Indahnya Kata Mutiara Al Quran dan Hadis, Baca dan Resapi ke Hati

Kata Mutiara Al Quran dan Hadis – Tanpa kita sadari dan jarang diketahui bahwa kalimat-kalimat yang ada di dalam Al-Quran dan hadis memiliki keindahan. Sudah mengetahuinya? Jika belum artikel ini akan memberikan kata mutiara yang ada di dalam Al-Quran dan hadits.

Al-Quran menjadi pedoman hidup umat muslim dan pegangan untuk menjalani kehidupan di dunia dan mencapai kenikmatan di akhirat.

Oleh karena itu Allah menurunkan Al-Quran melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW agar umat Rasulullah selamat dunia dan akhirat.

Maka dari itu tak heran jika di dalam Al-Quran banyak sekali kalimat yang memiliki keindahan sehingga dapat menyentuh hati yang membacanya.

Tak hanya Al-Quran, hadist Nabi Muhammad SAW juga tak jarang yang memiliki makna yang begitu indah.

Penasaran? Baiklah, berikut ini beberapa kata mutiara Al Quran dan hadis yang bisa Anda baca dan resapi.

Kata Mutiara Al Quran dan Hadis pada Surat Al-Zalzalah Ayat 7

Kata Mutiara Al Quran dan Hadis
Sumber: pexels.com

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat biji zarah pun, niscaya akan melihat balasannya.” (Q.S Al-Zalzalah: 7).

Ayat ini menceritakan tentang betapa adilnya Allah kepada hambanya. Allah akan memberikan balasan kepada setiap manusia yang melakukan sesuatu.

Salah satunya adalah kebaikan, Allah berjanji pada ayat tersebut bahwa siapapun yang berbuat baik meskipun hanya sekecil biji zarah maka akan mendapat balasan kebaikan pula.

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Kata Mutiara Al Quran dan Hadis Riwayat Tirmidzi

Kata Mutiara Al Quran dan Hadis
Sumber: google.com/bersosial

“Orang yang cerdas adalah orang yang mengendalikan dirinya dan bekerja untuk kehidupan setelah kematian.” (HR Tirmidzi).

Hadits ini menceritakan bahwa orang yang cerdas adalah orang yang memikirkan akhirat, bukan hanya dunia saja.

Karena umat muslim harus percaya bahwa kehidupan yang kekal adalah hidup di alam akhirat. Kita tinggal memilih mau surga atau neraka. Jika ingin surga maka bekerjalah untuk bekal di akhirat agar masuk ke dalam surga.

Kata Mutiara Al Quran dan Hadis pada Surat Asy-Syuura ayat 43

Kata Mutiara Al Quran dan Hadis
Sumber: shutterstock.com

“Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya perbuatan tersebut termasuk hal-hal yang diutamakan.” (Q.S Asy-Syuura: 43).

Ayat ini menjelaskan bahwa pada kondisi apapun bersabar dan memaafkan adalah hal yang lebih baik dari apapun.

Oleh karena itu setiap muslim diajarkan untuk selalu bersabar dan memaafkan. Karena Allah pun memiliki sifat pemaaf, maka manusia juga harus mampu memaafkan orang lain.

Kata Mutiara Al Quran dan Hadis pada Surat Al-Baqarah Ayat 216

Kata Mutiara
Sumber: shutterstock.com

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Q.S Al-Baqarah: 216).

Kata mutiara Al Quran dan hadis di atas yang terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 216 tersebut menunjukkan kebesaran Allah.

Allah mengetahui apa yang tidak diketahui oleh hambanya. Mesikpun itu hal yang baik bagi manusia, namun Allah lebih mengetahui bahwa itu adalah hal yang buruk.

Kata Mutiara Hadits Riwayat Ahmad 

Hadist Tentang Sedekah
Sumber: shutterstock.com

“Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan bisa mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR Ahmad).

Kata mutiara di atas adalah sebuah renungan bagi kita. Bahwa siapapun yang tidak bisa mensyukuri nikmat yang sedikit, maka ia tidak akan bisa mensyukuri nikmat yang banyak.

Karena orang yang tak pandai bersyukur adalah orang yang tidak pernah merasa cukup hidupnya. Maka kita wajib bersyukur atas apapun yang kita dapatkan agar selalu diberikan kenikmatan yang lebih banyak.

Kata Mutiara dalam Surat At Taubah Ayat 129

kata bijak
Sumber: shutterstock.com

“Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Allah dengan hati yang puas, maka masuklah ke dalam rombongan hamba-hamba Ku dan kemudian masuklah ke surga Ku.” (Q.S At Taubah: 129).

Kemudian kalimat pada penggalan ayat di atas pun merupakan renungan bagi kita bahwa untuk mencapai kematian yang tenang dan masuk ke surga, membutuhkan usaha yang keras saat di dunia.

Misalnya jangan berbuat dosa dan meninggalkan yang dilarang oleh Allah SWT.

Kalimat Bijak dalam Hadits Riwayat Muslim

hadits
Sumber: shutterstock.com

“Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah kepada Allah, jangan engkau lemah.” (HR Muslim).

Hadits ini menyampaikan bahwa Allah Maha Penolong bagi hambanya. Maka kita sebagai hamba Allah harus melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Selain itu jangan sampai lemah dan berputus asa jika datang masalah kepada kita. Karena Allah selalu ada dan tidak akan memberikan ujian di luar batas kemampuan hambanya.

Kalimat Mutiara Tentang Kematian pada Surat An-Nisa Ayat 78

Ayat Tentang Kehidupan
Sumber: shutterstock.com

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkanmu, kendatipun kamu berada dalam benteng yang tinggi dan kokoh.” (Q.S An-Nisa: 78).

Kata mutiara Al Quran dan hadis pada surat An-Nisa di atas adalah pengingat bagi semua manusia.

Sekeras apapun kita bersembunyi untuk menghindari kematian, maka tak akan bisa. Karena Allah sudah menetapkan takdir setiap hambanya.

Jadi itulah beberapa kata mutiara Al Quran dan hadis yang bisa dijadikan sebagai renungan dan mawas diri agar selalu ingat kepada Allah. Semoga kita selalu diberikan kenikmatan oleh Allah SWT.

Baca terus artikel tentang kata-kata bijak dan artikel islami menarik lainnya hanya di Blog Evermos.

Kemudian jika Anda ingin berjualan tanpa modal dan mendapatkan penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya, langsung saja bergabung menjadi reseller Evermos di sini.

×
slot88