Ingin Menabung Emas? Simak 6 Keuntungan Investasi Emas Berikut Ini

Keuntungan Investasi Emas

Ingin berinvestasi yang menjanjikan di masa depan? Dengan menabung emas adalah salah satu solusinya. Berinvestasi emas dinilai sangat menguntungkan lho. Lalu apa saja keuntungan investasi emas? Yuk, simak pada ulasan artikel berikut ini!

Saat ini, investasi emas telah menjadi primadona banyak orang, mulai dari kalangan dewasa hingga millennials. Makannya tak heran bila banyak diminati, karena investasi emas memiliki keuntungan utama di mana kecenderungan harganya yang selalu naik dari tahun ke tahun.

Baca juga: Yuk, Pahami Investasi Jangka Panjang Agar Anda Bisa Kaya Di Hari Tua!

Keuntungan Investasi Emas

1. Sifatnya Mudah Dicairkan

Keuntungan Investasi Emas

Sumber: pexels.com

Keuntungan pertama dengan berinvestasi emas adalah sifatnya yang mudah dicairkan. Tidak seperti jenis investasi lain, investasi emas yang berupa tabungan emas mudah dicairkan, baik yang dilakukan secara digital maupun konvensional.

Lembaga keuangan penyedia tabungan emas juga menyediakan dua alternatif, mencairkan dalam bentuk uang tunai sesuai dengan saldo gram emas, atau bisa juga dengan dicairkan sebagai emas batangan.

Bagi para pemegang investasi ini tentu akan merasakan cara yang relatif mudah dan waktu yang relatif singkat serta lebih fleksibel daripada jenis investasi lainnya.

2. Bebas Pajak

Keuntungan Investasi Emas

Sumber: pexels.com

Berbeda dengan memiliki saham pada suatu perusahaan tertentu. Keuntungan yang didapat dari investasi yang baik pada suatu perusahaan tak lantas langsung dinikmati oleh para pemegang saham perusahaan tersebut.

Pasalnya, mendapatkan keuntungan ini terkadang juga diikuti dengan adanya pajak atau terkadang bentuk keuntungan tersebut bukanlah dalam bentuk uang tunai namun tambahan lembar saham perusahaan.

Dengan memiliki emas sebagai barang investasi merupakan pilihan yang tepat bila kamu menginginkan investasi bebas pajak.

3. Melindungi Nilai Kekayaan

Keuntungan Investasi Emas

Sumber: pexels.com

Emas sangat cocok bila disebut sebagai investasi yang paling mampu melindungi nilai kekayaan seseorang. Karena nilainya cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Perlindungan investasi emas terhadap kekayaan seseorang dapat dicerminkan dari harganya yang selalu stabil dan cenderung mengalami kenaikan.

Dengan begitu, ketika dijual kembali, pemegang investasi emas cenderung mendapatkan hasil balik yang lebih tinggi.

4. Bisa Menabung dengan Nominal Kecil

Keuntungan Investasi Emas

Sumber: pexels.com

Beberapa penyedia layanan tabungan emas biasanya mensyaratkan nominal minimum tertentu saat menyetor tabungan.

Namun nilainya relatif sangat kecil, bisanya setoran minimal ditetapkan sebesar Rp 5.000,-

Jika dulu emas sebagai logam mulia diperdagangkan per batang atau per kilo, kini setiap investor bisa mencicil tabungan emas mereka.

Tentunya, kepraktisan ini menjadikan emas sebagai instrumen yang cocok bagi investor muda, bahkan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang ingin mulai berinvestasi sejak dini.

Jaminan keamanan yang sulit diperoleh dari instrumen investasi lain yaitu risiko rendah dan harga yang amat terjangkau. Dengan berinvestasi emas, kedua aspek tersebut tentu akan kamu rasakan.

Baca juga: Kamu Boros? Begini Cara Menabung Dengan Cepat Dan Tepat

5. Bisa Menjadi Jaminan Atau Digadai

Keuntungan Investasi Emas

Sumber: pexels.com

Beberapa lembaga keuangan penyedia tabungan emas juga memberikan fasilitas kredit dengan jaminan tabungan emas.

Hal ini tentu bisa jadi alternatif bagi penabung emas yang membutuhkan dana mendesak namun enggan mencairkan tabungan emasnya.

Apalagi, pengajuan kredit dengan jaminan tabungan emas saat ini bisa dilakukan secara digital tanpa perlu datang ke kantor cabang bank maupun lembaga keuangan.

Dengan adanya teknologi digital tentu akan sangat memudahkan kita.

6. Tidak Perlu Menyimpan Fisiknya

Keuntungan Investasi Emas

Sumber: pexels.com

Keuntungan yang terakhir dengan berinvestasi emas yaitu kamu tidak perlu menyimpan fisiknya.

Ketika membuka tabungan emas, otomatis emas yang kita simpan sesuai dengan konversi dari uang yang disetorkan, akan disimpan oleh lembaga keuangan penyedia layanan tabungan emas.

Tabungan emas bisa dicairkan kapan saja. Sehingga, kita terhindar risiko kehilangan emas jika menyimpannya di rumah.

Kamu juga tidak perlu pusing menempatkan emas di safety deposit box di bank yang tentunya membutuhkan biaya.

Nah, itulah beberapa keuntungan berinvestasi emas yang perlu kamu ketahui.

Jadi, sudah menabung emas belum? Kalau belum, mulailah dari sekarang! Karena investasi emas ini merupakan investasi jangka panjang yang tentunya sangat menjanjikan di masa depan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan temukan informasi menarik lainnya di artikel pada situs blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×