10 Peristiwa Penting di Bulan Muharram, Muslim Wajib Tahu!

Dalam sejarah umat Muslim, Bulan Muharram adalah bulan yang Allah SWT muliakan di dalamnya. Ternyata, ada beberapa peristiwa yang menarik yang wajib diketahui oleh seorang Muslim agar semakin mengenal Bulan Muharram. Tanggal 10 Muharram terdapat peristiwa 10 Muharram yang patut diambil hikmahnya. Apa saja? Yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Mengapa belajar sejarah Islam itu diperlukan dan penting? Sebab Allah SWT ingin memberikan pengajaran bagi umat sesudahnya agar dapat mengambil pelajaran tentang kehidupan.

Kemudian agar kita dapat mencontoh bagaimana sikap Muslim seharusnya saat menerima ujian kehidupan.

Dan diharapkan dapat memahami bahwa adanya sejarah atau peristiwa masa lalu dapat menjadi hikmah yang bisa diambil.

Apa itu Peristiwa 10 Muharram?

Secara pengertian, peristiwa 10 Muharram adalah kumpulan-kumpulan sejarah atau peristiwa yang pernah terjadi pada bulan Muharram di tanggal 10.

Tokoh atau pelaku yang terlibat dalam kumpulan peristiwa tersebut adalah Nabi dan Rasul terdahulu.

Beberapa peristiwa 10 Muharram mengisahkan Allah SWT mengampuni dan menerima taubatnya para Nabi dan Rasul.

10 Peristiwa Penting di Bulan Muharram

1. Diterimanya Taubat Nabi Adam

Peristiwa diterimanya taubat Nabi Adam disebut juga dengan Isthofa Adam. Diceritakan bahwa sebelumnya Nabi Adam AS melakukan dosa yaitu memakan buah khuldi yang dilarang oleh Allah SWT hingga menyebabkan dirinya turun ke bumi.

Doa Nabi Adam AS sebagai pertobatan kepada Allah SWT tercatat dalam firman Allah SWT di Surah Al A’raf ayat 23. 

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Artinya: Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.

Kemudian dikatakan setelah 300 tahun lamanya Adam bertaubat, Allah SWT lalu mengampuni dan menerima taubatnya.

2. Nabi Idris AS Diangkat ke Langit

Setelah peristiwa Nabi Adam, salah satu keturunannya yaitu ada Bani Qabil. 

Allah SWT mengutus Nabi-Nya kembali untuk memperingatkan dan berdakwah kepada Bani Qabil yaitu Nabi Idris AS. Sosoknya yang istimewa yaitu sangat sabar, sehingga pada detik terakhir kehidupannya Allah SWT memuliakan derajat dan mengangkat martabatnya tinggi.

Nabi Idris AS diangkat ke langit oleh Jibril sebelum menemui ajalnya di langit yang ke-4 bertemu dengan malaikat maut.

Allah SWT memberikan wahyu agar Nabi Idris wafat bukan ketika berada di bumi, melainkan berada di atas langit sebagai maksud firman, 

“Dan Kami telah mengangkatnya ke tempat (martabat) yang tinggi.”

3. Berlabuhnya Perahu Nabi Nuh AS di Gunung Judd

Peristiwa 10 Muharram berikutnya datang dari Nabi Nuh yang dikisahkan berdakwah hampir selama 10 abad lamanya.

Nabi Nuh AS diperintahkan untuk menyeru kepada kaumnya agar dapat menaiki sebuah bahtera dan memperingatkan akan adanya azab dari Allah SWT.

Pada 10 Muharram, kapal Nabi Nuh merapat di Bukit Zuhdi setelah mengalami banjir bandang yang melanda saat itu. Ini juga menjadi pertanda bagi Nuh dan para pengikutnya yang masih percaya akan selamat dari banjir besar yang menyapu banyak makhluk.

4. Nabi Yusuf AS Bebas dari Penjara

Setiap Nabi Allah SWT memiliki keistimewaannya sendiri. Nabi Yusuf AS memiliki keistimewaan wajahnya yang tampan dan rupawan, sehingga terdapat banyak ujian dan cobaan yang melanda dirinya.

Akibat fitnah keji yang diturunkan kepada Nabi Yusuf AS karena dituduh telah menggoda Zulaikha, sehingga Nabi Yusuf mendekam di penjara.

Pada Bulan Muharram juga, akhirnya Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara setelah memberikan tafsir mimpi kepada sang Raja.

