Istimewa! Inilah 10 Keutamaan Puasa Ramadhan yang Penting Untuk Diketahui

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang terdapat berbagai amalan yang istimewa, salah satunya adalah puasa. Umat muslim wajib mengamalkan ibadah puasa, karena terdapat keutamaan puasa ramadhan ini.

Apa saja keutaamaan puasa ramadhan tersebut? Simak ulasan artikel berikut hingga tuntas!

Baca juga: Pahami dengan Benar! Begini Cara Membayar Fidyah Puasa Beserta Ketentuannya Menurut Islam

Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

1. Bulan Penuh Keberkahan

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sumber: pexels.com

Keutamaan bulan Ramadan yang pertama adalah bulan penuh keberkahan.

Bulan ini juga banyak yang menyebutnya dengan bulan Syahrun Mubarak. Hal ini berdasarkan pada dalil hadits Nabi Rasulullah SAW yang mempunyai arti sebagai berikut:

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Agmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi).

Perlu kita ketahui bersama bahwa setiap ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan ini, maka Allah akan melipatgandakan pahalanya.

Selain itu, pada bulan yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan ini, maka tidak hanya keberkahan dalam menuai pahala, melainkan banyak keberkahan lainnya.

Pada bulan Ramadhan ini, seorang muslim hendaknya melakukan amalan sunnah seperti berinfaq dan bersedekah.

Bahkan, kita wajib untuk membayar zakat fitrah yang nantinya ada orang yang berhak menerimanya, seperti orang fakir, miskin, dan lain sebagainya.

2. Bulan Penuh dengan Ampunan

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Keutamaan selanjutnya yaitu kita mempunyai kesempatan yang paling baik untuk penghapusan dosa-dosa.

Tentu saja pada bulan Ramadhan ini merupakan waktu yang baik untuk mengambil kesempatan bertaubat sungguh-sungguh kepada Allah.

Sebagaimana Rasulullah SAW  pernah bersabda dalam sebuah hadits yang artinya:

“Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)

Nah, termasuk dengan melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan ini, maka bisa menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim) Selain itu, sholat tarawih yang dikerjakan pada setiap malam di bulan Ramadan juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Sebagaimana hadis Nabi SAW yang artinya: Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan sholat malam pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Allah Menurunkan Al-Quran pada Bulan Ramadhan

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Tahukah Anda bahwa pada bulan Ramadhan ini, Allah menurunkan Al-Qur’an?

Pada bulan Ramadhan ini tentu menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ

Syahru ramaḍānallażī unzila fīhil-qur`ānu hudal lin-nāsi wa bayyinātim minal-hudā wal-furqān

Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”

4. Allah Membukakan Pintu Surga

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Pada bulan Ramadhan, Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu neraka serta mengikat setan-setan.

Oleh karena itu, Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang telah manusia perbuat pada bulan Ramadhan.

Kita bisa mengamalkan segala amalan seperti berpuasa, membaca Al-Qur’an, melipat gandakan amal perbuatan di bulan Ramadan seperti puasa, tadarus, i’tikaf, zakat, sedekah, dan lain-lain.

5. Allah Melipatgandakan Pahala pada Bulan Ramadhan

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Kita telah tahu bahwa semua amalan-amalan pada bulan Ramadhan akan Allah SWT lipatgandakan pahalanya.

Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Pahala umrah pada bulan Ramadan menyamai pahala ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pada riwayat lainnya juga ada yang menyebutkan bahwa pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji bersamaku (Nabi).

Lalu, dalam riwayat lain juga menyebutkan, Ibnu Rajab rahimahullah berkata:

“Apabila telah tiba bulan Ramadan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan Ramadan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain.”

Agar pahala kita dapat selalu bertambah pada bulan Ramadhan, alangkah lebih baiknya perbanyak amalan kita dengan membaca Al-Qur’an.

Ada produk Al-Qur’an yang dapat Anda gunakan yaitu Al Qosbah dari Evermos. Produk Al Qosbah ini memiliki spesifikasi yang luar biasa karena dapat membantu kita untuk menghafal Al-Qur’an. Silahkan klik rekomendasi produk di bawah ini untuk mendapatkan produk Al-Qur’an terbaik dari Evermos.

Keutamaan Puasa Ramadhan

Keutamaan Puasa Ramadhan

Baca juga: Perhatikan! Penuhi Syarat Wajib Puasa Ini Agar Puasa Anda Diterima

6. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Keutamaan bulan Ramadan lainnya adalah dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan, yaitu malam Lailatul Qadar.

