Jangan Lewatkan! 5 Keutamaan Malam Lailatul Qadar Penuh Berkah

keutamaan malam lailatul qadar

Keutamaan Malam Lailatul Qadar — Salah satu malam yang paling istimewa di bulan ramadhan adalah malam Lailatul Qadar.

Pada saat momen ini, para umat muslim berlomba lomba untuk mendapatkan banyak kebaikan, seperti bersedekah, membaca Al-Quran, beritikaf, qiyamul lail, memanjatkan doa dan sebagainya.

Malinnā anzalnāhu fī lailatil-qadram lailatul qadar juga di sebutkan dalam Al-Quran yaitu surat Al-Qadar, yang berbunyi sebagai berikut.

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
innā anzalnāhu fī lailatil-qadr
Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.”

Pada kesempatan kali ini Admin akan mengulas tentang apa itu malam lailatul qadar, kapan datangnya dan keutamaan malam lailatul qadar.

Apa Itu Malam Lailatul Qadar

keutamaan malam lailatul qadar

sumber : shutterstock.com

Malam Lailatul Qadar adalah suatu malam yang dijanjikan oleh Allah SWT dengan berbagai keutamaan dan kemuliaannya. Secara harfiah arti dari lailatul qadar adalah berarti malam ketetapan.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang amat mulia yang bahkan kebaikannya lebih dari mengerjakan ibadah 1000 bulan.

Sehingga, manusia tidak dapat membayangkan betapa mulianya. Karena itu, ketika menjelaskan tentang peristiwa ini, dalam Al Quran mendahulukan ungkapan,

“Wa maa Adraka (dan apakah yang menjadikan engkau mengetahui) Lailatu’l Qadr (malam Lailatul Qadar).”

Kata-kata ini menyiratkan dan mengungkapkan bahwa manusia tidak dapat menggambarkan mulianya malam itu dan nalar manusia tidak cukup untuk menjangkaunya.

Kendati demikian, menurut Quraish Shihab, bukan berarti malam lailatul qadar ini tidak dapat ditemui atau menemui orang selain Rasulullah SAW. Kita masih bisa melakukan berbagai macam upaya untuk bisa mencapai keutamaan dari malam lailatul qadar ini.

Kapan Datangnya Malam Lailatul Qadar

keutamaan malam lailatul qadar

sumber : shutterstock.com

Rasulullah SAW selalu menganjurkan umatnya untuk mempersiapkan diri dalam menyambut malam istimewa ini salah satunya dengan beritikaf. Karena anjuran ini, banyak orang yang menanti kapan akan datangnya malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar ini diduga Rasulullah akan datang dalam sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadhan. Sebab, ketika saat saat itu diharapkan bahwa jiwa manusia yang berpuasa selama 20 hari sebelumnya sudah lebih suci.

Pembahasan waktu datangnya malam Lailatul Qadar ini disampaikan Quraish Shihab dalam bukunya yang berjudul Lentera Al Quran.

Ustadz Quraish Shihab menuturkan bahwa sesungguhnya hanya Allah yang mengetahui kapan akan datangnya malam Lailatul Qadar. Namun diduga malam laiatul qadar ini akan terjadi pada malam ganjil setelah tanggal 20 Ramadhan, tetapi bisa saja sebelumnya.

dari sini kita bisa menyimpulkan bahwasanya umat muslim perlu untuk mempersembahkan ibadah terbaiknya setiap saat sebagai bentuk menyambut datangnya malam lailatul qadar.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk memperbanyak i’tikaf dan ibadah khususnya pada malam-malam ganjil setelah dua puluh hari Ramadhan.

Banyak orang yang mencari tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar. Namun, sebenarnya banyak riwayat yang diperselisihkan keshahihannya menyangkut tanda kehadiran malam Lailatul Qadar.

Sesungguhnya tanda yang paling jelas adalah sikap dan perilaku keseharian orang yang mendapatkannya. Lailatul Qadar dalam Al Quran digambarkan sebagai salam kedamaian hingga terbitnya fajar.

Oleh karena itu, malam Lailatul Qadar ini bisa menjadikan hati seseorang yang mendapatkannya akan selalu damai dan tenteram. Allah akan mengantarkan seseorang dari ragu menjadi yakin, dari kebodohan menjadi ilmu, dari lalai menjadi ingat, khianat menjadi amanat, riya menjadi ikhlas, hingga sombong menjadi tahu diri.

Tanda munculnya malam lailatul qadar ditandai dengan orang yang mendapatkannya selalu mengarah pada kebaikan karena bimbingan malaikat hadir di malam itu.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

keutamaan malam lailatul qadar

sumber : shutterstock.com

1. Malam Lebih Baik dari Seribu Bulan

Salah satu julukan yang paling tersohor ialah bahwa malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam Lailatul Qadar ini, malaikat-malaikat mulai turun dan memenuhi bumi.

Turunnya malaikat Jibril dan para malaikat di malam Lailatul Qadar ini tercantum pada Al Quran surat Al Qadar ayat 3-4:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ – ٣

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ – ٤

Malam kemuliaan ini lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.”

Dalam ayat ini, Allah menyatakan bahwa sebagian dari keistimewaan malam Lailatul Qadar adalah turunnya para malaikat bersama Jibril sehingga tampak oleh Nabi SAW terutama Jibril yang menyampaikan wahyu. Saat itu, Allah SWT  telah menyiapkan nabi untuk menerima wahyu yang akan disampaikan kepada manusia,

Pada malam Lailatul Qadar Ini, malaikat ikut bersyukur bersama manusia atas kebesaran malam Lailatul Qadar. Hal ini menjadi bantuk kemuliaan manusia yang menjadi khalifah Allah di muka bumi.

