90+ Kata Kata Bijak untuk Anak yang Melawan Orang Tua, Mengharukan dan Manjur!

Seorang anak sudah seharusnya menghormati dan menuruti perkataan orang tuanya. Namun sampai saat ini, masih banyak anak yang justru tidak menghargai orangtuanya. Apabila terjadi hal seperti itu, maka perlu memberikan kata kata bijak untuk anak yang melawan orang tua.

Apalagi jika anak berada pada usia remaja yang masih labil, maka perlu diberi nasehat yang baik dan lemah lembut. Sebab jika ditegur dan menghardik dengan kata-kata kasar, anak akan semakin melawan dan malah akan memperparah keadaan. 

Menangani anak memang suatu hal yang tidak mudah, selain mereka membutuhkan perhatian, anak juga membutuhkan pendidikan dari orangtuanya.

Orangtua yang baik akan memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak mereka, serta dapat mengayomi anak-anak mereka agar dapat bertumbuh dengan baik.

Oleh karena itu, baik antara orangtua maupun anak memerlukan komunikasi yang efektif untuk membangun pengertian satu sama lain.

Jika Anda seorang orangtua yang sedang menghadapi kondisi seperti ini, simak artikel ini untuk mengetahui berbagia kata-kata bijak untuk anak yang melawan orangtua. 

Penyebab Anak Melawan Orang Tua Menurut Islam

Kata Kata Bijak Untuk Anak yang Melawan Orang tua
Sumber: pexels.com

Dalam Islam, anak adalah sebuah titipan, sehingga orangtua perlu menjaganya dan merawatnya dengan sebaik mungkin. 

Namun, para orangtua mungkin akan merasa gemas apabila buah hati mereka malah tidak mengikuti perkataan kedua orangtua, apalagi apabila konteksnya adalah perkataan yang positif. 

Sikap membantah yang ditunjukkan oleh sang anak membuat kedua orangtua menimbulkan pertanyaan di benak mereka, “apakah penyebab anak melawan orangtuanya?.”

Islam memberikan penjelasan mengenai beberapa penyebab anak melawan orangtua. Simak pada penjelasan berikut ini.

1. Perkataan yang Menyakiti Hati

Terkadang pepatah “ada sebab, ada akibat” bisa saja menjadi alasan mengapa anak tiba-tiba melawan kepada orangtuanya. Mungkin Anda perlu mengingat-ngingat kembali, barangkali ada tingkah laku atau perkataan yang Anda lontarkan yang juga menyakiti hati sang anak.

Ternyata tidak hanya anak saja yang bisa mendapatkan cap durhaka, akan tetapi orang tua juga memiliki potensi yang sama. Maka dari itu, Anda perlu melakukan refleksi diri sendiri barangkali Anda pernah salah ucap atau melakukan tindakan yang ternyata tidak disukai anak.

2. Kurang Memberi Perhatian

Beberapa orang menganggap mengurus anak adalah hal yang merepotkan. Meskipun tidak bisa dipungkiri mengurus anak memang terkadang melelahkan, mulai dari keperluan makannya, pakaian, hingga pendidikannya. 

Sehingga tak jarang banyak yang beranggapan bahwa jika kebutuhan dasar seoraang anak sudah terpenuhi, maka anak tidak menginginkan kebutuhan lainnya seperti perhatian dan kasih sayang orangtua. 

Padahal, dengan memberikan perhatian yang layak kepada anaknya, anak akan merasa orangtua menyayangi, mengerti, dan memahami mereka. 

Oleh karena itu, sebagai orangtua Anda dapat memberikan perhatian dan rasa kasih sayang kepada sang anak sehingga anak juga akan menghormati dan menyayangi Anda sebagai orangtunya. 

3. Salah Mendidik Anak

“Memang ada ya orang tua yang salah mendidikan anak?”

Mungkin Anda akan bertanya-tanya mengenai hal tersebut. Tapi ternyata beberapa keluarga memang mengalami hal demikian. Namun, masalahnya banyak orangtua yang tidak menyadari kesalahan mereka dalam mendidik anak.

Misalnya, setiap orangtua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Sehingga, sedari kecil mereka memaksa anak untuk rajin belajar dan membatasi waktu bermain sang anak. Padahal, anak tersebut masih berada pada usia yang ingin bermain.

Atau contoh lainnya, ketika orang tua terlalu otoriter kepada anaknya. Sehingga anak akan tumbuh sebagai pribadi yang takut atau jutsru melawan kepada orangtuanya.