5. Diampuninya Nabi Daud AS

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan sekecil apapun.

Namun, perlu dipahami bahwa kita haruslah menerima setiap takdir baik dan buruk yang sudah Allah tetapkan.

Sama halnya seperti para Nabi terdahulu yang melewati beberapa ujian hingga akhirnya menjadi manusia yang mulia di sisi Allah SWT dengan bertaubat.

Diantaranya adalah Nabi Daud AS yang mendapatkan ujian berupa fitnah penglihatan.

Allah Ta’ala mengampuni Nabi Daud setelah ia sujud selama 40 hari tanpa makan dan minum. Bulan Muharram, tepatnya 10 Muharram, diyakini sebagai hari dimana Allah Ta’ala mengampuni Nabi Dawud setelah dia melakukan silih dengan bersujud kepada Allah secara terus menerus selama 40 hari 40 malam tanpa makan dan minum.

6. Kerajaan Nabi Sulaiman AS Kembali

Kisah Nabi Sulaiman AS yang kehilangan kerajaan dan kekuasaannya disebutkan dalam ayat 34 Al-Qur’an Surah Shad

وَلَقَدْ فَتَنَّا سُلَيْمَٰنَ وَأَلْقَيْنَا عَلَىٰ كُرْسِيِّهِۦ جَسَدًا ثُمَّ أَنَابَ

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah menguji Sulaiman dan Kami jadikan (dia) berbaring di singgasananya dalam keadaan badan (lemah karena sakit), kemudian Dia bertaubat.”

7. Kesembuhan Nabi Ayub AS

Nabi Ayub AS saat itu disuruh menjalani cobaan berupa penyakit yang tak kunjung sembuh. Tapi dia tidak menyerah sampai Allah (SWT) menyembuhkannya pada tanggal 10 Muharram. Ayat yang dibacakan Nabi Ayub AS tercantum dalam surat Al Anbiya ayat 83

وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِىَ ٱلضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Ayub ketika ia berseru kepada Tuhannya: “(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku ditimpa penyakit, dan Engkau Maha Penyayang lagi Maha Penyayang.”

8. Nabi Yunus AS Keluar dari Perut Ikan

Pada 10 Muharram mengajarkan untuk tidak menyerah, menghadapi kesulitan hidup dan tidak ragu untuk berkorban. Doa Nabi Yunus AS yang dibaca sampai keluar dari perut ikan tercantum dalam surat Al Anbiya ayat 87

وَذَا ٱلنُّونِ إِذ ذَّهَبَ مُغَٰضِبًا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِى ٱلظُّلُمَٰتِ أَن لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, kemudian dia mengira bahwa Kami tidak akan mempersulitnya, maka dalam keadaan yang sangat gelap dia berseru: “Ada tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim.”

9. Bertemunya Nabi Yusuf AS dan Nabi Yakub AS 

Nabi Yakub AS meminta pengampunan dari anak-anaknya setelah ia melukai Nabi Yusuf AS dengan mendorongnya ke dalam sumur. Kisah Nabi Yakub AS diberikan dalam surat Yusuf ayat 98:

قَالَ سَوْفَ أَسْتَغْفِرُ لَكُمْ رَبِّىٓ ۖ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: Ya’qub berkata: “Aku akan memohon ampunan Tuhanku untukmu.

10. Lahir dan Naiknya Nabi Isa AS ke Langit

Pada tanggal 10 Muharram, Allah (SWT) menunjukkan kekuasaan-Nya dengan menyelamatkan Nabi Isa (as) dari umatnya dengan mengangkatnya ke surga. Kisah ini diceritakan dalam surat Ali Imran ayat 55

إِذْ قَالَ ٱللَّهُ يَٰعِيسَىٰٓ إِنِّى مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَىَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَجَاعِلُ ٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوكَ فَوْقَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ ثُمَّ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Artinya: (Ingatlah) ketika Allah berfirman: “Ya Yesus, Aku pasti akan menyerahkan kamu sampai akhir kematianmu dan akan mengangkat kamu kepada-Ku dan mensucikan kamu dari orang-orang yang kafir dan orang-orang yang mengikuti kamu di atas tempat orang-orang yang beriman. orang-orang yang mengingkari sampai hari kiamat, kemudian kamu kembali kepada-Ku, kemudian Aku putuskan

Nah, demikianlah 10 Peristiwa penting di Bulan Muharram yang patut kita ketahui sebagai Muslim, semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat ya!
Share link artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya juga.

×