Turunnya malaikat menjadikan seseorang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar selalu mengarah kepada kebaikan. Hal ini salah satunya karena ada malaikat bersama mereka.

2. Malam Turunnya Al Quran

Keutamaan malam Lailatul Qadar lainnya adalah merupakan malam turunnya Al Quran. Hal ini tercantum dalam dalil surat Al Qadar ayat 1 yang berbunyi

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam qadar.”

Dalam ayat ini disampaikan bahwa Allah menurunkan Al Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad dari Lauhul Mahfudz ke ke Baitul ‘Izzah di langit dunia pada malam qadar.

Turunnya Al Quran pada malam Lailatul Qadar menjadi penting. Karena Al Quran menjadi pegangan hidup yang juga mengajarkan prinsip-prinsip kemaslahatan.

3. Membawa Kedamaian

Keutamaan malam Lailatul Qadar selanjutnya adalah menjadi pembawa kedamaian yang dirasakan sampai terbitnya fajar. Hal ini disebutkan dalam firman Allah di surat Al Qadar ayat ke-5 bahwa

سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ – ٥

Artinya: “Sejahteralah (malam itu) sampai terbit Fajar.

Lewat ayat ini, Allah menyatakan bahwa malam Lailatul Qadar dipenuhi kebajikan dan keberkahan dari permulaan sampai terbitnya fajar.

Makna fajar disini bisa juga diartikan sampai terbitnya fajar kehidupan manusia di akhirat nanti, atau seumur hidupnya. Dengan kata lain, orang yang menjumpai malam Lailatul Qadar akan merasakan kedamaian dan mampu memberi kedamaian kepada sesamanya.

Ciri-ciri kedamaian orang yang menjumpai malam Lailatul Qadar yakni tidak menggerutu, damai dengan semua makhluk Allah SWT memberi kebaikan pada mereka, dan tidak mengganggunya.

4. Malam penuh berkah

Allah SWT berfirman,

“Sesungguhnya, Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (Q.S Al-Dukhan: 3-5)

5. Malam Pengampunan Dosa

Pada malam Lailatul Qadar, dosa umat muslim akan diampuni. Allah SWT telah membukakan pintu ampunan seluasnya bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,

“Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

Pencatatan kembali takdir seluruh makhluk hingga tahun berikutnya.

Dalam surat Ad-Dukhan ayat empat, dijelaskan bahwasanya pada malam Lailatul Qadar, Terjadi penetapan perkara (takdir) dengan penuh hikmah. Sebagaimana dikatakan Ibnu Katsir rahimahullah bahwa,

“Pada malam Lailatul Qadar ditetapkan di Lauhul Mahfuzh mengenai takdir dalam setahun yaitu terdapat ketetapan ajal dan rezeki, begitu pula berbagai kejadian yang akan terjadi dalam setahun.

Bacaan Doa 

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Allahumma anta as-salam wa minka as-salam wa ilaika ya’udu salam fahayyina rabbana bi as-salam wa adhkilnal jannata darassalam tabarakta Rabbana wa ta’alaita ya dzal jali wal ikram.

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah yang Maha Damai, dari-Mu bersumber segala kedamaian. Maka, hidupkanlah kami dalam kedamaian. Dan, masukkanlah kami ke dalam surga-Mu yang penuh dengan kedamaian, wahai Tuhan yang Maha Agung lagi Maha Mulia. “

Pada malam ini umat Muslim sangat dianjurkan untuk mencari malam lailatul qadar yaitu dengan melakukan amalan-amalan lailatul qadar.

Amalan Untuk Lailatul Qadar

keutamaan malam lailatul qadar

sumber : shutterstock.com

Dikutip dari perkataan Habib Quraish Shihab bahwasanya dalam menjemput malam Lailatul Qadar hendaknya kita isi dengan beribadah, beliau menggariswabahi bahwasanya apapun yang dilakukan selama karena Allah adalah ibadah.

Ciptakan kedamaian dengan Allah, dengan berzikir dan beristighfar serta muhasabah diri.

Kita dapat mengerjakan amalan lainnya untuk meraih keutamaan malam lailatul qadar sebagai berikut.

  1. Sholat Tarawih
  2. Tahajud
  3. Qiyamul Lail
  4. Sholat Malam Lailatul Qadar
  5. Berdzikir
  6. Perbanyak Doa
  7. Bersedekah
  8. Membaca Buku Islami
  9. Menonton Film Islami
  10. Beritikaf
  11. Membaca Al Quran

Selain habluminallah hendaknya pun kita harus menjalin habluminannas yang baik termasuk membantu seseorang yang membutuhkan, membaca bacaan yang bermanfaat, dan bekerja dengan tekun.

Kita harus baik terhadap sesama lewat sikap yang baik.

Pada hakikatnya, Lailatul Qadar penuh dengan kedamaian dan insya Allah akan hadir kepada yang hidup damai, walaupun sedang mengalami haid atau uzur.

Demikianlah ulasan mengenai keutamaan malam Lailatul Qadar.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat kualitas ibadah dan keimanan Anda semakin meningkat.

Sekian artikel mengenai keutamaan malam lailatul qadar jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang ingin bisnis online langsung dari HP, dapat bergabung menjadi reseller Evermos sekarang juga.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×