Sebab anak yang tidak mendapatkan kebebasan maka cenderung akan bersikap memberontak kepada orangtuanya.

4. Tidak Menanamkan Pendidikan Akhlak

Ketika anak bersikap salah, orangtua cenderung langsung menyalahkan pribadi anak terlebih dahulu. Padahal sebetulnya jika melihat dari sudut pandang si anak, bisa saja mereka tidak mengerti kesalahan apa yang telah mereka lakukan. 

Apabila orangtua memahami landasan agama Islam dalam mendidik anak, maka orang tua tidak akan mudah marah kepada anaknya. Mereka akan mendidik anak dengan pendidikan akhlak, sambil menjadi orangtua dengan akhlak yang baik dan dapat menjadi contoh kepada sang anak. 

Sehingga jika anak melawan orang tua, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kurangnya pendidikan akhlak yang mereka tanamkan kepada anak. Apalagi jika orangtua juga tidak mencerminkan akhlak yang baik kepada anak.

5. Jarang Mengajarkan Sopan Santun

Anak yang tumbuh tanpa mendapatkan kasih sayang, perhatian dan pendidikan non formal dari orangtuanya cenderung akan tumbuh menjadi anak yang suka melawan.

Sikap seperti menolak dan tidak mau mengikuti perintah orangtua bisa jadi timbul karena seorang anak tidak mendapatkan pendidikan sopan santun yang layak.

Pendidikan tidak hanya sekadar untuk memberitahu mana yang benar atau mana yang salah. Akan tetapi, pendidikan juga berarti dapat mencontohkan perilaku yang benar kepada anak-anak.

6. Tidak Mengawasi Pergaulan Anak

Menurut salah satu hadits, karakter seseorang dapat ditentukan dari sahabat terdekatnya. Dalam konteks anak yang melawan orangtua, bisa saja salah satu penyebabnya adalah perilaku yang kurang baik dalam pergaulan dan lingkungan pertemanan sang anak. 

Apabila orangtua tidak memperhatikan pergaulan anak, maka konsekuensi yang akan diterima cukup berat. Sebab, apabila anak sudah terlanjur masuk ke dalam pergaulan yang salah, maka akan  berakibat fatal pada perilaku dan kepribadiannya.

Oleh karena itu, sebagai orangtua Anda perlu mengawasi pergaulan anak. Bukan untuk mengekang, akan tetapi untuk memberikan pemahaman mana teman yang baik bagi dirinya.

Baca juga: Kata Bijak Dimudahkan Segala Urusan, Baca Ini Setiap Pagi!

Kumpulan Kata Kata Bijak Untuk Anak yang Melawan Orang Tua

Kata Kata Bijak Untuk Anak yang Melawan Orang tua
Sumber: pexels.com

Setelah Anda memahami berbagai penyebab anak melawan orang tua menurut Islam, kini saatnya Anda memberi nasehat kepada anak dengan kata-kata yang baik, yang bisa Anda dapatkan pada informasi berikut ini. 

1. Kata Bijak Tentang Anak yang Melawan Orangtua 

Nasihat yang tepat akan memberikan pemahaman kepada sang anak bahwa perilakunya tidak dapat ditolerir. Memberi nasehat dengan lemah lembut dan tidak menegur atau melakukan kekerasan fisik adalah tindakan yang sangat tepat yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua. 

Berikut adalah kata kata bijak untuk anak yang melawan orang tua.

  • “Ketika hati sedang bimbang, tahan lidah untuk berbicara. Terkadang diam memainkan peran penting agar tidak menyakiti seseorang.”
  • “Hidup adalah pilihan yang Anda buat. Jika Anda tidak ingin terlihat bodoh, jangan lakukan hal-hal bodoh.”
  • “Ibu tiri tidak seburuk yang digambarkan di sinetron.” –Arumi E
  • “Ketika hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk berbagi kebahagiaanmu dengannya, tetapi ketika kamu terluka, ibumu selalu datang untuk menerima sebagian dari lukamu.”
  • “Aku selalu berusaha untuk menyemangati pagi hari, bahkan ayah selalu tampak bersemangat meskipun hidup sulit.”
  • “Jangan berpikir tidak ada cukup waktu untuk menunjukkan betapa kamu peduli.”
  • “Anakku, jangan sedih meski aku hanya memelukmu sebentar karena yang perlu kamu tahu, HATI IBU memelukmu selamanya.”
  • “Kita boleh berharap, tapi jangan bermimpi kosong, berusaha mewujudkannya boy, meski tidak sempurna.”
  • “Ketika semua orang menghina dan menghindarimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ibumu tidak pernah malu atau malu untuk tinggal bersamamu.”
  • “Hati seorang ibu adalah ruang kelas di mana anaknya belajar.” —Henry Ward Beecher
  • “Cinta ibu adalah yang paling menenangkan. Itu tidak mengambil banyak bentuk dan menenangkan seperti oasis di gurun yang panjang dan kering.”
  • “Meskipun tidak mungkin menjadi ibu yang sempurna, seorang ibu harus berusaha menjadi ibu yang terbaik untuk anak-anaknya.”
  • “Orang tuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka, tetapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka.”
  • “Tidak ada orang yang mencintaimu lebih dari ibumu. Dan dia tetap bersedia mencintaimu meskipun dia bukan orang yang paling kamu cintai.”
  • “Menjadi anak yang saleh dan tidak pernah menyakiti hati orang tua adalah hal yang paling di inginkan orang tua kita.”

