlah umat muslim dianjurkan untuk menunaikan Puasa sunnah syawal yang dilakukan selama enam hari. Puasa 6 hari ini bisa dilakukan secara berurutan maupun tidak, asalkan masih dalam batas waktu di bulan syawal. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan banyak sekali keutamaan puasa syawal yang bisa kita raih.

Para ulama mengatakan bahwa pelaksanaan puasa syawal ini akan mengganjarkan banyak keutamaan berupa pahala seperti setahun puasa.

Sebagaimana hal ini telah diriwayatkan dalam hadits Ibnu Majah yang menyatakan bahwa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, pernah bersabda, “Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fithri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal.” (HR Ibnu Majah nomor 1715)

Selain satu keutamaan di atas Imam Ibnu Rajab al-Hanbali menyebutkan masih ada lima keutamaan lain yang bosa kita dapatkan dari melaksanakan puasa syawal ini.

Untuk lebih lengkapnya, mari ktia simak ulasan di bawah ini.

Keutamaan Puasa Syawal

1. Mendapatkan Ganjaran Bagai Puasa Satu Tahun

keutamaan puasa syawal
sumber : pexels.com

Keutamaan yang pertama tentunya adalah Mendapatkan pahala yang berlipat ganda, yakni seperti menjalankan puasa selama satu tahun.

Padahal mengerjakan puasa Syawal sunahnya hanya enam hari, tetapi Allah SWT memberikan ganjaran pahala seperti seseorang yang berpuasa selama 12 bulan.

Keutamaan tersebut seperti yang tercantum dalam sebuah hadis berikut ini,



Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama enam hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun.

2. Puasa Sunnah Syawal adalah Penyempurna Puasa Wajib Ramadan

keutamaan puasa syawal
sumber : pexels.com

Hal ini tercantum dalam hadist dari Imam Tirmidzi yang mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Amalan seorang hamba yang dihisab pertama kali di hari kiamat adalah salat. Jika salatnya baik, maka sungguh dia beruntung dan selamat, Jika salatnya buruk, maka sungguh dia celaka dan rugi. Jika ada kekurangan pada salat wajibnya, Allah Ta’ala berfirman, ‘Periksalah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah yang dapat menyempurnakan kekurangan ibadah wajibnya?’ Kemudian yang demikian berlaku pada seluruh amal wajibnya” (HR at-Tirmidzi).

Oleh karenanya, mari kita senantiasa menabung amalan kita dengan melaksanakan puasa syawal ini.

3. Membiasakan Puasa Sunnah adalah Tanda Diterimanya Puasa Ramadhan Kita

keutamaan puasa syawal
sumber : pexels.com

Dalam Islam sesungguhnya saat Allah SWT menerima amal kebaikan seseorang, maka Allah akan menganugerahi umatnya untuk berbuat kebaikan setelah itu.

Ada pendapat sebagian ulama yang mengatakan bahwa ganjaran dari perbuatan baik adalah perbuatan baik setelahnya.

Maka dari itu, siapa saja yang berbuat kebaikan kemudian mengikutkannya dengan perbuatan baik lainnya maka hal yang demikian adalah tanda diterimanya kebaikan yang pertama.

Begitu pun sebaliknya jika orang yang berbuat baik kemudian mengikutkannya dengan perbuatan buruk maka ada kemungkinan ditolaknya kebaikan yang ia kerjakan.

Untuk menyempurnakan ibadah Anda, mari lengkapi perlengkapan ibadah dan kebutuhan muslim lainnya di Aplikasi Evermos. Anda bisa menemukan berbagai pilihan jenis dan model di Aplikasi Evermos.

YUK, GABUNG DISINI!

4. Puasa Syawal adalah Bentuk Syukur Kita Kepada Allah SWT

Melaksanakan puasa sunnah syawal ini adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas anugerah yang melimpah di bulan Ramadhan maupun berupa puasa, qiyamul lail (shalat malam), zakat, lailatul qadar dan lain-lain.

Adapun kita perlu mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan pada saat hari raya idul fitri dimana kita bisa berkumpul bersama keluarga dengan keadaan sehat wal afiat serta masih bisa menikmati kebahagiaan dengan hidangan hari raya.

5. Puasa Syawal Adalah Bentuk Ketetapan Iman Islam Dalam Beribadah.

Dengan berakhirnya bulan suci Ramadan ini bukan berarti ibadah yang kita amalkan sudah selesai, namun hendaknya kita terus berusaha untuk mempertahankan kualitas dan kuantitas ibadah di bulan setelahnya sebagaimana di bulan Ramadhan.

Puasa syawal dapat dikatakan adalah salah satu bentuk usaha yang dapat kita lakukan sebagai bentuk pembiasaan ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadan.

Baca Juga : Puasa 6 Hari Bagaikan 1 Tahun. Inilah Niat Puasa Syawal Serta Tata Caranya. Yuk Amallkan!

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa Syawal juga memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan saat seseorang menahan rasa lapar selama puasa, maka akan memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang dapat menghindarkan dari infeksi.

Menurut sebuah penelitian puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena penciptaan sel darah putih baru tersebut dapat meregenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh. Sehingga hal ini berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai ancaman virus dan bakteri.

7. Mencegah Gangguan Pencernaan

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, puasa juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit yang disebabkan karena gangguan pencernaan. Pasalnya, setelah melaksanakan hari raya Idul Fitri biasanya umat muslim dapat kembali makan tiga kali dalam sehari. Sehingga hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, puasa pada bulan syawal dapat sebagai kontrol untuk menekan porsi makan. Sehingga hal ini dapat mengendalikan transisi setelah mengonsumsi makanan dengan jumlah besar dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Manfaat puasa Syawal bagi kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini pun diungkapkan oleh para peneliti bahwa berpuasa dapat menurunkan tekanan darah, kolestrol, dan kadar trigliserida.

Demikianlah ulasan mengenai Keutamaan puasa syawal ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan kita. Minal aidin Wal Faidzin. Selamat lebaran!

Untuk melengkapi ibadah puasa syawal, maka Anda bisa menemukan berbagai persiapan ibadah ini di Aplikasi Evermos. Tersedia berbagai produk kebutuhan muslim mulai dari perlengkapan ibadah, baju muslim, alquran, hingga kurma.

Selain untuk penggunaan pribadi, produk ini pun bisa Anda gunakan sebagai modal usaha.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai Keutamaan Puasa Syawal ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)