Istimewa! Inilah 6 Keutamaan Membaca Surat Yasin

keutamaan membaca surat yasin

Surat yasin merupakan surat ke-36 terdiri dari 83 ayat. Surat yasin ini sering dijuluki juga sebagai jantung dari Al-Quran karena banyaknya keutamaan membaca surat yasin.

Isi surat Yasin memiliki banyak keutamaan karena mengandung makna dalam, meliputi pokok-pokok keimanan, tanda kekuasaan Allah. peringatan kematian, dan hari akhir.

Biasanya surat yasin ini sering dibaca oleh masyarakat Indonesia khususnya malam Jum’at atau seseorang terkena musibah sakit dan saat tahlilan meninggal dunia.

Surat ini sudah kerap kita amalkan sehari-hari, namun tahukah Anda keutamaan yang terkandung dalam surat ini? Jika belum, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Istimewa! Inilah 5 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

1. Diampuni Dosa-Dosa

keutamaan membaca surat yasin

sumber : unsplash.com

Keutamaan membaca surat yasin yang pertama adalah bisa menghapus dosa-dosa kita.

Memang Tidak ada manusia yang tidak berbuat dosa. Tapi Allah SWT akan selalu mengampuni dosa-dosa hamba-Nya. Salah satu amalan supaya Allah mengampuni dosa adalah membaca Yasin,

Sebagaimana hal ini dijelaskan dalam hadist riwayat At Thabrani. Disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosanya akan diampuni.

Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

2. Meringankan Siksa Kubur

keutamaan membaca surat yasin

sumber : google/bersosial

Menjelang bulan suci Ramadhan atau Syawal biasanya ada satu tradisi ziarah ke makam membacakan surat Yasin.

Kegiatan ini bertujuan untuk meringankan siksa kubur bagi mereka yang dibacakan doanya.  Begitu juga ketika dia adalah orang yang baik akan ditenangkan dalam kubur tanpa rasa takut sedikitpun. Selain itu akan mendapat pahala sebanyak penghuni kubur.

Sebagaimana penjelasan tafsir berikut ini:

“Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat Yasin, maka pada hari itu, Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikan kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373)

Selanjutnya dalam buku Rahasia 7 Surat Pilihan tulisan Mohamad Zaki Abdul Hali mengatakan dari Abu Dawud dan Ibnu Majah dalam kitab sunnahnya, Ma’qil bin Yasar menyebut bahwa Rasulullah pernah berkata:

اقْرَءُوا عَلَى مَوْتَاكُمْ يس

“Bacakanlah surah Yasin kepada orang mati di antara kamu.”

Dalam kitab Subulus Salam karya Ash-Shon’ani, pengertian dalam hadits di atas adalah orang yang sedang sakaratul maut.  Hal ini juga didukung oleh hadist Riwayat Abu Darda dan Abu Dzar, Rasulullah bersabda,

“Tiada yang meringankan siksa seseorang setelah meninggal dunia ketika sakaratul maut melainkan dibacakan surat Yasin di sisinya.”

Baca Juga : Tuai Pahala! Inilah 7 Amalan di Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah

3. Dikabulkan segala hajatnya

keutamaan membaca surat yasin

sumber : unsplash.com

Orang yang membaca Yasin juga akan diijabah segala hajatnya. Hal ini disebutkan dalam kitab Fadhail Al-A’mal karya Maulana Muhammad Zakariya al-Kandahlawi, dari Atha bin Abi Rabah, Rasulullah bersabda:

 من قرأ يس حين يُصبِح أُعطِى يُسْرَ يومِه حتى يُمسِى

“Barang siapa membaca Yasin pada permulaan hari, dipenuhi segala keperluannya.”

Manfaat membaca surat yasin sebanyak 3x ternyata bisa membuat keberkahan hidup semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena pahala dalam membaca alquran ini.

Jika hidup diberkahi Allah SWT maka segala urusan di dunia maupun akhirat pasti akan dilancarkan. Karena Allah selalu memberi jalan pada hamba-hambanya yang taat. Seperti contohnya mengamalkan ayat suci Al-Quran ini.

“Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

4. Kelancaran rezeki

keutamaan membaca surat yasin

sumber : unsplash.com

Istimewa, surat yasin ini juga bisa jadi salah satu jalan untuk kelancaran rezeki. Segala keinginannya InsyaAllah akan diijabah bisa kita terus istiqomah dan berusaha sekuat tenaga.

“Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari  maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549)

5. Dianggap Mati Syahid

keutamaan membaca surat yasin

sumber : unsplash.com

Surat yasin bisa melindungi kita agar terbebas dari petaka. Allah SWT akan melindungi, dan keselamatan selama hidup di dunia, bahkan di di akhirat.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam satu hadist bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin tiap malam akan dipermudah ajalnya dan ia meninggal dalam keadaan syahid.

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

6. Mendapat ketenangan hati

keutamaan membaca surat yasin

Sumber: google/bersosial

Keutamaan terakhir ialah surat yasin bisa mendatangkan ketenangan dan kebahagiaan hati. Terutama ketika surat yasin dibaca setiap hari, maka akan terhindar kegelisahan batin. Serta akan banyak orang juga yang menyukai atas izin Allah SWT.

Hal ini sebagaimana tertera dalam surat Ar-ra’ad ayat 28 bahwa,

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-ra’ad :28).

Demikianlah 6 keutamaan membaca surat yasin. Semoga setelah membaca artikel ini ktia bisa senantiasa meningkatkan ketaatan kita dan rajin membaca surat yasin. Semoga senantiasa kita diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Untuk membaca artikel kumpulan doa lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×