Baca juga: 10 Kata Bijak Tidak Merepotkan Orang Lain, Baca Ini Biar Semangat!

2. Kata-kata Mutiara Tentang Orang Tua yang Mendapatkan Perlawanan dari Anaknya

Kata Kata Bijak Untuk Anak yang Melawan Orang tua
Sumber: pexels.com
  • “Jangan pernah melupakan orang tuamu, mereka adalah alasan mengapa dan siapa kamu di sini.”
  • “Perasaan terbaik di dunia adalah melihat orang tuamu tersenyum karenamu.”
  • “Tidak peduli apa pendidikan, jabatan, dan kekayaan Anda, itu semua tidak ada artinya jika orang tua masih dalam kesulitan.”
  • “Tidak ada yang lebih buruk dari seorang anak manusia yang membiarkan orang tuanya meninggal dan di berkati dengan kemakmuran.”
  • “Sekali orang tuamu melakukan kesalahan, apakah kamu tega meninggalkan mereka meskipun mereka merawatmu dari kandungan hingga dewasa?”
  • “Orang tua terkadang melakukan kesalahan yang berujung pada cedera dan trauma. Saya menyesal. Ingatlah cinta dan kasih sayangnya, lalu cintai dan cintai dia.”
  • “Sampai kapanpun dan berapapun usiamu, kamu tetap anak orang tuamu. Tidak ada mantan anak dan tidak ada mantan orang tua. Maka cintai, sayangi, dan temani mereka sampai akhir hayatnya. Jangan pernah pergi seperti mereka yang tidak pernah meninggalkanmu.”
  • “Tidak akan pernah ada kebahagiaan jika kamu meninggalkan orang tuamu.”
  • “Bahkan jika Anda memberikan semua yang Anda miliki sekarang, Anda tidak akan pernah bisa membayar hutang Anda kepada orang tua Anda. Di atas segalanya, tanpa memberikan apa pun dan meninggalkannya.”
  • “Meninggalkan orang tuamu hanya karena mereka melakukan kesalahan padamu adalah keputusan yang akan membuatmu menderita selamanya.”
  • “Jangan mengira orang tua akan menanyakan hal yang berbeda kepada anaknya yang sudah bekerja. Mengetahui bahwa kehidupan anaknya baik-baik saja sudah cukup untuk membuatnya bahagia.”
  • “Tuhan tidak akan segan-segan menghukum manusia di dunia jika telah menyakiti orang tuanya.”
  • “Keberhasilan seorang pria di mulai dengan ketakwaan terhadap orang tuanya.”
  • “Tidak mungkin mencintai kedua orang tua yang mengasuh dan membesarkannya. Bagaimana kamu bisa mencintai orang lain selain dirimu sendiri?”
  • “Tidak ada yang lebih baik bagi seorang anak daripada mencintai dan merawat orang tua mereka yang sudah lanjut usia.”

