Keutamaan Bulan Muharram, Anjurkan Umat Muslim Buru Pahala

Dalam Kalender Islam atau Kalender Hijriah, Bulan Muharram menjadi sorotan bagi umat Muslim. Pasalnya, ada banyak sekali keutamaan Bulan Muharram yang dapat dipetik dan dimanfaatkan bagi kaum muslim dan muslimah.

Pentingnya bagi umat Muslim untuk mengetahui apa saja dalil keutamaan Bulan Muharram yang tentunya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Diketahui, Bulan Muharram sebagai bulan pertama pada sistem kalender Hijriyah yang telah diberlakukan sejak masa kekhalifahan para sahabat Nabi.

Lalu apa saja keutamaan Bulan Muharram yang menjadikan bulan berikut sebagai bulan suci dan bulan mulia? 

Berikut rangkumannya dari berbagai sumber.

Dalil Keutamaan Bulan Muharram

1. Termasuk salah satu Bulan Haram atau Suci

Keutamaan Bulan Muharram
Sumber: google.com/bersosial

Keutamaan Bulan Muharram yang pertama yaitu telah Allah SWT tetapkan sebagai bulan yang haram atau bulan suci.

Mengapa demikian disebut sebagai bulan suci? Dan apa maksud bulan yang diharamkan? Yaitu bulan dimana tidak boleh adanya peperangan yang dijelaskan dalam ayat keutamaan bulan Muharram berikut.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus…” Surah At-Taubah ayat 36. 

2. Setiap Amalan Baik Pahala Dilipatgandakan

Keutamaan Bulan Muharram
Sumber: google.com/bersosial

Selain Bulan Ramadhan, ternyata ada bulan lain yang amat baik untuk melakukan amal shalih, yaitu bulan Muharram.

Masih lanjutan dari penjelasan bulan yang haram atau bulan yang Allah sucikan di dalamnya, ternyata bulan berikut bisa menjadi kesempatan baik bagi hamba Allah untuk memperbanyak amalannya.

Berikut adalah dalil keutamaan Bulan Muharram yang disebutkan oleh Rasulullah SAW;

“Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Waktu Sebaik-Baik Berpuasa Setelah Ramadhan

Keutamaan Bulan Muharram
Sumber: google.com/bersosial

Karena Bulan Muharram adalah momen dimana amalan baik seseorang dapat dilipatgandakan oleh Allah SWT, salah satu amalan yang dianjurkan adalah berpuasa.

Dua dalil keutamaan bulan Muharram berikut ini akan menjelaskannya:

  • “Jika engkau ingin berpuasa setelah Ramadan, maka berpuasalah pada bulan Muharram. Sesungguhnya bulan tersebut adalah bulan Allah dan pada bulan itu terdapat satu hari di mana ketika suatu kaum bertaubat, Allah juga menerima taubat kaum yang lain.” (HR Tirmidzi)
  • “Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram, dan sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam.” (HR Muslim)

4. Selain Pahala, Dosa Juga Dilipatgandakan

Keutamaan Bulan Muharram
Sumber: google.com/bersosial

Jika sebelumnya disebutkan bahwa amalan baik seseorang bisa dilipatgandakan, maka begitupula dengan dosa yang dilakukan.

Dalil keutamaan bulan Muharram ini juga dijelaskan dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir,

“Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa disamping melipatgandakan perbuatan baik.” (Ibnu Katsir)

5. Baik untuk Menyantuni Anak Yatim

Keutamaan Bulan Muharram
Sumber: google.com/bersosial

Keutamaan menyantuni anak yatim di bulan muharram yaitu disebutkan dalam dalil bulan yang Allah haramkan di dalamnya peperangan.

Menyantuni anak yatim juga merupakan salah satu sunnah yang Rasulullah SAW ajarkan kepada umatnya.

Pengertian anak yatim sendiri adalah anak yang sudah tidak memiliki ayah pada usia yang masih dini yaitu sebelum 2 tahun.

Adapun dalil keutamaan menyantuni anak yatim di Bulan Muharram adalah sebagai berikut,

“Barangsiapa yang memelihara anak yatim di tengah kaum muslimin untuk memberi makan dan minum, maka pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali jika ia telah berbuat dosa yang tidak dapat diampuni.” (HR.Tirmidzi) 

Pidato Singkat Tentang Keutamaan Bulan Muharram

Di bawah ini, terdapat pidato singkat tentang keutamaan Bulan Muharram yang dapat digunakan untuk menyemangati dan memperingati Tahun Baru Islam mengutip dari Bola.com.

Assalamu’alaikum Wr. wb

Hamdan Lillah Wasyukron, Amma Badu.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Alhamdulillah dengan limpahan rahmat, hidayah dan inayah dari Allah SWT. kita semua bisa berkumpul dalam suasana takwa dan penuh persaudaraan menyambut tahun baru islam 1444 Hijriah.

Hadirin yang saya hormati dan para tamu yang terhormat,

Tak terasa sudah hampir setahun kita hidup di tahun 1443 Hijriah, kini kita akan memasuki Tahun Baru Islam 1444 Hijriah yang artinya umur kita bertambah satu tahun, padahal sebenarnya umur kita berkurang, menandakan pergantian tahun tahun kita. umur berkurang, besok berkurang satu hari, lusa berkurang hari lain, dan seterusnya.

Namun, bagi orang yang mengetahui dan memahami tugas dan fungsi hidup yaitu beribadah kepada Allah SWT. Kemudian kita akan merenungkan dan mengingat di mana kita berada dan usia berapa yang kita gunakan di masa lalu. Jika kita telah melakukan banyak perbuatan asusila di masa lalu, maka di tahun yang baru ini marilah kita ganti kemaksiatan kita dengan semangat memperbanyak amal saleh.

Kapan kita akan berkembang jika tidak dimulai dari sekarang? Jangan ragu karena kita tidak tahu kapan hidup kita akan berakhir. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan belajar keras, bekerja keras, aktif beribadah, dan aktif berpartisipasi dalam pembangunan negara dan bangsa. Waktu itu seperti pedang, jika kita tidak bisa menggunakan pedang dengan benar, pedang itu pasti akan memotong lehermu.

Hadirin yang saya hormati dan para tamu yang terhormat,

Kita semua tahu bahwa usia kita sudah ditentukan sebelumnya. Sekarang kita masih hidup tetapi siapa yang tahu apakah kita akan mati besok atau nanti, sekarang kita masih bisa menikmati tahun baru tapi siapa yang tahu jika besok tahun depan kita akan berada di alam kubur.

Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan kesempatan hidup kita di dunia ini dengan berbuat kebaikan yang lebih banyak dari bekal kita di hari-hari setelah kematian kita.

Semoga di Tahun Baru Islam 1444 Hijriah ini kita mendapatkan keberkahan hidup dari Allah SWT.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Akhirul kalam, wassalamualaikum Wr. wb

Demikianlah artikel Blog Evermos tentang keutamaan Bulan Muharram yang dapat Anda simak.

Semoga informasi berikut dapat bermanfaat bagi Anda dan menginspirasi agar menjadi lebih baik lagi.

Share link artikel berikut kepada orang-orang yang membutuhkannya ya!

×