Inilah 7 Keutamaan Bersedekah yang Perlu Anda Ketahui

Sedekah merupakan salah satu sunnah yang sangat dianjurkan. karena dari Sebagian harta yang kita miliki sesungguhnya ada Hak orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, banyak keutamaan bersedekah yang bisa kita dapatkan.

Jadi, Apa itu sedekah? Sedekah berasal dari kata  sha-da-qa yang artinya benar atau jujur. Dari sini kita bisa mengartikan bahwa sedekah adalah memberikan sesuatu pada orang lain dalam bentuk kebaikan baik harta maupun sikap perbuatan.

Bersedekah merupakan ibadah yang tidak dibatasi oleh waktu ataupun jumlah. Bentuknya pun dapat berupa materi maupun non materi.Artinya segala bentuk perbuatan baik  itu adalah sedekah.

Amalan ini cukup mudah dilakukan namun sangat banyak keutamaannya. Ingin tahu apa saja?  Untuk itu, mari kita pahami 8 keutamaan bersedekah ini agar senantiasa menjadi pengingat bagi kita.

Baca Juga :  Perlu Dipahami! Inilah Perbedaan Infak dan Sedekah Serta Keutamaannya

Keutamaan Bersedekah

1. Pahala Berlipat Ganda

keutamaan bersedekah
sumber : pexels.com

Imbalan bersedekah yang paling utama adalah mendapatkan pahala berlipat ganda. Pahala yang didapat akan lebih besar lagi jika sedekah yang dilakukan ikhlas dari hati tanpa unsur Riya. Bersedekah haruslah tanpa rasa pamer dan menyombongkan harta yang disedekahkan.

Yang perlu kamu ketahui adalah dengan sifatnya Al Basir, Allah Maha Melihat. Dia melihat hamba-Nya melakukan walau hanya kebaikan yang sedikit. Begitu pula sedekah, bersedekah dengan apa yang kamu miliki akan dilihat oleh Allah SWT.

Sedekah seperti tabungan yang memiliki keuntungan berlipat. Bagi orang yang menggunakan harta pribadinya untuk bersedekah maka mereka akan mendapat 7 kelipatan.

Tidak hanya itu, bahkan tiap kelipatan diberi kelipatan lagi oleh Allah hingga. Hanya dengan 1 ibadah, pahala yang didapat sudah menjadi 700.

Seperti inilah keutamaan sedekah dalam Al Quran seperti tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 261.

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Maṡalullażīna yunfiqụna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin ambatat sab’a sanābila fī kulli sumbulatim mi`atu ḥabbah, wallāhu yuḍā’ifu limay yasyā`, wallāhu wāsi’un ‘alīm

 Artinya: Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Baca Juga : Jangan Salah! Beginilah Cara Menghitung Zakat Penghasilan yang Benar

2. Mendapat Imbalan Berlipat-lipat

keutamaan bersedekah
sumber : pexels.com

Selain mendapat pahala yang berlipat ganda, sedekah juga mampu mendatangkan rezeki yang berlimpah.

Tidak perlu takut untuk kehabisan harta atau jatuh miskin setelah bersedekah, karena Allah SWT menjanjikan balasan rezeki yang berlipatganda. Baik dalam bentuk uang atau rezeki lainnya yang tidak bisa diukur oleh materi.

3. Menyucikan Diri

keutamaan bersedekah
sumber : pexels.com

Dengan menyedekahkan harta yang kita miliki, maka InsyaAllah dosa-dosa orang yang bersedekah akan dihapuskan.

Hal ini tentu saja bisa didapat jika dibersamaan dengan taubat atas dosa yang diperbuat.

4. Terhindar dari Marabahaya

keutamaan bersedekah
sumber : pexels.com

Diri terhindar dari marabahaya merupakan salah satu jenis rezeki dari Allah SWT yang tak terukur dengan materi.

Terdapat dua sabda dari Rasulullah SAW yang membahas ini yaitu sedekah dapat menutup 70 pintu kejahatan dan musibah tidak dapat mendahului sedekah.

5. Sebagai Jaminan Hari Akhir

keutamaan bersedekah
sumber : pexels.com

Orang yang bersedekah merupakan golongan orang yang akan mendapatkan naungan di hari akhir.

Maknanya adalah ketika hari akhir tidak ada yang bisa melindungi dari panasnya matahari, maka orang yang bersedekah akan berada di bawah naungan yang menyejukkan.

Hal ini bisa didapatkan jika Anda bersedekah tanpa pamrih. Benar-benar ikhlas karena ingin membantu sesama karena Allah SWT.

6. Terbebas dari Siksa Kubur

keutamaan bersedekah
sumber : pexels.com

Ketika berada dalam kubur dan menunggu hari kiamat datang, terdapat banyak pertanyaan perihal duniawi yang ditanya oleh malaikat.

Pada saat hal ini berlangsung, sedekah yang sering Anda lakukan bisa menyelamatkanmu dari siksa kubur.

Sebagaimana Rasulullah SAW mengatakan dalam HR Thabrani bahwa: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur”.

7. Memperpanjang Umur

keutamaan bersedekah
sumber : pexels.com

Sedekah dipercaya dapat memperpanjang umur seseorang. Hal ini dikarenakan kualitas hidup akan meningkat seiring melakukan sedekah. dengan bersedekah, akan membuat hati terasa tenang dan terhindar dari segala marabahaya dan bentuk kejahatan.

Demikianlah ulasan mengenai keutamaan sedekah untuk menjadi pengingat bagi Anda. semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa semakin rajin dalam bersedekah.

Jika Anda ingin bersedekah, infak, zakat, ataupun wakaf semua sudah bisa Anda lakukan dari Aplikasi Evermos.

Untuk membaca artikel islami menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

×