Baca juga: Sindiran Halus Kata bijak untuk Orang Sombong

3. Kata-kata Kecewa Orang Tua Terhadap Anaknya

Sumber : Pexels.com
  • “Aku sangat kecewa denganmu. Kamu telah membuatku kecewa dalam banyak hal.”
  • “Aku berharap kamu bisa lebih dewasa dan bertanggung jawab atas tindakanmu.”
  • “Sudah berapa kali aku menegurmu, tapi kamu tetap melakukan hal yang sama.”
  • “Apa yang kamu lakukan sangat mengecewakan aku. Kamu telah mengecewakan harapan dan impian yang aku miliki untukmu.”
  • “Sudahkah kamu memikirkan dampak tindakanmu terhadap keluarga dan orang lain?”
  • “Apa yang kamu lakukan bertentangan dengan nilai-nilai keluarga kita.”
  • “Aku merasa kamu tidak menghargai usaha dan waktu yang telah aku investasikan padamu.”
  • “Kamu tidak memikirkan dampak buruk tindakanmu terhadap masa depanmu sendiri.”
  • “Aku sangat kecewa dengan sikapmu yang tidak dewasa dan terkesan tidak bertanggung jawab.”
  • “Apa yang kamu lakukan sangat merugikan orang lain, terutama keluarga kita.”
  • “Aku merasa kamu tidak menghargai nilai-nilai moral dan etika yang aku ajarkan padamu.”
  • “Kamu membuatku merasa malu dan kecewa sebagai orang tua.”
  • “Sudahkah kamu memikirkan bagaimana tindakanmu akan berdampak pada reputasi dan nama baik keluarga kita?”
  • “Kamu telah melupakan nilai-nilai agama yang aku ajarkan padamu.”
  • “Aku berharap kamu bisa belajar dari kesalahanmu dan tidak mengulanginya lagi.”
  • “Sudahkah kamu memikirkan bagaimana dampak tindakanmu terhadap orang yang kamu cintai?”
  • “Apa yang kamu lakukan sangat bertentangan dengan cita-cita dan impian yang aku miliki untukmu.”
  • “Kamu harus bertanggung jawab atas tindakanmu dan mengambil tindakan untuk memperbaikinya.”
  • “Apa yang kamu lakukan sangat mengecewakan aku, tapi aku masih mencintaimu dan ingin membantumu memperbaiki kesalahanmu.”
  • “Aku berharap kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan menghindari tindakan yang dapat merugikan dirimu dan orang lain.”

4. Kata Kata Bijak Buat Anak yang Menyakiti Orang Tua 

Sumber : Pexels.com
  • “Kamu harus selalu berpikir sebelum bertindak, terutama ketika berkaitan dengan orang yang paling dekat denganmu seperti orang tua.”
  • “Kamu tidak akan pernah mengerti betapa berharganya orang tuamu sampai kamu menjadi seorang tua sendiri.”
  • “Tidak peduli apa yang terjadi, ingatlah bahwa orang tua selalu mencintaimu.”
  • “Jangan biarkan kekesalanmu merusak hubunganmu dengan orang tua. Berbicaralah dengan mereka dan coba mencari solusi bersama.”
  • “Orang tua selalu menginginkan yang terbaik untukmu, bahkan jika itu terkadang sulit dipahami.”
  • “Jangan pernah meremehkan peran orang tua dalam hidupmu. Mereka selalu berusaha keras untuk memberikan yang terbaik untukmu.”
  • “Menghargai orang tua bukan hanya tentang mematuhi perintah mereka, tapi juga tentang memberikan perhatian dan waktu untuk bersama-sama.”
  • “Ketika kamu menyakiti orang tua, kamu tidak hanya melukai hati mereka, tapi juga merugikan dirimu sendiri.”
  • “Bahkan jika kamu merasa kesal atau tidak setuju dengan orang tua, jangan pernah membiarkan emosimu mengambil alih tindakanmu.”
  • “Jangan pernah lupakan semua pengorbanan yang telah dilakukan oleh orang tua untukmu. Bersyukurlah atas semua hal yang mereka berikan.”

5. Kata Bijak untuk Anak yang Melawan Ibu

  • “Ingatlah bahwa apa yang kamu lakukan atau katakan pada ibu, akan selalu membekas dalam pikiran mereka. Pikirkan baik-baik sebelum mengatakan atau melakukan sesuatu yang dapat menyakiti hati mereka.”
  • “Jangan pernah meremehkan peran ibu dalam membentuk karakter dan nilai-nilai yang kamu miliki saat ini.”
  • “Kamu akan selalu menjadi anak ibu, jadi jangan biarkan keegoisanmu merusak hubunganmu dengan ibu.”
  • “Hargai dan hormati ibu, karena ibutelah memimpinmu ke arah yang benar selama hidupmu.”
  • “Ingatlah bahwa kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Jika kamu melakukan kesalahan pada ibu, mintalah maaf dan belajarlah dari kesalahanmu.”
  • “Kamu tidak akan pernah menyesal untuk selalu berbuat baik pada ibu Lakukanlah hal-hal yang membuat mereka bangga.”
  • “Jangan pernah membandingkan ibu dengan orang lain. Setiap ibu memiliki cara dan metode yang berbeda dalam mendidikmu.”
  • “Saling menghargai dan mendukung satu sama lain adalah kunci dalam menjaga hubungan yang baik dengan ibu.”
  • “Saat kamu mencapai usia dewasa, jangan pernah lupa untuk tetap menghormati dan menghargai ibu, karena ibu tetap membutuhkanmu.”
  • “Jangan pernah menunda-nunda untuk mengatakan “aku mencintaimu” pada ibu, karena saat kamu kehilangan ibu, kata-kata tersebut akan selalu terdengar terlambat.