Di bulan Ramadan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu Lailatul Qadar (malam kemuliaan).

Umat Islam berbondong-bondong mencari Lailatul Qadar atau malam kemuliaan.

Ada banyak rahmat yang Allah turunkan pada malam itu.

Sebagaimana dalam QS. Al-Qadr ayat 3, Allah SWT berfirman tentang keistimewaan malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

 Lailatul-qadri khairum min alfi syahr.

Artinya: “Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

7. Berdoa Pada Bulan Ramadhan akan di Mustajabah

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Apabila kita memanjatkan doa pada saat bulan Ramadhan, insya Allah lebih mustajabah.

Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang artinya:

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari apai neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.” (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid)

Jadi, jangan lupa untuk selalu meminta dan berdoa kepada Allah atas segala keinginan, karena Allah akan senantiasa mengabulkannya bagi orang-orang yang Allah kehendaki.

Sebagaimana dalam hadist lain yang menyatakan, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi.” (HR. At Tirmidzi)

8. Pahala Puasa Ramadhan Senilai dengan Puasa 10 Bulan

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Allah mewajibkan umat muslim untuk melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan, tentu ada balasannya.

Balasannya berupa pahala yang berlipat-lipat. Hal ini tentu kita maksimalkan dalam menjalankan ibadah puasa.

Abu Ayub Al-Anshary meriwayatkan hadist Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa (pada bulan Ramadhan) kemudian puasa enam hari pada bulan Syawal, maka hal itu sama seperti puasa setahun.” (HR. Muslim)

Selain itu, dalam hadits lain juga menegaskan. Imam Ahmad meriwayatkan, Nabi SAW bersabda:

“Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuhu bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawawl), hal itu sama nilainya dengan puasa sepurna satu tahun.” (HR. Ahmad)

9. Puasa Ramadhan Bagian dari Rukun Islam

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sumber: pexels.com

Mungkin kita semua sudah mengetahui bahwa puasa merupakan rukun islam yang keempat yang wajib untuk kita tunaikan.

Hal tersebut tertulis dalam QS. Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Syahru ramaḍānallażī unzila fīhil-qur`ānu hudal lin-nāsi wa bayyinātim minal-hudā wal-furqān, fa man syahida mingkumusy-syahra falyaṣum-h, wa mang kāna marīḍan au ‘alā safarin fa ‘iddatum min ayyāmin ukhar, yurīdullāhu bikumul-yusra wa lā yurīdu bikumul-‘usra wa litukmilul-‘iddata wa litukabbirullāha ‘alā mā hadākum wa la’allakum tasykurụn.

Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Selain ayat tersebut, dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:

“Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan, dan haji ke Baitullah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

10. Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sumber: shutterstock.com

Saat berpuasa, seorang muslim menghabiskan sebagian waktu siangnya dalam keadaan lapar dan haus.

Meskipun kita memiliki keinginan makan dan minum, kesadaran keimanannya menolak untuk melakukannya demi memenuhi kehendak tulusnya terhadap perintah Allah.

Dari ketulusan ini, kemudian akan membuat kesadaran pada diri kita bahwa Allah SWT melihat dan mengawasi kita.

Maka dari itu, pada bulan Ramadhan ini kesempatan bagi kita untuk lebih dekat lagi dengan Allah SWT.

Rekomendasi Buah Kurma dan Madu Asli dengan Kualitas Terbaik yang Tersedia di Evermos

Keutamaan Puasa Ramadhan

Untuk menunjang kesehatan Anda dalam berpuasa, tentu saja ada yang perlu Anda perhatikan termasuk dalam mengonsumsi makanan. Salah satu asupan tersebut adalah kurma dan madu. Keduanya merupakan makanan yang sehat dan baik bagi tubuh.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk kurma dan madu dengan kualitas terbaik ini bisa Anda dapatkan di Evermos.

Tak hanya bisa Anda konsumsi sendiri, Anda juga dapat menjual produk-produk tersebut dengan menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Keutamaan Puasa Ramadhan

Keutamaan Puasa Ramadhan

Demikianlah informasi mengenai keutamaan puasa Ramadhan yang perlu Anda ketahui.

Semoga segala amalan kita dapat Allah SWT terima dan senantiasa mendapatkan keridhoan dan keberkahan, khususnya pada bulan Ramadhan.

Jangan lupa untuk mendaftar menjadi reseller Evermos dan selamat berikhtiar!

Untuk membaca artikel menarik lainnya, silahkan untuk mengunjungi situs blog Evermos. 

×