Istimewa! Inilah 5 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Hari Jumat adalah hari yang spesial bagi umat muslim, banyak ibadah yang disunnahkan di hari jumat salah satunya adalah membaca surat al kahfi. Surat al kahfi sangat bagus dibaca di hari jumat karena banyak keutamaan membaca surat Al kahfi

Al Kahfi yang begitu banyak keistimewaannya ini merupakan Surat ke-18 dalam Al Quran yang terdiri atas 110 ayat. Surat ini terdapat dalam Al Quran juz 15 dan di awal juz 16.

Al Kahfi membahas berbagai hal terkait keimanan, hukum-hukum islam, serta pengingat akan hari kiamat.

Surat ini menjelaskan berbagai konsep keimanan, seperti kekuasaan Allah SWT hingga dasar-dasar Tauhid dan kalimat-kalimat Allah (ilmu-Nya) yang sangat luas. Selain itu, surat Al Kahfi menceritakan beberapa kisah yang bisa dijadikan hikmah dan pembelajaran bagi umat islam sepertu kisah Nabi Musa AS dan yajuj, majuj.

Bahkan saking istimewanya surat ini, terdapat Beberapa hadis Rasulullah SAW membahas tentang surat ini.

Jadi, sebenarnya Apa saja keutamaan dari surat al-kahfi ini? Mari kita simak ulasan mengenai keutamaan membaca surat al kahfi.

Baca Juga : Baca Doa Agar Terhindar Dari Fitnah Dajjal Ini Agar Dilindungi Allah SWT

1. Memancarkan Cahaya Pada Hari Kiamat

Keutamaan membaca surat al kahfi
Sumber: google/bersosial

Keutamaan Surat Al Kahfi yang pertama bagi seorang muslim yang membacanya di malam Jumat atau hari Jumat, adalah bisa memancarkan cahaya di hari kiamat.

Sebagaimana Rasulullah SAW bahwa,



مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi; shahih)

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ كَمَا أُنْزِلَتْ ، كَانَتْ لَهُ نُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka ia akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat” (HR. Hakim dan ia menshahihkannya)

Selanjutnya, Ada hadist lain yang mengatakan bahwa surat al kahfi bisa memberi cahaya di dunia dan akhir zaman.

“Siapa yang membaca Surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad)

Mari segera perbanyak amalkan bacaan surat ini dengan bertadarus. Ingin memiliki Al-Qur’an dengan desain yang menarik? Anda bisa mendapatkannya di Evermos. Segera miliki produk Al-Quran yang memiliki banyak kebermanfaatan untuk Anda. Jangan lupa, Alquran di Evermos ini sangat istimewa. Bisa custom desain dan nama sesuai keinginan Anda!

Selain memilikinya sendiri, Anda pun dapat menjual produk dengan menjadi reseller Evermos.

daftar reseller evermos gratis

Insya Allah dengan menjual produk yang sangat bermanfaat bagi kehidupan seseorang ini menjadi keberkahan tersendiri bagi Anda.

2. Menyelamatkan dari Fitnah Dajjal

Keutamaan membaca surat al kahfi
sumber : unsplash.com

Jika seseorang membaca dan menghafalkan 10 ayat pertama dan 10 ayat terakhir dari surat Al-Kahfi, maka Allah SWT akan melindunginya dari fitnah dajjal. Hal ini dijelaskan dalam hadis berikut:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Barangsiapa hafal sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim)

3. Diampuni dosanya antara dua Jum’at

sumber : unsplash.com

Keutamaan surat Al Kahfi berikutnya adalah orang yang membacanya di hari Jumat akan mendapatkan ampunan di antara dua Jumat. Hal ini dijelaskan pada hadist berikut Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah SAW bersabda

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (Hadits riwayat Ibnu Umar dalam at-Targhib wa al-Tarhib)

4. Mendapat Petunjuk dan Bimbingan Allah

sumber : unsplash.com

Cahaya tidak didapat hanya saat hari kiamat, namun juga akan didapatkan di dunia. Cahaya yang dimaksud adalah mendapatkan petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT.

Dengan keutamaan ini maka teranglah langkah orang yang membaca Surat Al Kahfi di hari jumat Sebab Allah memberinya cahaya hingga Jumat berikutnya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini:

إِنَّ مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Sesungguhnya barangsiapa membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat” (HR. Hakim)

Dekatkan diri kepada Allah dengan membaca Alquran. Insyaallah hidup berkah dan selamat. Mari kita secara seksama mengamalkan bacaan al kahfi ini.

Lebih baik lagi jika kita bisa menjalani hari dengan lantunan ayat alquran melalui alunan murrotal.

Ingin memiliki speaker quran yang berkualitas? Anda bisa menemukannya di Aplikasi Evermos.

Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan produk ini untuk berjualan. Dapatkan komisi hingga jutaan rupiah perbulannya. Yuk segera daftar sekarang!

Yuk, Gabung Disini!

5. Dijauhkan dari Godaan Setan

Keutamaan membaca surat al kahfi
sumber : unsplash.com

Keutamaan membaca surat Al-kahfi selanjutnya adalah dijauhkan dari godaan setan. Hal ini dijelaskan dalam hadist berikut ini:

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa “ Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”

Demikianlah ulasan mengenai keutamaan membaca surat al kahfi. Semoga kita senantiasa bisa rutin mengamalkannya dan bisa mendapatkan semua keutamaannya.

Ingin memiliki Al-Qur’an dengan desain yang menarik? Anda bisa mendapatkannya di Evermos.

Evermos menyediakan Al-Qur’an seperti produk Syaamil yang memiliki beberapa kelebihan, antara lain terdapat terjemah per kata, blok 4 warna untuk memudahkan menghafal, penanda tajwid berwarna pada huruf, hingga terdapat audio motivasi dan audio tilawah dengan cara scan QR Code.

Segera miliki produk Al-Quran yang memiliki banyak kebermanfaatan untuk Anda. Jangan lupa custom desain dan nama sesuai keinginan.

Selain memilikinya sendiri, Anda pun dapat menjual produk dengan menjadi reseller Evermos.

Insya Allah dengan menjual produk yang sangat bermanfaat bagi kehidupan seseorang ini menjadi keberkahan tersendiri bagi Anda.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Silahkan klik di bawah ini untuk mendaftar dan mulai berjualan menjadi reseller Evermos.

Doa Meluluhkan Hati Seseorang

Demikianlah informasi mengenai keutamaan surat al kahfi. Jangan lupa untuk membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau hari Jum’at.  Semoga informasi ini dapat bermanfaat, jangan lupa share artikel ini kepada yang lain sebagai pengingat dalam kebaikan dan sebagai amalan sunnah yang dilakukan pada hari Jum’at.

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Jangan lupa untuk mengunjungi situs Blog Evermos. 

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)