6. Kata Mutiara untuk Anak Perempuan dari Orang tua Agar Kembali Bersemangat

Kata Kata Bijak Untuk Anak yang Melawan Orang tua
Sumber: pexels.com
  • Bersabarlah putriku, belajarlah kesabaran dan hidup akan lebih mudah. – Catherine Pulsif
  • Sekarang percayalah pada hati yang percaya padamu. -Emily Bronte
  • Yang paling saya harapkan untuk putri saya adalah dia bisa terbang dengan percaya diri di langitnya sendiri. – Helen Claes
  • Tapi senyum putriku membuatku melupakan setiap cobaan. – Raymond-Raoul Lambert
  • Putriku, saat kami mengalami masa sulit, kami juga memiliki kenangan manis yang memungkinkan kami mengatasi tantangan yang kami hadapi. – Anna Butler
  • Anak perempuan terkadang bisa terlalu serius, mengajari mereka untuk tertawa dan tidak menganggap hidup terlalu serius. -Catherine Pulsifer
  • Dari seorang putri kami menerima kenangan manis dan bahagia tentang hari-hari yang telah berlalu, melodi hati di saat ini, dan harapan yang penuh harapan untuk masa depan. -Byron Pulsifer
  • Membesarkan anak perempuan itu seperti menanam bunga. Anda melakukan yang terbaik Jika Anda melakukan pekerjaan Anda dengan baik, itu akan berkembang. Dan setelah itu dia pergi.
  • Gadis-gadis mengerti bahwa ketika mereka dewasa mereka menjadi teman baik. -Catherine Pulsifer
  • Putriku adalah pencapaian terbesarku. Dia sedikit bintang dan hidup saya telah banyak berubah menjadi lebih baik sejak dia tiba. -Denise Van Outen

7. Kutipan Kata Bijak untuk Anak Perempuan

  • Adalah tugas Anda sebagai orang tua untuk membantu putri Anda mengidentifikasi tujuannya, mengembangkan bakatnya, dan belajar bagaimana bergaul dengan orang lain. Ini bukan pekerjaan yang di bayar dengan baik atau mudah, tetapi ini sangat bermanfaat dan menurut kami salah satu pekerjaan terpenting yang pernah Anda lakukan. -Mary Anne Richey
  • Anda lebih dari putri saya; Kamu juga sahabatku.
  • Anak saya adalah anak saya sampai dia mendapatkan seorang istri. Tapi putriku adalah putriku sepanjang hidupnya. -Thomas Fuller
  • Putriku adalah hal terpenting dalam hidupku. Aku berjuang hanya untuk dia. -Artelia Moore Cox
  • Cinta seorang putri membuat hidup layak di jalani. Itu memenuhi hatiku dan aku tetap dengan itu.
  • Bersabarlah putriku, belajarlah kesabaran dan hidup akan lebih mudah. – Catherine Pulsif
  • Sekarang percayalah pada hati yang percaya padamu. -Emily Bronte
  • Yang paling saya harapkan untuk putri saya adalah dia bisa terbang dengan percaya diri di langitnya sendiri. – Helen Claes
  • Tapi senyum putriku membuatku melupakan setiap cobaan. – Raymond-Raoul Lambert
  • Putriku, saat kami mengalami masa sulit, kami juga memiliki kenangan manis yang memungkinkan kami mengatasi tantangan yang kami hadapi. – Anna Butler.

Semoga dengan adanya bijak untuk anak yang melawan orang tua berikut dapat menjadi nasihat yang baik bagi sang anak.

Tayangan Kata Kata Bijak Untuk Anak yang Melawan Orang Tua 

Selain membaca kata-kata bijak untuk anak yang melawan orang tua inilah video motivasi tentang kata kata mutiara bijak orang tua yang di berikan kepada anaknya.

Demikianlah artikel mengenai Kata Kata Bijak Untuk Anak yang Melawan Orang tua, semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Temukan berbagai kata-kata bijak dan informasi menarik lainnya hanya di Blog Evermos.

Selain itu, Anda dapat menemukan peluang bisnis yang terpercaya dan menjanjikan di Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)